Yuk Kenali Perbedaan Setiap Jenis Kelas di Pesawat

Konten [Tampil]

Bagi anda yang sering liburan dengan jarak jauh dan menggunakan transportasi umum, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis kelas yang terbagi di setiap perjalanannya. 

Perbedaan jenis kelas tentu bukan hanya soal harga saja, melainkan juga fasilitas serta kenyamanan yang anda dapatkan akan terasa berbeda. 

Contohnya seperti jenis kelas yang ada pada pesawat terbang yang terbagi menjadi 4 kelas, yaitu kelas ekonomi, ekonomi premium, bisnis, dan first class. 

Dengan tujuan untuk berlibur, para traveller tentu ingin menikmati kenyamanan selama perjalanan, terlebih pada perjalanan dengan rute yang cukup panjang. 

Saat ini anda tidak perlu khawatir akan tarif yang dikenakan untuk mendapatkan kenyamanan sesuai dengan jenis kelas yang ingin anda pilih. 

Karena di platform penjualan tiket online seperti Traveloka, selalu tersedia beragam tiket pesawat promo yang siap membawa anda sampai ke destinasi impian.

Sebagian besar orang memilih pesawat sebagai transportasi untuk menghemat waktu serta karena keselamatan yang terjamin. 

Dengan adanya pembagian kelas pesawat berdasarkan jenis dan fasilitasnya, tentu tidak akan menghalangi anda untuk dapat menikmati perjalanan menuju tempat tujuan dengan kenyamanan terbaik sesuai kelasnya.

Mengenal Perbedaan Jenis Kelas di Pesawat

Bagi anda yang masih bingung dengan perbedaan yang ada di masing-masing jenis kelas pesawat, simak penjelasan di bawah ini tentang perbedaan jenis-jenis kelas di pesawat.

1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi adalah jenis kelas pesawat yang umumnya memiliki jumlah kursi paling banyak di dalam suatu pesawat. Kelas ekonomi juga merupakan jenis kelas reguler atau standar yang paling banyak digunakan. 

Walaupun kelas ekonomi berada di urutan terbawah kelas pesawat, anda masih dapat menikmati perjalanan dengan fasilitas yang bisa anda nikmati.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan dalam kelas ekonomi pada umumnya seperti, hiburan berupa monitor yang berisi video on demand tepat di depan kursi anda. 

Selain itu, beberapa maskapai penerbangan juga menyediakan fasilitas makanan yang disediakan yang biasanya tersedia untuk penerbangan jarak jauh.

Bagi kelas ekonomi, beberapa maskapai juga terkadang mengharuskan penumpang untuk menambah biaya ekstra pada saat di bandara. Seperti untuk memasukkan bagasi, sampai fasilitas selama perjalanan seperti bantal, selimut, dan headphone.

2. Kelas Ekonomi Premium

Ekonomi premium berada di antara kelas ekonomi reguler dan kelas bisnis. Salah satu perbedaan yang paling signifikan dapat dirasakan dibanding dengan kelas ekonomi reguler adalah ruang kaki yang tersedia lebih luas karena jarak kursi satu sama lain cukup lebar. 

Selain itu beberapa maskapai juga menyediakan foot rest pada kursi di kelas ekonomi premium.

Dengan harga yang tentu berbeda dari kelas ekonomi reguler, kelas ekonomi premium di beberapa maskapai menyediakan anda beberapa fasilitas tambahan yang lebih baik. 

Seperti makanan premium, self service bar untuk makanan dan minuman ringan, penutup telinga, headphone dengan noise cancelling, serta skincare dan amenity pouch yang berisi barang-barang yang dapat anda gunakan selama perjalanan.

3. Kelas Bisnis

Kelas bisnis adalah salah satu jenis kelas dalam transportasi umum yang paling banyak ditemui, dan sering kali kelas bisnis merupakan kelas tertinggi dalam suatu moda transportasi. 

Begitu juga halnya dengan pesawat, ada beberapa maskapai penerbangan yang menjadikan kelas bisnis sebagai kelas paling eksklusif dan tertinggi dengan harga tertinggi tentunya.

Banyak orang berpendapat bahwa kelas bisnis adalah pilihan terbaik ketika melalui perjalanan jauh dengan rute yang panjang. Hal ini dikarenakan tempat duduk yang ada pada kelas bisnis sangat memfasilitasi kenyamanan untuk perjalanan yang panjang. 

Desain tempat duduk dengan memisahkan jarak antar penumpang membuat kelas bisnis menjadi lebih nyaman dan mendapatkan ruang untuk privasi yang cukup.

Selain itu, kelas bisnis juga menyediakan makanan mewah dan menu yang sangat beragam. Karena bagian dari fasilitas dan service, makanan di kelas bisnis tersedia secara gratis dan dapat diminta hingga berkali-kali. 

Tidak kalah ketinggalan, saat di bandara anda juga akan mendapatkan fasilitas lounge terpisah dari maskapai yang sudah tersedia makanan dan minuman.

4. First Class

First Class merupakan jenis kelas tertinggi di dunia penerbangan. Walaupun ada beberapa maskapai yang telah menghapus kelas jenis ini dan menjadikan kelas bisnis sebagai kelas tertinggi, tetapi ada juga maskapai yang lebih meningkatkan kualitas serta fasilitas yang disediakan di first class.

Biasanya first class hanya tersedia untuk 10 penumpang, karena desain tempat duduknya yang berupa suite serta bilik untuk lebih menjamin privasi selama perjalanan. 

Tata letak tempat duduk di kelas ini juga tentunya sangat luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan serta teknologi yang lebih canggih dibanding kelas lainnya. 

Fasilitas makanan di first class tidak jauh berbeda dengan kelas bisnis. Hanya saja kelas ini memiliki meja yang lebih luas seperti sedang makan di restoran.

Kesimpulan

Itulah perbedaan yang dapat anda pahami dari masing-masing jenis kelas dalam pesawat. Apapun kelas yang anda pilih, jangan lupa untuk selalu cek tiket pesawat promo terlengkap di Traveloka.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar