Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Ikhlas Bekerja Untuk Mencintai Pekerjaan

Cintai pekerjaanmu, seakan-akan kamu berlibur saat bekerja

Untuk mewujudkan hal ini tidak mungkin kamu melakukan hal yang tidak kamu cintai. Maka, janganlah memaksakan diri untuk bekerja di bidang yang tidak kamu sukai atau kamu akan merasa sangat berat dan sangat terbebani.

Cinta pada pekerjaan (passion), merupakan kunci untuk meringankan pekerjaan kita. Dengan passion, kita dapat melakukan pekerjaan apapun dengan ikhlas. Keikhlasan inilah yang dapat memberikan hasil maksimal pada pekerjaan kita. 

Kita dapat menikmati setiap langkah yang dilakukan tanpa terbebani oleh apapun karena kita mencintai apa yang kita lakukan.

tips-ikhlas-bekerja-mencintai-pekerjaan

Jam Kerja Orang yang Mencintai Pekerjaan

Seorang pebisnis online, saking cintanya pada pekerjaan membuat mereka seolah-olah bekerja sambil berlibur atau bersenang-senang sambil berbisnis. 

Dengan begini dapat kita ambil kesimpulan bahwa jam kerja seseorang yang mencintai pekerjaannya adalah nol.

Apabila kita mencintai pekerjaan kita, maka kita seolah-olah tidak bekerja. Melainkan melakukan sesuatu yang menjadi hobi kita, kegemaran kita, dan kita merasa lebih segar, lebih bersemangat untuk bekerja.

Konsekuensi Mencintai Pekerjaan

Konsekuensi dari Passion adalah hasil dari pekerjaan kita akan maksimal. Kita akan melakukan yang terbaik karena kita fokus pada hasil yang kita tuju dan tidak terlalu memikirkan beban yang kita jalani selama kita bekerja. 

Kita dapat seolah-olah lupa kalau kita bekerja saking asyiknya pada pekerjaan yang kita lakukan.

Jadi, untuk bisa sukses kita harus bekerja dengan penuh semangat. Untuk bekerja penuh semangat, kita perlu mencintai pekerjaan kita. 

Maka, bekerjalah pada bidang yang kamu cintai dan bersiaplah meraih hasil yang luar biasa atas pekerjaan yang kamu lakukan.

Ubah Pahitnya Kehidupan Menjadi Kebahagiaan

Saat kita dirundung suatu masalah, besarnya masalah tersebut sangat bergantung pada diri kita. Apabila ada 2 orang individu mengalami suatu masalah yang sama, salah seorang dari mereka mengaku itu adalah masalah yang berat. 

Namun bisa saja salah seorang lainnya mengatakan itu adalah masalah biasa atau bahkan itu adalah masalah yang ringan.

Analogi Kopi di Secangkir Gelas dan Telaga

Sesekali, coba kamu taburkan segenggam penuh kopi kedalam secangkir air lalu kamu minum. Pahit bukan? 

Lalu cobalah segenggam kopi lagi kamu taburkan di telaga, lalu bandingkan rasanya! Maka kamu sekarang akan mendapati air yang segar dan bahkan tidak pahit sama sekali.

Pahitnya kehidupan adalah layaknya segenggam kopi tadi, tidak lebih dan tidak kurang. Wadah yang kita miliki, yaitu hati dan perasaan kita adalah yang menentukan rasa pahit yang kita rasakan.

Jangan jadikan hati kita sebagai gelas, tetapi buatlah hati ini seperti telaga yang mampu menampung segala kepahitan hingga menjadi tidak terasa dan tidak mempengaruhi kesegaran dan kedamaian kita.

Marilah kita belajar dan berusaha terus-menerus. Mari kita latih agar hati kita menjadi seluas telaga agar segala pahitnya kehidupan dapat kita ubah menjadi kedamaian dan kebahagiaan.

Taruhlah setiap masalah dalam genggaman tangan. Besarkan dan kuatkan hati ini untuk menerima dan bertahan dalam setiap hantaman masalah kehidupan, dan tersenyumlah untuk mengubah pahitnya kehidupan menjadi kedamaian dan kebahagiaan.

5 Tips Agar Ikhlas dalam Bekerja

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar kita lebih iklas bekerja atau melakukan apapun.

1. Bekerja di Bidang yang Kita  Suka

Ini merupakan cara paling ampuh. Karena jika kita bekerja sesuai passion, hati akan merasa senang tanpa merasa ada beban. Sehingga bisa tumbuh keikhlasan.

2. Bekerjalah dalam Tim yang Menghargai Kita 

Memilih lingkungan bekerja juga penting. Bekerja besama tim yang menghargai keberadaan kita akan membuat kita nyaman. Cara agar kita dihargai oleh tim tentunya diawali dengan kita terlebih dahulu menghargai mereka.

3. Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang bekerja baik offline maupun online. Mulai dari Programmer hingga Kuli Bangunan. Terbukti, musik bisa membantu meningkatkan semangat dalam bekerja.

4. Fokus Pada Hasil yang Ingin Kita Capai

Fokuskan pikiran kita pada goal atau impian kita. Karena apa yang menjadi fokus kita itulah yang akan menjadi kenyataan.

5. Saat Jenuh, Ngopi dulu Bareng Teman yang Satu Frekuensi

Berkumpul dan ngobrol bareng teman yang se-frekuensi dapat menjadi charger atau suntik ulang semangat dan motivasi kita. Sehingga semakin tumbuh pula rasa ikhlas dalam bekerja.

Jadi, bagaimana? Sudah merasa mendingan untuk bisa ikhlas dalam bekerja?


Guest Author:


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 comment for "5 Tips Ikhlas Bekerja Untuk Mencintai Pekerjaan"

  1. bener banget mba, setuju banget sama analogi kopi di secangkir gelas dan telaga. asal ikhlas InsyaAllah kenikmatan kerja akan semakin teras.

    ReplyDelete