Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enaknya Tes TOEFL di Texas Jember

Assalammualaikum wr wb

Pada suatu pagi, saya ngobrol dengan seorang teman. Kami sudah sama-sama menyelesaikan studi, tinggal nunggu wisudanya saja. Masa-masa seperti ini rasanya enak sih. 

Skripsi kelar, tinggal nunggu wisuda. Tetapi sebenarnya, jauh daripada itu, ada hal yang dipikirkan, “bagaimanakah kami ke depannya?”

Sebagian dari teman-teman saya, ada yang langsung cari kerja, ada yang bersiap untuk berangkat ke KUA, dan ada juga yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hmmm… mungkin saya termasuk bagian dari yang terakhir, yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Kenapa saya memilih untuk melanjutkan S2? Karena S2 adalah syarat dari Ayah apabila ingin menikah. Yaelaaaah…. Hahaha… Eh syarat ini serius loh. Yaaa mungkin karena orang tua juga faham kalau saya belum siap berumah tangga, hmm…

Tapi Ibu bilang… bagaimanapun juga S2 sekarang ini penting sebagai salah satu bekal meraih masa depan yang gemilang. Soalnya sekarang ini udah banyak banget yang punya ijazah S1. Masyarakat tentu butuh yang qualified academicnya lebih bagus dooong. Selain ilmunya dapat, capabilitynya juga dapat. Komplit deh. 

Tes Toefl Jadi Syarat S2

Yang namanya S2, salah satu syarat mendaftar dan menempuh pendidikannya adalah kudu jago Bahasa Inggris. Hal ini sudah saya sadari sejak lama bahwa Bahasa Inggris itu penting karena dipakai dan dibutuhkan dimana-mana. 

Pun saya juga menyadari bahwa saya masih belum jago Bahasa Inggris. Ah, sedihnya…

Inshaa Allah dalam waktu dekat saya akan kursus Bahasa Inggris. Tapi saya masih berjuang menabung buat biaya kursusnya, soalnya orang tua belum ngasih kode tuh buat saya kursus Bahasa Inggris. 

Apa harusnya saya aja ya yang ngasih kode?

Sementara ini, saya juga sudah memikirkan kemanakah segenap pikiran dan jiwa saya berlabuh untuk belajar Bahasa Inggris. Di Lumajang dan Jember, dua kota yang saya selalu mondar-mandiri tiap weekend, sudah tersedia banyak sekali tempat kursus Bahasa Inggris. Semuanya bagus-bagus.

Mereka menawarkan program belajar Bahasa Inggris dengan fasilitas dan kualitasnya yang beragam. Teman-teman banyak yang menyarankan di sana, di sini, sampai bingung dah saya mau kemana. Pengennya, saya mau cobain dulu satu persatu, lalu memilih. Eh, bolehkah?

Tes Toefl di Texas Jember

Beruntung sekali, pada beberapa waktu yang lalu, saya bersama teman-teman Blogger Jember Sueger berkesempatan untuk mengikuti latihan tes TOEFL di lembaga kursus Texas Jember. Yeeeeeeey. Ini merupakan kesempatan langka dan nggak boleh dilewatkan.

Sabtu, 29 Juli lalu, di siang yang akan mendekati terik, kami datang bebarengan ke LKP Texas Jember. Lokasinya gampang diakses kok, yaitu di Jalan Imam Bonjol 31 A. Lokasinya masih di kawasan kota. Nggak jauh dari MAN 1 Jember dan Perumahan Argopuro yang elit.

Kami di depan LKP Texas Jember

Memulai Tes Toefl di Texas Jember

Sesampainya di lokasi, kami langsung disambut hangat oleh mbak-mbak resepsionis yang cantiknya aduhai. Seperti biasa, kami mengisi buku kehadiran dulu, supaya terekap data-data saat latihan tes TOEFL nanti.

Tak lama kemudian, sekitar pukul 11 siang, kami mulai memasuki ruangan yang terletak di lantai 2. Ruangan tersebut merupakan laboratorium bahasa untuk kapasitas 14 orang. Biasanya ruangan tersebut digunakan untuk latihan listening dan tempat untuk tes TOEFL.

Saya ambil posisi duduk paling depan, sesuai nomor urut pendaftaran. Teman sebelah saya adalah si bumil, yaitu mbak Prita HW. Dia fans fanatiknya Texas sedari kecil 😆

Sebelum latihan tes TOEFL dimulai, tiba-tiba ada seseorang yang datang menyambut kami dengan ramah. Namanya Mom Lucy. Beliau adalah owner LKP Texas.

Kata Bu Lucy, Selaku Owner Texas Jember

Mom Lucy, owner Texas
Beliau menceritakan bahwa orang-orang sekarang ini butuh banget Bahasa Inggris. 

Banyak sekali agency atau kantor-kantor pemerintahan yang menginginkan karyawannya jago Bahasa Inggris, karena ada kemungkinan bahwa mereka akan bertemu dengan bule-bule atau bahkan klien yang sukanya ngomong Bahasa Inggris.

Kalau mereka nggak bisa nanggepin obrolan dia, bisa batal tuh kerjasama. Ya kan?

Mom Lucy tahu banyak tentang hal ini karena LKP Texas sudah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember. 

Nggak hanya itu, LKP Texas juga sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.

Mom Lucy juga sempet nyinggung-nyinggung S2. Sembari Mom Lucy membahas S2 tipis-tipis, saya berdoa, semoga si Oce lekas dikembalikan hidayahnya. 

Iya, Oce baruuuu aja mutung nggak mau lanjut S2 gegara dengerin petuah dari dosennya yang bilang, "buat apa S2 kalau nggak ada universitas yang menjamin kamu jadi dosen?". Lah, minta ditabok tuh dosen. Nyebelin banget.

Untungnya Mom Lucy ngasih motivasi dan nyemangatin kita untuk lanjut S2. Saya lirik si Oce, Alhamdulillah matanya sudah berbinar-binar, menandakan bahwa ia yakin untuk lanjut S2. Yow, mangats Ceeee 💪

Blogger Jember bersama Mom Lucy

Mulai Latihan Tes Toefl

Usai Mom Lucy menyemangati kita semua untuk lebih giat belajar Bahasa Inggris, maka kita bersiap untuk memulai latihan tes TOEFL. Sebelum latihan tes TOEFL dimulai, kita dipandu untuk persiapan mengerjakan. 

Kita harus cek headphone dan cek pensil 2B (kalau nggak bawa, pinjam aja ke Texas, mereka menyediakan pensilnya kok). Boleh juga kalau kita request untuk mengatur suhu ruangan. Pastikan bahwa kita nyaman saat menjalani tes TOEFL.

Headphone yang enak banget buat dengerin tes listening

Waktu Mengerjakan Tes Toefl

Kita juga diingatkan bahwa kita perlu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengerjakan 140 soal yang tersedia. 140 soal tersebut terdiri dari listening (35 menit), structure (25 menit), dan reading comprehension (55 menit)


Saat mengerjakan tes TOEFL, kita nggak perlu menengok ke arloji di tangan kita. Cukup lihat ke depan, terpampang nyata jam digital yang menunjukkan berapa menit lagi sisa waktu kita untuk mengerjakan soal.



2 jam berlalu, kepala ini rasanya penat dan otak terasa panas. Untungnya Texas langsung peka lalu menyediakan air mineral dan kue. Hmm lumayan banget untuk pemulihan pikiran.

Enaknya Tes Toefl di LKP Texas Jember

Saya merasa bahwa tes TOEFL di LKP Texas ini enak banget. Kalau tesnya saja enak banget, apalagi kursusnya yaaa... Kursus Bahasa Inggris di sini tuh eksklusif banget. 

Peserta dalam satu kelas jumlahnya nggak sampai 5 orang, supaya enak menjelaskannya dan  tentor lebih mudah saat menangani peserta kursus. 

Biar ilmunya ngenaaa gitu. Biaya kursusnya nggak sampai 2 juta untuk 20 pertemuan (kira-kira 2,5 bulan). Kalau kita ngajak teman untuk kursus bareng, biayanya bisa lebih murah.

Ada Tes ETS di Texas Jember

LKP Texas ini nggak cuma menyediakan kursusnya aja, melainkan juga tes TOEFLnya yang diturunkan langsung dari USA. Iyaaa, Texas ini sudah bekerjasama dengan Educational Testing Service (ETS) yang ada di Princenton, New Jersey, Amerika Serikat. Nah, ini contoh wujud sertifikatnya.

Sertifikat TOEFL ITP dari ETS

Ini Pusat TOEFL ITP di Wilayah Tapal Kuda

Istimewanyaaaaa LKP Texas ini merupakan pusat TOEFL ITP pertama di daerah tapal kuda yang meliputi Jember, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. 

LKP Texas ini  sudah terakreditasi B untuk program Bahasa Inggris dari BAN (Badan Akreditasi Nasional). 

Selain itu juga mendapatkan predikat B hasil penilaian kinerja LKP dari Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal Kemendiknas. Ehya, LKP Texas ini pernah menyabet juara 1 lomba bidang Bahasa pada lomba LKP seprovinsi Jawa Timur pada tahun 2016. Wuaw, keren banget 👍👍👍

Sertifikat dan penghargaan LKP Texas

Tersedia Program Bahasa Asing di Texas Jember

Serunya lagi, LKP Texas ini nggak cuma menyediakan program kursus Bahasa Inggris, melainkan juga kursus komputer dan bahasa asing seperti Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Korea, dan Bahasa Perancis.

Yang kursus Bahasa Jepang bikin ngiler euy, soalnya bekerjasama dengan Narita Japanes Language School. Selain itu juga ada program beasiswa yang bekerjasma dengan Jepang, yang ternyata semua persyaratannya tersedia di Texas, seperti EJU, TOEFL, ITP, dan JLPT.

Gimana? Makin tertarik kan belajar ke Texas?

Ekspresi bahagia manja karena dapat mamiring 😃😃

Eh tapi, buat teman-teman yang masih ragu untuk kursus, janganlah ragu berkepanjangan. Teman-teman bisa mengikuti simulasi free course untuk mengetahui apakah kitanya aja yang nggak bisa berbahasa Inggris atau malah metodenya aja yang kurang sesuai. 

Dijamin deh, metode  pengajaran di kursus Texas ini akan membuatmu faham dan jago bahasa Inggris.

Yok, semangat belajar bahasa Inggris 💃💃💃

Cara Daftar Tes Toefl di Texas Jember

Nah, untuk teman-teman yang mau konsultasi tentang keperluan studi, kursus bahasa, kelengkapan kerja, kegalauan hidup, dan sebagainya, langsung saja ya datang ke LKP Texas Jember untuk mendapatkan pencerahan. Info selengkapnya bisa langsung meluncur ke official accountnya.
Wassalammualaikum wr wb



29 comments for "Enaknya Tes TOEFL di Texas Jember"

  1. Hiks aku juga nggak lancar bahasa inggris btw berapa biaya toefl itp biasa lebih mahal dari toefl biasakan? Dibanda aceh udah buka cabang belum yas?

    ReplyDelete
  2. Bahasa Inggris emang penting yak, salah satunya buat bekal berkompetisi dengan pelamar lain saat nyari kerja.
    Daku dulu rajin les bahasa inggris pas masih sekolah, sekarang malah lupa karena kuliahnya nggak jurusan bahasa inggris dan jarang dipraktekkin -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, penting banget untuk penerapan dalam kehidupan sehari-hari
      yaa... minimal dilatih lah kalau lagi nonton film/video barat 💕

      Delete
  3. Deket kalo dari rumahku di Jember, tapi aku blm pernah liat yaa. Hihihi

    ReplyDelete
  4. Kemampuan berbahasa inggris menjadi penting saat ini, untuk melanjutkan pendidikan dan bekerja sangat bermanfaat. Bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, jadi mau belajar kembali di tempat kursus.

    ReplyDelete
  5. dulu les bahasa inggris waktu SMA sampe graduate
    belum perna tes TOEFL
    englishpun udah menguap hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah keren
      harusnya dilanjutin tuh tes toeflnya 💕

      Delete
  6. tempat test toefl terpercaya daerah jember ya ini. hem,, test toefl memang penting sih klo buat ngelamar kerja jad nilai plus.

    tetapi, tempat untuk testnya bagus juga ya bersih dan nyaman banget lagi sehingga siapa saja yang test disini bakalan serius mengerjakannya.

    ReplyDelete
  7. waaah.. cita-citaku dulu juga S2 Ke LN, tapi kandas soalnya begitu lulus S1 langsung nikah... 4 tahun nikah, udah punya anak 3. Akhirnya konsentrasi momong anak deh...

    Suskses ya...semoga ilmunya bermanfaat buat orang banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nanti belajar bahasa inggrisnya bareng sama si anak 💕

      Delete
  8. Tempat kursusnya asik tuh mbak, mau kursus lainnya gak petlu survey lagi...langsung aja kursus di situ.


    Semangat menuju S2 nya ya mbak

    ReplyDelete
  9. Gak pernah tes TOEFL ...orangnya kita S3 kok
    SD
    SMP
    SMA
    Hehehehe..

    Tap ini bukan cuma buat kursus toefle kan ya.. bisa buat anak sekolahan yg pengen kursus bahasa Inggris..

    ReplyDelete
  10. Wah ini cocok banget kalau pengen TOEFL ya. Owner dan petugasnya ramah banget. Kalau 5 murid aja bakal enak nich belajarnya gampang ngerti. Asyekkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. heem, bisa lebih mendalam dan lebih nyantol 💕

      Delete
  11. Waah...beruntung sekali blogger jember, bisa tes toefl bareng-bareng di tempat yang petugasnya ramah semua.
    Semoga cita-citanya tercapai ya,Mbak

    ReplyDelete
  12. Nainiii...generasi sekarang harus begini mikirnya...jauh ke depan.
    Jangan gampang berhenti di tengah jalan karena kurangnya motivasi.

    Kereen, Rhoos.
    Selamat menempuh kehidupan mahasiswa s2 yaa...
    Semoga lancaarrr pendidikannya dan ilmunya berkah.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Aihhh, aku baru baca ini, hai temen sebangku :D Nanti kita kursusnya barengan aja, tapi maunya kursus nulis in english, semoga ya emak2 yg siap2 ada debay ini ga rempong :)

    ReplyDelete
  14. Waaah pengen banget bisa kursus.. soal biaya, soal usia gimana ya? Bisakah ikut kursus saat sudah bekerja?
    Oh iyaa.. itu sertifikat TOEFL kudu ada pembaruan atau selamanya sertifikat itu berlaku? Makasih yaa.. sori kebanyakan nanya.. salam orang Jember! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok untuk yang sedang bekerja...

      sertifikatnya kalau gak salah berlaku selama 2 tahun, hehe. jadi ya, sebaiknya tes kalau sedang butuh atau sedang ada target 💕

      Delete
  15. SERRUUUUUU

    Bulan September 2019 ada acara :
    1. Tgl 27 September 2019 lkp TEXAS mengadakan IELTS gratis di HOTEL GM Jember.
    2. Tgl 29 September 2019 mengadakan acara OUTDOOR CLASS di CGV Toxy, Conersation About Cinema bonus pop corn dan nonton film, acara ini untuk SD, SMP, SMA dan MAHASISWA, tentu acaranya disesuaikan.
    3. Bagi setiap pendaftar baru bulan september mendapatkan VOUCHER.....langsung saja ke LKP TEXAS.......supaya mendapatkan keterangan lengkap, dan spy program yang diambil sesuai dengan yang dibutuhkan....

    ReplyDelete