7 Persiapan Sebelum Melakukan Lasik Mata

Konten [Tampil]

 Mata, sebagai salah satu indera utama manusia, memainkan peran krusial untuk kita mengenal indahnya dunia. Penglihatan yang jernih bukan hanya sebuah kenikmatan, tetapi juga kunci untuk berpartisipasi sepenuhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya tidak semua orang memiliki mata yang mulus tanpa cela. Ada beberapa orang yang mengalami berbagai gangguan penglihatan yang bahkan dapat menggangu aktivitasnya. Gangguan penglihatan yang umum terjadi seperti myopia, hypermetropia, dan astigmatisme.

Sementara, orang-orang menggunakan cara konvensional untuk mengatasi masalah tersebut, seperti menggunakan kacamata dan lensa kontak. Sayangnya alat bantu penglihatan tersebut harus digunakan setiap hari sehingga masih memiliki keterbatasan untuk digunakan dalam jangka Panjang.

Metode Lasik, Cara Modern Memperbaiki Mata

Kabar baiknya, kini sudah ada metode yang lebih baik untuk memperbaiki mata yang butuh pertolongan. Namanya adalah prosedur LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis).

LASIK mata adalah suatu tindakan pembedahan mata yang menggunakan teknologi laser untuk mengubah bentuk kornea mata. Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990-an.

Operasi ini menggunakan teknologi laser untuk membentuk kornea mata, memberikan solusi permanen yang menjanjikan pemulihan penglihatan yang optimal.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengalaman klinis, LASIK telah menjadi prosedur pembedahan mata yang paling umum dan efektif di seluruh dunia.

Persiapan Sebelum Melakukan Lasik Mata

Meskipun LASIK umumnya dianggap aman dan efektif, persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan keberhasilan prosedur dan pemulihan yang cepat. Berikut ini adalah tujuh persiapan penting yang harus kamu persiapkan sebelum menjalani operasi lasik mata.

1. Konsultasi dengan Dokter Mata

Sebelum memutuskan untuk menjalani lasik mata, konsultasikan dengan dokter mata terkemuka. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menilai kelayakan Anda sebagai calon pasien LASIK.

Beberapa faktor seperti ketebalan kornea, bentuk mata, dan kesehatan umum harus dinilai secara cermat. Anda juga bisa menanyakan biaya lasik mata sehingga Anda bisa mempersiapkannya dengan baik.

2. Pahami Proses dan Risikonya

Sebelum memutuskan untuk menjalani lasik mata, penting untuk Anda memahami secara menyeluruh prosedur tersebut dan potensi risikonya.

Diskusikan dengan dokter mengenai prosedur, bagaimana laser bekerja, dan potensi efek samping atau risiko yang mungkin terjadi. Hal ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan memahami apa yang diharapkan selama dan setelah operasi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa minggu sebelum operasi, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan mata. Hindari penggunaan lensa kontak yang keras atau lunak beberapa waktu sebelum pemeriksaan dan operasi.

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa kornea mata memiliki waktu untuk kembali ke bentuk aslinya sebelum pengukuran dan tindakan laser.

4. Penghentian Penggunaan Lensa Kontak

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk berhenti menggunakan lensa kontak beberapa minggu sebelum pemeriksaan pralasik.

Hal ini karena penggunaan lensa kontak dapat mengubah bentuk kornea dan mempengaruhi hasil pengukuran mata.

5. Evaluasi Kesehatan Umum

Sebelum operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan umum untuk memastikan bahwa Anda dalam kondisi fisik yang baik untuk menjalani prosedur lasik mata.

Informasikan dokter tentang riwayat kesehatan Anda, termasuk penyakit atau kondisi medis yang mungkin mempengaruhi proses penyembuhan.

6. Menyiapkan Dukungan dan Pemulihan

Sediakan dukungan keluarga atau teman yang dapat membantu Anda selama proses pemulihan. Meskipun lasik mata memiliki waktu pemulihan yang relatif singkat, memiliki seseorang yang dapat mendukung Anda akan memberikan rasa nyaman dan tidak stress selama operasi.

7. Menyusun Rencana Transportasi

Setelah operasi lasik mata, kemampuan Anda untuk mengemudi mungkin akan berpengaruh untuk beberapa waktu. Maka atur transportasi pulang setelah operasi, karena tidak dianjurkan untuk mengemudi sendiri.

Pastikan kerabat dapat mengantar Anda pulang sampai ke rumah, bahkan mungkin membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan primer pasca operasi.

Kesimpulan

Persiapan yang matang sebelum menjalani operasi lasik matasangat penting untuk mencapai hasil yang optimal dan pemulihan yang cepat.

Konsultasikan dengan dokter mata Anda secara rinci dan ikuti panduan persiapan dengan teliti untuk memastikan bahwa Anda memenuhi syarat sebagai kandidat yang cocok untuk LASIK serta untuk meminimalkan risiko dan meningkatkan kesuksesan prosedur tersebut.

Tentu saja pastikan Anda memilih tempat operasi lasik yang tepat dan terpercaya agar hasilnya bisa maksimal sesuai harapan Anda seperti di Klinik Mata Nusantara.

Di klinik ini, biaya operasi lasik mata cukup terjangkau. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu soal harga, lalu mempersiapkannya. Tenang saja, para dokter mata KMN akan memberikan pelayanan terbaik demi aset penglihatan yang Anda miliki.

 

 

 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar