Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imunoterapi, Harapan Baru Untuk Pejuang Kanker

Assalamualaikum wr wb

Menjadi pejuang kanker itu memang bukan perkara mudah. Jatuh bangun menerimanya. Bertahan sekuat tenaga. Saling meyakinkan diri bahwa kanker bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan awal dari pemaknaan kasih sayang dan harapan yang dalam dari orang-orang terdekat.

Hope. Faith. Love.


Para Pejuang Kanker di Indonesia

Di Indonesia, kanker merupakan salah satu momok yang paling ditakuti oleh masyarakat. Berdasarkan urutan penyakit penyebab kematian, kanker berada pada nomor 3, setelah jantung dan stroke. Apalagi, jumlah pejuang kanker di Indonesia terus meningkat hingga mencapai angka 1,79% pada tahun 2013.

Ada ratusan ribu pejuang kanker di Indonesia. Saat ini mereka saling menguatkan bahu. Membangkitkan rasa percaya diri. Memupuk keyakinan bahwa masih ada harapan di depan mata.


Angin Segar dari Dunia Medis

Harapan itu memang nyata. Terwujud dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menemukan metode terbaik dalam mengobati kanker. Mulai dari proses pembedahan, radiasi maupun kemoterapi.

Seiring berkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi, kini telah ditemukan metode baru untuk penyembuhan kanker. Lebih efektif, efisien, dan minim efek samping. Sebuah angin segar dari dunia medis untuk para pejuang kanker. Imunoterapi namanya.


Imunoterapi, Metode Terbaru Kalahkan Kanker

Imunoterapi adalah standar baru dalam pengobatan kanker yang bekerja dengan cara mengembalikan kemampuan sistem imun di dalam tubuh pasien sendiri agar dapat melawan sel kanker.
Jadi, fitrahnya sistem imun dikembalikan dan dibuat berjaya.

Dulunya, sel kanker sulit ditangani karena sistem imun tidak mampu mengenalinya sebagai benda asing. Sebab karakteristik sel kanker sangat mirip dengan sel normal. Maka tidak mengherankan bahwa sistem imun tidak menyerangnya, karena dianggap kawan. Padahal sistem imun itulah yang berperan penting dalam pertahanan tubuh kita.

Maka dari itu, ditemukanlah pengobatan yang bekerja dengan mengandalkan sistem imun kita. Metode ini mampu membuat sistem imun kita lebih cerdas dalam mengenali sel kanker serta memperkuat respon sistem imun terhadap adanya sel kanker. Kabar baiknya, perkembangan sel-sel ganas dapat diperlambat. Bahkan dihentikan. Benar-benar menjadi secercah harapan untuk pejuang kanker.


Bagaimana Sistem Kerja Imunoterapi?

Sebenarnya, sistem imun kita telah bekerja dengan baik. Ia mampu mengarahkan pasukan sel T untuk mendeteksi dan menghancurkan sel asing di dalam tubuh. Namun terhadap sel kanker, ia tak mampu mengenalinya. Sebab ada protein PD-L1 yang menghambat sel T untuk menyerang dan menghancurkan sel kanker.

Protein PD-L1 ini memakai semacam kamuflase untuk mengelabui sistem imun sehingga terlihat seperti sel normal. Maka dari itu, kita perlu trik jitu supaya sel kanker melepas jubahnya dan menjadi ketahuan bahwa ia adalah sel kanker.

Nah, pengobatan imunoterapi inilah yang mampu menghilangkan kamuflase sel kanker. Sehingga sel T dapat mengenali musuhnya dan menghancurkan sel kanker.


Bagaimana Metode Pengobatan Imunoterapi?

Imunoterapi ini merupakan pengobatan biologis. Proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari organisme hidup. Di dalamnya terdapat protein atau zat yang mengandung anti PD-L1. Siap menyerang sel kanker.

Pengobatannya dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang diberikan lewat infus, obat minum, krim oles atau disuntikkan langsung ke pasien.

Hasil Pengobatan Imunoterapi

Penelitian membuktikan bahwa pengobatan imunoterapi mampu meningkatkan kualitas dan harapan hidup pasien. Obat yang dikonsumsi dari metode imunoterapi, mampu memberikan rata-rata kesintasan (survival) hingga 13,8 bulan dan durasi respon yang panjang hingga 23,9 bulan pada pasien kanker paru-paru stadium lanjut.

Selain itu, hasil pengobatan imunoterapi memberikan durasi respon yang panjang hingga 21,7 bulan pada pasien kanker kandung kemih. Jauh lebih lama daripada pengobatan kemoterapi yang hanya bertahan selama 6 bulan. Tidak menutup kemungkinan bahwa pengobatan imunoterapi mampu menyembuhkan pasien kanker dengan jenis-jenis lainnya.

Se-aman Apa Imunoterapi?

Imunoterapi aman kok. Telah diuji klinis pada ratusan kasus yang tengah berlangsung dan memberikan hasil yang cukup menjanjikan. Penggunaan anti PD-L1 telah disetujui oleh US FDA (Badan Pengawan Obat dan Makanan di Amerika Serikat). Tenang, di Indonesia juga telah diakui. Obat-obatan hasil metode imunoterapi telah disetujui oleh BPOM.

Efek sampingnya terbilang lebih kecil karena imunoterapi membuat sistem imun hanya menyerang sel kanker secara spesifik. Jadi, sel-sel yang sehat tetap aman terkendali. Kalaupun ada efek samping, kemungkinan ya hanya nyeri, gatal, ruam pada kulit di area suntikan. Kemungkinan juga bisa menyebabkan gejala flu seperti demam, pusing, sakit kepala, dsb.

Namun yakinlah bahwa pada masa itu, sistem imun sedang bekerja dan kita harus tetap membuat badan sehat. Maka dari itu, pastikan kita melakukan imunoterapi di bawah arahan dokter ya.

Bagaimana Bila Ingin Imunoterapi?

Apabila teman-teman hendak menggunakan metode imunoterapi, tetap harus berkonsultasi dulu ya kepada dokter. Bertanya dan konsultasi kepada pakar adalah wajib hukumnya. Supaya kita bisa lebih tahu bagaimana penanganan dan langkah-langkah sebelum melakukan tindak medis. Tujuannya, supaya kita benar-benar bebas dari kanker.

Oleh karena itu, pengobatan dengan cara imunoterapi dilakukan supaya sistem imun lebih cerdas mengenali sel kanker. Pengobatan ini juga diharapkan dapat membuat sistem imun lebih kuat dalam merespons sel kanker agar perkembangan sel-sel ganas dapat diperlambat atau bahkan dihentikan.

Kabarkan Berita Baik Tentang Imunoterapi Ini

Nah, itulah hal-hal yang bisa saya sharingkan kepada teman-teman mengenai metode imunoterapi untuk pengobatan kanker. Apabila ada hal-hal yang ingin diketahui lebih lanjut, bisa langsung baca-baca di web www.kalahkankanker.com

Pastikan sampaikan kabar baik ini kepada teman-teman pejuang kanker lainnya ya. Supaya kita bisa tumbuh sehat bersama dan lebih bahagia beraktivitas. Selamat berjuang!


Wassalamualaikum wr wb…



referensi:
www.kalahkankanker.com/kanker/fakta-kanker/
www.kalahkankanker.com/imunoterapikanker/
www.inews.id/lifestyle/health/mengenal-anti-pd-l1-imunoterapi-untuk-pengobatan-kanker-stadium-lanjut/



Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

48 comments for "Imunoterapi, Harapan Baru Untuk Pejuang Kanker"

  1. Alhamdulillah aku senang jika ada kabar baik seperti ini, semoga imunologi bisa menjadi harapan lebih panjang bagi yang sedang ikhtiar. Aku baru tau kalau kanker awalnya susah dideteksi oleh sistem imun tubuh kita, sekaligus dapet ilmu baru. Thank you kak Ros :)

    ReplyDelete
  2. Ikut senang bacanya. Kakakku survivor... Jadi ngerti banget yg dialaminya. Semoga dengan temuan ini bisa memberi banyak manfaat ya kak..amin

    ReplyDelete
  3. Dua orang yang kusayang meninggal karena kanker. Jadi adanya imunoterapi menjadi angin segar bagiku. Semoga pasien-pasien lainnya bisa menjadi penyintas kanker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. aamiin...
      semoga imunoterapi bisa memberikan kesembuhan

      Delete
  4. Seneng banget ketika tau ada imunoterapi ini. Semoga banyak yang tertolong karenanya.

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa jadi alternatif lain selain kemo bagi penyitas kanker ya.

    Di masyarakat, sering kalo dengar kata kanker itu langsung yang terbayang sesuatu yang mengerikan. Seolah penderita kanker akan (maaf) meninggal duluan, sedangkan yang tidak menderita kanker akan hidup ribuan tahun. Kenyataannya tidak seperti itu sebab umur manusia tak ada yang tahu.

    Padahal bagi penyitas, mereka tak ingin dikasihani. Mereka hanya ingin support. Harapan hidup mereka sama panjang dengan semua orang. Terlebih dengan kemajuan teknologi dan inovasi terus bermunculan dalam pengobatan kanker seperti imunoterapi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul
      mereka gak butuh dikasihani, melainkan didukung. diyakinkan

      Delete
  6. Metode ini mampu membuat sistem imun kita lebih cerdas dalam mengenali sel kanker serta memperkuat respon sistem imun terhadap adanya sel kanker.

    Jadi, tubuh lebih aware ya jadinya. Cara yang menarik, semoga makin banyak yang tahu.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya dengan adanya imunoterapi ini, semoga semakin banyak penyintas kanker yang bisa dibantu penyembuhannya.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ada imunoterapi. Semoga penyakit kanker semakin sehat.

    ReplyDelete
  9. Ikut senang mendengar ada cara pengobatan lain untuk penderita kanker. Semoga bs membantu mengurangi penderitaan saudara qt yg terkena kanker.

