Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Harus Dipikirkan Saat Liburan Ke Luar Negeri

Assalammualaikum wr wb

Ada mimpi yang masih belum menjadi nyata. Mimpinya hampir serupa dengan teman-teman yang lain, yaitu liburan ke luar negeri. Ketika saya menonton video youtube yang beraromakan traveling ke luar negeri, hmm selalu saya sholawatin, supaya suatu hari lekas-lekas mengunjunginya juga.

Pun ada hal yang saya pahami, bahwa apabila kita mengidamkan sesuatu, maka bayangkanlah sampai hal sedetail mungkin. Tujuannya, supaya terpatri dalam benak dan alam bawah sadar bahwa kita harus benar-benar bisa memperjuangkannya.

sumber gambar: airfrov.com
Maka, saat membayang-bayangkan melancong ke luar negeri, haruslah ada hal-hal remeh temeh yang dipikirkan. Seperti halnya saya, yang memikirkan hal-hal receh  untuk mengembangkan imajinasi liar yang suatu hari akan menjada nyata. Nah, seperti ini nih yang biasa saya pikirkan, guna terkembangnya imajinasi ke luar negeri.

1.    Menyiapkan paspor
Kadang iri ye, saat ngelihat teman-teman lainnya udah pada pamer paspor, lah kita kapan pamernya ya? Hahaha. Kalau memang benar-benar niat ke luar negeri, mendingan jauh-jauh hari nyiapin paspor. Toh, paspor itu jangkauan waktunya berlaku untuk 5 tahun. Kalau tahun ini belum bisa ke luar negeri, ya mungkin tahun depannya bisa. Kalau tahun depannya belum bisa, ya mungkin tahun depannya lagi Inshaa Allah bisa.

Paspor saya, yang entah kapan berangkat
2.    Mau tinggal di mana?
Kalau punya kerabat yang sudah lama tinggal di luar negeri dan kehidupannya sudah cukup mapan, enak kali ya kalau numpang sehari, dua hari, atau seminggu. Eh tapi kalau nggak ada kerabat di sana, ya bisa pake hotel, hostel, losmen, atau lainnya. Kalau dibayangin sih, lebih enak pakai karavan ya, yang mobil atau bis lalu disulap jadi rumah. Ibarat kata: rumah berjalan. Seperti halnya si duaransel.com, travel blogger yang terkenal

--Baca juga: Homestay Banyuwangi

sumber gambar: ofpof.com
3.    Mau ke mana aja?
Setiap sudut di luar negeri itu, bentuk dan rupanya beda banget kan ya sama Indonesia. Jadi mau kemanapun melangkah, rasa-rasanya beda aja. Aromanya beda, hangatnya beda, pohonnya beda, sejuknya beda, dll. Ya kita akan merasa kayak di luar negeri terus, entah di manapun tempatnya.

--Baca juga: Wisata Puslit Kopi Kakao Jember

Apalagi tempat wisata di luar negeri banyak yang gratis, seperti taman kota atau taman bermain. Kecuali kalau liburannya minta ke Disneyland atau tempat wisata yang ada wahana roller coasternya, ya jelas bayar lah itu. Kalau punya duit lebih, ya silakan saja dihabiskan duitnya. Tapi kalau duitnya tipis-tipis ya sebaiknya cari yang gratisan. Percayalah, sudut manapun di luar negeri adalah tempat wisata, karena nggak ada di Indonesia, hehehe.

4.    Siap Cari yang Halal
Penting banget sih ini. Jangan sampai jalan-jalan dan berwisata melulu, tapi lupa sholat. Juga jangan sampai jalan-jalan melulu, terus makan, lalu apa saja dimakan, padahal makanan di luar negeri itu belum tentu halal. Maka penting banget buat kita memikirkan makanan yang halal.

sumber gambar: jihandavincka.com
Bisa jadi menyiapkan sayur-mayur dan ikan-ikanan yang bisa diolah sendiri, supaya terjamin kehalalannya. Sementara kalau pengen makan daging halal, ya membelinya di toko yang sudah ada logo cap halalnya. Tinggal cari di internet sih, udah banyak kok referensi akses untuk menuju toko halal tersebut.

--Baca juga: Enaknya Makan di Triple Waffle Jember

5.    Siap Cari Sinyal
Jangan sampai saat di luar negeri, kita hectic gegara kelimpungan nyari sinyal. Saat sudah sampai di luar negeri, pastikan langsung ke counter buat beli kartu paketan internet. Kalau pakai kartu lokal luar negeri kan lebih murah. Toh sekarang jarang ada orang yang sms atau telpon ke luar negeri. Biasanya orang-orang udah pakai chatting whatsapp, messanger, dsb yang serba membutuhkan akses internet yang kencang.

Tapi kalau nggak mau beli kartu paketan internet sih, bisa pakai yang lain seperti sewa modem wifi. Iya, kita bisa rental wifi ke luar negeri, rentalnya di Indonesia, modem wifinya akan diberikan saat sehari sebelum pemberangkatan. Kalau pakai jasa sewa modem wifi ke luar negeri ini cukup tahan lama, baterainya berkapasitas 6000MHA dan bisa dipakai untuk 5-8 orang. Lumayang hemat kan?

Kira-kira itu sih, hal-hal yang saya pikirkan saat ke luar negeri. Enak ya, kalau dipikirin dari sekarang, suatu hari bakalan terkabul. Apalagi kalau diaamiinkan bareng-bareng, lekas-lekaslah terwujud. Aamiin.

Wassalammualaikum wr wb

4 komentar untuk "5 Hal Yang Harus Dipikirkan Saat Liburan Ke Luar Negeri"

  1. Saya doakan saja mbak bisa liburan sepuasnya keluar negeri, hanya doa saja loh Mbak....blm bs kasih dollar buat jajannya. :)

    selain hal diatas yang perlu dipikirkan juga adalah Pas kembali dari luar negerinya, jng sampai lupa bawa oleh oleh, walau cuma souvenir centong nasi, tpi mereknya itu loh amat penting. :)

    BalasHapus
  2. waktu ke KL aku ga beli kartu sana dan alhasil kudet hahaha susah hubungin keluarga dan baru tahu bisa rental modem mba :D next bisa dicoba nih

    BalasHapus
  3. Aaaah.. Aku paling jauh cuman ke Singapura hihii, belum pernah ke Erop apalagi Afrika. Semoga bisa keluar negeri juga yaa Mbak Ros kita berduaaa, aamiin

    BalasHapus
  4. nonono, paspor gue malah ilang ... padahal lom sempet kemana-mana ... :(

    BalasHapus