Manfaat Teknologi Biometrik untuk Keamanan Bank Digital

https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-iphone-smartphone-telepon-genggam-7703651/

Di zaman digital seperti sekarang ini, kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan layanan perbankan yang bisa diakses kapan saja dan biasa disebut sebagai bank digital. Layanan ini punya fitur yang lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan perbankan dalam satu genggaman tangan. 

Lebih dari itu, layanan tersebut juga didesain aman untuk diakses oleh para nasabah. 

Sistem keamanan yang diterapkan oleh layanan perbankan digital tentu saja tidak main-main. Umumnya mereka menggunakan teknologi biometrik untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data nasabah. Cari tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi biometrik itu dan manfaat apa saja yang diberikan. 

Pengertian dan Jenis Teknologi Biometrik

Biometrik merupakan sebuah metode teknologi digital yang diaplikasikan oleh manusia untuk melakukan verifikasi dan identifikasi identitas seseorang. 

Verifikasi dan identifikasi tersebut dilakukan sesuai karakteristik fisik maupun perilaku dari orang tersebut. Saat ini teknologi biometrik tersebut telah diterapkan di berbagai bidang salah satunya pada layanan aplikasi bank digital. 

Ada beberapa jenis biometrik yang banyak digunakan saat ini. Berikut adalah jenis-jenis biometrik yang paling umum dipakai dan mungkin akan kamu jumpai:

1. Pemindaian Sidik Jari

Pertama ada pemindaian sidik jari yang sangat umum digunakan. Sidik jari itu sendiri merupakan sebuah pola yang unik di permukaan kulit dan sangat efektif digunakan untuk mengidentifikasi identitas seseorang. 

Kontrol akses dengan menggunakan sidik jari ini dinilai sangat aman termasuk untuk layanan bank digital. 

2. Identifikasi Wajah

Selanjutnya ada identifikasi wajah yang tentu saja juga sangat efektif untuk menjaga keamanan nasabah. Di sini sistem akan melakukan identifikasi identitas seseorang lewat detail wajah mereka. 

Database dari sistem tersebut sudah menyimpan daftar wajah dari orang-orang yang menggunakan layanan. 

3. Pemindaian Iris Mata

Ada pula pemindaian iris mata yang akan melakukan identifikasi berdasarkan pola unik di dalam retina atau iris mata. Biasanya jenis teknologi biometrik seperti ini diterapkan untuk sistem keamanan yang jauh lebih tinggi. 

Gedung besar dan kantor-kantor biasanya akan menggunakan sistem tersebut khususnya untuk ke area yang sangat penting. 

4. Identifikasi Suara

Teknologi biometrik berikutnya yang juga sering dijumpai adalah identifikasi suara. Seperti kita tahu bahwa suara juga menjadi salah satu bentuk ciri khas yang berbeda pada setiap orang. 

Jika sistem biometrik ini yang digunakan, maka pengguna akan diminta untuk memberikan potongan rekaman suara mereka sebagai database. 

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-iphone-smartphone-telepon-genggam-6103433/

Cara Kerja Teknologi Biometrik

Sistem keamanan biometrik memang dinilai sangat efektif untuk menjaga keamanan data pribadi. Apalagi pada bentuk layanan aplikasi bank digital yang nasabahnya membutuhkan perlindungan data terbaik. Tapi sebenarnya bagaimana cara sistem biometrik ini menjaga keamanan data kita? 

Pada dasarnya cara kerja sistem biometrik sangatlah sederhana. Pertama-tama, kamu sebagai pengguna layanan akan diminta untuk melakukan pemindaian saat input data. 

Data yang dipindai bisa beragam sesuai jenis sistem biometrik yang digunakan. Bisa pemindaian sidik jari, iris mata, wajah dan lain sebagainya. 

Semua data yang sudah masuk kemudian akan dienkripsi ke bahasa yang bisa dipahami oleh mesin untuk disimpan ke database. Saat kamu ingin masuk ke dalam sistem, maka kamu harus melakukan pemindaian ulang. 

Nantinya sistem akan memeriksa pemindaian tersebut dengan database yang sudah ada. Jika hasilnya sesuai, maka kamu bisa masuk ke dalam sistem. 

Manfaat Teknologi Biometrik

Tentu saja pemakaian sistem keamanan biometrik ini bisa memberikan begitu banyak manfaat. Tidak heran jika layanan bank digital maupun beragam jenis layanan lainnya memakai teknologi tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat dari sistem biometrik:

1. Tingkat Keamanan Lebih Tinggi

Sistem biometrik ini memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi. Sistem ini akan mengacu pada sebuah sifat fisik pada individu yang unik dan berbeda. 

Sifat tersebut sangatlah sulit untuk dipalsukan sehingga akses hanya bisa diberikan kepada orang yang bersangkutan. Itulah mengapa aplikasi bank digital dengan sistem keamanan biometrik pasti jauh lebih dipercaya. 

2. Memberi Kemudahan bagi Pengguna

Sistem keamanan seperti ini juga memberi kemudahan bagi para pengguna. Jika ingin melakukan akses masuk maka pengguna hanya perlu melakukan pemindaian seperti saat registrasi. 

Prosesnya pun terbilang mudah dan cepat sekaligus sangat aman untuk dilakukan. 

3. Lebih Efisien dan Akurat

Manfaat lain dari sistem biometrik ini yaitu meningkatkan efisiensi dan akurasi. Pengguna bisa mendapatkan akses dengan cara yang efisien dan datanya juga lebih akurat. Akurat karena semua data yang dipindai memiliki keunikan masing-masing dan sulit untuk dipalsukan oleh orang lain. 

4. Pengelolaan Data Lebih Aman

Sistem keamanan biometrik ini juga sangat menguntungkan penyedia layanan. Berkat adanya sistem biometrik tersebut, pengelolaan data jadi jauh lebih aman. Penyedia layanan bank digital misalnya, bisa mengelola dan menyimpan data milik semua nasabah dengan sangat aman. 

5. Pilih Aplikasi Bank Digital yang Terpercaya dan Terjamin Aman

Jelas sudah bahwa teknologi biometrik memang sangat efektif menjaga keamanan data kita semua dan sebaiknya memang diterapkan dalam sebuah sistem perbankan digital. 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan kemudahan bertransaksi, maka pastikan untuk memilih layanan perbankan digital yang memakai sistem keamanan biometrik tadi. 

Hal ini bisa kamu jumpai lewat aplikasi bank digital dari digibank by DBS. 

Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah dan fiturnya juga lengkap. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan investasi dan membeli aneka jenis produk asuransi secara praktis. Lebih dari itu aksesnya juga terjamin aman dan mudah lewat smartphone.

Kesimpulan

Layanan bank digital dari digibank by DBS ini sudah menerapkan sistem keamanan biometrik yang sangat aman dan bisa dipercaya. 

Jadi jangan ragu untuk menggunakannya agar kebutuhan perbankan bisa terpenuhi secara praktis. Langsung saja unduh Aplikasi digibank by DBS lewat App Store maupun Play Store


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar