Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kemeja Putih

Assalammualaikum wr wb

Pagi tadi, saya membuka Saya punya beberapa koleksi kemeja putih. Ada sekitar 3 kemeja, dengan bahan dan model yang berbeda. Perbedaan tersebut didasarkan pada fungsinya.

Ada kemeja yang digunakan khusus bila kemejanya dimasukkan ke dalam rok. Ada pula kemeja yang digunakan tanpa dimasukkan ke dalam rok. Satunya lagi kemeja putih kasual untuk aktivitas semi formal.



Fiuh, merawat kemeja putih itu gampang-gampang susah. Susahnya ya khawatir kelunturan, belum lagi warna putih yang cenderung mudah kotor. Maka, saya pun harus pandai-pandai merawat kemeja putih. Tujuannya, supaya kemeja putihnya senantiasa terlihat baruuu, hehehe 😂

Cara Merawat Kemeja Putih

Nah, berikut ini adalah cara saya merawat kemeja putih. Simak baik-baik ya…

Pisahkan Kemeja Putih dengan Pakaian Berwarna

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan kemeja putih dengan pakaian berwarna laiannya. Tindakan tersebut dapat menghindarkan dari ancaman lunturnya warna pakaian lainnya.

Karena, bila kemeja putih telah terkena lunturan warna, maka kemeja tersebut akan sulit untuk dibersihkan. Jadi, jangan lupa untuk memisahkan kemeja putih dengan pakaian lainnya sebelum proses pencucian dilakukan.

Sesuaikan Kemeja dengan Pakaian Lain Berbahan Sama

Selain warna, hal yang menjadi bahan pertimbangan lainnya adalah bahan. Perhatikan juga untuk mengelompokkan kemeja dengan pakaian lain berbahan sama. Karena, berbeda bahan maka berbeda pula perawatan yang diperlukan.

Kemeja putih yang berbahan wool misalnya, tidak boleh dicampur dengan kemeja berbahan lain. Sebaiknya, kemeja putih berbahan wool tersebut dicuci dengan tangan, bukan dengan mesin cuci.

Bersihkan Noda yang Menempel Terlebih Dahulu

Kemeja putih cenderung mudah kotor. Biasanya, noda akan menempel pada kemeja putih. Bisa jadi itu adalah noda es krim, makanan, dsb. Noda-noda tersebut sangat mengganggu estetika kemeja. Khawatir dikira pemakaianya adalah orang yang tidak suka kebersihan.

Maka pastikan dulu noda dibersihkan. Disikat, lalu dikucek. Eits, jangan lupakan noda yang ada di kerah. Biasanya kerah tersebut menjadi sarang noda. Akan awet nodanya kalau membersihkannya tidak dicicil sejak dini.

Cuci dengan Proses yang Tepat


Perlu diperhatikan, bahwa tidak semua pakaian bisa dicuci dengan mesin cuci. Untuk membersihkannya, biasanya terdapat petunjuk pembersihan berupa label di bagian bawah kemeja.

Petunjuk tersebut menginformasikan: apakah kemeja boleh dicuci dengan mesin cuci? Dengan mengetahui proses mencuci yang tepat, maka bisa didapatkan kemeja yang terlihat seperti baru.



Pastikan Mesin Cuci dalam Keadaan Bersih

Siapa bilang noda atau kotoran yang menempel di kemeja hanya berasal dari kekurang hati-hatian saat kita beraktivitas? Hmm, belum tentu. Bisa jadi, kotoran tersebut berasal dari dalam mesin cuci. Tentulah ini merupakan efek dari mesin cuci yang jarang dibersihkan.

Mesin cuci yang kotor, bisa meninggalkan noda pada pakaian yang dicuci di dalamnya, termasuk kemeja. Akibatnya, kemeja putih tersebut akan kotor. Mau tidak mau, kita harus mencucinya ulang. Fiuh, jadi double kerjaannya.
--

Merawat kemeja putih memang memerlukan kehati-hatian. Banyak hal yang harus dilakukan untuk merawatnya. Karena sejatinya, memiliki tidak hanya soal menggunakan, melainkan merawatnya.

Meski merawat kemeja putih cukup merepotkan, namun ia seringkali menjadi pakaian favorit para wanita. Alasannya? Tentu saja karena fleksibel untuk dipadupakan dengan outfit apapun, untuk digunakan dalam berbagai macam acara.

Untuk teman-teman, sedang mencari kemeja wanita terbaru? Cek saja di Matahari Mall. Dapatkan produk terbaik dengan harga terbaik pula. Dan, jangan lupa merawatnya dengan baik yaa…

Wassalammualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

32 comments for "Cara Merawat Kemeja Putih"

  1. aku jarang pake pemutih mbak
    yang ada jadinya bulak

    ReplyDelete
  2. Harusnya baca ini beberapa tahun lalu, nih. Hampir setiap hari pakai kemeja putih.

    ReplyDelete
  3. Aku tuh paling jarang milih pakaian warna putih karena kurang bisa merawatnya, tapi kemeja putih tuh cakep dipadankan dengan apa saja, duuh suka jadi dilema

    ReplyDelete
  4. Cakep.
    Ku juga suka kemeja warna putih Roos...
    Tapi dulu paling suka kotor di bagian siku.

    Jadi beralih ke kaos ((kalau tidak ada kuliah, hanya praktikum))

    ReplyDelete
  5. Aku ga betah lama ngerawat kemeja putih, karena memang ga tau caranya. Selalu berakhir dengan warna yang memudar

    ReplyDelete
  6. Emang nih ya, ngerawat baju putih tuh harus ekstra hati-hati. Tapi sekarang aku kurang telaten, yaaa karena cuciannya banyak. Jadi akhirnya baju putihnya kurang terawat..

    ReplyDelete
  7. Bener banget tuh harus dipisahkan antara kemeja putih dengan kemeja atau bahan yg berwarna karena nanti takut pudar atau apa gitu lupa. Hemm,, dan apakah ada car lain selain dengan mesin cuci mencuci pakaian kemejanya?

    ReplyDelete
  8. Hmm,, sebetulnya agak kapok cucui kemeja pake mesin cuci, kancing baju resiko copot. Jadi kalo saya selama ini sih cuci tangan aja,, hehehehe. nice info

    ReplyDelete
  9. Periksa kondisi air juga kak. Ini penting bgt. Kdg2 air di rumah suka kotor trus bikin noda kuning di baju. Males bgt. Jengkel tapi ga tau mau marah sama siapa. Hehe

    ReplyDelete
  10. saya kadang cuci kemeja pake air hangat juga mba...biar noda juga cepat hilang kalau pake air anget daripada air dingin biasa.. Dan bener banget mba harus dipisahkan kemeja putih dengan pakaian warna lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh gitu, pakai air hanget ya
      makasih ya buat tips tambahannya

      Delete
  11. Aku punya bbrp kemeja putih, pernah salah satunya dimuntahin anakku haha :P
    Alhamdulillah bersih, soalnya kurendam bbrp hari, kucek2 pakai tangan sampai bersih.
    Emang kudu ati2 deh pakai putih :D

    ReplyDelete
  12. Aku cuma punya satu kemeja putih, satu manset putih dan satu blous putih, tapi jarang aku pake karena nyucinya harus mengeluarkan usaha lebih

    ReplyDelete
  13. kalau aku punya beberapa kemeja putih buat ngantor, ngga bisa dicuci pake aer PDAM, pasti ada bercak kuningnya. pemutih ngga ngebantu jadi mesti pake aer hujan buat bilas kak

    ReplyDelete
  14. aku punya beberapa baju yang warnanya putih juga, emang harus di treatment ekstra nih biar tetep putih kinclong dan awet bajunya ya

    ReplyDelete
  15. Karena sulitnya merawat pakaian warna putih, pakaian putih cuma mampir sesaat dalam hitungan 3 bulan pemakaian di lemari ..., setelahnya cuuuzz beranjak mendarat kukasu ke orang wkwkwkk 😅
    Males ngerawatnya.

    ReplyDelete