    ReplyDelete
  10. Semoga imunoteraspi bisa menjadi jawaban para pejuang kanker untuk kesembuhan yang diidamkan. Metode terbaru yang jadi temuan menjanjikan bagi dunia kesehatan khususnya penyakit kanker

    ReplyDelete
  11. Terakhir belakangan metode Imunoterapi tengah banyak menjadi pembahasan dalam pengobatan kanker.
    Semoga aja menjadi inovasi yang tepat dalam proses penyembuhan kanker

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... Inshaa Allah
      sedang dikembangkan lagi untuk diperluas kok

      Delete
  12. Baca cara kerja imunoterapi kayak yg asik gitu, membuka jubah kanker supaya ketahuan. Jadi kayak maen petak-umpet. Tapi jadi mudah dimengerti sih. Semoga bener-bener survive ya memakai metode ini. Soalnya bbrp teman survivor, sekian tahun kemudian relaps. Malah lebih parah...Duh sedih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuuh... mungkin juga karena kesehatan mentalnya ya
      sebab, secara psikis dia juga harus kuat

      Delete
  13. Yang seperti ini nih, kita harus banyak baca. Kesehatan itu penting, semoga kita semua diberi kesehatan ya. Dan yang mengalami kangker semoga dapat disebuhkan.

    ReplyDelete
  14. Penyakit kanker ini memang sangat berbahaya ya, Mbak. jenisnya pun sangat beragam. Adanya sifat kamufalse, membuat terkadang sulit dideteksi. Makanya harus rajin cek juga, biar segera bisa ditangani. Dan syukurlah sekarang ada Imunoterapi, disamping Kemoterapi.

    Eh, foto terakhir itu rasanya pernah lihat, ternyata permah lihat di Instagram, Mbak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus rajin2 cek ke dokter
      check up seluruh badan
      supaya kalau ada apa2, bisa terdeteksi lebih awal

      Delete
  15. Bersyukur sekali ada tipe pengobatan baru untuk kanker ini. Bergabung di grup Facebook para penderita dan survivor kanker membuat saya mengerti beratnya pengobatan yang mereka jalani. Semoga imunoterapi bisa menjadi jalan pengobatan baru dengan efek samping yang lebih sedikit.

    ReplyDelete
  16. Ini info yang bermanfaat sekali. Penting dan harus dibintangi. Setidaknya harapan terapi ini bisa memberi kesempatan buat teman pengidap kanker ya.

    ReplyDelete
  17. Aku jujur baru tau banget kalau udah ada yang namanya Imunoterapi ini. Dengan ini aku juga turut berharap banyak agar metode baru ini dapat banyak turut serta membuat angka penderita kanker berkurang secara signifikan.

    ReplyDelete
  18. wah aku kalo ga baca blog post nya kakak..kayaknya gabakal tau deh ada opsi pengobatan lain untuk pasien kanker berupa imunoterapi ini. Semoga lekas sembuh untuk para pejuang kanker!

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah, sudah ada terobosan baru penyembuhan kanker seperti imunoterapi ini. Mudah2an pengobatan ini dapat menjangkau semua lapisan masyarakat yang mengalami kanker

    ReplyDelete
  20. Wah ada metode baru ya. Mudah2 an benar2 bisa menyembuhkan buat para penyintas kanker dimanapun ya.

    ReplyDelete
  21. Meskipun tetap ada sisi positif dan negatifnya, semoga metode ini bisa memberikan secercah harapan baru bagi para penyintas kanker.

    ReplyDelete
  22. Wah baca ini jadi inget cerita temanku kalau ibu mertua nya kena kanker getah bening. Aku kasih link artikel ini ya mbak, barangkali bisa jadi rekomendasi pengobatan ibu mertuanya

    ReplyDelete
  23. ternyata untuk melawan kanker butuh terapi dan metode yg banyak yaa

    ReplyDelete
  24. Tentunya imunoterapi ini bisa jadi pengobatan yang bagus ya Mbak untuk para penderita kanker. Yah semoga metode ini benar2 ampuh menyembuhkan mereka yang menderita penyakit kanker.

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah udah ada pengobatan terbaru untuk penderita kanker. Semoga bener-bener ada jalan untuk menuembuhkan penyakit mematikan ini.

    ReplyDelete
  26. belajar sama yang mana ini mbak rhos? kalau belajar langsung sama yang pake kacamata aku mau hahaha :D

    tapi yang perlu itu kenali gejalanya lalu berikan tindakan yang tepat

    ReplyDelete
  27. kanker itu satu hal paling mengerikan kak,kemo pun ga jamin org bsia jadi lbh baik kondisinya


    dengan imunoterapi moga bisa jadi solusi lebih baik ya kak

    ReplyDelete
  28. Maasya Allah, seneng loh aku denger berita ini. Berarti terapi ini udah ada di Indonesia ya? Dulu alm. mertua meninggal karena kanker. Semoga harapan hidup bagi penderita kanker jadi jauh lebih banyak lagi..

    ReplyDelete
  29. Semoga dengan adanya imunoterapi mampu mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit kanker, karena selama ini kamker menjadi penyakit yang sulit untuk disembuhkan

    ReplyDelete