Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliah-Kost-Makan di Jogja

Kita tahu bahwa Yogyakarta dikenal sebagai kota pendidikan, kota budaya dan kota pariwisata. Siapa sih yang nggak tertarik tinggal di Jogja? SIapa juga sih yang nggak tertarik kuliah di Jogja?

Nah, pada postingan kali ini, saya ingin menyampaikan sedikit informasi tentang beberapa kampus di Jogja dan bercerita mengenai kuliah-kost-makan di Jogja berdasarkan pengalaman kakak kelas saya yang kuliah di Jogja.

Di Yogyakarta, ada 19 universitas baik negeri maupun swasta. Antara lain:
1. Universitas Gajah Mada
2. Universitas Islam Indonesia
3. Universitas Negeri Yogyakarta
4. Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa
5. Universitas Janabrada
6. Universitas Proklamasi '45
7. Universitas Atmajaya
8. Universitas Whdya Mataram
9. Universitas Mercu Buana Yogyakarta
10. Universitas Kristen Immanuel
11. Universitas Kristen Duta Wacana
12. UniversitasSanata Dharma
13. Universitas Ahmad Dahlan
14. Universitas Pembangunan Nasional Veteran
15. Universitas PGRI Yogyakarta
16. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
17. Universitas Dirgantara Indonesia
18. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional
19. Amikom Jogjakarta

Nah, di UGM (Universitas Gajah Mada) ada banyak fakultas, antara lain:
1. Biologi
2. Ekonomika dan Bisnis
3. Farmasi
4. Filsafat
5. Geografi
6. Hukum
7. Ilmu Budaya
8. Isipol
9. Kedokteran
10. Kedokteran Gigi
11. Kedokteran Hewan
12. Kehutanan
13. MIPA
14. Pertanian
15. Peternakan
16. Psikologi
17. Teknik

Sedangkan, untuk biaya yang menjadi tanggung jawab mahasiswa, antara lain:
1. SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) 500.000/semester
2. BOP (Biaya Operasional Pendidikan) 75.000/sks/semester untuk eksakta dan 60.000/sks/semester untuk non eksakta
3. SPMA (Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik)
    SPMA 0 = beasiswa bidik misi untuk orang tua gaji <1.000.000
    SPMA 1 = gaji orang tua 1.000.001 sampai 2.500.000
    SPMA 2 = gaji orang tua 2.500.001 sampai 5.000.000
    SPMA 3 = gaji orang tua 5.000.001 sampai 7.500.000
    SPMA 4 = gaji orang tua >7.500.000

Nah, kalo pengen kuliah di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), ada beberapa fakultas yang bisa kamu pilih, antara lain:
1. Fak. Ilmu Pendidikan
2. Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
3. Fak. Bahasa dan Seni
4. Fak. Ilmu Sosial
5. Fak. Teknik
6. Fak. Ilmu Keolahragaan
7. Fak. Ekonomi

Sedangkan, jalur penerimaan mahasiswa dibagi menjadi 3 jalur, yaitu:
1. Jalur reguler bersubsidi
    a. Penelusuran bibit unggul
    b. Bidik Misi
    c. Seleksi Diploma
2. Jalur Swadana
    a. Seleksi mandiri
    b. Kerjasama
3. Jalur non reguler kelanjutan studi
    a. Kelanjutan studi mandiri
    b. Kelanjutan studi kerjasama

Nah, universitas Islam Indonesia juga memliki banyak fakultas, antara lain:
1. Fac. of economy
2. Fac. of law
3. Fac. of islamic studies
4. Fac. of medicine
5. Fac. of mathematics and natural sciences
6. Fac. of psychology and socio cultural sciences
7. Fac. of civil engineering and planning
8. Fac. of inutrial technology

Nah, Universitas Sunan Kalijaga juga memiliki banyak fakultas, antara lain:
1. Fak. Adab dan Budaya
2. Fak. Dakwah
3. Fak. SYariah dan Hukum
4. Fak. Tarbiyah dan Keguruan
5. Fak. Ushuluddin, studi agama dan pemikiran Islam
6. Fak. Sains dan Humaniora
7. Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam

Nah, kali ini saya mau bicara tentang estimasi biaya hidup mahasiswa di Yogyakarta. Kalo kalian anak dari golongan sedang-sedang saja atau pas-pasan, kisaran biaya hidup di Jogja kira-kira seperti ini: AKomodasi kost 150.000, makan sebulan 200.000, transportasi 50.000, alat tulmenul 100.000 dan kebutuhan pribadi 100.000. Jadi, kalo ditotal kira-kira 600.000 perbulan.

