Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Manajemen Waktu Agar Produktif

Assalamualaikum wr wb

Menulis dengan judul seperti ini tuh bagaikan refleksi diri. Checklist sekaligus pengingat bahwa apakah saya sudah mampu memanajemen waktu agar bisa tetap produktif? Sebenarnya kalau saat ini, saya sedang kurang produktif karena sedang menikmati masa-masa libur kuliah. Tapi kalau sudah masuk perkuliahan, wuah ngatur jadwal banget tuh karena kegiatan saya enggak cuma kuliah saja.

Jadi pada tulisan kali ini, saya mau share mengenai tips manajemen waktu agar tetap produktif… berdasarkan pengalaman. Tidak semuanya saya lakukan dalam satu waktu sih, hehe. Terkadang ada yang bertahan 2 bulan, 3 bulan, dsb. Namun ada pula yang harus dipertahankan supaya produktivitasnya tetap terjaga.



Berikut ini adalah tips manajemen waktu agar produktif yang selama ini saya lakukan.

Catat Rencana Kegiatan
Paling enak sih kalau kita punya buku agenda atau bullet journal untuk mencatat rencana kegiatan. Jadi, pada malam harinya, kita mencatat dulu agenda besok seharian mau ngapain aja. Jam 05.00 – 07.00 ngeblog. Jam 07.00 – 08.-00 cuci baju, mandi makan. 08.00 – 10.00 kuliah di kampus. 10.00 – 11.00 ngurus administrasi, dst.

Dan usahakan kita benar-benar mengikuti rundown kegiatan yang telah disusun. Kalau ternyata saat hari H, agendanya molor atau mengalami kendala sedikit, ya beri toleransi untuk kegiatan tersebu, asalkan tidak mengganggu jadwal lain yang lebih urgent. Juga, kalaupun ada waktu luang karena aktivitasnya sudah selesai, barulah diisi kegiatan istirahat seperti nonton youtube, cek sosmed, dsb.

Saya pernah menerapkan hal ini. Manjur dan ampuh banget. Tantangannya cuma satu: melawan ego diri sendiri yang malas dan suka menunda-nunda pekerjaan.

Kalau mencatat rencana kegiatan ini sudah berjalan dengan baik dalam hitungan per jam antara 30 – 60 menit, maka cobalah untuk mempersempit jeda waktunya. Misalkan sampai ke satuan 10 atau 15 menitan. Wuah, makin mantap dan kita akan benar-benar jadi manusia yang produktif.

Atur Kegiatan Wajib Harian

Kegiatan wajib harian untuk para pekerja atau anak sekolahan itu jadwalnya jelas ya. Seperti karyawan yang bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. ASN yang kerjanya mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Juga anak sekolahan yang belajar mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang. Mereka semua teratur.

Berbeda dengan anak kuliah yang jadwal kuliahnya tidak teratur. Sehingga mau tidak mau, mereka sendiri yang menyesuaikan jadwal kegiatan non akademiknya untuk kegiatan utamanya. Biasanya sih kegiatan tambahannya ini rapat organisasi, berkumpul dengan teman-teman komunitas, mengerjakan tugas, dsb. Nah kegiatan tambahan inilah yang sebisa mungkin harus kita atur.

Misalnya, ada jam batas maksimal ngumpul bareng teman-teman. Pulang maksimal jam 12 malam bila keesokan harinya ada kuliah. Pulang maksimal jam 10 malam bila belum mengerjakan tugas untuk hari esok. Kalau saya sih, jam 9 malam sudah maksa teman-teman untuk mengakhiri rapat atau diskusi, hehe. Tujuannya ya supaya tidur teratur dan bisa bangun pagi hari dengan segar bugar.

Kalau kegiatan harian seperti ngeblog, saya jadwalkan juga. Setelah beres bangun tidur, salat dan cek-cek sosmed, pasti saya duduk di kursi, mengambil laptop, lalu membuka blog. Entah menulis, membaca, blogwalking, dsb. Yang penting saya pagi hari tersebut harus melek. Harus produktif mulai pagi. Kalau mau istirahat leyeh-leyeh ya saat main sama teman-teman.

Jaga Salat
Saya pernah stress berat karena jadwal kegiatan saya kacau. Kegiatan dan aktivitas banyak, kerjaan belum beres semua, dan kegiatan tersebut timingnya bertabrakan alias kacau … dan saya enggak punya kuasa mengubahnya.

Lalu saya ingat, bahwa teraturnya jadwal kegiatan kita adalah cerminan dari teraturnya jam salat kita. Kala itu… saya kerapkali menunda-nunda waktu salat. Maka dari itu, saya langsung membereskan jam salat saya, lalu secara ajaib pun jadwal kegiatan saya mulai teratur kembali.
--

Sepertinya itu saja tips yang bisa saya bagi. Semuanya berdasarkan pengalaman. Ya Alhamdulillah berpengaruh baik terhadap aktivitas dan kehidupan saya sehari-hari. Kalau tipsnya masih dirasa kurang, coba saja lanjut baca tulisannya Kak Vera pasa postingan bertema serupa: Tips Menjadi Produktif

Dengan menerapkan ketiga hal tersebut, Inshaa Allah saya benar-benar bisa mengatur waktu agar produktif. Tujuannya, supaya setiap tingkah laku saya bermanfaat.

Lalu, kamu? Bagaimana caramu memanajemen waktu agar produktif?

Wassalamualaikum wr wb 💕

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

3 komentar untuk "Tips Manajemen Waktu Agar Produktif"

  1. Kalo saya mngealir apa adanya...

    Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Manajemen waktu emang penting banget, supaya semuanya gak keteteran. Dan kegiatan yang ingin dilakukan juga sudah masuk ke dalam manajemen waktu kita, kalo gak nanti campur aduk dan berantakan wuehehe

    BalasHapus
  3. Wahh kalo soal manajemen waktu emang ketat banget ak, soalnya kegiatannya banyak banget dan harus selalu hati hati dalam mengambil setiap keputusan yang ada. Ditambah kerjaan dan projek projek yakan, penting banget si

    BalasHapus