Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Meningkatkan Value Blog dan Kapasitas Diri dari Rumah


Assalamualaikum wr wb

Dulu, saya mengira blog ini hanya akan saya jadikan catatan harian untuk merawat memori. Namun jumlah postingan yang 5x lipat lebih banyak daripada jumlah pembaca harian, membuat saya gamang dan berpikir ulang. 

Benarkah selamanya saya akan menulis hanya untuk diri sendiri? Tidakkah saya ingin blog ini memiliki value yang lebih dan memberi manfaat bagi banyak orang?

Kedua pertanyaan tersebut terngiang-ngiang di kepala. Apalagi efek pandemi yang mengharuskan semua orang stay di rumah, membuat saya semakin resah dan overthinking.


Hingga akhirnya, pada awal pandemi (Maret 2020) saya mulai menyusun langkah taktis untuk meningkatkan value blogging dan kapasitas diri sebagai seorang blogger. Fokus utama saya adalah meningkatkan jumlah postingan yang bermanfaat dan menambah jumlah pembaca harian.

Lalu 1 tahun kemudian, tujuan saya untuk meningkatkan pageview tersebut telah tercapai. Bahkan jauh melebihi ekspektasi.

Target pageview yang sudah tuntas, membuat saya semakin semangat untuk meningkatkan kapasitas diri. Mimpi saya menjadi beranak pinak. Saya nggak ingin hanya sekadar menjadi blogger, melainkan saya ingin lebih dari itu.

Saya ingin menjadi blogger sekaligus youtuber. Bisakah?

Inshaa Allah bisa. Kini saya sedang memulainya pelan-pelan. Jadi, resolusi saya untuk tahun 2021 ada 5. Ketiga di antaranya Inshaa Allah sudah berhasil saya lalui. Sedangkan 2 lainnya masih berproses. Semoga sudah lunas di akhir tahun ini ya. Aamiin.


Selanjutnya, saya akan sharing tentang cara-cara saya mewujudkan impian menjadi seorang blogger + youtuber. Dikarenakan resolusinya ada 5, maka saya menetapkan bahwa caranya ada 5. Kelima cara ini saya lakukan di rumah saja dan selama pandemi loh! Simak baik-baik ya.

1. Belajar SEO, Pageview Mulai Naik

Sebuah tulisan blogger yang jujur dan berbobot, maka tulisannya akan dicari oleh banyak orang meskipun dia tidak melakukan optimasi. Namun untuk saya yang masih menulis cerita sehari-hari ala kadarnya, sepertinya harus merombak banyak hal. 

Saya harus tahu bagaimana cara menulis artikel yang dicari orang-orang sekaligus membuat blog yang bisa ditemukan di mesin pencari. Tulisan dan blog saya, harus sama-sama ramah SEO. Maka dari itu, saya putuskan belajar SEO.

Saya belajar cara menulis artikel yang ramah SEO namun tetap diulas dari sudut pandang blogger. Saya juga belajar cara menemukan template yang SEO friendly supaya blog saya mudah ditemukan di mesin pencari dan memberi kenyamanan bagi para pembaca. Selain itu saya juga belajar cara riset keyword supaya tulisan saya terarah dan memiliki tujuan. Saya berjuang keras agar tulisan saya memiliki value dan bermanfaat bagi banyak orang.

Pelan-pelan, saya mulai rajin menulis artikel yang dicari banyak orang namun ditulis berdasarkan pengalaman. Dari 1 artikel, beranak pinak menjadi banyak artikel turunan untuk menunjang artikel utama.

Lalu hasilnya? Sungguh melebihi ekspektasi saya.


Alhamdulillah pageview merangkak naik. Setiap kali membuka dashboard Google Analytics, saya melihat jejak-jejak pengunjung yang membaca tulisan-tulisan saya. Senang sekali akhirnya tulisan saya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Memiliki value lebih seperti yang saya harapkan sebelumnya.

Adapun bila saya hendak mengikuti lomba blog, setidaknya tulisan saya juga memiliki value. Seperti tulisan ini yang saya ikutsertakan dalam Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah semoga memberikan manfaat bagi teman-teman yang membaca.

Dengan nilai pageview sekian, tentu saja tidak membuat saya berpuas diri. Saya sedang berusaha untuk membuat tulisan bermanfaat setiap hari. Sebab, target saya selanjutnya adalah mencapai 50.000 view dalam 1 hari. Apakah bisa? Inshaa Allah.

2. Belajar Bergaya, Foto-Foto Jadi Lebih Ciamik

Percaya nggak sih, untuk memfoto dan difoto saja, saya harus belajar. Sudah sejak lama saya belajar memotret orang melalui kamera ponsel. Sebab saya paham bahwa ada kaidah tertentu supaya sebuah foto terlihat istimewa.

Hasilnya dibuktikan dengan banyaknya teman-teman yang minta difotokan oleh saya ketika sedang travelling. Ya saya enjoy-enjoy saja sebab saya bisa mengasah kemampuan.

Daripada memfoto, sebenarnya saya lebih suka difoto, hahaha. Tujuannya untuk menambah stok koleksi foto di instagram dan blog. 

Saya sadar bahwa saya bukan tipe orang yang punya wajah photogenic maupun badan yang instagramable. Saya biasa saja. Namun saya harus mencari tahu bagaimana cara berpose yang asyik, keren, dan instagramable.

Foto andalan saya adalah foto full body. Saya sudah punya banyak pose pamungkas yang bisa saya keluarkan ketika difoto. Juga sudah tahu baju seperti apa yang cocok untuk saya kenakan ketika difoto, hoho.

Sementara terkait photogenic, saya harus mengakalinya. Nggak semua bagian dari tubuh saya tuh cakep bila dipandang. Rahang atas saya agak maju, jadi jelek banget bila hendak berfoto fierce. Namun tenang saja, saya sudah punya banyak formula pose supaya bisa tetap cantik bila difoto close up.

Kalau kamu mau ngajakin nongkrong cantik sekaligus foto-foto, hayuklaaah gaaas! 

3. Belajar Desain, Gambar-Gambar Makin Cakep

Desain di Canva memang mudah, apalagi banyak template dan elemen yang tersedia. Tapi kok hasil desain saya masih gitu-gitu aja meskipun saya sudah beli yang premium? Lalu saya putuskan untuk ikut kelas berbayar. Harus rela merogoh kocek lebih dalam untuk jago desain.

Saya bukan ikut kelas canva yang khusus desain blog, melainkan untuk bisnis. Kelas desain ini mengajarkan kita cara membuat desain promosi bisnis yang akan dibagikan melalui media sosial Instagram. Sama-sama menggunakan Canva, namun saya baru tahu ilmunya di sini. Mulai dari membuat brand kit, mencari ide, memodifikasi desain, dll. 

Dikarenakan belajar dari HP itu agak susah karena layarnya kecil, maka saya memutuskan membeli tablet. Saya membeli Tablet Maxtron Genio. Harganya sangat terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni dibandingkan tablet sejenis. Seperti biasa, saya membelinya di marketplace kesayangan, yaitu Shopee


Tenang saja, tablet ini nggak hanya untuk belajar desain saja kok. Toh, saya sering menggunakan tablet untuk blogwalking dan membaca blog teman-teman karena layarnya yang lebar.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa saya akan terus belajar dan mengasah ilmu dengan memanfaatkan tablet. Tujuannya supaya saya bisa belajar kapan saja dan di mana saja dengan layar lebar, hehe.

Hasil belajar desain ini, sudah saya terapkan di blog ini. Coba deh kamu cek beranda halokakros.com. Cover untuk masing-masing postingan di blog ini sudah keren, bukan?

4. Belajar Editing Video, Merambah ke Dunia Youtube

Semenjak Instagram mengumumkan dirinya bahwa ia akan lebih fokus ke video, sejak itulah saya mulai rajin membuat video. Nggak harus bikin video yang besar untuk diupload di Youtube, melainkan bisa membuat video-video pendek terlebih dahulu untuk diunggah di Reels dan IG TV.


