Ini 25 Istilah di Tiktok yang Harus Kamu Tahu

Konten [Tampil]

TikTok memiliki beragam istilah yang sering digunakan oleh pengguna dan kreator untuk menggambarkan berbagai aspek platform ini. 

Istilah di Tiktok yang Harus Tiktokers Pemula Tahu

Di bawah ini, saya akan sebutkan dan jelaskan beberapa istilah yang perlu dipahami oleh orang-orang yang ingin menjelajahi atau aktif di TikTok:

1. TikToker

Sebutan untuk pengguna TikTok, terutama mereka yang aktif dalam membuat dan berbagi konten.

2. FYP (For You Page)

Ini adalah halaman utama di TikTok di mana Anda akan menemukan video-vdeo yang dipilih oleh algoritma TikTok untuk Anda berdasarkan preferensi Anda.

3. Trending

Ini mengacu pada hashtag, tantangan, atau tren tertentu yang sedang populer di TikTok pada suatu waktu. Video yang berpartisipasi dalam tren ini cenderung mendapatkan lebih banyak perhatian.

4. Hashtag

Simbol "#" digunakan untuk memberi tahu algoritma TikTok tentang topik atau kategori video Anda. Anda dapat mencari video dengan hashtag tertentu, dan hashtag sering digunakan dalam tren atau tantangan.

5. Duet

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk merespons atau berkolaborasi dengan video orang lain dengan membuat video sampingan mereka sendiri.

6. Stitch

Mirip dengan Duet, Stitch memungkinkan Anda untuk mengambil beberapa detik dari video orang lain dan menggunakannya dalam video Anda.

7. Tantangan (Challenge)

Ini adalah tren di mana pengguna diundang untuk membuat video berdasarkan konsep atau lagu tertentu. Contoh terkenal adalah "Renegade Dance" yang pernah menjadi viral.

8. Lagu Viral (Viral Sound)

Ini adalah lagu atau suara yang sering digunakan dalam video berulang-ulang karena populer atau lucu. Pengguna dapat memilih lagu ini dari perpustakaan TikTok.

9. Komentar (Comment)

Pengguna dapat meninggalkan komentar di bawah video untuk berinteraksi dengan kreator atau mengungkapkan pendapat mereka.

10. Like

Ini adalah cara untuk menyukai atau memberi suka pada video yang Anda nikmati. Like sering digunakan untuk mengukur popularitas dan keberhasilan video.

11. Follow (Mengikuti)

Jika Anda mengikuti akun TikTok seseorang, Anda akan melihat video mereka di feed Anda secara teratur.

12. Bio Profil

Ini adalah bagian di mana Anda dapat memberikan informasi tentang diri Anda dalam beberapa kata atau kalimat, serta tautan ke situs web atau platform sosial lainnya.

13. Tren Niche

Ini mengacu pada tren yang khusus untuk komunitas atau topik tertentu, seperti "TikTok Travel" atau "TikTok Food."

14. Geotagging

Ini adalah cara untuk menandai lokasi fisik tempat video diambil. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas video dalam pencarian berbasis lokasi.

15. Discover Page

Ini adalah halaman di mana Anda dapat mencari berbagai video berdasarkan kategori atau hashtag tertentu.

16. Followers (Pengikut)

Ini adalah jumlah pengguna yang mengikuti akun Anda. Jumlah pengikut sering menjadi indikator popularitas dan pengaruh di TikTok.

17. Live Streaming

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung kepada pengikut mereka. Penggemar dapat memberikan hadiah virtual kepada pengguna selama siaran langsung.

18. Koin (Coins)

Ini adalah mata uang virtual di TikTok yang dapat dibeli oleh pengguna dan digunakan untuk memberikan hadiah kepada pengguna lain selama siaran langsung atau di video.

19. Top Pengguna

Ini adalah pengguna TikTok yang memiliki jumlah pengikut terbanyak dan sering memiliki pengaruh besar dalam komunitas TikTok.

20. Viral

Sebuah video dianggap "viral" jika mendapatkan jumlah tampilan yang sangat tinggi dalam waktu singkat.

21. Tanda Centang Biru (Verified Checkmark)

Tanda ini menunjukkan bahwa akun pengguna adalah akun resmi dan diverifikasi oleh TikTok.

22. Private Account

Pengguna dapat mengatur akun mereka sebagai "private," yang berarti bahwa orang harus meminta izin untuk mengikuti mereka.

23. Blokir (Block)

Ini adalah tindakan yang dapat diambil untuk menghentikan pengguna lain melihat atau berinteraksi dengan akun Anda.

24. Komentar Toksik (Toxic Comments)

Komentar yang berisi pelecehan atau ujaran kebencian. TikTok memiliki fitur untuk melaporkan dan memfilter komentar semacam itu.

25. Hukuman (Shadowban):

Ini adalah ketika akun Anda melihat penurunan tampilan atau interaksi karena pelanggaran pedoman komunitas TikTok atau aktivitas yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Itu adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam konteks TikTok. Namun, TikTok terus berkembang, dan mungkin ada istilah-istilah baru yang muncul seiring waktu. 

Penting untuk selalu terhubung dengan komunitas TikTok dan memahami perubahan dan tren terbaru untuk tetap relevan dalam platform ini.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar