Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Covid 19 Menjadi Wabah Pandemi?

Assalamualaikum wr wb

Pasti banyak teman-teman yang bertanya, mengapa Covid 19 menjadi wabah pandemi? Apa alasannya? Bagaimana asal muasalnya? Juga bagaimana makna dari kata wabah pandemi itu? Nah, di artikel ini saya akan menjawab pertanyaan seputar alasan Covid 19 menjadi wabah pandemi.

covid-19-menjadi-pandemi

Pertama Kali Pengumuman Covid 19 Menjadi Wabah Pandemi

Pada 11 Maret 2020 lalu, WHO (World Health Organization) mengumumkan status pandemi global untuk penyakit Covid 19 (Corona Virus Disease 2019). Hal ini menandakan bahwa ada hal besar yang akan menyerang seluruh penduduk di bumi ini. Maka kita harus bersiap-siap karenanya.

Saat WHO menetapkan status pandemi global terhadap COVID-19, ia mencatat bahwa ada 118.000 kasus penyakit tersebut yang tersebar di 110 negara di seluruh dunia. Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku direktur WHO menyatakan bahwa penyakit tersebut bukan lagi sekadar krisis kesehatan publik, melainkan krisis yang menyentuh seluruh aspek kemanusiaan. Karena itu, setiap individu harus ikut menghentikan penyebaran virus.

Arti Pandemi

Dalam istilah kesehatan, pandemi mengartikan terjadinya wabah suatu penyakit yang menyerang banyak korban dan serempak terjadi di berbagai negara.

WHO menetapkan Covid 19 sebagai pandemi karena seluruh warga dunia telah berpotensi terkena infeksi penyakit Covid 19. Hal ini telah ditelusuri secara signifikan dengan prosedur ilmiah.

Apa yang Terjadi Setelah Ditetapkan Status Pandemi?

Dengan ditetapkannya status pandemi global (global pandemic), maka WHO sekaligus menyatakan bahwa seluruh negara darurat internasional akibat Covid 19. Artinya, setiap rumah sakit dan klinik di seluruh dunia disarankan untuk dapat mempersiapkan diri menangani pasien penyakit tersebut meski belum ada pasien yang terdeteksi. Bahkan diharapkan ada tindakan awal untuk pencegahan meluasnya persebaran virus tersebut.

Perbedaan Wabah, Epidemi dan Pandemi

Wabah dapat diartikan sebagai melonjaknya jumlah kasus penyakit tertentu di tempat tertentu. Amat berbeda maknanya dengan epidemi dan pandemi.

Epidemi, biasa digunakan untuk menyebutkan wabah dalam skala yang besar. Sedangkan pandemi digunakan untuk merujuk skala yang lebih global.

Istilah pandemi tidak digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan suatu penyakit, melainkan hanya tingkat penyebarannya saja. Dalam kasus saat ini, COVID-19 menjadi pandemi pertama yang disebabkan oleh virus corona.

Awal Mula Terjadi Pandemi Covid 19

Berselang satu bulan sejak laporan dari China, atau tepatnya 30 Januari 2020, Emergency Committee WHO menetapkan penyebaran wabah virus corona baru sebagai PHEIC (Public Health Emergency of International Concern).

Pada saat status tersebut diumumkan, WHO sudah mencatat ada 83 kasus COVID-19 di 18 negara selain China. Dari seluruh pasien itu, hanya 7 yang tidak pernah melakukan perjalanan ke China.

Sementara di China, ada 7.711 kasus COVID-19 yang terkonfirmasi saat status PHEIC dibuat. Dari total kasus yang terkonfirmasi, 1.370 termasuk kasus berat yang mengakibatkan 170 orang meninggal.

Dengan mendeklrasikan status PHEIC, WHO merekomendasikan seluruh negara untuk mengantisipasi COVID-19, seperti melakukan pengawasan dan deteksi dini secara aktif.

Pemerintah di setiap negara juga diharapkan melakukan kebijakan pemutusan penyebaran virus corona, seperti memberlakukan contact tracing. Kalau di Indonesia, kita menyebutnya sebagai social distancing dan physical distancing.
--

Nah, itulah penjawaban mengenai alasan mengapa Covid 19 menjadi wabah pandemi. Lengkap dengan jawaban dari pertanyaan seputar wabah pandemi Covid 19.

Covid 19 yang dinyatakan sebagai pandemi menandakan bahwa penyakit ini amat serius karena dapat menyerang siapa saja. Maka dari itu, kita sebagai manusia yang berakal diharapkan dapat membantu mencegah terjadinya penularan Covid 19 ini.

Jadi, tetap #DiRumahAja dan #JagaJarak. Mari berdoa bersama supaya pandemi ini segera usai.

Wassalamualaikum wr wb


Disadur dari berbagai sumber:
https://www.allianz.co.id/explore/detail/yuk-pahami-lebih-jelas-arti-pandemi-pada-covid-19/98851
https://www.sehatq.com/artikel/covid-19-ditetapkan-sebagai-pandemi-apa-artinya

Sumber gambar:
https://www.freepik.com/free-vector/virus-busters-covid-19-concept_7384937.htm
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

4 komentar untuk "Mengapa Covid 19 Menjadi Wabah Pandemi?"

  1. Thanks kak ros akhirnya ku paham bedanya wabah, epidemi, dan pandemi. Haha. Selama ini cuma tau istilah aja dan terlalu malas cari tahu bedanya apa.

    BalasHapus
  2. semoga cepat hilang virus ini dari muka bumi, sudah sangat bosan #dirumahaja huhu..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus