Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Skincare Untuk Pemula, Ini Basic Banget

Assalamualaikum wr wb

Kamu sering lihat perempuan-perempuan good looking berwajah glowing? Tenang, kamu juga bisa seperti mereka kok. Tampak glowing karena kulitnya sehat, lembab dan ternutrisi dengan baik. Kulit yang sehat, tercipta karena rajin skincare.

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit wajah. Kalau perawatan kulit tubuh adalah bodycare. Basic utama body care ya mandi, sabunan. Boleh kalau ditambah lulur.

Namun berbeda halnya dengan skincare. Skincare tidak sesederhana mandi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan wajah yang sehat, lembab dan ternutrisi. Hal ini harus dipahami oleh pemula seperti kita.

Basic Skincare Untuk Pemula

Para pemula seperti kita, yang belum mengenal skincare lebih dalam, yang baru pakai facial wash saja karena bingung mau ngapain sebab produknya banyak banget. Tenang, kamu nggak sendiri kok. Sejatinya saya juga mengalami hal itu. Bahkan baru menyadari pentingnya skincare saat saya berusia 23 tahun. Hmm cukup terlambat sih. Tapi nggak pa-pa lah. Nggak ada kata terlambat untuk kebaikan.

Skincare untuk pemula yang dasar banget itu sederhana kok. poinnya cuma 4. Cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen. Sudah. Itu saja.

Jadi, di awal-awal kamu hanya perlu 4 produk untuk skincare. Cari yang harganya terjangkau dulu. Pilih kegunaannya, sesuaikan dengan jenis kulitmu.

skincare-untuk-pemula


Tahapan Skincare Basic Untuk Pemula

Nah, berikut ini saya jabarkan tentang 4 tahapan skincare rutin yang bisa kamu terapkan.

1. Cleanser

Fungsinya untuk membersihkan noda/kotoran/debu di wajah secara tuntas. Kalau enggak pake cleanser, lalu langsung mengaplikasikan produk lainnya, jatohnya malah wajah jadi breakout. Makanya, cleanser sebagai tahapan pertama ini penting sekali. Akan lebih baik sih kalau pakai double cleanser.

Double cleanser ini maksudnya membersihkan wajah 2 kali. Biasanya dipakai saat malam hari, ketika kita lepas dari make up. First cleanser, biasanya pakai yang jenis oil, balm, milk, gel, dll. Tujuannya untuk mengangkat make up. Kemudian second cleanser yang facial wash itu loh, yang dibasuh pakai air. Jadi muka kita benar-benar bersih sebelum tidur.

Kalau pagi hari mah pakai 1 aja cukup. Bisa pakai yang facial wash biar muka jadi lebih segar.

2. Toner

Tahapan setelah cleansing, yaitu toner, yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan kadar pH. Cleansing ini ada dua tahapan juga. Yaitu hydrating toner dan exfoliating toner

Hydrating toner, tujuannya untuk menyeimbangkan kadar pH. Yang sebelumnya kulit wajah kering karena pasca cleansing, maka hydrating toner ada untuk menghidrasi kulit. Sekaligus menyeimbangkan kadar pH

Exfoliating toner, tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati. Produknya jarang ada di pasaran. Soalnya harganya mahal. Dan memang ini sih yang menjadi kunci, alasan wajah kita awet muda, bersih, dan glowing. Ya karena ia mengangkat sel kulit mati 

Kalau sel kulit mati dibiarkan menumpuk, ya lama-lama akan menjadi noda-noda di wajah. Dan ini yang menyebabkan wajah tidak tampak cerah.

3. Moisturizer

Moisturizer ini fungsinya untuk melembabkan wajah. Ia masih erat kaitannya dengan tahapan sebelumnya. Kalau hydrating itu untuk menghidrasi kulit wajah, maka moisturizing ini untuk mengunci hydrating toner yang masuk ke pori-pori wajah

Moisturizer ini ya sebenarnya pelembab. Dan sepertinya, produk-produk yang sering saya gunakan sejak dulu ya pelembab ini. Tanpa tahu fungsinya apa. Haha.

Ternyata pelembab ini enggak akan berfungsi maksimal jika tidak dibarengi dengan skincare lain. Makanya dulu wajah saya biasa-biasa aja, haha. Enggak ada perubahan meski berganti-ganti pelembab

4. Sunscreen

Tujuannya jelas, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Yang di kemasannya ada tulisan SPF-SPF nya itu loh. 1 SPF menandakan 10 menit. Jadi, kalau di kemasan produk tertulis SPF 30, maka kalikan 10 menit, yaitu 300 menit. Ya selama 300 menit itulah sunscreen akan bekerja melindungi kulitmu dari sinar matahari.

Kenapa sunscreen sepenting itu sih? Iya, dia yang akan menjaga kulitmu dari sinar matahari. Dia yang mencegah kerutan-kerutan atau noda-noda kusam itu terjadi.

Perlu diingat, tanpa sunscreen, maka 3 tahapan skincare sebelumnya tidak akan berguna. Wahahaha, ngeri juga ya ini sunscreen.

Skincare Untuk Pemula Kulit Berminyak

Mungkin banyak di antara kita yang jenis kulitnya berminyak. Maka perlu treatment tambahan saat skincare. Sederhana kok. Kamu hanya perlu mendalami beberapa tahapan supaya hasilnya maksimal.

Lakukan Double Cleansing

Untuk kulit berminyak, tahapan cleansernya dilakukan 2 kali ya. Masing-masing pagi dan malam dilakukan 2 kali: first cleanser dan second cleanser. Karena ternyata saat kamu tidur, bisa jadi wajahmu mengeluarkan minyak. Sebab, terkadaing saat malam hari produksi minyak di kulit mencapai puncaknya. Jangan heran saat bangun tidur, kulit akan terasa sangat berminyak. Maka lakukan double cleansing.

Kendalikan Minyak Wajah dengan Toner

Kulit berminyak perlu menggunakan toner khusus kulit berminyak. Ini digunakan setelah cleanser atau membersihkan wajah. Toner berperan sebagai penyegar, mengangkat sisa kotoran sekaligus tahap pertama penutrisian wajahmu. Memakai toner juga membantu penyerapan skincare selanjutnya berjalan dengan maksimal. 

Nutrisi Kulit dengan Memakai Serum

Ini nih 1 tahapan yang harus ditambah. Yaitu memakai serum. Wajah dengan kulit berminyak cenderung membutuhkan nutrisi yang cukup. Maka tambahkan dengan tahapan serum. Pilih serum yang dapat mengecilkan pori-pori atau menyamarkan pori-pori serta mengontrol produksi minyak berlebih.

Pastikan Kulit Lembab dengan Moisturier

Salah satu ciri kulit sehat adalah lembab. Kulit yang lembab, menandakan bahwa kulit telah ternutrisi dengan baik. Apabila ia ternutrisi dengan baik, maka ia mampu memulihkan masalah-masalah yang terjadi padanya. Misal, untuk mecerahkan kulit wajah, menyamarkan noda-noda hitam, dsb.

Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Nah, setelah 4 tahapan tersebut dilakukan, pastikan kamu melakukan ritual penutup, yaitu apply sunscreen. Wuah kalau nggak pakai sunscreen, bisa sia-sia itu perjuanganmu skincare-an 4 tahap sebelumnya, haha. Sunscreen ini penting untuk melindungi kulit dari dampak negatif sinar UVA dan UVB. Jadi pastikan kamu memakai sunscreen yaaa…

Skincare Untuk Pemula dan Harganya

Karena banyak yang pengen dapat rekomendasi skincare untuk pemula dan harganya, maka saya kasih tipsnya. Ini untuk yang pemula banget yaaa…

Pilih dari 1 Merk

Ini paling gampang. Pilih produk skincare dari merk yang sama. Misalnya wardah, emina, viva, dll. Biasanya, untuk masing-masing produk tahapan, ada berbagai jenis. Biasanya ini ditentukan berdasarkan jenis kulit. Maka kamu cari yang sesuai jenis kulitmu.

Sudah, itu saja tipsnya. Hahaha.

Harganya enggak terlalu mahal kok.

Kalau wardah dan emina ya palingan 10.000-40.000 per produk. Kalau viva ya 5.000-25.000. Kalau merk lain yang harga di atasnya tentu ada juga, seperti The Body Shop, Avoskin, Sensatia, dll. Wohooo… tentukan sendiri berdasarkan ukuran kantongmu.

Jadi itulah tahapan skincare untuk pemula. Mudah kan? Semoga kamu bisa menerapkan dan mendapatkan hasil yang maksimal yaaa…

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

4 comments for " 4 Skincare Untuk Pemula, Ini Basic Banget"

  1. Bener, aku lagi konsisten buat Cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen. Nggak muluk2 dulu karena untuk konsisten alias gg males tuh susah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. aku juga. pake 4 tahap ini juga
      tapi aku penasaran sih pengen nyobain 10 step yang korea2 itu, hehe

      Delete
  2. Saya tipe kulit berminyak, cuma pake sabun cuci muka yg di minimarket, dan pake sunblock yg spf 30 dari apotek (kalau pake yg merk2 minimarket suka ga cocok).

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kulit berminyak... ya memang harus diatasi sih

      Delete