Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Harapan Kami Untuk Kamu Wahai Ibu Kota Baru

Assalamualaikum wr wb

Terima kasih Jakarta, telah bersedia menjadi tumpuan pemikiran negara ini sejak namamu masih Batavia. Namun, beribu maaf kami sampaikan, sebab kami tak mampu merawatmu dengan baik. 

Kini engkau harus istirahat. Harus pulih. Maka, izinkan kami memindahkan mahkota ibu kota ke tempat yang baru. Sebuah tempat yang lebih baik, perwujudan dari segala harapan para pendahulu. Tentunya, kami tak serta merta berpindah, melainkan akan menjaganya dengan sangat baik, seperti menjaga Ibu kami sendiri…




Kabar mengenai perpindahan ibu kota merupakan angin segar bagi kami, juga bagi seluruh warga negeri ini. Pusat pemerintahan tak lagi java-centris, melainkan Indonesia-centris.

Maknanya, pemerintah lebih mudah menjangkau pelosok daerah, sehingga berbagai program dan kebijakan dapat terlaksana dengan lebih efektif. Dampaknya, terjadi pemerataan pembangunan dalam berbagai bidang 👍


Berpindahnya ibu kota ke tempat yang lebih baik, bukan sekadar mimpi pak presiden, pak menteri @Bappenas, kementerian #Bappenas, atau para pejuang yang telah lama gugur.

Melainkan juga mimpi kami, para generasi muda yang siap membangun Indonesia emas 2045. Maka dari itu, perkenankan kami menyampaikan harapan untuk #IbuKotaBaru 🙏



Perpindahan ibu kota, bukan berarti berpindah pula segala keruwetan dan kemacetan yang ada. Melainkan: menghentikannya. Bila di Jakarta kemacetan akan berkurang drastis. Maka di ibu kota baru tidak boleh ada kemacetan 🚗🚕🚓

Mau enggak mau, pemerintah harus merancang jalan dan tata lalu lintas dengan baik. Mengelola sistem transportasi umum yang nyaman dan terintegrasi dengan berbagai sistem.




Supaya orang-orang mau naik transportasi umum, maka pemerintah juga harus membangun jalur pedestrian yang lebar, sejuk dan nyaman. 




Kami harap, bagaimanapun tindakan yang akan dilakukan untuk membangun ibu kota baru, maka hutan harus tetap ada dan dijaga. Sebab, di sana terdapat banyak flora dan fauna yang harus dirawat kelestariannya 🐘🐓🐌


Selain itu, sebisa mungkin untuk meminimalisir terjadinya pembuangan limbah. Harus ada pengelolaan yang terintegrasi dan modern supaya limbah tidak dibuang secara sembarangan ✋



Perancangan tata ruang ibu kota baru harus dimulai dari sekarang. Lokasi istana negara, gedung-gedung pemerintahan, pemukiman untuk ASN, taman kota, dsb harus didesain secara unik dan kreatif.


Bila terwujud tata ruang yang oke banget, maka harus senantiasa dijaga supaya tetap indah dan bersih. Pastikan juga pengelolaan sampahnya tidak manual lagi, melainkan dikelola secara sistematis dan modern 🏪




Sepertinya prinsip ini dijaga erat oleh pemerintah. Mereka mengusahakan banget agar ibu kota baru hanya dikhususkan sebagai wilayah administrasi dan pelayanan pemerintahan pusat.

Jadi, ibu kota baru tidak didesain sebagai penyangga bisnis. Sehingga kecil kemungkinan terjadinya aktivitas perkotaan yang  hedon 🌇


Kalaupun ada pengembangan bisnis, ya boleh saja sih, asalkan milik masyarakat lokal yang dikelola oleh masyarakat setempat. Jadi, pemerintah bisa meminimalisir minat para pendatang untuk datang ke ibu kota.

Biarkan ibu kota dihuni oleh warganya sendiri yang mayoritas suku Dayak-Banjar-Bugis. Ditambah sedikit tamu dari Jawa yang memang sudah bekerja sebagai ASN di pemerintah pusat 👫👭👬




Dulu, nusantara mulanya bertumbuh dari Kerajaan Kutai yang kehidupannya berkembang dari hulu sungai Mahakam. Mereka berjaya karena mampu memanfaatkan sungai dengan baik. Nah, kebetulan banget.

Bila Ibu kota baru mampu memanfaatkan dan menjadikan sungai sebagai sumber utamanya dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul peradaban baru yang lahir di bumi pertiwi 😃




Untuk itu, kami segenap putra dan putri bangsa Indonesia, yang berpendidikan, yang mengerti dan yang akan menjadi garda terdepan republik ini, mendukung secara penuh pembangunan ibu kota baru.


Semoga, harapan-harapan yang kami lambungkan ke langit, bisa memacu semangat para pionir dan anak muda untuk turut serta mewujudkan cita-cita bangsa yang tercantum dalam UUD 1945. Merdeka!

Wassalamualaikum wr wb 💕





Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Bappenas


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

30 comments for "Ini Harapan Kami Untuk Kamu Wahai Ibu Kota Baru"

  1. Siapppp aku mendukung pemerintah membedakan wilayah administratif dan pusat ekonomi dan bisnis, karena bagaimanapun wilayah ibu kota adalah wilayah krusial dan juga sakral yang harus ideal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak. Biar tujuannya lebih terarahkan dan spesifik

      Delete
  2. Kasihan, Kota bersejarah tempat Proklamasi di ucapkan akan di tinggalkan dengan status perkawinan baru pemerintah dengan calon Ibu Kota Baru.
    Pasti banyak mahar yg harus di keluarkan pemerintah untuk hal itu.
    Cuma konsep yg Kak Ros tawarkan semoga menjadi acuan pemerintah untuk menjadikan Ibu Kota baru ke depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gimana lagi, kasihan Jakarta dan warganya, sudah penuh sesak
      Harus pindah ke tempat yang layak. supaya membaik warganya, dan bisa lebih menjangkau masyarakat daerah

      Delete
  3. mantap usulannya kak, aku juga setuju dengan usulan kalian. Semoga ibu kota negara kita yang baru annti akan jadi ibu kota idaman

    ReplyDelete
  4. pertama tama kujuga ingin mengucapkan terima kasih juga kepada Jakarta, kota kelahiranku yang juga sebagai ibukota. eh berarti nanti sebutnya "mantan ibukota" yak haha. semoga harapan kami semua terhadap ibukota yg baru bisa terwujud ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm apa ya sebutannya?
      iya mungkin: mantan ibukota, haha

      Delete
  5. Keren banget Kak Ros :D
    Aku jg setuju kalau semua gak numpuk di ibukota kyk skrng.
    Sebenarnya ide pemindahan ibukota ke Kalimanta udah dilakukan oleh Bung Karno ya, kalau gak salah Palangkaraya itu artinya apa gtu bagus, emang disiapkan sbg ibu kota krn posisinya di tengah2 Indonesia.
    Sbr warga negara ikut menyambut ja kebijakan pemerintah yang positif, semoga emang yang terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, biar Indonesia centris. soalnya kota tersebut pas di tengah-tengahnya Indonesia. Layak juga untuk jadi ibukota

      aamiin aamiin
      sebagai masyarakat, kita harus mendukung kebijakan pemerintah

      Delete
  6. Gak kebayang sih kalau ibukota pindah ke Kalimantan. Tp aku setuju... mengingat ibukota kini yang semakin padat penduduknya. Sebagai pusat bisnis sih oke bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dibayangin dah. ntar tiba-tiba jadi kok, hehe

      Delete
  7. Semoga rencana pemindahan ibu kota bisa menjadi solusi berbagai permasalahan yang ada di ibu kota sekarang ini ya ...
    BTW sukses dengan lombanya, Kak Ros

    ReplyDelete
  8. Perpindahan ibu kota jakarta menjadi pro dan cotra banget ya kak dan sebenernya kalo perpindahan ini mengubah kemacetan jakarta bagus nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah tentu akan mengurangi kemacetan banget.
      kemacetan di Jakarta berkurang
      tapi bukan berarti akan timbul kemacetan yang tinggi di ibukota baru

      Delete
  9. Aku harap Ibu Kota baru ya hanya Ibukota, bukan buat bisnis. Tetap jaga alam, banyakin transportasi umumnya dan itu, hutan, sungai dan laut tetap terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah samaan harapannya

      hutan sungai laut harus tetap terjaga

      Delete
  10. Baca hal ini, Eny sebagai orang Kalimantan juga merasa senang tapi sedih ya campur aduk ...
    Karena disatu sisi , disini banyak hal yang begitu kental dari budaya dan kebiasaan masyarakat lokal.
    Semoga apa yang disampaikan kak Ros bisa benar adanya...
    Karena Kalimantan juga sebagai paru2 dunia jika hutan disini habis...

    Tolong jangan pindahkan saja 😂 kami tak bisa, karena masyarakatnya sendiri sangat lekat dengan sumber daya alam.

    Jikapun terjadi, semoga menjadi pilihan terbaik dari yang baik. Dan harus memperhatikan segala tatanan kota yang ECO friendly

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, apapun keputusannya, Inshaa Allah menjadi hal terbaik dan sudah menjadi qadarallah

      Delete
  11. Semoga urusan pembangunan ibukota baru dilancarkan dan ga jadi beban untuk generasi penerusnya ya. Aku antara senang Jakarta ga jadi ibukota, tapi sekaligus waswas soal pembangunannya sih terus terang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm ya sih, tapi ya bagaimanapun kita memang harus berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman
      tinggal pemerintahannya juga yang harus mengatur ego agar keseimbangan alam tetap terjaga

      Delete
  12. Semoga proses perpindahan ibu kota berjalan dengan lancar karena perpindahan ibukota juga pernah dilakukan oleh negara lain, dan terbukti sukses

    ReplyDelete
  13. semoga rencana ibukota yang baru dapat terealisasi sesuai rencana ya kak

    ReplyDelete
  14. Aku ikut mengaminkan kenceng bgt nih mbak. Semoga harapan2 untuk ibu kota baru terwujud ya.. Selamat hari kemerdekaan Indonesia. Eh telat bgt aku ngucapinnya ya udah tgl 23 agustus.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin
      haha, gak ada ucapan yang terlambat kok

      Delete
  15. saya termasuk orang yang setuju akan dipindahnya ibukota. Harapan-harapan kak Ros dan adek2 semoga saja terwujud menjadi suatu kenyataan. Nusantara tumbuh dari pulau kalimantan, semoga dengan kembalinya pusat pemerintahan ke kalimantan membuat Indonesia berjaya..

    semoga menang lombanya...

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete