7 Manfaat Minum Susu Kambing Etawa Untuk Orang Tua

13 komentar
Konten [Tampil]

Usia orang tua yang tak lagi muda, memang harus benar-benar dijaga kesehatannya. Seriiing banget, Ayah Ibu mengeluh badannya sakit, lututnya sakit, telapak kaki sakit, nyeri sendi, dll.

Memang kalau sudah usia 50 tahun ke atas, tidak hanya bisa membatasi makanan saja. Melainkan harus ada dukungan dari faktor-faktor luar, seperti rajin minum rempah-rempah, atau rajin minum susu untuk kesehatan serta mencukupi kebutuhan nutrisinya.

susu etawa

Tapi jangan ngawur saat memberikan susu. Jangan sampai orang tua minum susu tapi banyak kandungan gulanya. Kan malah berisiko untuk terkena diabetes hingga komplikasi.

Maka dari itu, saya coba browsing sana-sini untuk mencari susu yang gulanya aman dan bagus untuk orang tua usia 50+ untuk. Hingga akhirnya saya menemukan fakta bahwa susu yang bagus untuk penuhi kebutuhan nutrisi orang tua adalah susu kambing etawa.

Ini 7 Manfaat Susu Etawa Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Sebagus apa sih susu kambing etawa kalau dikonsumsi orang-orang usia 50 tahun ke atas? Berikut ini, sudah Kak Ros tentang manfaat susu kambing etawa yang akan dirasakan oleh para orang tua. Apa sajakah itu?

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Usia Lanjut

Susu etawa mengandung berbagai nutrisi esensial seperti protein, kalsium, vitamin D, vitamin B12, dan mineral seperti fosfor. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf, serta mencegah dari kondisi pengapuran tulang.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Orang usia 50 tahun ke atas rentan terhadap masalah tulang seperti osteoporosis serta mencegah pengapuran tulang. Jadi para orang tua harus rajin minum susu tulang keropos. 

Dengan mengonsumsi susu tulang keropos, maka dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan mendukung kesehatan tulang orang-orang yang sudah memasuki usia senja.

pengapuran tulang

3. Protein Tinggi dan Berkualitas

Protein diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Susu kambing etawa mengandung protein tinggi dan berkualitas yang dapat membantu menjaga massa otot dan mendukung proses regenerasi sel-sel tubuh.

4. Menyehatkan Jantung

Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam susu kambing etawa dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Melawan Efek Radikal bebas

Susu etawa mengandung antioksidan seperti selenium, yang dapat membantu melawan efek radikal bebas dan meminimalkan risiko penyakit degeneratif yang seringkali muncul pada usia lanjut.

6. Mendukung Regenerasi Sel-Sel Tubuh 

Susu kambing etawa mengandung faktor pertumbuhan yang dapat mendukung regenerasi sel-sel tubuh, memperbaiki jaringan, dan mempercepat penyembuhan luka.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi susu kambing etawa secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan hipertensi, yang seringkali meningkat pada usia lanjut.

Jangan Asal Pilih Susu Kambing Etawa

Tapi lagi-lagi, jangan asal saat memilih susu kambing etawa. Usahakan cari susu kambing etawa yang telah terpasteurisasi dengan matang, jadi aman dikonsumsi untuk orang tua.

Saat tanya ke teman-teman yang juga merawat orang tuanya, ternyata ada susu etawa yang bagus dan direkomendasikan untuk dikonsumsi para orang tua, yaitu susu kambing etawa dari brand etawarich.

susu etawarich

Kenapa recommended? Ada 3 alasan kenapa etawarich recommended untuk dikonsumsi  orang tua, antara lain:

1. Tidak Ada Bau Prengus Kambing

Males banget kalo minum susu kambing tapi bau kambingnya masih tertinggal, bikin nggak selera. Tapi tenang saja, susu kambing etawa ini nggak ada bau kambingnya sama sekali loh! 

Jadi orang tua akan minum susu kambing etawa ini kayak minum susu segar biasanya, gak berbau sama sekali! Jadi orang tua bisa semangat untuk menghabiskan susu etawarich ini.

2. 98% Susu Kambing

Nggak cuma itu, ternyata susu kambing etawa dari etawarich ini isinya 98% susu kambing etawa murni, jadi minim campuran air. Justru campurannya berasal dari bahan-bahan yang bisa mendukung kesehatan orang tua di usia senja.

3. Gula Stevia

Meski berasal dari susu kambing, rasanya tidak hambar kok. Rasa susunya manis, tapi manisnya tidak berasal dari gula berbahaya yang mengakibatkan diabetes.

Melainkan pemanisnya berasal dari gula stevia. Gula stevia ini tidak mengandung karbohidrat dan kalori, jadi bagus banget untuk penderita diabetes. Bahkan gula stevia dipercaya mampu memperbaiki kinerja tubuh untuk mengolah gula darah atau glukosa.

Kandungan susu kambing etawa etawarich

Nggak cuma itu, sekalian aja Kak Ros bahas apa saja kandungan susu etawa etawarich yang harus kamu tahu, supaya kamu yakin untuk memberikannya kepada yang terkasih. 

1. Susu Kambing Etawa

Tentu saja, bahan baku utamanya adalah susu kambing etawa. Susu ini dipilih dari kambing etawa berkualitas yang dijaga dan dirawat dengan baik agar menghasilkan susu murni yang kaya nutrisi dan tidak bau prengus.

Susu untuk pengeroposan tulang ini kaya akan kandungan kalsium, fosfor, sodium, dan florin yang bermanfaat untuk merawat sistem pencernaan, menjaga kekokohan tulang, mengatasi nyeri sendi, dan lainnya.

susu kambing etawa

2. Ekstrak Gamat

Gamat adalah obat herbal tradisional yang dimasukkan dalam susu nyeri sendi ini. Kandungan ini mampu mengatasi nyeri sendi serta membantu mengokohkan tulang pada tubuh. 

Hal ini lantaran gamat memiliki kandungan gizi tinggi, yakni tinggi protein, glukosaim, kolagen, dan kondroitin. Jadi para orang tua dianjurkan untuk mengonsumsi susu nyeri sendi ini secara rutin dan konsisten. 

3. Kayu Manis

Kayu manis juga disertakan dalam susu kambing etawa etawarich untuk menunjang proses metabolisme tubuh sekaligus mengendalikan kadar gula darah. 

Kandungan kumarin, kaneelaldehida, dan euganol di dalamnya bersifat antioksidan sehingga membantu melawan radikal bebas. Ini adalah salah satu khasiat susu kambing etawarich yang akan dirasakan oleh orang-orang yang rutin mengonsumsinya setiap hari.

4. Daun Sirsak

Kandungan susu etawa lainnya adalah adanya daun sirsak yang mengandung flavanoid. Kandungan ini mampu mencegah dan mengurai asam urat di dalam tubuh. Ekstrak daun sirsak sengaja dihadirkan untuk menghambat kerja enzim xhantine oxidase untuk mengurangi asam urat.

5. Bee Pollen

Bee Pollen adalah campuran dari serbuk sari bunga, nektar, enzim, madu, lilin, dan sekresei lebah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan para orang tua. 

Kandungan flavaoid, quercatin, dan glutathione di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menangkal efek radikal bebas, memelihara fungsi hati, serta mampu menjaga kesehatan jantung.  

6. Gula Stevia

Gula stevia yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana merupakan bahan pemanis dengan kandungan nol kalori. Jadi tanaman ini aman digunakan sebagai bahan pengganti gula. Bahkan gula stevia ini bagus untuk tubuh karena dapat meningkatkan produksi insulin.

Hasilnya Ketika Rutin Minum Susu Etawa

Susu kambing etawarich ini dikonsumsi 2-3 sachet per hari. Tapi kalau untuk orang tua seperti Ayah dan Ibu, mengonsumsinya yakni saat pagi hari dan malam hari. Diminum setelah makan selesai. 

Rasanya gimana? Rasanya manis, karena pakai gula stevia yang nol kalori. Jadi aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi orang tua bisa merasakan dampak dan manfaat susu etawa etawarich dalam waktu yang sangat lama.

Sebenarnya ada kekhawatiran saat minum susu untuk kesehatan ini, yakni khawatir ada rasa panas di badan. Tapi ternyata tidak. Justru protein yang terkandung di susu untuk pengeroposan tulang ini mudah dicerna dan diserap.

Untuk Ibu saya yang menderita asam lambung, ternyata aman kok ketika mengonsumsi susu etawarich ini. Hal ini lantaran semua bahan-bahannya herbal, sehingga tidak menimbulkan kontraindikasi.

Khasiat susu kambing etawarich akan dirasakan pelan-pelan. InsyaAllah hasilnya sudah terlihat dalam 2 pekan ketika rutin mengonsumsi susu nyeri sendi ini.

manfaat susu etawa etawarich

Kesimpulan

Merawat orang tua di masa senja memang gampang-gampang susah. Tapi pastikan kita memenuhi seluruh nutrisi yang diperlukan. Kalau bingung cara untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi, sudah dirangkum dan ada semua di susu etawarich.

Tenang saja, harganya masih terjangkau dan sebanding dengan manfaat yang didapat. Namun pastikan kamu mendapatkan produk yang asli di distributor resmi produk yang ada di e-commerce langsung ya seperti Shopee dan Tokopedia ya! Waspada dengan produk palsu atau tiruan ya!

susu nyeri sendi

Hati-hati dengan barang tiruan ya. Bahaya banget kalau masuk ke tubuh orang tersayang. Khawatir malah manfaat susu etawa etawarich nggak sampai ke orang tua, kan kasihan…

Jadi jagalah orang tua sebaik-baiknya dan berikan yang terbaik kepada mereka di usia senjanya. 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

13 komentar

  1. Baru kali ini dengar susu kambing ada kandungan daun sirsak nya.. Unik dan bikin penasaran. Jangan "ngawur" milih susu utk dikonsumsi ini bener banget. Dulu merasa udah ngasih susu sehat padahal belum ngecek kandungan gula nya segimana. Susu kambing etawa ini bisa jadi rekomendasi yang mantap

    BalasHapus
  2. Ya orang tua Umma juga minum ini katanya sehat dan nggak bikin eneg,. Emang the best deh etawa

    BalasHapus
  3. Minu susu kambing etawa ini bagus untuk kesehatan tulang, begitu yang saya baca. Ibu saya juga sempat minum susu kambing etawa ini

    BalasHapus
  4. Wah, kebetulan akhir-akhir ini ibu saya pun sedang rutin minum susu etawa, hanya dari merk yang berbeda. Jadi penasaran untuk cobain Etawarich juga nih. Manfaatnya susu etawa ternyata memang gak main-main ya. Banyak sekali.

    BalasHapus
  5. Ternyata ada susu etawa lain selain etawarich ya? aku pikir sama aja susu etawa itu, harus lebih teliti nih saat beli

    BalasHapus
  6. susu kambing ternyata banyak banget ya manfaatnya. kayaknya aku perlu coba nih susu kambing etawarich ini buat tulangku di usia 30an ini

    BalasHapus
  7. Penasaran pengen mencoba menikmati rasanya langsung nih susu kambing etawa. Apalagi ini manfaat dan khasiatnya ternyata banyak juga ya
    Sehat semua aamiin...

    BalasHapus
  8. mungkin ibu mertuaku mau coba mba .

    ternyata banyaakkk bgt faedah dan khasiatnya.
    makasi infonya

    BalasHapus
  9. Wah bisa aku rekomendasikan ke ibuku nih karena beliau sering mengeluh nyeri sendi dan sepertinya mungkin takutnya mulai terkena dampak osteoporosis

    BalasHapus
  10. Banyak banget manfaat yang diterima saat orang tua minum susu kambing etawa
    Makanya mamaku juga sering minum susu kambing

    BalasHapus
  11. Wah ternyata produk susu kambing etawarich ini menggunakan gula stevia ya buat pemanisnya. Jadi lebih sehat nih karena nol kalori.

    BalasHapus
  12. Boleeeh nih jadi sediaan utk ibuku. Selama ini klo minum susu kambing agak aneh rasanya kata beliau. Mendingan ini yaaa...udah lengkap ada bee pollennya juga.

    BalasHapus
  13. Sama kak Aku juga konsumsi susu kambing Etawa ini fisik jadi lebih fit dan gak gampang masuk angin

    BalasHapus

Posting Komentar