Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar SEO dan Persiapan Seminar Online

Assalamualaikum wr wb

Pekan ini kegiatan saya yang bisa disorot ada 4. Bersepeda sama Ibu. Belajar SEO bareng Mas Irwin dan Om Pewe. Beli template baru Mas Sugeng. Juga Seminar online. Yang paling rempong tentu seminar online.

di-balik-layar-seminar-online

Bersepeda Sama Ibu

Saya tuh pengennya jalan 10.000 langkah. Kayak Andra Alodita. Yang berhasil memperbaiki tubuhnya hingga jadi slim and fit. Perjuangannya setiap hari. Konsisten selama 2 bulan.

Saya cobain tuh. Pemanasan. Jalan dekat-dekat sini aja. Hingga sampai Jalan Kyai Ghozali, lalu putar balik. Dapat 5.000 langkah. Kurang lebih 5 km. 30 menit.

Wuah jadi penasaran kan pengen nyobain jalan sampai alun-alun. Eh keesokan harinya, diajak Ibu sepedaan.

Ya udahlah, mending nemenin Ibu sepedaan. Kapan lagi.

Tapi kayaknya mulai besok, saya pengen jalan lagi deh. Pengen konsisten gitu. Sungguh deh, saya begah dengan lemak-lemak membandel ini.

foto-sepeda-dari-belakang-depan


Belajar SEO Bareng Mas Irwin dan Om Pewe

Soal SEO, saya udah ikut kelasnya Mas Qbenk. Yang SEO Moms 2. Perkembangannya kelihatan banget sih. Traffic yang semula cuma 100-150/hari. Sekarang udah naik jadi 200-250/hari. Terasa banget dampaknya.

Lalu akhir-akhir ini nyoba sering cek google adsense. Masih segitu-segitu aja. Belum ada perkembangan. Saya cari tahu caranya. Caranya ya cuma 1. Menulis konten organik secara baik dengan penerapan SEO.

kelas-seo-irwin-pewe-di-grup-wa


Saya coba-coba ya belajar SEO dari 2 sisi. Dengan belajar teknik SEO On Page dan SEO Off Page. Juga, menggunakan template yang ramah SEO.

Kebetulan, ada kelasnya Mas Irwin dan Om Pewe. Sebenarnya udah buka dari lama sih. Pengen ikut. Tapi takut harganya kemahalan. Eh ternyata terjangkau dah. Sanggup mah saya kalau 200.00an.

Alhamdulillah dapat kesempatan bergabung. Dan kelas dimulai pekan ini.

Belajar EAT Untuk Penerapan SEO

Kami diajari mengenai ilmu EAT pada SEO. Mengecek authoritiveness pada blog kita. Cek pake schema mark up. 

Awalnya sih punya saya jelek. Hasilnya enggak terdeteksi. Tidak terdeteksi apapun di blog saya. Mengindikasikan kalau blog saya belum bisa dipercaya. Karena tak terdeteksi apapun.

Lalu saya coba dong, pake templatenya Mas Sugeng. Beli cuy. Ternyata dia juga sudah support schema mark up.

schema-mark-up-template-mas-sugeng-ternyata-ada

Alhamdulillah, hasilnya ada. Postingan saya terdeteksi lengkap. Juga penulisnya diketahui. 

Ya memang enggak selengkap Mas Irwin yang sampai ada link medsos sih. Tapi minimal ada lah, hehe.

Belajar Membaca Google Analytics 

Materi kedua, tentang Google Analytics. Ini berguna banget buat saya. Sungguh deh saya enggak bisa baca Analytics. Baca seadanya di halaman pertama.

Lalu dikasih tahu ini itu, jadinya tahu banyak hal. Alhamdulillah.

Yang menarik sih, tentang tema. Dari Analytics, kita jadi tahu, sebenarnya segmen pasar atau konten yang diminati pasar di blog kita itu apa.

Ternyata, punya saya yang paling banyak dinikmati adalah kuliner. Lalu media/entertain/TV. Wow banget sih. 2 niche yang saya targetkan enggak masuk: travelling dan relationship.

membaca-google-analytics-minat

Kalau kuliner, ya wajar sih. Banyak juga tulisan kuliner di blog saya. Tapi enggak sekeren teman-teman food blogger yang reviewnya mantap jiwa.

Kalau media/entertain/TV ini kayaknya gara-gara review drakor The World of Married itu loh. Juga kadang suka nulis review film. 

Hmm, jadi mikir banyak ini.

Belajar Google Search Console

Saya mah aman-aman aja GSC-nya. Soalnya udah ganti template punya Mas Sugeng, hehe. 

cara-membaca-google-search-console

Beli Template Baru Mas Sugeng

Saya tuh udah sejak lama pengen ganti template. Alasannya akan saya paparkan secara detail di postingan yang lain ya.

Sampai akhirnya, entah kenapa saya penasaran dengan template bikinan Mas Sugeng. Saya cek juga kok template-template bikinan teman-teman blogger Indonesia. Seperti Cory, Teh Langit, dan Arlina. 

Tapi yang saya cari adalah yang SEO friendly. Yang daftar postingan di homepage tertata 2 kolom. Juga yang pengaturan headingnya oke banget.

Hingga sampailah saya jatuh hati pada template Link Magz punya Mas Sugeng. Gara-garanya, daftar postingan di homepage tertata 2 kolom. Impian saya banget. 

Saya juga baca klaim yang dijamin Mas Sugeng. Juga review-reviewnya. Waw, gilak banget dah reviewnya.

Jadilah saya memutuskan untuk menggunakan template beliau. Tapi kudu ijin dulu ke si Mas.

Enggak diijinin dong, hahaha. Si Mas terlalu sayang sama template blog saya yang udah ada ciri khasnya. Tapi ya gimana, saya butuh banget template yang support SEO friendly.

Siangnya, saya tebus tuh template. Harga awalnya 245.000. Tapi dapat diskon. Cukup membayar 218.000. Lumayan lah.

Kalau enggak di-acc Si Mas, enggak papa deh. Toh templatenya juga bisa buat blog saya yang lain kalau pengen nambah blog baru.

Malam harinya, saya ngobrol tuh sama si Mas. Ngobrolnya kayak ngajuin proposal. Menceritakan keunggulan-keunggulan template Mas Sugeng. Karena pas sorenya saya sudah oprek template tersebut/

Si Mas tertarik tuh. Gara-gara ada dark mode. Hahaha.

Tapi ternyata template Mas Sugeng memang sekeren itu loh. Mungkin yang kurang support ya headernya.

Esok paginya, sampai siang, saya oprek template Mas Sugeng. Mulai diterapkan. Ditemani Adek di lantai atas. Adek bantuin ngedit gambar. Dari jpg ke png. Biar transparan. Biar enggak rusak kalau dark mode.

Sekaligus ngedit header. Ternyata headernya terbatas juga. Enggak sebesar punya saya yang biasanya. Ya mungkin supaya tetap SEO friendly.

Satu lagi yang jadi masalah. Penerapan Google Adsense. Wuah keren banget sih penataan adsensenya. Rapi cuy. 

Namun saya ada problem. Ada iklan yang nyangkut di atas menu navigasi. Iklannya persis kayak template saya yang lama. Dicek di laptop dan hape saya, masih begitu. 

iklan-adsense-rusak-template-berantakan

Tapi saat dicek di laptop Adek, aman tuh. Lah ini kenapa?

Esok paginya, saya ke Jember. Di perjalanan, sempat kepikiran. Mau cek blog di apps Firefox. biasanya Chrome. Kalau di Firefox aman, mungkin masalahnya di Chrome. Kudu clear cache.

Eh ternyata beneran dong. Saat clear cache data sepekan, uwih langsung balik aman. Alhamdulillah…

Seminar Online

Uwih, prodi saya mengadakan seminar online alias webinar. Awalnya saya dijadikan MC. Oke deh. Narasumbernya 5. Moderatornya Bu Luh Putu. Dan ini kali pertama saya jadi MC webinar online.

Saya kaget sih, pamflet webinarnya sederhana banget cuy. Kayak bikin dari PPT. Eh ternyata beneran dong, bikin pake PPT. Lah wong yang desain Bu Luh ya.

poster-seminar-online-unej-terbaru

Mbok ya teman-teman gercep gitu loh. Kalau enggak bisa, belajar. Mengusahakan belajar. Malu ih kalau sampai harus diurus kaprodi. Apalagi sampai kayak gitu hasil desainnya.

Lalu saya bikin desain pamflet. Saya ajukan. Di-acc. Alhamdulillah. Kalau ada revisi-revisi kecil, masih wajarlah ya. Toh, enggak merepotkan banget.

poster-seminar-keren-lucu-pastel

Lalu saya dimintai tolong buatin sertifikat. Awalnya enggak mau ya. Biar teman-teman yang usaha. Oke deh. Jadinya Mbak Ira. Saya bisa bantu untuk isi nama.

Eh ternyata, teman-temannya Bintang yang dimintai bantuin nulis nama (400 sertifikat), pada pake AI. Sementara Mbak Ira pake Corel Draw. Jadinya saya deh yang disuruh bikin sertifikat.

Untungnya mintanya dosen enggak macam-macam. Aman beres teratur dah pokoknya. Alhamdulillah.

desain-sertifikat-standar-unej-bagus-keren

Hari Jumat saya ke Jember. Sekalian mau gladi resik seminar online. Cek-cek audio video. Nyobain virtual background biar cakep. Juga mempersiapkan segala hal terkait teknis acara.

Alhamdulillah, acara berlangsung aman sentausa. Dimulai pukul 1 siang. Tapi kami sudah ready pukul 12.30. Diputar video profil unej dan pasca. 

jadi-mc-seminar-online-unej

Lalu dimulai oleh saya. Nunggu Prof Rudi lama banget sih. Harusnya saya bacakan tuh sapaan-sapaan yang ada di kolom chat. Tersapa sih, tapi cuma 1 chat. Kata Bintang, nada bicara saya kayak penyiar radio, hahaha.

mc-bawa-contekan-unej

Alhamdulillah acara lancar banget. Yang mendaftar 450 orang. Yang hadir, 230 orang cuy. Keren banget. Bertahan sampai akhir. Sampai akhir ya 200 orang sih. Pertanyaannya juga banyak. Ada 21.

Uwih, saya nggumun. Antusiasnya segede itu. Enggak menyangka banget.

seminar-online-zoom-unej

Acara usai, kami saling berterima kasih. Senang, karena banyak pihak di balik layar yang kinerjanya luar biasa. Alhamdulillah…

Diapresiasi banget sih acara ini. Lengkap dengan Indonesia Raya, Hymne Unej dan pembacaan doa. Soalnya, di webinar-webinar lain enggak selengkap ini. Juga, Alhamdulillah enggak ada trouble yang signifikan.

Kalau masalah, ya palingan cuma orang-orang menanyakan presensi kehadiran. Sementara, kami belum menemukan sistem presensi yang baik.

Kerennya lagi, syarat mendapatkan sertifikat: harus mengisi form yang berisi feedback. Wuih, kan jadi tahu ya bagaimana kesan, pesan dan harapan peserta dari webinar ini.

Juga kami jadi tahu, materi apa yang diinginkan peserta untuk webinar selanjutnya.

di-balik-layar-seminar-online

Alhamdulillah…

Sudah, segitu saja cerita saya.

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

2 comments for "Belajar SEO dan Persiapan Seminar Online"

  1. Makasih banget sering sharing soal ilmu SEO, saya jadi banyak belajar, soalnya ngulik otodidak. Seneng banget kalau ngeliat Google Search Console grafiknya naik. Kayaknya emang traffic dari topik entertainment selalu tinggi dan stabil, apalagi yg lagi hits, kebanyakan di blog saya juga di postingan soal drama/film Korea sama anime.

    Kalau saya kangen lari lagi, tapi masih takut. Berat badan kudu nambah soalnya pengen donor darah, gara2 pandemi kayaknya stres jadi kurusan.

    ReplyDelete