Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis, Wajib Catat!

Assalamualaikum wr wb

Digital marketing atau pemasaran digital menjadi upaya untuk mempromosikan suatu brand agar dapat menjangkau konsumen secara lebih cepat dan tepat. 

Sehingga melalui strategi pemasaran ini, diharapkan penjual atau perusahaan dapat berkomunikasi dengan calon konsumennya secara lebih efektif melalui online. 

jenis bisnis digital marketing

5 Jenis Digital Marketing Untuk Mendukung Bisnismu

Terdapat beragam jenis taktik marketing agar para calon konsumen tertarik untuk melihat penawaran Anda, mulai dari website hingga Pay Per Click (PPC). Simak ulasan di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya!

1. Website

Merupakan kumpulan halaman situs dalam suatu domain atau subdomain di World Wide Web atau WWW di internet. 

Penyebaran informasi melalui website terlebih di era digital seperti saat ini terbilang sangat cepat dan luas, tanpa dibatasi waktu maupun jarak. 

Karena itu tak heran jika website menjadi salah satu sarana penting guna mendapatkan suatu informasi.

Bagi pelaku usaha atau perusahaan, keberadaan website dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas produk yang ditawarkan di dunia digital. 

Bahkan bagi perusahaan kecil hingga UMKM pun dapat mempercepat laju pertumbuhan bisnis menggunakan strategi pembuatan dan pengoptimalan wesbite.

2. Content Marketing

Menjadi salah satu cabang pemasaran digital, content marketing atau pemasaran konten adalah pembuatan beragam konten agar dapat menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar secara tepat.

Konten yang disajikan mulai dari e-book, video, infografis, template, artikel, dan konten lainnya.

Salah satu ciri content marketing adalah sifatnya yang informatif, sehingga tidak menjual produk secara terang-terangan melainkan lebih menonjolkan nilai guna bagi calon konsumen. 

Namun secara umum, strategi satu ini bertujuan untuk membagikan informasi bermanfaat bagi target pasar agar dapat meningkatkan trafik website.

3. Social Media Marketing

Seperti namanya, jenis digital marketing satu ini memanfaatkan media sosial sebagai sarana memasarkan produk. 

Mengapa media sosial? 

Karena hampir seluruh lapisan masyarakat dari berbagai usia, hobi, pekerjaan, hingga kategori demografis memiliki akun medsos. 

Tak heran jika banyak pelaku usaha berlomba-lomba menghadirkan konten menarik agar dapat meningkatkan engagement konsumennya.

Selain mengunggah konten secara rutin, Anda juga dapat memanfaatkan iklan berbayar untuk mengoptimasi pemasaran bisnis. 

Itulah mengapa beriklan melalui medsos dinilai menjadi pilihan tepat dan lebih efisien dibandingkan dengan memasang iklan konvensional.

jenis-jenis bisnis digital marketing

4. Search Engine Optimization

Selanjutnya ada Search Engine Optimization atau kerap disebut SEO, yang berarti upaya untuk menaikkan situs bisnis Anda agar dapat menempati peringkat teratas mesin pencari. 

Dengan begitu para calon konsumen pun akan lebih tertarik untuk membaca dan mencari tahu informasi terkait bisnis dan produk yang ditawarkan.

Strategi SEO dibuat secara organik, dengan memanfaatkan keyword atau kaya kunci relevan pada konten Anda. 

Sehingga selain dapat meningkatkan trafik situs, SEO juga efektif mengubah pengunjung pasif menjadi pelanggan tetap. Penjualan pun akan meningkat seiring dengan bertambahnya calon pelanggan potensial.

5. Pay Per Click 

Terakhir ada Pay Per Click Advertising atau PPC, yang merupakan metode beriklan dengan cara si pengiklan membayar setiap klik dari iklan yang dipasang. 

Umumnya jenis strategi pemasaran ini akan muncul secara pop-up di situs, sehingga si pemilik situs akan dibayar berdasarkan jumlah klik dari pengunjung situs yang masuk ke tautan iklan tersebut.

Pilih Perusahaan Digital Agency Terbaik

Tak perlu khawatir jika ini adalah kali pertama Anda terjun ke dunia bisnis. Karena Stucel menjadi perusahaan digital agency dan web design terbaik di Jakarta yang dapat diandalkan. 

Dengan pengalaman mendesain ratusan website, dapat meningkatkan performa online bisnis melalui beragam jenis digital marketing

Kesimpulan

Itulah jenis digital marketing untuk perkembangan bisnis yang wajib diketahui setiap pebisnis. Tingkatkan pemasaran digital bisnis Anda bersama stucel.com sekarang juga!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Jenis Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis, Wajib Catat!"