Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

List Agenda Untuk Ramadhan



Assalammualaikum wr wb..

Hmm… besok sudah Ramadhan yaa… berarti setelah ini akan ada sholat tarawih pertama kali di tahun 1438 Hijriah (bener kan? Soalnya saya belum dapat kalender Ramadhan)

Ohya, entah kenapa persiapan menjelang Ramadhan tahun ini agak berbeda ya? Cukup sepi sih saya rasa. Biasanya kan menjelang Ramadhan ada rame-rame, apa-apa jadi special Ramadhan. Hmm atau sayanya saja yaa yang akhir-akhir ini nggak pernah nonton tv, jadinya kurang merasakan semaraknya Ramadhan? Hehehe… ah, ini mah berarti hiburan saya hanya televisi semata. Eh, tapi memang jarang banget sih saya temui spanduk-spanduk yang ngucapin selamat berpuasa. Jarang juga dapat ucapan selamat berpuasa secara langsung. Malah yang ada, tentang kegalauan kapan puasa dan kenapa puasa rasanya datang cepet banget. Semoga ini hanya perasaan saya saja yang masih butuh charge iman.


Saya, sejujurnya, cukup pemalas sih. Jadi banyak hal yang harus saya lakukan untuk membuat saya menjadi semangat berenergi dan membuang jauh-jauh rasa malas. Salah satu caranya adalah membuat List Agenda selama bulan Ramadhan. Hmm, yaa kayak list jadwal kegiatan sehari-hari sih, tapi spesial pake telor, jadinya 30 hari mengejar Karomah di Bulan Ramadhan. Ihiiiir….

Seperti inilah penampakannya, baru saja saya selesai mengerjakannya….

Saya tempel di lemari saya
Isinya? List yang centang-centang adalah sahur, tahajud, olring (olahraga ringan), sinau (belajar materi kuliah, atau nggarap skripsweet), blog (blogwalking duooong, kan banyak waktu yang menanti untuk dibunuh dengan blogwalking), read (baca sesuatu lah, yang bermanfaat tentunya), dan tarawih. Cukup dicentang-centang saja kalo yang ini

Di sana juga tercantum 5 sholat wajib. Yang diisi J atau M. J apabila saya sholat berjamaah, sedangkan M apabila saya masih sholat munfarid.

Baca al-qur’an bagaimana? Akan ada tulisan + di tulisan setelah J/M. Baca Al-Quran bisa kapan saja kan ya? Hmm… semoga selalu bisa menikmati alunannya dan memaknai setiap kandungan ayatnya. Sayaaa, ada niatan juga sih untuk memulai hafalan al-Quran meski sedikit-sedikit... huu semoga yaa...

Hmm... Aa’, sebenarnya aku mau ngajakin Aa’ bikin list agenda kayak gitu sih. Hmm, tahun ini nggak bisa ya sepertinya. Ya sudah, mungkin akan terlaksana tahun depan dengan kebersamaan. Aamiin.. (maaf mendadak baper)

List agenda seperti di atas, saya rasa sangat perlu untuk membangkitkan spirit saya di bulan Ramadhan. Sejujurnya, saya ingin membenahi diri. Semoga saya lebih dekat dengan-Nya.

Albadrulmuniiru sayyiduna muhammadun shalluu 'alaihi
Bulan purnama yang bersinar kemilauan, junjungan kita Nabi Muhammad, bersholawatlah kamu semua atasnya.-

Selamat beribadah suci kawan… semoga senantiasa berada di lindungan-Nya…
Wassalammualaikum wr wb

5 komentar untuk "List Agenda Untuk Ramadhan"

  1. Jadi inget buku Ramadhan yang sering dikasih waktu sekolah deh. biasanya disuruh minta tanda tangan imam hehehe

    BalasHapus
  2. Bener, lebih baik bikin list begini sih jadinya lebih semangat! XD

    BalasHapus
  3. Asik.... Aa' siapa tuhhh XD

    BalasHapus
  4. Jadi inget SD mbak ochaa, tiap bulan pake kayak gitu. Aku juga ingin di bulan Ramadhan ini fokus beribadah..

    BalasHapus
  5. Aku juga udah punyaaaa banyak agenda ramadhan

    Tetap malesin gitu kalo udah jam jam kerja -___-

    :'(

    #HambaGoyahIman

    BalasHapus