Video-video saya tuh sederhana, hanya tentang video kegiatan sehari-hari bersama keponakan yang masih lucu-lucu. Toh, saya juga masih belajar cara take video yang bagus. Untuk editing video, saya masih melakukannya di HP karena masih sederhana.

Saat ini, saya sedang berada di titik ini. Sedang senang-senangnya take video dan editing video. Alhamdulillah. 

5. Belajar Public Speaking, Bersiap Menjadi Youtuber

Tahukah kamu, siapakah orang yang menginspirasi saya untuk menjadi Youtuber? Jawabannya adalah pacar saya alias calon suami saya, eciyeeee.

Dulunya dia adalah seorang travel blogger. Lalu semenjak pandemi, dia beralih menjadi travel vlogger yang explore kawasan Solo Raya. Alhamdulillah, aktivitas travellingnya diapresiasi oleh banyak orang. Hingga kini, channel Youtubenya telah diikuti oleh 17.000 subscriber. Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa!


Karenanya, saya ingin juga menjadi seorang Youtuber. Nggak harus mirip seperti dia yang mengulas tentang tempat wisata. Melainkan saya ingin membahas tentang hobi saya, yaitu ngeblog. Mulai dari cara ngeblog, cara mendapatkan penghasilan dari blog, cara membuat artikel yang SEO friendly, review blog favorit, review template blog, dan lainnya.

Selain itu saya juga ingin punya channel lain yang khusus mereview film, buku, dan webtoon. Boleh juga bila nanti punya channel khusus memasak. Kalau bikin channel, sudah saya lakukan. Sudah explore juga aplikasi editing video di laptop. Namun masalah saya cuma satu, yaitu berbicara.

Kemarin, saya sudah mencoba berbicara di depan kamera. Namun hasilnya terbata-bata. Berganti hari, saya coba berlatih lagi. Namun hasilnya masih tergagap-gagap. Wuah, sepertinya saya harus belajar public speaking nih! Inshaa Allah selanjutnya saya akan belajar cara PD berbicara di depan kamera.

Mendengar niatan saya yang ingin menjadi Youtuber juga, si mas pacar memberikan kejutan. Dia memberikan seserahan yang salah satunya adalah Soundtech 2.0 USB. Wuah mengejutkan sekaliiii! Nggak nyangka ternyata impian saya didukung sebesar ini.


Saat saya iseng tanya beli Soundtech di mana, ternyata dia beli di Shopee juga. Wuah, memang yaaa. Sama-sama pencinta Shopee. Wajar sih kalau kami sama-sama suka belanja di Shopee, soalnya enak dan nyaman banget belanja di Shopee.


Dengan adanya Soundtech ini, Inshaa Allah saya lebih pede untuk berbicara. Saya bisa fokus untuk ngomong dan sharing materi.

Namun untuk saat ini, saya masih belum memulai take video untuk Youtube. Saya masih harus belajar public speaking dulu. Berguru dari para content creator Youtube. Menyimak dari tablet supaya lebih jelas belajarnya.

Jadi, biarkan saya belajar satu persatu. Menikmati prosesnya hingga terwujudnya impian saya. Batasnya adalah akhir tahun nanti. Semoga tercapai ya! Aamiin.


Sepertinya pandemi membuat saya lebih produktif belajar dan berkarya walau dilakukan dari rumah. Untuk saat ini saya berhasil menambah value blog (versi saya) sekaligus meningkatkan kapasitas diri. Ternyata, bisa banget loh #NgeblogDariRumah asalkan didukung oleh gadget yang mumpuni dan semangat membara untuk terus belajar. Jadi kita bisa lebih semangat menekuni hobi, apalagi bila menghasilkan rupiah, hoho.

Semoga, pada akhir tahun nanti, target-target saya telah terpenuhi. Yaitu menjadi seorang blogger dan youtuber yang karyanya dinikmati banyak orang karena memiliki manfaat yang luas. Aamiin. 