Kalo kelas mewah alias kelas eksklusif, kira-kira biaya hidupnya seperti ini: akomodasi 300.000, makan 300.000, transportasi 200.000, alat tulmenul 300.000, dan kebutuhan pribadi 300.000. Kira-kira sebulan butuh duit 1.300.000 lebih....

Nah, kalo kost kelas ekonomi dibagi 3 macam, antara lain:
a. Kost 150.000 - 200.000 / bulan
    Fasilitas: Kamar mandi di luar, air PAM, listrik, kamar kosongan, garasi
b. Kost 250.000 - 350.000 / bulan
    Fasilitas: kamar (berisi kasur, lemari, meja belajar), kamar mandi dalam, air PAM, listrik, tv umum, garasi luas
c. Kost >350.000 per bulan
    Fasilitas: kamar (berisi springbed, lemari, meja belajar), kamar mandi dalam, air PAM, listrik, AC, TV umum, garasi luas

Sedangkan kost kelas eksklusid harganya 150.000 perhari atau 2 juta perbulan. Dengan fasilitas: kamar mandi dalam, AC, TV LCD, springbed standard hotel berbintang, full furnish, internet akses wifi coverage, bath tools, parkir mobil dan motor, kemanan 24 jam, sarapan pagi.

Ohya, kalo kontrakan bisa didapat dengan harga 8 juta per tahun sampai 14 juta per tahun, tergantung lokasi dan fasilitas. Fasilitasnya: listrik 900 watt - 1300 watt, kamar tidur 3-5 buah, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi luar dan dalam, lantai keramik, air sanyo dan g`rasi.

Untuk urusan transportasi, ada banyak transportasi umum di Jogja. Ada trans Jogja, bis Kopata, ojek kuning, andong, dan sepeda kayuh.

Kalo beosen belajar mulu di Jogja, kalian bisa berkunjung kesana kemari berkeliling Jogja. Soalnya di Jogja ada banyak sekali tempat wisatanya, antara lain: Borobudur, Maliobor, Gembiar Loka Zoo, Prambanan, Kaliurang, Prantritis beach, Keraton Jogja, Alun-Alun Kidul, Benteng Vredeburg, dll.

Saya punya temen anak UGM, dia anak fakultas Pemuliaan Tanaman. Dia bercerita sebentar pada saya, bahwa minggu ini dia ada 3 praktikum dan harus ada 6 laporan yang wajib tulis tangan. Buseeeet. Itu tugas atau apa?

Tadi yang briefing di kelas saya ada 2 orang, mereka adalah Marco (UGM fak. Geografi 2011) dan Guntur (UGM fak. Teknik Sipil 2011). Mereka bercerita banyak tentang UGM dan Jogja. Kata mereka, orang Jogja itu murah senyum dan ramah-ramah loh? Kenal ataupun nggak kenal, asal nyapa, mereka bakalan membalas balik kok!

Ohya, di Jogja itu bersih sekali. Jarang ada sampah-sampah yang menumpuk di Jakarta. Ngomong-ngomong tentang Jakarta, hmm Jakarta masih banjir ya? Nah, di Jogja mah jarang banjir. Soalnya, kalo lagi musim penghujan, air hujannya itu turun ke laut.. jadi nggak sampai banjir kayak Jakarta yang sempat jadi danau sejenak.

Kalo urusan makan, lumayan murah kok, bahkan sama murahnya dengan di Lumajang. Cuma punya duit 1000 perak? Masih bisa makan kok, tuh beli aja cat rice alias nasi kucing, muehehe... pecel sekitar 3500, lalapan 6000, yaa murah lah... kecuali kalo mampir ke dunkin donuts yaa duit 40.000 ludes seketika dah...

Yaa begini sajalah cerita tentang kampus dan kehidupan di Jogja. Kalo saya ditanya, mau nggak ke Jogja? Ya mau. Mau kuliah di sana? Iyalah, UGM gitu.. Memangnya mau ngambil apa? Nggak tahu. Yaa, buat apa saya kuliah di UGM tpai nggak tahu tujuan. Memang enak jadi anak UGM, tapi itu bukan tempat saya, karena saya merasa bahwa saya bukan bagian dari UGM...

Kalo temen-temen pengen masuk ke UGM, saya doakan semoga bisa masuk UGM ya?


26 comments for "Kuliah-Kost-Makan di Jogja"

  1. weiii, rinc banget. Kira-2 plihannya jatuh di mana neh kulahnya nanti?

    Selamat menyambut masa -masa jd mahasiswi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiheiee kayaknya dunia GALAU meng-GALAU sudah menerjang ke Ocha ya. Weleh weleh weleh banyak sekali informasinya dan sangat lengkap. Jangan jangan sudah jadi merketing dan duta promosi kosan dan kuliah Jogjakarta keliatannya nih ya Ocha?. Mau segera kuliah ya Ocha? Weitssss siap mencari mahasiswa pujaan hati hiheiheiheiheiiee

      Delete
  2. wew, gimana seh, pengen masuk UGM tapi gak tau mau ngambil jurusan apa, ayo dong, pikir lagi ...

    ReplyDelete
  3. Apapun pilihanya tetap pilih dalam sebuah pilihan.. yaela..:D

    ReplyDelete
  4. dari atas bacanya lamaaaa banget n deg2an... nunggu-nunggu info soal makan... huaaaa, ternyata ga ada foto makanan huhuhu :D
    makasih ya dah berkunnjung ke blog Froggy...

    ReplyDelete
  5. belom pernah jadi anak kos tapi info dari Ocha ini berguna banget buat yg mau lanjut kuliah ke jogja :)

    ReplyDelete
  6. tetap semangat, rencanakan dengan matang masa depannya, tapi ini sudah detail, ke UGM aja :D #eh sukses ya Ocha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah, kalo ke UGM ntar mau kemana? bingung laah

      Delete
  7. brati boleh milih SPMA nya disesuaikan dengan kemampuan ya, cha? moga sukses ya, dapet yang terbaik :)

    ReplyDelete
  8. siip Mbak Ocha udah punya wawasan soal ini. keren banget.
    tapi selain berfikir soal biaya murah dan kampus favorit, yang paling penting adalah pikirkan prospek jurusan yang akan dipilih, mempu menjawab kebutuhan untuk persaingan menuju dunia kerja nggak

    ReplyDelete
  9. kebetulan saya ada rencana mau ke yogya, tapi bukan untuk kuliah, melainkan untuk tugas kantor..dan info kos-kosan-nya menarik untuk ditelusuri sebagai tempat tinggal :)

    ReplyDelete
  10. tinggal di jogja emang enak bangettt... banyak makanan enak & murah, hihihi

    ReplyDelete
  11. pengen bgt sih,,
    kuliah di jogja,,,
    tapi dana nya gak da nih,..
    hhe...

    ReplyDelete
  12. semoga Ocha segeramenemukan inspirasi kelak mau jadi apa ya, sehingga tahu jurusan yg hendak dimasuki nanti. berat soalnya belajar di jurusan yg tak sesuai dengan minat kita. Insya Allahsaya doakan Ocha masuk UGM :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. semoga Ocha diberikan yang terbaik yaaaa

      Delete
  13. .. widichhhh,, km pengen kul disana cha?!? mancap banget cha. aq doa'n km bisa masuk sana cha. GudLuck ocha,, ..

    ReplyDelete
  14. Waw, detail informasi mu Cha..
    Semoga nanti bisa masuk UGM ya..Amin

    ReplyDelete
  15. Eeeee ternyata info buat kuliah di Jogja.. dikira...., serap dulu sapa tau ada temen yang bertujuan kesana :)

    ReplyDelete
  16. Jogjakarta memang pusatnya pendidikan. Banyak pilihan tengatung minat dan kemampuan.

    ReplyDelete
  17. seandainya masih bisa milih kampus.. hha

    semangat ya, semoga gak salah jurusan nanti :)

    ReplyDelete
  18. Hai Ochaaaa...!!

    Waah Komplet banget infonya tuuh..
    JAngan binun2 dong !

    Smangat!!

    ReplyDelete
  19. wah briefingnya dicatet super komplit dari koma sampai ketitiknya. Kalo Mbak Ocha nggak mau di UGM, saya do'akan diterima di Perpajakan, kan biasanya SMADA jadi langganan di sana. Amiin

    Ohya saya lupa, ternyata di SMADA saat ini ada kepoanakan saya loh, Putri Gita. Kenal nggak ?

    ReplyDelete
  20. kak ocha tanya dong mau kuliah djogja swasta murah jurusan psikologi dmn ya ?? please infonya , maksih kakak :)

    ReplyDelete