Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enaknya Kuliah di Korea

Assalammualaikum wr wb

Siapa di antara teman-teman yang suka nonton drama korea beserta k-popnya? Ayo ngacung. Hehehe, cuma diminta ngacung aja sih, nggak ada dampaknya apa-apa. Biasanya nih ya, teman-teman yang hobi nonton drama korea, pasti pernah terbersit sebuah keinginan untuk mengenyam pendidikan di Korea. Benar atau tidak? Nah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang enaknya kuliah di Korea. Simak baik-baik ya.

Sumber gambar: studyabroad101.com

Eh tapi catatan ini bukan merupakan cerita pribadi, hehe. Melainkan cerita dari seseorang yang mendapatkan beasiswa dan sedang kuliah di Korea Selatan. Cerita ini saya dapatkan dari WAG WR Prepare LPDP. Saat itu, mereka menghadirkan pemateri yang mendapatkan beasiswa di Seoul. Beliau adalah Muhammad Alex Syaekhoni atau yang akrab dipanggil Kak Alex. Kini beliau sedang menjalani program studi doctoral di Industrial & Systems Engineering, Dongguk University, Seoul, Korea.

Nah, berikut ini saya paparkan kenikmatan-kenikmatan atau enaknya kuliah di Korea versi Kak Alex. Saya di sini hanya menyampaikan saja secara tertulis, hehehe.



Transportasi yang Aman, Nyaman, dan Bebas Macet

Penting banget untuk merasakan perjalanan yang aman, nyaman dan tentram. Karena bisa jadi kita sibuk seharian dan butuh rasa kenyamanan yang tinggi saat di perjalanan. Korea menyuguhkan rasa kenyamanan itu. Ia menghadirkan beragam transportasi canggih yang sudah terhubung ke lokasi manapun, memudahkan siapapun untuk pergi ke suatu tempat, termasuk ke kampus, perpustakaan, tempat wisata, dsb.

Dari deretan transportasi yang ada di Korea, katanya sih yang paling enak adalah subway. Subway dibilang enak banget karena cepat, bebas macet, aman, dan bikin nyaman. Selain itu pembayarannya juga sudah pakai t-money, semacam pembayaran virtual money yang hampir sama seperti membayar menggunakan e-tol.

Jalanan yang Aman Untuk Pulang Malam

Selain transportasi yang aman, jalanan di Korea juga aman kok. Nggak perlu khawatir kalau harus pulang malam. Apalagi untuk mahasiswa S2 dan S3 yang researchnya seringkali mengharuskan pulang malam. Tenang, dimana-mana ada cctv, semua sudut terpantau.

Selain itu, dari orang koreanya juga pada jujur sih. Mereka nggak mau ngambil barang nganggur kalau itu bukan barang mereka. Beda ya sama di tempat kita, hehe. Nah, hal inilah yang bikin korea aman dan nyaman.

--Baca juga: Enaknya di STAN

Belajar Budaya dan Bahasa yang Baru

Apabila stay di Korea, maka kita akan bisa mengenal budaya Korea lebih dalam. Bolehlah sesekali jalan-jalan ke destinasi wisata kerajaan Korea lama atau yang seperti di film Jewel in the Palace, maka dari sana kita akan tahu budaya adat orang-orang Korea yang terkenal santun dan beradab.

Orang-orang Korea masih menomorsatukan bahasanya sendiri dalam berkomunikasi sehari-hari, ya meski kadang mereka akan menggunakan bahasa inggris untuk berbicara dengan orang asing. Namun alangkah lebih baik kalau kita juga mempelajari bahasanya, menyelami seluk beluk kehidupan mereka melalui komunikasi.

Merasakan Beragam Musim

Ini sih yang bikin Korea jadi beda banget dengan negara kita. Korea merupakan salah satu negara yang punya 4 musim, termasuk salju. Orang-orang Indonesia umumnya pada pengen main lempar-lemparan salju sambil pakai jaket tebal kan? Ah, saya juga begitu.

Selain musim salju, ada juga salah satu musim yang sangat dinanti-nantikan di Korea, yaitu musim semi. Pada musim semi, akan ada banyak bunga cherry blossom yang bermekaran dan memanjakan mata. Bunga ini lebih terkenal dengan nama bunga sakura. Enak banget ya kalau piknik di bawah rindangnya pohon sakura bersama kekasih, aduhaaai…

Banyak Destinasi Terawat dan Instagramable

Sejauh mata memandang, jarang sekali ditemukan sampah-sampah berceceran.  Iya, orang-orang Korea sangat paham mengenai pentingnya menjaga kebersihan bersama-sama. Mereka juga jarang banget untuk usil merusak fasilitas publik. Hal itulah yang menjadikan public park di Korea tetap bersih dan terawat.

Tempat-tempat seperti taman, kafe, dsb juga sengaja didesain sangat cantik dan manis, bahkan cenderung cute. Hampir mirip dengan penampilan anak muda Korea yang kerapkali tampil cute. Ibarat kata, semua tempat di Korea adalah instagramable.

Pemerintah Korea Support dengan Mahasiswa Asing

Pemerintah Korea juga support banget dengan mahasiswa asing yang sedang belajar di negerinya. Mereka sering menawarkan program seperti kursus bahasa gratis untuk meningkatkan mutu dan kapasitas mahasiswa asing. Biasanya diadakan saat summer dan winter.

Terkadang juga ada tour gratis. Penawaran semacam itu sangat worthed. Apalagi bagi mahasiswa yang sukanya gratisan, program tersebut membantu banget untuk mahasiswa asing yang ingin refreshing dan jalan-jalan tapi low budget, hehe.

Fasilitas Pendidikan Lengkap

Meski orang-orang Korea melek teknologi dan gawai selalu ada di genggaman, namun untuk mencari informasi dan mendapatkan ilmu yang komplit, mereka selalu tahu kemana harus mendapatkannya, yaitu perpustakaan. Perpustakaan di Korea buka 24 jam dan nggak pernah sepi pengunjung.

Sumber gambar: english.greatnature.org
Apalagi kalau sedang musim ujian, perpustakaan bakalan rame banget. Mereka akan semalaman stay di sana, bahkan nginep di sana. Sampai segitunya ya, hehe. Wajar sih, memang mahasiswa Korea sengotot itu untuk mendapatkan nilai baik di kelasnya.

Selain itu perpustakaan dan kampus-kampus di Korea juga berlangganan jurnal internasional. Mereka selalu up to date untuk mendapatkan top topic researchnya.

Punya Banyak Kampus Unggulan

Kampus-kampus di Seoul terkenal bagus dan menjadi tempat studi impian bagi banyak orang. Apalagi bagi orang-orang Korea yang tinggal di daerah, mereka akan merasa senang banget kuliah di Seoul karena memang bagus-bagus, presticious banget lah.

Bagi orang korea, mereka sangat memprioritaskan untuk kuliah di SKY, seperti Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. Ketiganya sering berada di top list. Untuk urutannya sih berubah-ubah, jadi nggak perlu khawatir mana yang lebih bagus, semuanya udah bagus-bagus.

Ada juga kampus keren lainnya seperti UST (University of Science & Technology), KIST (Korea Institute of Science and Technology), dsb. Keduanya memang nggak masuk top list sih, tapi mereka punya research join dengan pemerintah Korea. Tentunya beasiswanya lebih besar.

Selain itu juga ada beberapa kampus keren lainnya yang nggak kalah ngetop. Sebut saja: Pohang University Science and Technology (POSTECH), Sungkyukwan University, Sogang University, Kyung Hee University, Hanyang University, Chung-Ang University, dsb. Yang menakjubkan adalah ternyata ada kurang lebih 200 kampus di Korea yang menawarkan berbagai program menarik untuk mahasiswa. Wah, sikat daaah...

Untuk teman-teman yang mengincar jurusan teknik, ada nih kampus keren di Korea yang terkenal dengan bidang engineeringnya, yaitu KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology). Boleh banget menimba ilmu di sana, lalu ilmunya diaplikasikan di Indonesia.

Banyak Orang Indonesia, Serasa Keluarga 

Ada sekitar 600 mahasiswa asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Korea. Mereka sering berkumpul dan melakukan kegiatan bareng. Enak sih kalau bisa bertemu mahasiswa yang sama-sama berasal dari Indonesia. Salah satu kenikmatannya adalah bisa bernafas lega ngomong pakai Bahasa Indonesia, hehe.

Sekumpulan mahasiswa tersebut tergabung dalam PPI Indonesia, yang lebih akrab disebut PERPIKA (Perkumpulan Pelajar Indonesia di Korea Selatan). Nah, Kak Alex yang menceritakan kisahnya ini, merupakan koordinator wilayah I PERPIKA untuk tahun 2015-2016.

Selain mahasiswa, tidak dipungkiri bahwa juga banyak terdapat WNI yang tinggal dan bekerja di Korea. Ada yang berasal dari kalangan pekerja profesional, maupun TKI. Jumlahnya kurang lebih ada 40.000 orang. Hmm, lumayan banyak ya. Kalau ada banyak orang Indonesia di sini, kita akan merasa bahwa sedang berada dekat dengan keluarga, serta merasa lebih nyaman.

Aman Untuk Mahasiswa Muslim

Untuk urusan ibadah, orang-orang Korea termasuk salah satu negara yang menjunjung tinggi toleransi beragama. Perkembangan Islam di sana sudah bagus, pun sudah terdapat banyak tempat yang dijadikan tempat ibadah. Selain itu ada juga paguyuban para WNI yang sering mengadakan kegiatan untuk kumpul bareng, seperti Sholat Jumat, tausiyah/kajian, pengajian, dll.

Sedangkan untuk urusan makanan, santai… ada banyak warga negara Indonesia yang berjualan makanan khas Indonesia, yang jelas kehalalannya. Di Korea ini nggak begitu susah kok untuk mencari makanan yang halal seperti negara-negara lain yang penduduknya mayoritas non muslim. Jadi, tenang aja untuk urusan makanan, Inshaa Allah semua tercukupi.

--Baca juga: Kuliah-Kost-Makan di Jogja

Itulah 10 alasan enaknya kuliah di Korea. Jadi, untuk teman-teman yang ingin kuliah di Korea, sekarang nggak usah ragu-ragu ya untuk segera memilih kampus terbaik di Korea. Inshaa Allah, kondisi dan suasana di Korea akan mendukung segala aktivitas teman-teman yang ingin menimba ilmu di negeri ginseng.

Selamat berjuang!

Titip salam buat oppa-oppa di sana ya, hehehe.

Wassalammualaikum wr wb

8 komentar untuk "Enaknya Kuliah di Korea"

  1. Moga kesampaian deh, buat kuliah di kroya.., eh Korea.. haha
    Asal tetep bangga sama Indonesia aja..
    Sementara segala keunggulan Korea tersebut dijadikan motovasi untuk menjadikan Tanah Air semakin baik pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. January 3, 2018 at 1:02 PM

      Kroya 😂😂😂

      Aamiin aamiin... Tetap berhati Indonesia meski sedang di tanah Korea 💃

      Hapus
  2. Wheewww....
    Cinca cinca Daebak

    Doakan dong aku bisa dapet beasiswa S3 ke korea hihihi
    Amiiinn

    BalasHapus
  3. Mdh2an kesampaian ya �� klo aku udah lama nggak pernah nonton kdrama euy.Tapi klo diajak kesana bakalan mau aja hihii

    BalasHapus
  4. Enak kuliah di Korea :)
    apalagi kalau GRATIS. Eeeeh maksudnya dapat beasiswa xD

    Kak Ros sendiri ada mau gak kuliah di sini? Gak sekedar mau, tapi bener2 ada niatan gitu? Kalau iya kan belajar bahasa Koreanya ya, ajarin lah akunya :3 wkwkwkwk.

    BalasHapus
  5. Semoga tercapai ya, Teh. Terlebih selalu sehat, agar untuk mewujudkannya bisa terlaksana..
    Semoga dilancarkan juga, dan terus berbagi di blog ini..

    BalasHapus
  6. Aku gak demen korea. Korea mah bagus di film doang. Begitu ketemu aslinya, yah mereka gak kinclong kayak di tipi..

    Capee dehh

    BalasHapus
  7. Kayaknya enak juga ya kuliah di sana.
    Apalagi gratis. 😄

    BalasHapus