6 Cara Mencegah Gigi Berlubang Bertambah Besar Agar Tidak Parah


Assalamualaikum wr wb

Seringkali kita makan dan minum, tapi mengabaikan untuk menggosok gigi sesudah makan. Padahal rajin menggosok gigi adalah cara paling ampuh untuk mencegah gigi berlubang. Biasanya awalnya lubang gigi itu kecil, tapi lama kelamaan akan bertambah besar dan semakin parah.

Kamu enggak mau toh gigimu jadi berlubang, bertambah besar dan semakin parah? Maka dari itu, ikuti tips berikut agar kamu bisa menjaga kesehatan gigimu yang berlubang supaya tidak semakin parah.


cara-mencegah-gigi-berlubang

Bersihkan Gigi Berlubang Secara Hati-Hati

Saat menyadari bahwa gigi kita berlubang, maka semenjak itu kita harus memperlakukannya dengan hati-hati. Idealnya, menyikat gigi adalah tindakan mencegah lubang. Namun, perlu berhati-hati saat menyikat gigi di area yang berlubang. Sebab, bakteri dari sisa makanan bisa saja masuk ke dalam lubang dan membuatnya bertambah besar atau lebih parah.

Maka, saat menyikat gigi cobalah fokus pada lubang untuk membersihkan sisa makanan dan menghambat perkembangan tulang. Saat menyikat gigi, ada baiknya kamu melakukannya di depan cermin supaya bisa mengontrol caramu menyikat gigi.

Gunakan Sikat Gigi Berbulu Halus

Saat menyikat gigi yang berlubang, maka kamu harus menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Juga, jangan terlalu menekan secara keras saat menyikat gigi. Gerakkan sikat ke depan dan belakang dengan lembut. Lakukan setidaknya selama 2 menit.

Sikat Gigi Secara Teratur

Seperti himbauan sejak kecil, bahwa kita harus menyikat gigi 2x sehari dan setelah makan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga mulut tetap bersih dan mencegah gigi berlubang. Sebab, plak mulai terbentuk dalam waktu 20 menit setelah makan. Jadi, langsung saja untuk membersihkan gigi setelah makan ya.

Gunakan Pasta Gigi Berfluorida

Kita juga harus memperhatikan kandungan pada pasta gigi yang digunakan. Fluorida merupakan bakteriostasik yang mencegah bakteri dalam mulut membelah diri. Kandungan ini juga mampu emmperkuat gigi dengan memberi lapisan mineral pada email. Hal ini membuat gigi lebih tahan terhadap lubang. Maka gunakan pasta gigi berfluorida.

Sebagian besar pasta gigi yang dijual di pasaran umumnya telah mengandung fluorida. Tapi takarannya tidak terlalu besar, hanya sekitar 1000-1500 mg/liter. Sementara, bila kita datang ke dokter gigi, maka ia akan meresepkan pasta gigi dengan kandungan fluorida 5000 mg/liter.

Gunakan Obat Kumur Berfluorida

Selain menggunakan pasta gigi berfluorida, kita juga dapat menggunakan obat kumur berfluorida. Obat kumur ini dapat digunakan setiap hari untuk mencegah gigi berlubang. Kita bisa mendapatkannya di apotik terdekat. Obat kumur ini biasanya mengandung fluorida sebanyak 225-1000 mg/liter. Jadi, tetap aman bila digunakan secara rutin setiap hari.

Berkumur dengan Air Garam

Kalau merasa gigi nyut-nyutan karena lubang bertambah besar, maka cobalah cara alami. Yaitu dengan berkumur dengan air garam. Air garam merupakan antiseptik yang bisa untuk mengobati luka dan infeksi pada mulut. Air garam juga dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Melakukan hal ini, minimal dapat memperlamat pertumbuhan gigi berlubang hingga kamu bertemu dengan dokter.

Cara mencegah gigi berlubang dengan berkumur air garam ini gampang kok. larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah dengan air tersebut selama 1 menit. Fokuskan pergerakan larutan pada gigi yang berlubang. Coba lakukan proses ini selama 3x sehari.

Itulah 6 cara mencegah gigi berlubang agar tidak bertambah besar dan parah. Soalnya kalau lubangnya udah besar ini sakit euy. Apalagi terbawa sampai tua, huhu… Maka dari itu, mari kita melakukan 6 cara di atas untuk menghindari gigi berlubang. Selamat berjuang.

Wassalamualaikum wr wb

0 Comments