Daya Tarik Reksadana Saham yang Tak Dimiliki Instrumen Lain

Konten [Tampil]

Saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi. Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih kebingungan untuk memilih instrumen investasi yang tepat. Salah satu investasi yang seringkali dipilih adalah Reksadana Saham

Jenis Reksadana ini cukup menarik minat investor karena keuntungannya dinilai tinggi. Jika Anda berminat untuk berinvestasi pada instrumen satu ini, ada baiknya Anda mengenalnya  lebih jauh mulai dari pengertian, kelebihan, serta kekurangannya berikut ini. 

sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/young-asian-businesswoman-working-office_35465446.htm#query=work&position=21&from_view=search&track=sph

Pengertian Reksadana Saham

Instrumen investasi satu ini merupakan investasi di mana dana yang diinvestasikan minimal sebanyak 80 persennya dialokasikan kepada produk saham. Sederhananya, investasi ini berfokus pada proses menjual dan membeli berbagai produk saham. 

Sehingga untuk keuntungan dan kerugian dari investasi ini merupakan hasil dari kenaikan atau penurunan harga saham-saham tersebut. Mengingat harga saham sangat fluktuatif, maka produk investasi satu ini cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang di atas 5 tahun. 

Tujuan keuangan yang cocok untuk investasi ini seperti pendidikan anak atau mempersiapkan dana pensiun.

Lalu, Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

Setelah mengetahui apa itu Reksadana Saham, pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang cocok untuk berinvestasi di sini. 

Saham merupakan jenis investasi yang berisiko tinggi namun potensi keuntungannya pun tinggi atau sering disebut dengan high risk, high return. Jenis investasi semacam ini sangat cocok bagi investor dengan profil risiko tinggi atau agresif. 

Dengan kata lain, investor ini memiliki keberanian dan merasa sangat siap mendapatkan untung maupun rugi. Bahkan investor seperti ini siap saat kehilangan sebagian atau seluruh dana investasinya untuk mendapatkan potensi imbal hasil yang lebih besar lagi. 

Keuntungan atau Kelebihannya

Berinvestasi saham memiliki banyak keuntungan yang cukup menarik. Berikut ini beberapa keuntungan atau kelebihan dari investasi satu ini:

1. Bisa Dimulai dengan Nominal Kecil

Untuk memulai berinvestasi pada instrumen ini, Anda dapat memulainya dengan nominal yang cukup terjangkau. Dengan nominal yang terbilang rendah, kini siapapun dapat berinvestasi saham dengan lebih mudah.

2. Potensi Keuntungan Relatif Lebih Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa berinvestasi saham memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lain meskipun diiringi dengan risiko yang lebih tinggi pula. 

Meskipun sebenarnya butuh waktu yang tidak sedikit untuk menikmati imbal hasil dari investasi ini, namun seiring berjalannya waktu Anda dapat menikmati hasilnya. Itu mengapa jenis investasi ini cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. 

3. Keuntungannya Tidak Dikenai Pajak

Keuntungan lainnya dari investasi ini adalah Anda akan terbebas dari pajak. Karena hingga saat ini, belum ada aturan yang terkait dengan pemungutan pajak untuk produk Reksadana. 

Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Anda karena potensi keuntungan yang diperoleh dapat diterima secara bersih tanpa adanya potongan pajak apapun. Anda mungkin hanya akan dikenakan fee untuk Manajer Investasi yang mengatur investasi tersebut. 

sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/hand-holding-growth-arrow-with-coins_11383316.htm#query=reksadana&position=0&from_view=search&track=sph

4. Fleksibilitas Tinggi

Produk investasi ini merupakan jenis investasi dengan fleksibilitas yang tinggi. Maksud fleksibel di sini adalah Anda tidak akan kesulitan untuk menjualnya kembali atau menukarnya dengan jenis Reksadana lain.

Manajer Investasi juga akan membantu Anda mengelola saham-saham tersebut. Hal ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam berinvestasi.

5. Tidak Membutuhkan Analisis yang Mendalam

Berinvestasi pada Reksadana satu ini terbilang jauh lebih sederhana karena dana investasi yang Anda miliki akan dipecah ke beberapa saham yang sekiranya potensial. Anda tidak membutuhkan analisis yang mendalam untuk berinvestasi di sini karena tugas tersebut akan dijalankan oleh Manajer Investasi. 

Manajer Investasi akan membantu Anda untuk mengelola dana investasi tersebut. Cara seperti ini tentu sangat cocok bagi Anda para investor pemula.

6. Keamanan Tinggi

Investasi Reksadana dapat dikatakan memiliki keamanan yang tinggi karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun tetap saja Anda perlu memahami strategi investasi dan juga manajemen keuangan dengan baik.

Dapatkan Keuntungan Investasi Reksadana Bersama Tim Ahli

Setiap orang perlu mempersiapkan dana untuk masa depan mulai dari saat ini. Salah satu bentuk persiapannya adalah dengan investasi Reksadana Saham ini. Bersama mitra yang tepat, seperti perbankan prioritas DBS Treasures, Anda akan dibantu untuk bisa mencapai target tujuan finansial yang Anda inginkan dari keuntungan yang didapatkan. 

Anda akan mendapatkan wawasan yang bisa digunakan selama berinvestasi dari tim ahli finansial yang menyampaikan analisis pasar dan peluang terbaru. Dengan berinvestasi bersama DBS Treasures, Anda dapat melakukan diversifikasi dengan lebih mudah dan minim risiko.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Apabila Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana Saham bersama DBS Treasures, Anda bisa mempelajari detailnya di sini.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar