Ini 10 Pentingnya Pendaftaran HAKI Lagu Para Musisi Baru

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Akhir-akhir ini ramai perbincangan antara Ahmad Dhani yang melarang Once membawakan lagu-lagu ciptaannya. Hal ini lantaran menurut Ahmad Dhani, Once tak pernah membayar royalti bila sedang bernyanyi solo. 

Apalagi Dewa 19 akan menggelar serangkaian tur ke kota-kota di seluruh Indonesia. Ahmad Dhani hanya ingin menjaga kesakralan lagu-lagu Dewa 19. Kalaupun ingin menggunakan lagu karya ciptaan Ahmad Dhani, maka diwajibkan membayar royalti.

Kasus ini cukup menarik dan menjadi buah bibir yang cukup hangat di kalangan musisi. Ternyata begitu penting para musisi, baik musisi yang baru merintis hingga musisi kelas atas untuk memahami HAKI atas lagu-lagu ciptaannya.

Perlunya ada transparansi bahkan perjanjian tertulis mengenai HAKI atas lagu yang diciptakan. Belajar dari kasus HAKI Ahmad Dhani dan Once maka  kali ini Kak Ros akan sharing tentang mengapa HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) untuk lagu sangat penting untuk dipahami.

10 Alasan Pentingnya HAKI Untuk Lagu

Berikut ini adalah 10 alasan mengapa HAKI sepenting itu dipahami oleh para musisi yang ingin menjaga keaslian lagu ciptaannya. Simak baik-baik:

1. Memberikan Bukti Kepemilikan yang Sah

Pendaftaran HAKI memberikan bukti sah bahwa pemilik hak cipta adalah pemegang hak cipta yang sah atas lagu tersebut.

2. Melindungi Hak Cipta

Pendaftaran HAKI melindungi hak cipta pemilik lagu dari pelanggaran dan penggunaan tanpa seizin oleh pihak lain.

3. Memberikan Kepastian Hukum 

Pendaftaran HAKI memberikan kepastian hukum kepada pemilik hak cipta tentang hak dan kewajiban mereka sebagai pemilik lagu.

Selain itu, HAKI memberikan perlindungan hukum kepada pencipta, penulis, seniman, dan inovator dari pelanggaran hak kekayaan intelektual mereka, seperti pencurian, peniruan, atau penggunaan tanpa izin dari karya mereka.

4. Meningkatkan Nilai Ekonomi

Pendaftaran HAKI dapat meningkatkan nilai ekonomi dari lagu dan karya musik secara keseluruhan, karena pemilik hak cipta dapat memperoleh royalti dan pendapatan dari penggunaan lagu secara sah oleh pihak lain.

Selain itu, HAKI dapat meningkatkan nilai ekonomi dari karya-karya ciptaan dan inovasi, karena pemegang hak kekayaan intelektual dapat memperoleh royalti dan pendapatan dari penggunaan karya mereka secara sah oleh pihak lain.

5. Mencegah Pemalsuan

Pendaftaran HAKI dapat membantu mencegah pemalsuan atau peniruan lagu oleh pihak yang tidak berhak, sehingga melindungi hak cipta pemilik lagu.

6. Memudahkan Identifikasi

Pendaftaran HAKI memudahkan pencarian dan identifikasi lagu di dalam basis data HAKI, yang dapat membantu pencari lisensi atau penggunaan lagu untuk mengidentifikasi pemilik hak cipta dan mendapatkan lisensi secara sah.

7. Mendorong Kreativitas

HAKI dapat mendorong kreativitas dan inovasi dalam industri musik, karena memberikan perlindungan dan insentif bagi pencipta lagu untuk terus menciptakan karya-karya baru.

8. Meningkatkan Daya Saing

Pendaftaran HAKI dapat membantu meningkatkan daya saing industri musik, karena melindungi hak cipta dan mendorong inovasi dalam industri musik.

Pemahaman tentang HAKI dapat membantu meningkatkan daya saing dalam industri dan bisnis, karena melindungi hak kekayaan intelektual perusahaan dan mendorong inovasi dan kreativitas dalam produk dan layanan mereka.

9. Menjaga Kualitas

Pendaftaran HAKI dapat membantu menjaga kualitas lagu dan karya musik, karena pemilik hak cipta dapat memilih penggunaan lagu secara selektif dan memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan.

10. Mendukung Pemerintah

HAKI juga dapat mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri musik dan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik dalam bidang musik, serta mempromosikan kekayaan intelektual dan budaya bangsa.

Kesimpulan

Nah, itulah 10 alasan pentingnya HAKI untuk lagu yang diciptakan oleh para musisi. Alangkah lebih baik para musisi mencari jasa kontrak hukum yang berkompeten untuk mengurus administrasi HAKI lagu yang didaftarkan.

Pastikan mencari jasa kontrak hukum yang memiliki kredibilitas tinggi seperti kontrakhukum.com. Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu, baru melanjutkan perbantuan untuk administrasi HAKI atas lagu-lagu ciptaanmu.

Jadi, lindungi lagu-lagumu dengan HAKI. Meski kamu musisi pemula, tetap daftarkan HAKI. Kalau suatu hari lagumu viral dan dibawakan oleh banyak musisi ternama di panggung besar, maka kamu berhak mendapatkan royalti atas lagu-lagu ciptaanmu.

Semangat berkarya!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

  1. iya nih, beberapa waktu lalu sempet naca beritanya persoalan once yang menyanyikan lagu dewa. sedangkan mas Ari laso kayaknya sudah selesai deh ya perihal ngebawain lagu nya dewa.

    tpi hrus dijalanin hak haki ini, ya biar yg berkarya makin semangat buat ngeluarin karya" yg lain nya

    BalasHapus

Posting Komentar