Pelajaran Berharga Ketika Dijauhi Teman/Sahabat

Konten [Tampil]

Setiap manusia pasti punya kesalahan dan kekhilafan, entah itu pada orang tua, kakak, adik, saudara-saudara, teman, sahabat, atau ke orang lain yang mungkin gak kita kenal. Hendaknya, kalau kita mempunyai kesalahan pada seseorang, meminta maaflah. dan semoga aja kamu dimaafin sama dia.

Apalagi dalam hal persahabatan atau pertemanan, pasti diantara kalian satu sama lain pasti pernah melakukan kesalahan bukan? Ya, pasti kalian pernah, karena tak ada manusia yang sempurna dan tak ada persahabatan yang sempurna pula. 

Masalah dalam Pertemanan/Persahabatan

Tapi, kalau kesalahan yang kamu lakukan itu membuatmu dijauhi oleh sahabat/teman-temanmu, hmmm bisa berabe sih. Apa yang kalian rasakan saat dijauhi sahabat/teman-temanmu? Pastinya sedih, merasa berdosa, bersalah, berusaha untuk memperbaiki hubungan pertemanan, dan lainnya.

pelajaran-berharga-ketika-dijauhi-teman

Pelajaran Berharga Ketika Dijauhi Teman/Sahabat

Namun, kalian tak perlu bersedih terlalu lama saat dijauhi oleh sahabat/temanmu. Justru, BERTERIMA KASIHLAH pada sahabatmu yang menjauhimu. Loh, kok bisa? Kenapa? Di sini, saya (DG) ingin share sama kalian mengenai PELAJARAN BERHARGA SAAT DIJAUHI OLEH SAHABAT yang mungkin bisa kamu rasakan pula.

1. KAMU AKAN DITUNJUKKAN TENTANG KESALAHAN-KESALAHANMU

Ketika dijauhi oleh sahabatmu, kamu akan mengerti tentang kesalahan-kesalahanmu dan sifat-sifatmu yang temanmu gak suka yang justru akan memotivasi kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Namun, kalau misalnya kamu melakukan kesalahan yang sama kedua kalinya, lalu temanmu jadi gak mau berteman lagi sama kamu bahkan benci banget sama kamu (naudzubillah), ya sudah, anggaplah itu adalah HUKUMAN YANG HARUS KAMU TERIMA dan semoga "hukuman" itu bisa membuatmu jera.

2. (MUNGKIN AJA) DIA BUKAN SAHABAT YANG BAIK BUATMU

Menurut saya, persahabatan itu juga bisa diibaratkan dengan jodoh, kalau kalian ditakdirkan bersama, maka itu adalah sahabatmu yang sudah ditentukan sama Allah. Tak jarang kan banyak cerita sahabat jadi cinta, lalu akhirnya menikah? (Duh, jadi ngiri, kebelet nikah!)

 Kalau kalian tak ditakdirkan bersama, bisa aja dia bukan sahabat yang baik buatmu, Coba kalau kalian masih bersama, bisa aja kan kamu terjerumus ke hal-hal yang buruk (naudzubillah)? Ingatlah, kalau sahabat yang baik adalah sahabat yang bisa membuatmu menjadi lebih baik.

3. TENANG AJA, MASIH ADA KOK SAHABAT LAIN YANG JAUH LEBIH BAIK!!

Melanjutkan hal yang no.2 di atas, kalau kalian dijauhi sama sahabatmu yang kenyataannya dia benar-benar gak baik buatmu, GAK PERLU NYESEL, masih banyak kok teman-teman lain yang jauh lebih baik, lebih sayang, dan jauh lebih care padamu. 

Namun, kamu jangan menyia-nyiakan mereka, karena bisa jadi dia adalah orang yang sangat istimewa dihidupmu setelah ia tiada.

4. "ORANG YANG ADA DI HIDUP KAMU, SEMUA ADA MASANYA. KALAU MASANYA SUDAH HABIS HARUS SIAP DAN BISA IKHLASH"

Quote dari salah satu teman saya, Putri, mungkin adalah rangkuman dari semua pelajaran berharga ketika dijauhi sahabat yang udah saya tulis tadi. Semua yang datang pada kita, pasti akan pergi, entah kapan. 

Yang perlu kita lakukan ketika orang lain pergi darimu adalah harus SIAP MENERIMAnya dan IKHLASHKANLAH kepergiannya, sebab masih ada orang yang jauh lebih baik darinya.

Sebelum mengakhiri postingan ini, saya ingin sedikit berbagi tentang pertemanan saya yang berakhir......cukup tragis sih sebenarnya. Jadi, saya punya temen, awalnya sangat akrab, ngobrolin hal-hal apa aja, tapi beberapa lama kemudian, semuanya berubah. 

Awalnya sih saya mengerti, lalu lama-lama agak sebel juga sih, sampe hate speech, tweet war, gitu deh pokoknya. Hingga akhirnya, temen saya ngambek, dan ngejauhin deh dari saya. Sampe sekarang sayamencoba menyapa lagi, tetep aja gak menggubris saya. Ya sudah lah, saya anggap itu adalah "hukuman" yang harus saya terima. 

Yang saya suka dari dia adalah orangnya dewasa banget, sehingga saya termotivasi untuk jadi pribadi yang lebih dewasa, meskipun sampe sekarang masih proses sih, hehehe. 

Okedeh, sekian itu aja sih yang bisa saya sampaikan mengenai pelajaran berharga ketika dijauhi oleh teman. Berbahagialah dan bersyukurlah ketika kamu bisa mendapatkan sahabat yang sangat baik padamu. 

Buat kalian-kalian yang mungkin hubungan persahabatannya lagi 'dingin', saya doakan semoga 'mencair' lagi, dan semoga persahabatan kalian justru jauh lebih erat, lebih akrab, dan selalu penuh dengan kebaikan. Aamiin.


-Guest Post by DG-

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar