Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budaya Remote Working dengan Aplikasi Absensi Android

Remote working cukup populer di kalangan karyawan muda yang bekerja di perusahaan rintisan atau startup. Dalam kinerjanya, karyawan muda ini lebih menyukai jam kerja yang fleksibel sehingga mereka tidak harus datang ke kantor. 

Selama pekerjaan bisa selesai, maka tidak masalah jika karyawan tidak datang ke kantor. Namun, bagaimana cara melakukan pencatatan kehadiran? Tenang, dengan aplikasi absensi android, karyawan dapat dapat melakukan pencatatan kehadiran tanpa perlu ke kantor. 

Remote Working: Menguntungkan atau Merugikan? 

Remote working bisa menjadi menguntungkan dan merugikan di saat yang bersamaan. Mengapa demikian? Bagi sebagian orang, bekerja di kantor masih jauh lebih nyaman dibandingkan bekerja di rumah. 

Hal tersebut disebabkan minimnya fasilitas yang dimiliki karyawan saat bekerja di rumah. Akibatnya, koordinasi dapat menurun drastis dan menghambat progress kerja. Kurangnya sosialisasi juga membuat karyawan kurang mampu bekerja secara optimal saat di rumah. 

aplikasi-absensi-android

Keuntungan Remote Working, Apa Saja?

Lalu, apa keuntungan dari remote working? Dilansir dari Forbes, remote working dapat keuntungan berupa meningkatkan produktivitas, performa, dan engagement karyawan. 

Tentu hal ini akan berimbas pada pendapatan dan output perusahaan yang lebih baik.  Itulah sebabnya mengapa tak sedikit pula perusahaan yang menerapkan sistem remote working. 

Karyawan yang menyukai remote working biasanya adalah seorang karyawan muda yang melek teknologi. Jika pun perusahaan hendak menerapkan remote working, perlu dipastikan bahwa karyawan memiliki fasilitas dan kemudahan untuk melakukan pencatatan kehadiran. 

Karena kehadiran adalah faktor penting untuk mengukur kinerja dan gaji karyawan. Nah, salah satu yang mudah adalah dengan menggunakan aplikasi absensi android. 

Budaya Remote Working Optimal dengan Aplikasi Absensi Android

Sebelum menerapkan budaya remote working, penting bagi perusahaan untuk memastikan apakah karyawan mereka benar-benar siap untuk melakukannya. Selain itu, potensi ketidakdisiplinan pun semakin besar.  

Perlu dilakukan sosialisasi, penerapan teknologi, dan lain-lain agar remote working berjalan sukses. Perusahaan harus memantau kinerja karyawan jika memang ingin menerapkan remote working. 

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memantau kinerja karyawan dengan menggunakan aplikasi absensi android

Bagaimana Cara Aplikasi Absensi Android Bekerja?

Bagaimana aplikasi absensi android bekerja? 

Caranya cukup sederhana, karyawan tinggal mengakses aplikasi yang terpasang dalam ponsel pintar mereka. 

Kemudian, karyawan akan mencatatkan kehadiran saat mulai bekerja dan mencatatkan “jam selesai kerja” ketika telah bekerja selama 8 jam sesuai ketentuan UU Ketenagakerjaan. 

Data kehadiran yang masuk dalam sistem absensi online akan langsung terlihat oleh HRD. Dari data kehadiran tersebut, HRD dapat membandingkan dengan data job desk yang harus diselesaikan oleh karyawan. Apakah karyawan dapat mengerjakan semuanya sesuai tenggat waktu? 

Apakah Menggunakan Aplikasi Absensi Android Itu Menguntungkan?

Tentu saja menggunakan aplikasi absensi android itu menguntungkan. Setidaknya ada 4 keuntungan apabila menggunakan aplikasi absensi android, antara lain:

1. Biaya Lebih Murah 

Absensi android karyawan tidak membutuhkan perangkat mesin absensi dan pemasangan sistem, sehingga akan menghemat pengeluaran perusahaan. Misalnya, jika perusahaan mempekerjakan sales di banyak supermarket atau di pusat perbelanjaan, maka tidak perlu memasang mesin pencatat kehadiran di setiap tempat karyawan tersebut bekerja. 

2. Karyawan Menjadi Lebih Produktif 

Dengan sistem absensi android secara online, karyawan yang bekerja di lapangan bisa menghemat waktu tanpa perlu datang ke kantor hanya untuk absen kemudian kembali lagi ke tempat mereka bertugas. Daripada membuang waktu dijalan, karyawan bisa lebih produktif dan fokus bekerja ditempat mereka ditugaskan bertugas dengan mencatatkan kehadiran melalui aplikasi.

3. Minim Kecurangan 

Pada sistem aplikasi absensi android menggunakan sistem GPS (Global Positioning System) dan biometrik, sehingga dapat memverifikasi kehadiran seseorang di suatu tempat. Foto wajah akan dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem, serta posisi pengguna aplikasi yang memberikan informasi keberadaannya dapat terlacak keberadaannya dengan menggunakan GPS.

4. Memudahkan Analisa Kehadiran Karyawan 

Aplikasi absensi android memberikan informasi kehadiran karyawan secara real time. Meskipun sedang meeting di kantor, pemilik perusahaan dapat mengetahui saat itu juga, bahkan jika karyawan sedang bertugas di luar kantor, sebagai owner dapat memantau siapa dan berapa orang yang datang terlambat dalam bekerja. 

--

Jarak yang jauh bukan lagi hambatan untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi menuju tujuan bersama. Dengan aplikasi absensi android dari LinovHR, karyawan dapat mencatatkan kehadiran ketika remote working. 

Sementara pihak HRD lebih mudah untuk memantau bagaimana kinerja karyawan tersebut. Transparansi dan harmoni kerja pun akan tercipta dengan sendirinya.  Hubungi LinovHR untuk uji coba aplikasi absensi android gratis! 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

2 comments for "Budaya Remote Working dengan Aplikasi Absensi Android"

  1. Seiring dengan makin majunya teknologi, sekarang pekerjaan pun bisa dikerjain dengan lebih baik dan efisien.

    Dan menurut saya aplikasi remote working ini salah satu aplikasi yang cukup bagus untuk memudahkan pekerjaan.

    ReplyDelete