Akhir Cerita The World of Married Episode 16 Terakhir

Assalamualaikum wr wb

Episode 16 merupakan episode terakhir dari drama korea The World of Married. Drama yang bikin gregetan, yang membuat kita berharap banget akan endingnya. Entah Sun Woo balik dengan Tae Oh, atau mereka berpisah masing-masing. Eh ternyata akhir kisahnya, lebih bikin sesak.

Di The World of Married episode 15 kemarin, akhir episodenya mengkisahkan bahwa Joon Young diculik. Dibawa oleh Tae Oh. Tapi kita enggak tahu apa maksud Tae Oh membawa Joon Young. Maka diceritakanlah di episode 16 ini. Tapi di tengah-tengah episode, bukan langsung di awal episode.

akhir cerita the world of married

Awal Episode 16

Justru awal episode 16 hendak mengkisahkan bagaimana keadaan Sun Woo dan Joon Young selama 3 pekan usai Joon Young kembali ke rumah. Juga flashback 3 pekan sebelum Joon Young diculik,

Sun Woo belum berniat kembali ke pekerjaannya. Ia hanya tinggal di rumah. Bersih-bersih rumah dan beres-beres rumah. Sementara itu, Joon Young juga belum kembali ke sekolahnya, masih di rumah saja selama apapun yang ia mau.

Namun sesekali Sun Woo keluar rumah untuk pergi berbelanja. Di sana ia ketemu istri anggota dewan, yang sekaligus ibunya Hae Kang. Ia terlihat kikuk saat bertemu Sun Woo. Lalu meminta maaf dan berharap hubungan mereka kembali seperti dulu.

the world of married episode terakhir

Sun Woo juga bertemu dengan… siapa ya lupa namanya. Kawan baiknya Sun Woo, yang dihormati di gengnya, dan omongannya paling benar di antara teman-temannya yang tukang gosip.

Perayaan Hubungan Je Hyuk dan Ye Rim

Je Hyuk dan Ye Rim merayakan hubungan mereka yang sepertinya kembali rujuk. Diundangnya sahabat-sahabatnya, yaitu Sul Myung Sook, Ji Sun Woo, Joon Young dan dr. Kim. Mereka makan malam di sebuah restoran.

the world of married episode terakhir

the world of married episode terakhir

Lalu Sun Woo seperti melihat Tae Oh mengintainya. Ya mungkin hanya firasat. Atau salah lihat orang. Dia enggak tahu bagaimana kabar Tae Oh. Entah masih di Gosan atau sudah pergi dari Gosan.

Usai makan malam, Sun Woo dan Joon Young memilih pulang dengan jalan kaki. Sun Woo menggamit lengan Joon Young. Perasaan sayang dari seorang ibu untuk anaknya yang beranjak dewasa.

Berlebihan Mengkhawatirkan Joon Young

Sun Woo takut bener dah dengan Joon Young yang sewaktu-waktu bisa diambil oleh Tae Oh. Ia terlalu berlebihan. Mengkhawatirkan banyak hal akan Joon Young. Hingga membuat Joon Young agak jengah, tapi mencoba memaklumi.

Padahal Joon Young lagi bahagia-bahagianya. Sudah mampu menerima wujud keluarga yang isinya hanya mereka berdua. Juga Joon Young sedang berada pada fase jatuh hati. Cie ellah.

Saat mereka berdua pulang ke rumah, seperti biasa Sun Woo mengambil surat-surat yang berada di dalam kotak pos. Dilihatnya satu persatu. Lalu ada sebuah amplop besar tanpa nama. Dibukanya. Ternyata isinya adalah potongan gambar pernikahan mereka yang sudah disobek-sobek oleh Sun Woo. Potongan gambar itu disatukan. Disusun kembali dengan selotip. Siapa lagi yang melakukannya kalau bukan Tae Oh? Apa maksudnya?

Susunan robekan foto tersebut rupanya terlihat oleh Joon Young. Iya, Joon Young melihatnya. Ia marah. Sembari berkata bahwa jangan sampai ibunya balikan dengan ayahnya.

Menyadari Keberadaan Tae Oh

Beberapa hari kemudian, Sun Woo mengundang sahabat-sahabatnya untuk makan malam. Ada Ye Rim dan dr. Sul yang hadir. Joon Young juga turut serta meramaikannya. Ia sudah tampak lebih ceria daripada biasanya.

Malam makin larut, Joon Young pamit kembali ke kamarnya. Sementara ibu-ibu masih melanjutkan obrolan. Lalu Ye Rim mengatakan bahwa Je Hyuk melihat Tae Oh di bar. Sepertinya Tae Oh masih ada di Gosan.

Rupanya tidak hanya Sun Woo yang merasa bahwa Tae Oh masih ada di Gosan. Ia pikir ia halu atau delusi, ternyata ada pendapat lain yang mendukungnya. Tentu saja, Sun Woo semakin khawatir. Akan keselamatan dirinya maupun Joon Young.

Sementara itu, nasib Tae Oh… ya seperti itulah. Ia tinggal di kosan sempit. Stres berat dan minum bir. Entah sedang bekerja apa, tidak diceritakan.

Joon Young Dibawa oleh Tae Oh

Kisah selanjutnya merupakan adegan yang sama seperti yang ada pada akhir The World of Married episode 15. Setibanya Sun Woo di rumah, ia tidak menemukan Joon Young di tempatnya. Malah menemukan secarik kertas yang mengatakan bahwa Joon Young telah dibawanya. Siapa lagi yang membawanya kalau bukan Tae Oh?

Bergegas Sun Woo menelpon Tae Oh. Khawatir terjadi apa-apa. Tae Oh bilang bahwa ia stres, ia kangen dengan Joon Young, tapi tidak mengatakan bahwa Joon Young sedang bersamanya. Lalu Sun Woo menawarkan bahwa mereka akan makan siang untuk ngobrol bareng.

Iya, orang yang depresi harus diajak ngobrol baik-baik. Harus ngobrol di tempat yang tenang, dalam keadaan perut terisi.

Tae Oh Membawa Joon Young ke Pinggir Danau

Tae Oh bilang bahwa ia dan Joon Young ada di sebuah danau. Sun Woo bergegas menemuinya.

Rupanya, Tae Oh hanya rindu dengan Joon Young. Ia ingin Joon Young kembali padanya. Namun Joon Young tidak mau. Mungkin sudah terlalu kecewa.

Sesampainya Sun Woo di danau, hmm banyak hal yang disampaikan Tae Oh. Saya lupa Tae Oh ngebacot apa. Lalu Sun Woo menepati janjinya untuk mengajaknya makan, meski ditolak oleh Joon Young.

Tae Oh Ingin Rujuk, Tapi Malah Menyalahkan Sun Woo

Tiba di restoran, mereka mulai makan meski agak canggung. Terlihat Tae Oh makan dengan lahap, mungkin sudah berhari-hari dia tidak makan dengan layak.

Obrolan pun terjadi. Tae Oh menyatakan ia salah. Ia ingin melanjutkan membina keluarga baru bersama Sun Woo dan Joon Young. Namun seiring itu, ia juga menyatakan bahwa dirinya dan semuanya salah, termasuk Sun Woo dan Joon Young.

Tae Oh bilang bahwa ia akan memaafkan Sunwoo dan Sun Woo akan memaafkannya.

Lah, ini kok malah Sun Woo yang disuruh minta maaf? Ini kenapa kok yang menjadi biang salah adalah Tae Oh beserta anak istrinya?


the world of married episode terakhir

Dari sini Sun Woo sadar bahwa Tae Oh terlalu egois, tidak mampu meminta maaf dengan tulus, belum sadar sepenuhnya bahwa ia salah meski ia telah kehilangan semuanya.

Sun Woo bilang bahwa hubungan antara mereka berdua sudah cukup. Sudah selesai. Sun Woo sudah mampu berdamai dengan masa lalunya.

Namun Joon Young belum. Ia tidak terima dengan apapun perlakuan ayahnya. Ia juga berharap bahwa ibunya tidak menerima ayahnya kembali.

Tae Oh Bunuh Diri

Di depan restoran, sebelum benar-benar berpisah, Tae Oh menyampaikan kata-kata terakhir kepada Joon Young:

Jangan pernah berbuah menjadi seperti aku. 
Orang yang paling berharga di dunia adalah orang yang berada di sisimu. 
Namun jika kamu melupakannya, maka kamu akan membodohi dirinya sendiri seperti aku. 
Jika kamu lupa siapa yang peduli dan yang mencintaimu, maka kamu akan kehilangan segalanya.

Rupanya Tae Oh sudah memahami kesalahannya. Dan ia berharap bahwa Joon Young tidak melakukan kesalahan seperti yang telah dilakukannya.

Tae Oh sudah menyerah, sudah mengikhlaskan Joon Young untuk ikut bersama ibunya.

Setibanya di mobil, hendak masuk ke mobil, Sun Woo mencoba meyakinkan Joon Young bahwa ini adalah pertemuan terakhir dengan ayahnya. Apakah tidak ada kata-kata yang ingin disampaikan? Sepertinya tidak. Mungkin sudah kecewa terlalu dalam.

Tiba-tiba, di dekat mereka ada sebuah truk lewat, lalu Tae Oh mencoba menabrakkan diri di depan truk yang lewat tersebut.

Joon Young teriak, “Appaaaa” atau “Ayaaah”… karena ia melihat bahwa yang lari mendekati truk adalah ayahnya.

Truk tersebut berhenti mendadak. Sun Woo yang empatinya tinggi, entah ia terlalu baik, entah ia terlalu cinta, entah karena anaknya memanggil nama ayahnya atau entah-entah lain yang kita nggak paham termasuk dirinya sendiri, bergegas datang ke lokasi kejadian. Mendapati Tae Oh masih selamat. Masih berdiri tegak, karena belum terkena seinci pun oleh truk tersebut.

the world of married episode terakhir

the world of married episode terakhir

Sun Woo mengajak Tae Oh ke pinggir. Tae Oh yang putus asa dan hampir bunuh diri, bersimpuh di lutut Sun Woo sambil menangis.

the world of married episode terakhir

Joon Young melihat dari kejauhan. Kecewa karena ibunya masih peduli dengan ayahnya yang telah menyakitinya berkali-kali. 

the world of married episode terakhir

Joon Young langsung lari. Ia membanting hapenya. Lari sejauh mungkin.

Sun Woo mengejarnya, namun tak terkejar. Tae Oh pun bangkit dan mengejar Joon Young. Namun tak ada hasil.

Akhirnya mereka memanggil polisi untuk mencari keberadaan Joon Young.

Pada saat larinya Joon Young, Sun Woo sungguh bingung. Ia harus bagaimana.

Pilihan apa yang harus aku buat? Apa aku punya pilihan? 
Apakah ada 1 kesempatan, untuk membatalkan yang salah? 
Pada saat aku menyadarinya, semua sudah terlambat.
Aku tersesat. Apa yang paling penting bagiku?

Ending dan Akhir Cerita The World of Married

Dikisahkan… waktu sudah berjalan 1 tahun kemudian.

Tae Oh mencoba melamarkan naskahnya ke PH film. Belum ada harapan. Ia masih mengerjakan naskah filmnya. Pantang menyerah. Sendirian. Di sini Tae Oh sudah mendapat karmanya. Kehilangan semaunya. Dan dia harus bangkit dari awal, dengan tenaga dan kekuatannya sendiri.

the world of married episode terakhir

Ye Rim tidak jadi rujuk dengan Je Hyuk. Memang mereka sempat mencoba rujuk. Namun ternyata Ye Rim cukup trauma dengan Je Hyuk yang pernah beberapa kali selingkuh. Ye Rim masih trauma, meski Je Hyuk sudah tobat. Namun ternyata, ketika Ye Rim merasa semakin cinta, maka semakin ia terluka dan membunuh dirinya sendiri.

the world of married episode terakhir

Kini Ye Rim membuka toko kue. Wajahnya cerah menerima para pelanggan. Sementara, Je Hyuk sudah punya pasangan baru. Namun ia masih belum move on akan Ye Rim.

the world of married episode terakhir

the world of married episode terakhir

Da Kyung, sedang belajar mengelola galeri seni. Ia ada di perpustakaan, entah perpus umum atau perpus kampus. Seorang pria tertarik padanya. Namun Da Kyung menghiraukannya dan tidak mempedulikannya. Ia merdeka atas dirinya sendiri.

the world of married episode terakhir

Bukan berarti Da Kyung yang happy ending lalu tidak mendapat karma. Justru ia mendapat karma, bahwa ia tidak memiliki masa muda yang bebas seperti orang lain. 

Sun Woo kembali ke rumah sakit untuk bekerja. Iya, masih rumah sakit yang sama.

the world of married episode terakhir

Sementara itu, Joon Young… ternyata ia tidak ada di rumah. Melainkan sedang merawat diri di pusat konseling anak. Dari surat-surat yang diterima oleh Sun Woo, lembaga konseling tersebut menyatakan bahwa mereka masih berupaya membina Joon Young, melatih psikis Joon Young untuk kembali bertemu ibunya.

Iya, mereka hidup sendiri-sendiri. Mungkin itu adalah cara terbaik untuk berdamai dengan diri sendiri dan kehidupan.

Berbulan-bulan, Sun Woo masih sendirian. Ia menunggu Joon Young meski tidak pasti. Yang jelas, ia masih menunggu Joon Young untuk pulang ke pangkuannya.

Hingga suatu hari, ada seseorang yang hafal kode kunci rumahnya, masuk ke rumahnya, lalu membuat Sun Woo terperangah kaget.

the world of married episode terakhir

Apakah ia adalah Joon Young?

Ya semoga. Semoga itu bukan ilusi semata.

Moral of Story The World of Married

Itulah ending cerita The World of Married. Agak nggantung. Tapi ya cukup.

3 pelajaran besar yang bisa diambil dari ending cerita The World of Married:

  1. Sekali kamu berselingkuh, maka pasanganmu akan sulit memaafkan. Kalaupun kembali, tentu rasanya akan berbeda
  2. Kalaupun perempuan harus berpisah untuk menghindari toxic relationship, yakinlah bahwa perempuan bisa mandiri. Tidak hanya laki-laki yang berjiwa bebas, perempun pun juga bisa
  3. Dari seluruh perceraian yang ada, sosok yang paling terluka dan terpukul adalah anak. Ia tak tahu bagaimana mengatur perasaannya, menentukan pilihannya, bahkan ia tak tahu mana di antara orang tuanya yang bisa dijadikan tempat berlindung terbaik.

Sepertinya The World of Married adalah salah satu drama Korea terbaik. Selain mencapai rating tertinggi setiap episode dan melonjak pada episode terakhir, ia telah mengajarkan banyak hal.

Banyak pelajaran yang terselip. Bagaimana bertahannya seorang perempuan yang diselingkuhi, bagaimana cara bijak mengambil keputusan, bagaimana seharusnya mengelola uang bersama pasangan, juga bagaimana dampak psikologis anak apabila orang tuanya bercerai. Ah, banyak hal yang bisa dipelajari dari drama ini.

Secara keseluruhan, saya puas dengan drama ini. Tapi masih berharap akan ada kelanjutannya. Kelanjutan yang happy ending untuk masing-masing tokoh. Yang mereka telah bahagia atas kehidupannya, berdamai dengan masa lalunya, juga kembali membuka tali persaudaraan di antara mereka.

the world of married episode terakhir

Kabar baiknya, hmm sepertinya akan ada episode spesial pada akhir pekan nanti. Akan ada 2 special episod. Entah ini episode yang isinya BTS-BTS aja (Behind the Scene). Atau ada kisah singkat tentang akhir kisah mereka.

Ya saya harap akan ada akhir kisah mereka… yang happy ending. Hehe…

Sudah yaa… dicukupkan sinopsis drama Korea: The World of Married. Alhamdulillah saya bisa menyelesaikannya dengan baik… dan terima kasih telah membaca sampai akhir.

Wassalamualaikum wr wb

0 Comments