Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas ERP Software Indonesia dan Manfaat Penggunaannya

Assalamualaikum wr wb

ERP atau Enterprise Resource Planning dihadirkan sebagai alat atau perangkat otomatisasi yang berfungsi untuk memonitor seluruh proses bisnis perusahaan agar berjalan sesuai rencana dan terstruktur dengan rapi. 

Semakin berkembangnya perusahaan, manajemen akan mulai menyentuh hal-hal yang terkecil di dalam perusahaan. Pengadaan bahan baku, logistik, gudang, perawatan, hingga mengelola karyawan jadi perhatian manajemen perusahaan.

Seluruh aktivitas itu perlu untuk diseragamkan dan diintegrasikan agar tujuan dan prospek bisnis yang telah direncanakan perusahaan dapat berjalan semestinya. Disinilah peran ERP dibutuhkan.

Saat ini ERP sudah banyak dikembangkan dan beberapa perusahaan menyediakan software ERP Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik perusahaan.

Supaya lebih paham lagi, dibawah ini akan dijelaskan apa itu ERP software Indonesia dan manfaat kegunaannya bagi perusahaan.

Pengertian ERP

ERP merupakan sebuah konsep perencanaan dan pengelolaan seluruh sumber daya yang di dalam perusahaan. Sistem ERP ini dikemas dalam bentuk software yang terintegrasi dan dirancang untuk mendukung serta melayani beragam fungsi dalam perusahaan. 

Jika perusahaan Anda ingin mengotomatisasi agar kegiatan manajemen setiap divisi lebih efisien, maka ERP jadi solusi tepat. Efisiensi ini yang akhirnya mendatangkan keuntungan bagi perusahaan yang menerapkan sistem ERP.

Software ERP sendiri termasuk dalam kategori Back Office System. Aplikasi ini tidak akan menjalankan perintah yang berhubungan langsung dengan konsumen, tetapi hanya melaksanakan sistem perusahaan dari belakang layar.

Sejumlah hal yang dapat ditangani oleh ERP, antara lain:

  • Sales and Distribution
  • Materials Management
  • General Logistic
  • Plant Maintenance
  • Quality Management
  • Production Planning and Control
  • Environment Management
  • Customer Service

Poin-poin di atas sudah tersedia dalam software ERP, seperti RedERP. Dengan dukungan fitur-fitunya yang handal, RedERP mampu mengatasi sejumlah masalah di atas.

Manfaat Penggunaan Software ERP

Lalu apa saja manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dari penerapan software ERP? Berikut ulasannya:

1. Integrasi Bisnis dan Data Lebih Baik

Bisa dibilang ERP memiliki struktur yang dapat mengatur seluruh kebutuhan manajemen perusahaan secara otomatis. ERP memiliki berbagai macam modul dan fitur yang saling terintegrasi.

Contohnya, jika Anda memasukkan data jumlah bahan baku di modul manufaktur, maka modul lain seperti produksi serta biayanya akan ikut terupdate secara otomatis. Anda tidak perlu lagi menginput data secara manual ke masing-masing modul.

2. Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi Lebih Efisien

Software ERP juga menyediakan berbagai fitur yang mendukung untuk pengambilan keputusan yang tepat bagi perusahaan. Fitur-fitur yang disediakan itu hadir dalam bentuk tools perencanaan dan simulasi yang dapat menyajikan laporan terbaru terkait rencana perusahaan yang bisa diakses kapan pun dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang diberikan ERP seperti pembentukan standarisasi pabrik, sehingga produktivitas meningkat dan lebih efisien.

Memilih Software ERP Indonesia yang Tepat

Memilih ERP yang tepat untuk perusahaan bisa diibaratkan seperti merekrut karyawan baru. Perusahaan harus memilih sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. 

Begitu juga seperti pemakaian ERP yang perlu disesuaikan dengan profil perusahaan Anda. Untuk itu, rencanakan dengan matang penggunaan ERP agar dapat menghindari risiko di masa depan.

Mengingat kehadiran software ERP sangat penting bagi perusahaan, maka sebaiknya Anda tidak salah memilih. Oleh karena itu RedERP hadir untuk membantu Anda memberikan wawasan mengenai software ERP yang tepat bagi perusahaan Anda.

Kesimpulan

RedERP mampu menyederhanakan proses bisnis Anda. Misalnya untuk menangani masalah persediaan, Anda bisa menggunakan modul “Inventory dan Distribusi”. 

Bahkan untuk kebutuhan kasir atau pembelian pun disediakan modul “Point of Sale” (POS) atau sering disebut juga POS Software Indonesia agar setiap transaksi mudah dipantau secara real time.

Jadwalkan sekarang demonya, gratis!

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Mengulas ERP Software Indonesia dan Manfaat Penggunaannya"