Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyusun Mimpi Baru Untuk Anak Muda

Assalamualaikum wr wb

Mimpi saya itu sudah selesai, saat lulus S1 dulu. Usai S1, mimpi saya masih berlanjut: S2 dan penelitian. Sudah. Mimpi saya sudah selesai.

Hingga kemarin, enggak ada mimpi yang saya perjuangkan. Heran juga, kenapa hidup saya hambar banget ya. Biasanya ada ambisi yang menggebu-gebu untuk menunaikan mimpi. 

Tapi kemarin enggak. Hampa gitu aja dah selama lebih dari 1 tahun. 

Si Mas juga heran, kenapa saya enggak ada mimpi baru. Ya gimana, emang enggak ada. Hampa aja gitu. Mungkin belum hidaya atau secercah petunjuk dari-Nya.

Hingga kemarin… dalam 2 pekan terakhir, perlahan-lahan saya menemukannya. Kini sedang mempelajarinya, serta menyusun strategi pelan-pelan.

Supaya progressnya kelihatan, sebaiknya saya tulis aja di blog. Sekaligus bisa dijadikan sebagai pengingat.

mimpi-baru-anak-muda


Mimpi Baru Untuk Anak Muda Usia 25 Tahun

Iya, usia saya 25 tahun. Sudah seperempat abad… dan ternyata masih banyak hal yang ingin dilakukan. Utamanya tentang aktivitas, kegiatan sehari-hari, kebutuhan bertahan hidup, juga personal branding.

Berikut ini adalah 3 mimpi saya di tahun 2020, yang goal-goalnya harus sudah terwujud maksimal di akhir tahun 2020.
  1. Ngeblog sampai gajian setara PNS
  2. Rajin bikin video di Youtube
  3. Mulai berbisnis baju sekaligus membangun personal branding

Ngeblog Sampai Gajian Setara PNS

Saya tuh udah ngeblog 10 tahun ya. Tapi enggak ada progress apa-apa. Progressnya ya cuma rajin nulis artikel. Tapi penerima manfaatnya enggak banyak cuy. Bahkan Cuma 1/7 dari jumlah postingan di blog.

Jumlah postingan di blog ada 700 cuy. Buset dah. Miskin amat pageview saya. Malu-maluin.

Lalu saya coba belajar tentang cara meningkatkan pageview. Satu-satunya cara ya dengan menerapkan teknik SEO, baik SEO On Page maupun SEO Off Page.

Ikut Kelas SEO Blog

Saya udah belajar sih, tapi enggak nyambung aja kalau belajar sendirian tanpa ada yang membimbing. Kayak enggak masuk aja itu materinya.

Kebetulan, ada kelas gratisnya Mas Qbenk. Tentang teknik SEO untuk ibu-ibu. Gabung dong saya… Mulai menerapkan tekniknya… dan hasilnya kelihatan dong, Alhamdulillah…

Karena merasa belum puas, pengen belajar SEO juga dari blogger-blogger lain, maka bergurulah saya ke Mas Irwin dan Om Pewe. Ya berbayar sih, tapi ya mungkin sudah saatnya saya mendapatkan ilmu dengan membayar.

Kelas mereka berdua masih berlangsung. Inti ilmunya sih sama ya, tapi tentu ada pembahasan dan materi yang berbeda-beda.

Alhamdulillah….

Pengen Gajian Setara PNS dari Adsense Tiap Bulan

Tentu saja, tujuan saya meningkatkan pageview adalah supaya bisa gajian dari adsense. Sampai saat ini, adsense yang terkumpul baru 38.000 cuy. Dikit banget dah. Per hari masih 200-300 rupiah. Yongalah.

Pengen banget gitu, per hari bisa 2-3 juta. Apa bisa ya? Eh tapi buktinya ada loh blogger yang gajian bulanannya 60 juta hmm talah… Berarti saya harus bisa…

Akhir-akhir ini, saya rutin belajar dan cari motivasi dari Youtube. Seringnya dari Youtubenya Mas Timon. Isinya ya motivasi ngeblog supaya bisa menghasilkan uang.

Inshaa Allah bakalan diterapin… pelan-pelan… Soalnya saya pengen banget gajian setara PNS dari adsense blog. Doain yaa… semoga sudah terwujud sebelum akhir tahun ini. Aamiin…

Rajin Bikin Video di Youtube

Saya tuh pengen ya bikin video di Youtube, tapi enggak tahu mau bikin video apa. Maunya sih yang enggak susah ngeditnya, dan juga enggak susah cari bahan. Kalau travelling kan susah nyari bahannya, kudu jalan ke tempat wisata cuy.

Kebetulan, saat saya cari tutorial blog di Youtube, umumnya Youtubernya adalah laki-laki. Enggak nemu tuh yang perempuan. Lalu, bagaimana kalau saya saja?

Nah, dari situlah saya pengen bikin Youtube. Spesial dari perempuan, untuk perempuan yang pengen belajar ngeblog. 

Bikin Video Tentang Tips Ngeblog

Materinya ringan-ringan aja kok. Ya mulai dari memilih template blog, bicara tentang komunitas, tips ngeblog, dll. 

Konsepnya sih sederhana aja: screen recorder. Hahaha, saya malas ngedit. Kalau screen recorder kan enak ya, tinggal nunjuk-nunjuk dan ngeklik-ngeklik jadi deh. Tentu ada voice overnya. 

Hmm soal wajah saya.. kayaknya jadi opening aja deh. Biar thumbnailnya agak bagusan dikit. Biar ngerti kalau yang ngomong soal blog ini adalah perempuan.

Bikin Video Tentang Jawab Soal-Soal Fisika

Kalau ada kesempatan, Inshaa Allah pengen juga jadi guru. Mau nambah masa-masa pengabdian. Mau berbagi ilmu kepada adik-adik pelajar. Juga, pengennya meneruskan ilmu yang telah diperjuangkan Ayah Ibu.

Makanya, pengennya saya tetap ngajar untuk jadi guru di sebuah sekolah. Tapi ya begitu, sudah banyak ilmu Fisika yang saya lupa, hahaha.

Maka dari itu, usai sidang nanti, saya akan mulai belajar lagi ngerjain soal-soal Fisika. Biar enggak bodoh-bodoh banget lah saat ngajar nanti, haha. Sekalian aja proses belajarnya direkam, gampang kan?

Kalau soal adsense, kayaknya enggak dijadikan tujuan utama dulu deh. Yang penting saya bisa rajin dulu. Itu udah cukup. Kalau urusan adsense Youtube, semoga bisa terwujud tahun depan.

Mulai Berbisnis Baju Sekaligus Membangun Personal Branding

Saya tuh enggak ada bakat jualan. Enggak punya ilmunya. Enggak kepepet juga sih, hahaha.

Tapi saya pengen jualan. Ya pengen aja gitu posting gambar baju-baju cantik biar orang-orang pada kepengen, hahaha.

Gabung ke Grup Reseller Syakira Store

Jadilah saya gabung ke grup resellernya Mbak Puja: Syakira Store. Udah menyampaikan niat untuk gabung jadi reseller waktu itu. Udah ngomong yang ketiga kalinya. Eh baru yang ketiga ini sih saya dipedulikan, hahaha.

Waw, lumayan juga sih gabung di resellernya Mbak Puja. Dapat ilmunya. Tentang whats app marketing dan facebook marketing… yang harus dipraktekin dong, haha.

Di sini sih tantangannya, hahha. Lain kali saya ceritakan secara terpisah. Seru-seru gemes gimana gitu tantangannya.

Pengen Jadi Resellernya Rokanisa

Selain Syakira Store, saya juga pengen banget menggaet Rokanisa. Baju di sana lucu-lucu. Harganya juga lebih murah. Tapi saya belum beli sama sekali sih. Pengenlah beli di sana sekali-kali. Sekaligus jadi reseller.

Tapi harus dapat ilmunya dulu. Harus bisa dapat pembeli untuk Syakira dulu, baru deh ngegas ke Rokanisa. Semoga bisa ya…

… dan semoga suatu hari nanti terwujud: bikin butik dan konveksi sendiri. Soalnya, dulu Ibu pernah punya cita-cita bikin konveksi sendiri. Semoga bisa terwujud melalui anaknya, aamiin…

Jadi Blogger yang Jualan Baju Muslimah

Selain itu, sejauh ini saya enggak punya personal branding akan jadi blogger seperti apa. Teman-teman saya yang selain blogger, tahu kalau saya seorang blogger. Personal branding kalau saya seorang blogger itu udah dapat.

Tapi di kalangan teman-teman blogger, identitas saya sudah menguat. Mau jadi blogger yang seorang guru, hmm kok kayaknya sudah ada ya, dan menurut saya tidak terlalu menarik sih.

Lalu kepikiran buat jadi blogger yang jualan baju muslimah syari. Kayaknya belum ada deh. Kalau blogger yang jualan-jualan gitu sih ada beberapa, biasanya jual makanan, buku, jasa dll. 

Nah, saya pengen jadi yang jualan baju muslimah. Toh bajunya cantik-cantik, cakep-cakep. Mau mengemas dengan menarik supaya orang-orang pada beli, terutama blogger-blogger, hoho.

Kan seru gitu kalau gathering atau kumpul blogger, ngelihat beberapa teman pakai baju muslimah dari produk saya… apalagi kalau diupload di medsos mereka, uwah jadi menyenangkan dah untuk dibayangkan. 

Apalagi template blog saya support buat jualan. Kan lumayan banget. Mari kita memanfaatkan segala media, mulai dari blog, facebook, ig, twitter dan hmm mungkin tiktok, hahaha
--

Udah, itu sih mimpi baru saya. Waw, semoga bisa ya… semoga bisa banget. Aamiin…

Teman-teman, doain yaa… supaya saya bisa mewujudkan ketiga mimpi baru saya ini. Semoga bisa menaikkan kapasitas diri saya serta membawa keberkahan bagi orang-orang sekitar, aamiin…

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

8 comments for "Menyusun Mimpi Baru Untuk Anak Muda"

  1. Nah gitu dong.. Dengan ambisi dan impian, hidup akan makin berwarna.. hoho

    ReplyDelete
  2. wah, semangak kak ros! itu 3 hal yang kudoakan di 2020 ini, akhir tahun segera tercapai, aamiin!

    ReplyDelete
  3. Rhoos kece sekalii...
    Kayanya, aku di usiamu, mikirnya udah "nikah aja deeh..."

    Jadi nikah bukan hanya semacam resolusi, tapi juga shortcut untuk hidup leha-leha.
    Tapi nyatanya, engga loo...
    Heuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah dapat insight baru nih dari teh lendy
      jadi semangat aku tuuuu

      Delete
  4. Alhamdulillah sudah muncul kembali semangat baru, dan ga tanggung-tanggung, targetnya. Itu artinya harus bekerja keras dan cerdas.
    Sudah bagus karena ada kanal belajar luring yang terstruktur dan ada yang bebas.

    ReplyDelete