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

67 komentar untuk "5 Cara Meningkatkan Value Blog dan Kapasitas Diri dari Rumah"

  1. Keren sekali tipsnya, Mbak. Pantas b;ognya keren sekali ini. Nanti mau intip youtube juga Mbak hehehe. Dan intinya harus terus belajar meningkatkan kemampuan diri ya, Mbak. Apalagi nih, kalau sudah dibekali peralatan keren kayak punya Mbak Rhos. Pacarku inspirasiku, makin happy dapat hadiah keren juga hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, iya Alhamdulillah
      Pengennya jadi lebih sekadar blogger
      jadi harus meningkatkan kemampuan

      Hapus
  2. Semoga dikabulkan doa-doanya Kak Ros...Jadi pengen juga iiih PV juga 50ribu/hari. Masih pe-er banget nih, meningkatkan PV. Rasanya segitu-gitu aja...
    Harus rajin lagi nih mengelola blog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku belum 50ribu/hari
      maksudnya tuh harapanku 50ribu/hari
      biar leyeh-leyeh di rumah, hahahha

      Hapus
  3. aminnn....
    sukak sama cara-cara yang akan dikembangkan buat ngembangin diri begini
    sekarang apa aja selama itu positif nggak ada salahnya ditekuni
    apalagi sama si mas pacar di dukung juga ya kak ros, cemangattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi Alhamdulillah
      kalau sama-sama saling support memang enak banget mbak

      Hapus
  4. Wah kakak cenayang ya? Haha, baru tadi sumpek mikirin page view kok yo segitu-segitu aja, padahal tulisan dah ditulis bagus-bagus sedih aja gitu kalau yang baca dikit. Tips dari kk ini bisa saya praktekin ya, mudah-mudahaj page view naikk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak
      satu-satunya cara biar PV naik ya belajar SEO

      Hapus
  5. Banyak hal yang bisa di upgrade ya, apalagi bisa dilakukan dari rumah. Jadi menginspirasi daku juga biar bisa konsisten terutama dalam hal nge-blog 😅

    BalasHapus
  6. Belajar gambar juga bisa jadi SEOable lho mbak, apalagi klo bikin desain sendiri karena gambar yang beda sekarang dipertimbangkan untuk tampil duluan di hasil pencarian image google, asal jangan lupa tambahkan alternate text sesuai keyword yang kita targetkan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iniii tips bangett hihi iseng2 bacain komen nemu komen berfaedah juga. Numpang nimba ilmu di lapaknya kak Ros yaa hihi..
      Ini juga gambarnya kak Ros juga udah keren banget ya ilustrasinyaa. Semangat kak semoga harapan2nya tercapai yaa <3

      Hapus
    2. iya nih, aku juga ingin memaksimalkan gambar
      soalnya banyak yg menemukan gambar informatif juga dari blog aku

      Hapus
  7. Wah keren banget Kak Ros. Harus bikin target ya biar tujuan tercapai. Aku juga mau nerapin tips di atas biar ngeblog gak sekedar ngeblog.

    BalasHapus
  8. Iya semuanya perlu belajar mbak, toh saya juga belajar SEO saat ini. sing penting mbak update tiap hari ya kan.

    Semoga postingan mbak bertambah banyak. semangat ya mbak.

    BalasHapus
  9. Kerenn kaaak! Suka banget dengan desain-desain gambarnya, bercerita gitu. Ah, aku jadi terinspirasi juga nih untuk makin semangat meningkatkan hasil sebagai blogger, tapi emang mau nggak mau kudu mulai belajar PV, SEO dan desain juga yah. Semoga bisa ikutin jejaknya jadi content creator yang bisa diperhitungkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus belajar banyak hal dan harus diterapin juga

      Hayuk semangat yaaaa

      Hapus
  10. woow keren bangett bisa segitu pageview nya.. mau bangett ..soundtech nya menggiurkan eh..

    BalasHapus
  11. Wah senangnya punya calon suami yang mendukung, seserahannya sampai soundtech kerenn. Semoga tercapai semua yaa kak keinginannya

    BalasHapus
  12. Keren tipsnya mbak bisa diterapkan nih. Ngeblog saat ini bisa merambah ke hobi lain ya, bisa vlogger, youtuber atau bahkan model foto serta desain untuk keperluan konten. Semua ini bisa dikerjakan dari rumah kalau ditekuni pasti menghasilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ngeblog ini bisa melebarkan kemampuan dan kapasitas diri
      soalnya pengen jadi blogger yang sukses, ye kan?

      Hapus
  13. blognya Kak Ros emang makin kece nih dari waktu ke waktu, ternyata memang usahanya keras ya untuk ini.
    menerapkan SEO itu memang kunci banget deh, saya juga sejak belajar SEO (walau terapinnya masih suka-suka) Alhamdulillah PV blog mulai belajar merangkak tapi tetap harus rajin dan konsisten sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kaaaan
      kalau nerapin SEO, PV-nya makin lama makin naik

      Hapus
  14. Cieee....seserahannya Soundtech dong! Milenial banget. Hehe... Kode keras ituuu buat serius ngeyutub. Btw, kenaikan PV blognya keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hihi Inshaa Allah siap ngeyutup (tapi sedang belajar, hehe)

      Hapus
  15. huaaaah tersongkang-songkang bacanya 🥺

    mudah-mudahan aku juga bisa mengikuti semua tips dari kakak. pengin mantep juga pageviewsnya :')

    BalasHapus
  16. Memang jadi blogger tu harus serba bisa. Bisa nulis, bisa desain grafis, bisa editing foto/video, public speaking, semua digarap. Ngomong-ngomong keren deh kak pasangannya juga suka bikin konten jadi bisa saling sharing tentang ide atau tema konten ya. Asal jangan rebutan ide konten aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hahaha
      semoga gak rebutan konten sih (tapi emang konten kami beda banget)

      Hapus
  17. eh iya ya Public speaking itu berguna juga buat ngevlog. Kok saya nggak nyadar. Siap-siap ambil tema ini ah buat kursus online.

    BalasHapus
  18. Samaan deh ini ada soundtech juga
    Cuman sekarang dipinjam sodara wkwkwk
    Ya udahlah ya nanti nabung lagi trus belanja di Shopee biar yang dipinjam bisa dipake sodara lain di kampung buat berkarya

    BalasHapus
  19. Aamiin...
    Optimis semua harapan di akhir tahunnya dapat tercapai.
    Siapa yang tidak ingin di rumah saja tapi bisa gajian dan cuan tetap lancar. Semoga dilancarkan semua prosesnya ya...

    BalasHapus
  20. Semoga ya semua harapan akhir tahun tercapat, aku juga ingin deh.
    Btw, menari kjgua beberapa item yang direview

    BalasHapus
  21. Amin, terkabul mba doanya. Aku juga baru coba buat channel youtube, kalo ngomong masih kayak robot gitu, kaku :) ah tapi ga peduli yg penting pede upload aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, aku masih belum pede upload, hahaha

      Hapus
  22. Mau banget gajian dari Adsense niiih. Memang ya, pageview harus jozz kalau artikel mau menghasilkan dari iklan. Nah, masih pe-er nih, naikkin PV...

    BalasHapus
  23. Wah, asyik banget nih mbak. Bisa bikin konten bareng nanti ma suaminya ya. Apalagi sekarang semua jadi mudah, semua peralatan dan perlengkapan ngekonten bisa dibeli di Shopee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kita biasanya alat tempur kontennya beli di Shopee

      Hapus
  24. Sampai-sampai hp suami pun saya suruh install shopee lho mba dengan akun berbeda karena menggiurkan misal dapat point kan bisa utk belanja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya ya
      jangan sia-siakan promo yang ada

      Hapus
  25. bener kak ros, setuju... menimba ilmu itu juga bagian dari meningkatkan kapasitas diri dalam mengelola blog secara profesional. alhamdulillah ya sekarang kesempatannya banyak.

    BalasHapus
  26. Huhu... Aku sedih nih, 3 bulan belakangan trafik blog ku agak turun. Harua semangat ngoprek lagi dan bikin konten organik nih ya.

    BalasHapus
  27. Daku juga demen bangeett kalo belanja di Shopee
    super gampil, no ribet, barang banyaaakkk variatif, harga bersahabat

    BalasHapus
  28. Meningkatkan value blog juga jadi PR buat saya, Mbak. Ingin juga bisa buat artikel dengan artikel turunannya, supaya SEO blog tambah bagus, ya.
    Untuk nge-vlog saya juga masih belajar untuk berbicara di depan kamera, masih belum pede hehehe

    BalasHapus
  29. NgeblogDariRumah menjadi lebih lancar kalau dilengkapi dengan properti yang mumpuni yaa..
    Seneng banget bacanya, Rhoos..berasa diajarin step by stepnya, yang mungkin ada langkah yang terlewat, bisa dilakukan sekarang agar blog lebih luas manfaatnya.

    BalasHapus
  30. Waaah keren banget mbak perjalanan ngeblognya dan bagaimana usahanya makin meningkatkan value ngeblognya.
    Aku msh punya problem soal foto nih baik pas motret maupun saat difoto, khususnya pas difoto masih sangat kakuuu hehe
    Pengen kupakai tipsmu deh tengkyuu

    BalasHapus
  31. Makasih kak Ros buat ulasannya duh publik speaking ku mangkrak gara2 pandemi kudu mulai dari awal lagi belajarnya.SEO blog masih belajar pelan-pelan nih

    BalasHapus
  32. Selama masa pandemi Shopee membantu saya banget, Mbak. Mau belanja apa saja bisa dan ada. Apalagi sekarang ada free ongkirnya lagi.

    BalasHapus
  33. Aku dulu awal ngeblog gegara ikutan lomba blog mommiesdaily hihi terus lama-lama ada yang menawarkan kerjasama dan akhirnya tau deh kalau dari blog bisa menghasilkan uang hehe.

    BalasHapus
  34. Baca ini jadi malu. Blogku cuma begitu saja. Kurang seru dan tidak banyak berkembang. Bulan lalu beli beberapa perlengkapan untuk coba merambah ke dunia video di Shopee. Tapi belum dikerjakan juga.

    BalasHapus
  35. Membaca tulisan ini membuatku ikut termotivasi. Memang, ya, kita nggak bisa berhenti belajar kalau ingin terus maju

    BalasHapus
  36. Aamiin! Semoga lancar ya kak Ros. Saya sih ga bakalan bisa karena ga ada yg memotivasi hahaha.. ini aja nyari waktunya susah banget sekedar nulis aja, belum soal masukin video, foto dll.

    BalasHapus
  37. PR banget nih mbak untuk aku, belajar SEO biar PV naik. DA juga masih perlu ditingkatin lagi.

    Semoga blognya, akun youtubenya selalu banyak viewer yaa. Good luck buat lombanya.

    BalasHapus
  38. Hu hu hu... Masih banyak PR aku tuh. Belajar SEO aja susah banget mudengnya. Banyak yang belum paham. Tapi tetap dong semangat! Kalau nyerah, sama saja nol besar. Semoga ke depannya makin ramai pengunjung blogku.

    BalasHapus
  39. Senang sekali mendapat insight dari Rhoos.
    Idealnya sebagai manusia, apapun profesinya, tidak berhenti sampai di situ aja yaa... Kudu banyak belajar.

    Terasa banget di dunia blogger begini, semakin belajar, semakin merasa belum tahu apa-apa.

    BalasHapus
  40. Jadi inget blog saya sendiri.. makasih Mbak share-nya

    BalasHapus
  41. Emang shopee selalu di hati ya, mau bebelian barang apapun bisa cek harga dulu mempersiapkan budget.

    BalasHapus