Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berat Badan Ideal Balita Menurut Menteri Kesehatan

Assalamualaikum wr wb

Sebagai orang tua, kita perlu tahu berapa berat badan ideal balita. Tentunya standar berat badan ideal tersebut didasarkan pada WHO (World Health Organization). 

Mengapa harus memperhatikan berat badan ideal balita? Sebab kita harus memantau tumbuh kembang dan kesehatannya. Apakah pertumbuhannya mengalami percepatan atau perlambatan? Salah satu faktornya ya melalui berat badannya.

berat-badan-ideal-balita

Berat Badan Ideal Balita 

Memantau perkembangan berat badan ideal balita penting dilakukan agar kita sebagai orang tua dapat membantu mereka melalui masa-masa pertumbuhannya. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pertumbuhan yang diperlambat atau dipercepat.

Meskipun berat badan balita hampir sama dengan balita-balita lainnya, namun belum tentu sama dengan pertumbuhan fisik maupun usianya. Ini membuktikan bahwa kita harus tahu memantau tumbuh kembang si anak.

Tabel Berat Badan Ideal Balita Menurut Menteri Kesehatan

Sebagai orang tua, kita dapat membantu memantau pertumbuhan balita yang ideal melalui berat badan. Terdapat patokan berat badan ideal balita berdasarkan usianya. 

Berikut ini adalah tabel rincian berat badan ideal balita untuk anak usia 1-5 tahun  berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

berat-badan-ideal-balita


Berat Badan Ideal Balita Usia 1-2 Tahun

Penambahan berat badan ideal balita usia 1-2 tahun tidak sebesar ketika ia masih bayi hingga usia 1 tahun. Pada usia 1-2 tahun, pertumbuhan berat badan balita rata-rata meningkat 1,4 kg – 2,3 kg per tahunnya.

Berat badan ideal anak laki-laki usia 1-2 tahun yang ideal sekitar sekitar 9,6 kg – 12,2 kg. Sedangkan berat badan ideal anak perempuan usia 1-2 tahun adalah 8,9 kg – 11,5 kg.

Berat Badan Ideal Balita Usia 2-3 Tahun

Sama seperti usia sebelumnya, penambahan berat badan ideal balita pada usia 2-3 tahun tidak sebesar saat ia masih bayi. Namun hal itu tergolong aman dan wajar. Yang penting orang tua tetap memberi nutrisi dan gizi yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Berat badan ideal anak laki-laki usia 2-3 tahun adalah 12,2 kg – 14,3 kg. Sedangkan berat badan ideal untuk anak perempuan usia 2-3 tahun adalah 11,5 kg – 13,9 kg.

Berat Badan Ideal Balita Usia 3-4 Tahun

Pada balita usia 3-4 tahun, kenaikan berat badan masih tidak jauh berbeda dari usia sebelumnya. Berat badan ideal balita pada usia ini meningkat kurang lebih 1,5 kg setiap tahunnya.

Berat badan ideal anak laki-laki usia 3-4 tahun kurang lebih 14,3kg – 16,3 kg. Sedangkan berat badan ideal untuk anak perempuan usia 3-4 tahun kurang lebih 13,9 kg – 16,1 kg.

Berat Badan Ideal Balita Usia 4-5 Tahun

Pada usia 4-5 tahun, biasanya anak sedang asyik-asyiknya bermain dan bereksplorasi. Dia berlarian ke sana kemari untuk menikmati aktivitas fisik mereka. Biasanya, berat badan ideal balita pada usia 4-5 tahun meningkat sekitar 2 kg setiap tahun.

Berat badan ideal anak laki-laki usia 4-5 tahun kurang lebih 16,3 kg – 18,3 kg. Sedangkan berat badan ideal untuk anak perempuan usia 4-5 tahun kurang lebih 16,1 kg – 18,2 kg.
--

Apabila berat badan balita kurang dari BB ideal, maka kita sebagai orang tua harus berusaha keras meningkatkan gizi dan nutrisi si anak. Kita harus segera memperbaiki pola makan bahkan mengontrol makanannya sesuai panduan dan saran yang ada.

Namun apabila berat badan balita melebihi BB ideal, maka hal tersebut menandakan bahwa anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Kita sebagai orang tua harus memperbaiki keadaan tersebut dengan cara menjaga pola makannya serta memperbanyak aktivitas fisik.

Nah, itulah penjelasan mengenai berat badan ideal balita. Semoga anak-anak kita berada pada fase tumbuh kembang yang menyenangkan yaa, aamiin…

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 comment for "Berat Badan Ideal Balita Menurut Menteri Kesehatan"

  1. Ternyata ada berat badan ideal bagi anak
    kirain asal anak sehat dan mau makan sudah beres
    Wah tambah ilmu nih
    Kayaknya berat badan saya sudah ideal nih, kalau lihat dari tebel

    ReplyDelete