Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 3 Cara Mengatasi Redirect di Blogspot 301 dan 302

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing lagi tentang kelas yang diikuti, yakni tentang audit SEO. Salah satu materinya adalah cara mengatasi redirect di blogspot. Mulai dari mengatasi 301, 302, mengatasi http ke https, hingga mengatasi link yang sudah kita ubah.

Daripada panjang lebar lagi, langsung saja kita bahas yuk. Tapi kita mulai lebih dulu dari pengertian tentang apa itu 301 dan apa itu 302.

Pengertian 301 dan 302

Apa Itu 301

301 adalah kode status yang dikirim dari server ke browser kita untuk menyatakan bahwa link lama sudah dipindah ke link baru secara permanen. Kode 301 ini juga bisa dibilang redirect yakni pengalihan.

Redirect 301 ini biasanya digunakan untuk kita yang sempat mengubah link/permalink ke link baru. Dengan adanya redirect 301, maka pengunjung bisa mendapatkan informasi di blog kita dengan mengarah langsung ke link baru.

Apa Itu 302?

Lain halnya dengan 302. Ya sebenarnya hampir mirip-mirip sedikit sih dengan 301. Kalau redirect 302 adalah pemindahan link secara sementara karena suatu saat akan kembali ke link lama.

Intinya, redirect 301 adalah pengalihan url bersifat permanen, sedangkan redirect 302 adalah pengalihan url bersifat sementara.

Kenapa 301 dan 302 Harus Diperbaiki?

Sebenarnya link-link 301 dan 302 ini baik-baik saja. Tapi ternyata alangkah lebih baik bila kita mengikuti link baru yang tersedia.

Contoh, dulu saya pernah menulis artikel tentang ABC, lalu di dalamnya ada link ke sebuah website. Link-nya yang saya tulis seperti ini: kaka.com/abc

Lalu ternyata suatu hari, link tersebut sudah berganti secara otomatis menjadi kaka.com/abcde

Ya sebenarnya saya bisa saja membiarkan link tersebut apa adanya. Toh, udah redirect otomatis. Tapi alangkah lebih baik, kalau kita punya waktu, untuk melakukan penggantian link ke link yang baru. 

Gunakan Screaming Frog Untuk Perbaiki Redirect

Eits, nggak perlu nyari link-link tersebut satu persatu. Malah buang-buang waktu untuk nyari link-link yang harus diperbaiki.

Udaaah, pake Screaming Frog aja. Ini adalah salah satu software yang bisa melakukan site audit, atau mencari sebuah kesalahan dan respon kode di suatu halaman website.

Dengan memasukkan link blog kita di software Screaming Frog, maka ia akan bekerja dengan cara crawling tiap detail halaman blog kita. Jadi tahu, mana yang error, mana yang salah, dan mana yang sudah bagus.

Cara Mengatasi Redirect di Blogspot

Oke, langsung saja kita bahas tentang cara mengatasi redirect di blogspot. Untuk memberikan penjelasan tentang cara mengatasi redirect di blogspot, akan saya jabarkan satu persatu berdasarkan titik permasalahan ya. Sebab, seringkali permasalahannya beda-beda.

1. Edit Manual di Postingan Blog

Cara yang pertama adalah edit manual di postingan blog. Contohnya seperti ini. Lihat di jendela atas, di nomor 17, ada link ke sebuah website, lalu status kodenya adalah 302.

Mari kita cek di jendela bawah bagian outlink. Oh ternyata, link miacare.co.id sekarang terganti otomatis menjadi miacare.co.id/index_en.aspx

Sebenarnya bisa kita biarkan saja. Tapi boleh banget kita membantu si website tersebut supaya halamannya tetap bagus, biar tak teralihkan melulu bila ada orang yang nge-klik di website saya.

Cara mengatasinya bagaimana? Ya edit manual saja di postingan kita. 

Untuk tahu itu ada di postingan yang mana, bagaimana? Apalagi artikelnya ada 1000? Oh gampang, cek ke bagian inlinks. Nah di situ ada link artikel kita. Jadi kita melakukan perubahan link di artikel tersebut.

2. Ganti Http ke Https 

Sekarang tuh bukan eranya lagi http, melainkan ke https yang sudah lebih aman. Masih banyak postingan blog orang yang masih pake http, padahal harusnya udah https.

Kalau kita masih pake http, alangkah lebih baik diganti ke https. Tapi nggak perlu diganti secara manual. Bisa langsung diatur di bagian setting/pengaturan. Scroll ke bawah, nanti ada bagian HTTPS, lalu Pengalihan HTTPS. 

Nah, aktifkan tombolnya menjadi warna hijau, yang berarti: memastikan kunjungan ke http dialihkan ke https. Maka secara otomatis, link-link kita menjadi https dan ditandai aman. 

Tapi kalau misalkan kita rajin ngasih internal link, wuah ya kita harus editing secara manual. Iya, buka postingan blog, lalu ganti internal link satu persatu. Cuma nambah huruf s doang di http yaa memang cukup melelahkan.

Tapi demi kesehatan blog, marilah tetap semangat!

3. Kalau yang bit.ly/ Maka Biarkan

Di response code, saya juga menemukan link bit.ly/abc yang terkena 301. Ya memang redirect sih karena itu adalah link yang disingkat untuk mempermudah penulisan.

Tapi kalau bit.ly/ yang dari klien, biasanya sudah ada kode UTM sebagai sumber tracking oleh klien. Maksudnya, oh ada pengunjung datang ke website kami melalui link bit.ly/abc yang ternyata itu punya kita.

Kalau kita punya link bit.ly/ yang diklaim redirect oleh Screaming Frog, maka biarkan saja bila itu milik klien. Memang ada tujuannya kok!

Kesimpulan

Sepertinya itu saja masalah redirect yang saya alami. Semuanya saya cek pakai Screaming Frog. Alhamdulillah, saya nggak perlu repot-repot cek link satu persatu untuk mencari mana yang benar dan mana yang salah.

Dengan sekali crawling, nunggu sekitar 2-3 jam, maka semua link sudah tampil dalam 1 laporan. Lalu saya tinggal membetulkan saja, hoho.

Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Wassalamualaikum wr wb

33 komentar untuk "Ini 3 Cara Mengatasi Redirect di Blogspot 301 dan 302 "

  1. Wah, kalau blog saya mengalami redirect, tinggal meratap sendirian. Sebab, si nenek ini orangnya gaptek. He he ...terima kasih telah berbagi, Mbak.

    BalasHapus
  2. Kemarin" penasaran sama perintilan redirect ternyata ada tips gampang.y toh. Makasih info.y mon

    BalasHapus
  3. Ilmu baru nih Kak, makasih banget ya. Ternyata masih banyak yg kudu diperbaiki di blogku, terutama jika muncul 301. BTW untuk software screaming frog itu bayarnya berapa?

    BalasHapus
  4. Sebagai Emak-Emak yang agak kudet, saya masih harus belajar banyak tentang hal seperti ini. Selama ini dibantu adik untuk memgelola blog. Terimaksih mbak atas sharingnya. Jadi tahu nih, bagaimana redirect di Blogspot 301 dan 302.

    BalasHapus
  5. Wahh sangat membantu sekali, terimakasih atas informasinya mbak.

    BalasHapus
  6. Iya banyak artikel tapi kalau rusak duh rasanya gimana gitu ya, Kak Ros. Memang perlu maintenance ini. Anyway itu khusus buat blogspot aja ya, kak? Wordpress apakah juga berlaku dengan cara ini?

    BalasHapus
  7. Waah makasih mbak infonya, ilmu baru buat aku nih, catet ah

    BalasHapus
  8. Wah, terima kasih atas informasinya Mbak. Ilmu Mbak daging ini, saya baru tahu.

    BalasHapus
  9. Wah..kak Roos seru banget membenarkan link ini.
    Karena terkadang, link yang gak ke detect di GCS ini lebih baik di redirect yaah...
    Kabarnya itu salah satu caranya. Walau sesungguhnya aku belum berani mainan begini.

    BalasHapus
  10. Wah, udah kelar aja mbak tugasnya. Aku masih awang-awangen mau ngerjain hehe. Kupikir selama ini wong sudah diredirect ya udah lah, yang penting nggak 4xx, eh ternyata tetep lebih bagus diperbaiki ya, wkkw.

    BalasHapus
  11. Ada yang perlu dilakukan manual tapi demi kesehatan blog dilakukan yah.
    Btw software Screaming Frog itu gratis, ya, Kak Ros?

    BalasHapus
  12. Mbak, aku pakai WP. Kalau Wp apakah caranya sama? Atau ada plugin tertentu untuk memperbaiki 301 dan 302 tadi? Penasaran euy

    BalasHapus
  13. serasa jadi orang jadul sesudah baca tulisan Kak Ros
    mau coba Screaming Frog ah
    selama ini saya selalu nyari satu persatu link bermasalah trus saya buang
    dan itu ngabisin waktu banget

    BalasHapus
  14. Saya dulu punya pengalaman gagal redirect domain blogspot ke .com, alhasil error. Dah lama nih gk direct 301/302 lagi. Hehe

    BalasHapus
  15. Intinya ada kegiatan pengalihan ya Mbak. Yang gini nih sering banget saya temui saat browsing ke beberapa akun yg sering duplicate satu tulisan, sementara yang lama masih bertahan.

    BalasHapus
  16. Bermanfaat sebagai literasi redirect 301 dan 302 bagi blogger. Terima kasih kak

    BalasHapus
  17. setelah membaca review blog ini sedikit agak paham deh tentang cara mengatasi redirect blogspot. Soalnya aku juga pake blogspot

    BalasHapus
  18. Wah, yang blogpost kudu mencatat informasi ini dengan baik nih agar terhindar dari 301 dan 302 ini. Ternyata ada software yang membantu juga. Siip banget. Makasih ya kak Ros infonya.

    BalasHapus
  19. saya juga termasuk yang baru ngerti tentang redirect ini. jadilah ada beberapa url blog yang harus dibenahi supaya bisa terus dinikmati oleh pembaca

    BalasHapus
  20. Kak Ros ini ilmunya pentiingg bgt
    Blogger kudu baca dan praktek juga niiihhh

    BalasHapus
  21. Saat instal Screaming Frog ini bisa dilakukan menggunakan smartphone kah?
    Ada beberapa artikel yang lamaaa banget ketangkep sama googlenya. Mungkin bisa diakali dengan redirect link yaa..

    BalasHapus
  22. Baca ini klo ada trouble 301 atau 302 sudah gak panik lagi nih tinggal ikuti aja cara ini ternyata simpel ya mbak.

    BalasHapus
  23. Daku belum install ini kodok teriak, soalnya kudu punya memori penyimpanan yang cukup juga sih ya

    BalasHapus
  24. Macam-macam ya kode redirect ini. Huhu aku gaptek. Tahunya ya redirect brokenlink aja. Kudu belajar banyak nih dengan jenis redirect yang ini.

    BalasHapus
  25. Wah, ini info bermanfaat banget khususnya untuk para blogger yang masih bingung tentang masalah redirect. Penjelasannya cukup runut dan jelas kak, makasih ya

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah dah pakai https, iya katanya lebih aman, jd pas dulu pd berbondong2 ganti https ngikut ajaa
    Iya daripada mbenerin atu2 mending di-crawling yaa, tapi ya gitu tetep ada sabar2nya kalau mau blognya bagus ya :D

    BalasHapus
  27. Aku belum pernag mengalami ini di blogku, semoga ngga sih ya. Tapi, aku save dulu infonya, siapa tahu nanti akan bermanfaat.

    BalasHapus
  28. Ooh, baru tahu tentang manfaat bit.ly, Mba. Kalau urusannya udah kelar, saya perbaiki biar nggak ke direct. Di sini jadi paham maksudnya.

    BalasHapus
  29. Tanpa bantuan Screming frog aku pastinya ga akan tau link mana saja yg sudah redirect. Beruntung banget skr tau cara memperbaikinya

    BalasHapus
  30. Salah satu ilmu yang saya dapat nih dari kelas Site Audit, jadi tahu cara mengatasi redirect. Ditambah lagi baca pengalaman teman2 terkait cara mengatasi permasalahan redirectnya masing2 jadi dapat insight juga, karena emang beda2 ya cara mengatasinya

    BalasHapus
  31. Wahh ternyata mengatasinyanya mudah yaa. Terima kasih sudah sharing mbak😍 saya perlu banget nih tahu cara mengatasi redirect2 seperti ini, soalnya blog saya pakai blogspot juga.

    BalasHapus
  32. Jadi begini ya kalo blognya banyak erornya, harus dibenahi biar performanya makin bagus, jadi tambah insight nih buat saya sebagai pemula

    BalasHapus