Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Buat Aplikasi di Playstore Paling Mudah, Ini Langkahnya!

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros hadir lagi untuk sharing tentang cara buat aplikasi di playstore yang paling mudah. Tenang saja, akan Kak Ros ceritakan langkah-langkah membuat aplikasi di playstore secara urut, supaya teman-teman cepat paham.

Membuat aplikasi di Playstore memang terkesan sulit, karena harus berurusan dengan coding atau hal-hal teknis lainnya. Tapi kalau kamu tahu rahasia dan kuncinya, wuah mudah banget bikin aplikasi.

Kalau kamu bertanya bagaimana cara membuat aplikasi di Playstore, maka jawabannya tidak ada. Justru Playstore adalah tempat upload aplikasi. Kalau pengen buat aplikasi, maka bukan Playstore tempatnya.

Kalau kamu mau membuat aplikasi yang nggak pusing coding, maka kamu bisa membuatnya secara online. Kamu bisa membuat aplikasi di website io, Appy Pie, AppMakr, AppGeyser, AppYet, dan lainnya.

Cara Buat Aplikasi di Playstore Paling Gampang 

Nah, langsung saja kita kupas cara buat aplikasi di playstore yang paling gampang. Cara-cara berikut ini bisa langsung dipraktekkan ya teman-teman. Silakan disimak baik-baik!

1. Daftar ke Google Play Developer Console

Pertama-tama, kamu perlu mendaftarkan diri ke situs Google Play Developer Console. Registrasi dulu dengan akun gmail ya teman-teman. Sepertinya kamu juga perlu verifikasi alamat email.

2. Login

Usai verifikasi, coba login ke akun Google Play Developer Console. Ini adalah akun untuk mengembangkan aplikasi buatanmu. Saat log in, coba isi data diri dengan lengkap sebelum kamu upload aplikasimu.

3. Klik Accept Developer Agreement

Sebelum benar-benar upload aplikasi, maka kamu harus klik Accept Developer Agreement. Ini adalah perjanjian bahwa kamu menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Klik tombol I agree.

4. Lakukan Pembayaran

Iya, upload aplikasi di playstore ini nggak gratis loh. Kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar $25. Biaya pendaftaran ini hanya dilakukan sekali saja dan berlaku seumur hidup. Klik Continue to payment, lalu isi data pembayaran, kemudian klik Pay.

5. Cek Profil

Usai membayar, maka akan muncul halaman profil. Coba cek dulu, apakah halaman profilnya sudah benar sesuai data dirimu? Kalau sudah, maka klik tombol Complete Registration. Lalu kamu akan diarahkan ke halaman Dashboard.

6. Lengkapi Informasi Aplikasi

Nah, sudah masuk ke halaman dashboard maka kamu sudah bisa unggah aplikasi buatanmu. Coba klik tombol Create Application. Masukkan informasi tentang aplikasi. Isi data yang dibutuhkan seperti nama, deskripsi, kategori aplikasi, beserta grambar. 

7. Klik Publish

Kalau informasi tentang aplikasi sudah kamu isi, maka silakan upload aplikasimu. Tunggu beberapa waktu hingga aplikasimu terunggah sempurna. Terakhir, klik Publish. Nah, selamat ya, aplikasimu sudah muncul di Play Store.

Tips Supaya Aplikasi Buatanmu di Playstore Laris Manis

Ada banyak keuntungan bila kamu mengunggah aplikasimu di Playstore. Kamu bisa mendapatkan iklan atau pembelian untuk sejumlah kontenmu. Namun tentu saja, aplikasi buatanmu harus laris manis terlebih dahulu untuk mendapatkan cuan seperti yang kamu harapkan.

Tenang saja, Kak Ros punya tips khusus supaya aplikasi di Playstore buatanmu bisa laku di pasaran. Berikut ini akan Kak Ros beritahu tips singkatnya ya! Simak baik-baik.

  1. Buat aplikasi sesuai kebutuhan pasar atau yang sedang dibutuhkan oleh orang-orang
  2. Lengkapi informasi aplikasi dengan menggunakan kalimat yang mengandung kata kunci atau keyword
  3. Lengkapi dengan media sosial supaya pengguna yang penasaran bisa berkunjung lebih lanjut
  4. Lengkapi dengan domain dan hosting untuk meningkatkan truste (pastikan menggunakan hosting murah pilihan terbaik dan terpercaya)
  5. Bangun komunitas atas penggunaan aplikasi tersebut, bisa bikin di facebook, telegram, dan lainnya.

Kesimpulan

Nah, itulah tips cara buat aplikasi di Playstore yang paling gampang dan pasti bisa kamu lakukan. Pastikan kamu juga menerapkan tips yang Kak Ros berikan ya, supaya aplikasimu didownload oleh banyak orang.

Pastikan kamu membuat aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Jenis aplikasi yang evergreen, maka manfaatnya tak pernah habis dan kamu akan mendapatkan penghasilan pasif secara terus menerus. 

Kalau memang aplikasimu sangat berrmanfaat, maka jangan malu-malu untuk share ke sosial media dan orang-orang sekitarmu untuk menggunakan aplikasimu.

Semoga artikel ini dapat membantu ya! 

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "7 Cara Buat Aplikasi di Playstore Paling Mudah, Ini Langkahnya!"