Manfaat Minyak Goreng untuk Kecantikan

Assalammualaikum wr wb

Saya dan Adek suka banget masak, tapi Adek yaa bisanya goreng-menggoreng aja sih. Sekalinya menggoreng, beuh habis tuh minyak goreng setengah botol. Iya, Adek tuh pengen banget hasil gorengannya bena-benar gurih dan matang berwarna keemasan. 

Pokoknya kudu perfect deh, padahal kan ya eman-eman minyaknya, masih bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain, salah satunya adalah merawat kecantikan kita….

manfaat minyak goreng untuk kecantikan

Kita tahu bahwa minyak goreng itu ada banyak, antara lain minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kelapa sawit, minyak biji wijen, minyak kacang tanah, dan minyak biji bunga matahari. 

Semua jenis minyak goreng itu bisa digunakan untuk merawat kulit kita. Tentunya, supaya tetap cantik dengan cara yang sederhana.

Salah satu jenis minyak goreng yang sering dipakai sebagai perawatan kecantikan adalah minyak zaitun dan minyak kelapa. Kedua jenis minyak goreng ini sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit kita, terutama kulit kering sekitar siku, dan dengkul.

Setelah kita seharian menggunakan kosmetik di wajah, minyak kelapa ini dapat menjadi pembersih kosmetik kita. Iyaaa, supaya nggak muncul jerawat-jerawat membandel.

Manfaat Minyak Goreng Untuk Kecantikan

Jika kalian ingin tahu penjelasan lengkap mengenai manfaat minyak kelapa terhadap perawatan kecantikan tubuh kita, bolehlah yaaa disimak yang berikut ini:

Perawatan Rambut

Rambut merupakan mahkota perempuan yang harus diperhatikan kesehatannya dengan baik. Kita tahu bahwa banyak sekali jenis sampo dan perawatan rambut lainnya yang beredar di pasaran. 

Akan tetapi, ternyata minyak kelapa dan minyak zaitun dapat merawat dan mempercantik rambut kita. Nggak kalah dengan sampo-sampo lain.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun dan minyak kelapa memiliki kandungan Biotin, Niacin, dan Vitamin E dan D yang dapat memperkuat jaringan rambut sehingga memperkuat akar rambut kita. 

Kandungan minyak kepala dan minyak zaitun dapat juga mengatasi ketombe dan melindungi rambut kita dari sinar matahari.

Perawatan Kulit

Kandungan pada minyak juga dapat melembabkan kulit kita, terutama untuk kita-kita para perempuan yang tinggal di daerah beriklim tropis. 

Minyak goreng dapat melindungi jaringan kulit kita agar terhindar dari sinar ultra violet yang dapat membahayakan kulit. Selain itu, minyak goreng juga bisa menjadi bahan untuk bodyscrub.

Cukup kita mencampurkan minyak zaitun atau jenis minyak lainnya dengan gula, lalu kita aplikasikan ke kulit. Selain melembabkan, tentunya minyak tersebut dapat akan mengangkat sel kulit mati dan dapat mencerahkan kulit kita.

Perawatan Mata

Untuk perawatan mata, kita hanya perlu mengaplikasikanya di sekitar lingkaran mata saja. 

Kandungan dalam minyak ini dapat menghilangkan kerutan di sekitar mata dan menghilangkan mata panda anda akibat kelelahan. 

Gunakan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.


Perawatan Kuku

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk merawat kuku dengan bahan alami yang murah dan efektif. 

Untuk mendapatkan kuku yang mengkilap, kuat, lembut dan bening, kita dapat mengaplikasikan minyak zaitun pada kuku kita secara rutin. Dijamin kuku kita semakin indah dan membuat kita semakin percaya diri.

Membersihkan Wajah

Masih sedikit perempuan yang tahu bahwa minyak goreng juga dapat membersihkan riasan wajah yang hasilnya juga bisa bersih maksimal. 

Bahkan, minyak goreng ini dapat dijadikan alternatif pencuci wajah untuk menggantikan sabun yang terkadang membuat kulit semakin kering dan kusam.

Cara menggunakan minyak goreng untuk membersihkan riasan wajah sangatlah sederhana. Bersihkan wajah yang penuh riasan itu dengan menggunakan minyak, lalu bilas dengan air. 

Hal ini dapat membuat kulit kita halus dan cerah.

Hal yang perlu kita perhatikan untuk menggunakan minyak goreng dalam merawat tubuh adalah harus mengetahui jenis kulit kita, apakah kering atau tidak. 

Karena kandungan yang terdapat pada setiap jenis minyak goreng tentu bertujuan untuk melembabkan dan mencerahkan kulit.

Nah, kalian bisa mencobanya ya. Apalagi minyak goreng sangat mudah didapatkan sekarang ini, baik di toko swalayan maupun toko online seperti MatahariMall.com

Nah, sekarang sudah paham kan bahwa ternyata minyak goreng nggak cuma buat masak aja, melainkan untuk merawat tubuh. Hmm… hidup makin ekonomis nih…

Semoga bermanfaat

Wassalammualaikum wr wb

18 Comments

  1. klo simbah saya dulu sering buat pijet dan urut aja mbak
    tapi aku geli, sumpah...

    BalasHapus
  2. Minyak goreng buat bersihin wajah?

    Iuuhhh

    BalasHapus
  3. Kulit dan rambut aku sering terapi dulu pas kecil kecil hehe
    Buat nyembuhin luka bakar apalagi tuh

    BalasHapus
  4. Aku pake Zaitun untuk rambut. Baru tahu kalau berguna untuk hioangin mata panda.. Makasih Mbakk infonyaa

    BalasHapus
  5. Tentu saja minyak dari hasil ekstraksi tumbuhan banyak kegunaannya bagi tubuh! Bukan cuma untuk menjadi sumber lemak dalam makanan hehehe. Oh iya, pake minyak zaitun dan kelapanya bukan bekas goreng-gorengan yaaa :")

    BalasHapus
  6. Kalo bersihin wajah pake minyak, trs pake air, pake sabun lagi gak? Kan air ga bs melunturkan minyak begitu saja

    BalasHapus
  7. Belum pernah pakai minyak-minyakan buat ubuh siih...
    Palingan dulu pas hamil, biar gak pecah-pecah alias strechmark, aku rutin olesin di perut buncit aku...
    Oh yaa...dan diminum.
    Mitosnya...biar lahirannya lancar.

    BalasHapus
  8. budhe saya juga rajin pake minyak zaitun dan memang sampai umur 50 masih sedikit keriputnya..
    saya sendiri pake zaitun untuk rambut mba.. hasilnya rambut look wet terus dan wangi..

    BalasHapus
  9. Saya juga pernah pakai minyak zaitun untuk perawatan rambut. Tapi agak ribet juga ya ..soalnya harus keramas berulangkali untuk ngilangin minyaknya hihihi

    BalasHapus
  10. wah baru tau manfaat minyak goreng untuk kecantikan banyak banget. Wah kalau buat rambut gak ribet apa ya ngilangin minyak nya, susah banget pasti

    BalasHapus
  11. dulu waktu kecil rambutku tipis, merah dan ujungnya nggimbal. Untunglah ibuku telaten memberi minyak kelapa yang dicampur dengan berbagai macam daun dan bunga-bungaan, lumayan rambutku tidak setipis dan semerah dulu. Minyak kelapanya bikin sendiri sih...

    BalasHapus
  12. Kalau aku seringnya pakai di rambut, dulu pakai minyak yg kelapa. Kalau pas rambut susah bgt di sisir, olesin minyak goreng juga bisa bikin pisah, gak kusut

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu kalau minyak goreng bisa buat bersihin muka. Hasilnya lengket di wajah gak ya?



    Kalau zaitun utk scrub aku sering

    BalasHapus
  14. minyak yang bisa di manfaatkan itu banyak banget ya akan tetapi, tidak semua minyak bisa untuk kecantikan ya., hanya tertentu saja.

    BalasHapus
  15. Saya dulu waktu SD pake minyak kelapa untuk rambut ..sebagai ganti minyak rambut.dicampur air sedikit
    Kadang juga untuk lotion...dicampur air juga hehehe
    Dulu sih Krn ga ada duit beli minyak rambut dan lotion hiks

    BalasHapus
  16. Waaaah bisa buat mata pandaaa! Ini masalah beratku banget, sih. Mata pandaku udah bikin aku kayak zombie heu sedihlah. Boleh nih dicoba hwehehe

    BalasHapus
  17. Sorry kalau kulit dipakein minyak goreng untuk tujuan melembabkan aku kurang setuju karena sangat comedogenic, alih2 kulit lembap nanti malah jadi komedoan dan lebih susah ngilangin komedo daripada ngelembapin kulit hahaha

    BalasHapus