Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Nasi Goreng Rawon Enak ala Foodgasm

Assalamualaikum wr wb

Sekarang ini, nasi goreng banyak jenisnya. Enggak melulu nasi goreng ayam atau nasi goreng telur. Melainkan sekarang sudah ada nasi goreng rawon. Aneh kan? Nah nasi goreng rawon ini saya temukan saat nongki-nongki di Foodgasm.

Saat di Foodgasm, saya menemukan nasi goreng rawon. Aneh. Bikin penasaran. Kami memesannya. Lalu mencicipinya. Wuih, huenak. Rawonnya terasa. Menyatu dengan nasi gorengnya.




Cara Membuat Nasi Goreng Rawon Enak

Nah, kalau kalian pengen tahu resep untuk membuat nasi goreng rawon ala foodgasm, ini saya bagi resepnya yaa. Silakan terapkan resep berikut.

Bahan Nasi Goreng Rawon

1 kg Daging Sapi (saya pilih Sengkel)
2 ltr Air

Bumbu Halus Nasi Goreng Rawon

5 butir Bawang Merah
7 siung Bawang Putih
5 buah Cabe Merah
1 sdm Gula Merah
2 sdm Air Asam Jawa
5 butir Kemiri
1 sdt Ketumbar
1 sdt Jintan
1 sdt Terasi matang
4-5 buah Keluwak (pilih yang baik, jamgan asam atau pahit rasanya)
Secukupnya Kunyit

Bahan geprek Nasi Goreng Rawon

Secukupnya Lengkuas
2 batang Serai
7-10 lembar Daun Jeruk

Bahan Pelengkap Nasi Goreng Rawon

Secukupnya Bawang Goreng
Secukupnya krupuk
1 potong Tomat
1 potong Timun
1 lembar daun Selada
1 telur ceplok

Cara Membuat Nasi Goreng Rawon

1.Tumis bumbu halus dan bumbu geprek hingga harum. Sisihkan beberapa sendok makan bumbu untuk nasi gorengnya.
2. Masukkan daging, tumis kembali hingga tampak matang bagian luarnya.
3. Masukkan air. Rebus hingga daging empuk.
4. Campur bumbu yang disisihkan tadi dengan nasi, kira-kira saja, tambahkan rasa yang perlu (garam, gula, bubuk kaldu).
5. Panaskan minyak dalam penggorengan, masukkan daging rawon tadi, tumis hingga kecoklatan. Masukkan nasi yang telah bercampur bumbu rawon.
6. Tumis hingga harum.

Nah, Nasi Goreng Rawon siap disajikan. Di sini saya membuatnya tanpa kuah ya. Tapi kalau mau disajikan dengan kuah, boleh juga kok.

Gimana? Mudah kan?



Segera dipraktekkan ya. Supaya kamu bisa merasakan enaknya nasi goreng rawon. Cocok lah untuk menu buka puasa yang spesial. Boleh juga loh kalau mau dijual. Soalnya, nasi goreng rawon ini kan spesial.

Kamu, segera cobain nasi goreng rawon ya. Dijamin bikin nagih!

Wassalamualaikum wr wb 💕





Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

3 comments for "Cara Membuat Nasi Goreng Rawon Enak ala Foodgasm "

  1. Nasgor rawon, suka, sedep banget soalnya yaaa rawon, hehe :D

    ReplyDelete
  2. nasi goreng rawon ini bentuknya menggoda. ada tambahan sayuran juga. cuma porsinya emang sedikit ya ini?

    ReplyDelete
  3. nemu aja ya idenya, jadi penasaran

    ReplyDelete