Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Karang Cantik di Pantai Papuma Jember

Assalammualaikum wr wb

Jember punya pantai yang cantiknya enggak ketulungan. Namanya adalah Pantai Pasir Putih Malikan. Namun orang-orang seringkali menyingkatnya dengan menyebutnya Pantai Papuma.

Pantai Papuma ini bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo. Namun yang mengherankan, warna pasirnya beda. Malah sangat kontras. Papuma dengan pasir putihnya, sementara Pantai Watu Ulo dengan pasir hitamnya. Mereka berdua dipisahkan oleh tebing yang menjulang tinggi, yang akan kita lalui saat menuju Papuma 💁

papuma-jember

Pantai Papuma ini menjadi  salah satu destinasi favorit keluarga saya saat liburan. Eggak tau tuh, Ibu sama Ayah betah banget berkunjung ke Pantai Papuma. Yaaa, memang enggak dipungkiri sih, bahwa Pantai Papuma menyuguhkan pemandangan yang mashaa Allah. Sangat indah. Cantik. Pasir putihnya menawan.

Selain itu, yang membuat cantik pemandangan Pantai Papuma adalah karang-karangnya. Karangnya tinggi dan besar. Kalau laut sedang surut, teman-teman bisa melihat jelas karang-karang yang indah itu. Karangnya itu serupa pulau, ada di tengah laut 🏄

papuma-jember

Ada 7 karang besar yang terdapat di Pantai Papuma. 5 di antara 7 karang tersebut memiliki nama tersendiri yang diambil dari nama tokoh pewayangan. Yaitu Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, dan Kajang.

Sedangkan ada salah satu batu karang besar yang bentuknya mirip kodok, kemudian warga setempat menyebutnya pulau/karang kodok. Sementara itu, ada satu lagi pulau/karang yang tak bernama. Batu karang tersebut dihindari oleh masyarakat dan tidak ada yang berani mengunjunginya. Katanya sih di karang tersebut dihuni oleh sekawanan ular berbisa 🐍

papuma-jember

Biasanya, para wisatawan berfoto dengan background karang-karang tersebut. Karang yang tinggi tersebut beserta pasir putihnya menjadi ikon Pantai Papuma untuk menjadi salah destinasi wisata unggulan kabupaten Jember 👍


Saya sudah lama enggak ke sana. Kurang lebih setahun. Pengen ke sana lagi. Mencicipi sunset dan makan ikan bakar yang rasanya mantap jiwaaa 💃

papuma-jember

Lalu, kamu? Juga ingin main ke Pantai Papuma kah?

papuma-jember

Wassalammualaikum wr wb 💕


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

13 comments for "Pesona Karang Cantik di Pantai Papuma Jember"

  1. Saya orang Banyuwangi tapi belum pernah mampir kesini.. 🤭🤭🤭🤭 , kebangetan ya.. padahal deket banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa 😂😂
      Yaudah yuk ke Jember, mampir bentar

      Delete
  2. ya Allah aku blm sempat mau kesini, kayaknya jauh banget ke selatannya yah

    ReplyDelete
  3. strukturna kayak di gunungkidul ya kak

    ReplyDelete
  4. namanya kepanjangan ya? makanya disingkat jadi papuma hihi.

    jadi pengen ke pantai nih, nikmatin angin sepoi-sepoi..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  5. wow.... so beautiful....
    ternyata di mana mana, kita punya tempat indah

    # Met memulai aktifitas pagi

    ReplyDelete
  6. Mirip sama di daerahku mba, kalau di tempatku namanya Pantai Karang Agung, bedanya cuma pasirnya ngga putih. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Pantainya bagus, ombaknya besar dan cakep banget pas sunset. Banyak yang jualan ikan bakar di sepanjang jalan. Karena semakin ramai kebersihannya yang harus diperhatikan

    ReplyDelete