Manfaat Pemeriksaan Ginekologi Untuk Perempuan

Konten [Tampil]

Menjadi perempuan itu harus benar-benar mau dan mampu merawat anugerah yang telah Allah titipkan untuk kita, salah satunya adalah reproduksi. Di bagian inilah, Allah titipkan rahim yang akan menjadi rumah pertama bagi janin.

Sebagaimana mestinya, kita harus menjaganya sebaik mungkin ketika sudah akil baligh. Kita harus merawatnya supaya terhindar dari kanker, infeksi, bahkan penyakit menular seksual (PMS).

Maka dari itu, tak ada salahnya bila kamu ingin melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi sejak awal. Tak harus saat sudah menikah atau hendak menikah, namun jika kamu peduli dengan kesehatan tubuhmu dan masa depanmu, maka lakukan segera.

Pemeriksaan kesehatan reproduksi dapat dilakukan melalui pemeriksaan ginekologi yang akan ditangani oleh dokter spesialis kandungan. Namun pastikan kamu memilih dokter spesialis kandungan yang bereputasi baik agar penanganannya maksimal.

Manfaat Pemeriksaan Ginekologi Untuk Remaja Perempuan

Jadi jangan ragu kalau mau periksa ginekologi karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Apa sajakah manfaat dari pemeriksaan ginekologi untuk remaja perempuan perawan? Langsung simak berikut ini ya!

1. Deteksi Penyakit Sejak Dini

Pemeriksaan ginekologi dapat membantu mendeteksi dini penyakit dan kondisi reproduksi, seperti kanker serviks, kanker ovarium, infeksi saluran reproduksi, dan penyakit menular seksual (PMS). 

Jadi deteksi ini dapat mencegah dari hal-hal yang tak diinginkan. Kalaupun terkena suatu penyakit, maka diharapkan bisa diatasi lebih awal secara alami. 

Nggak hanya itu, pemeriksaan Pap smear adalah bagian penting dari pemeriksaan ginekologi yang bertujuan untuk mendeteksi dini perubahan sel yang mungkin menandakan adanya kanker serviks. Pencegahan melalui deteksi dini dapat meningkatkan peluang untuk sembuh.

2. Memantau Kesehatan Reproduksi

Penting banget untuk perempuan melakukan pemantauan rutin kesehatan organ reproduksi perempuan, termasuk uterus, indung telur, dan vagina. 

Hal ini membantu dalam mendeteksi perubahan atau masalah yang mungkin memerlukan perhatian medis daripada terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.

3. Perencanaan Kehamilan

Kabar baiknya, pemeriksaan ginekologi membantu para perempuan untuk merencanakan kehamilan. Hal ini lantaran pemeriksaan ini dapat memberikan informasi tentang ovulasi dan memberikan saran terkait kontrasepsi. 

Selain itu, selama kehamilan, pemeriksaan rutin dapat membantu memantau perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

4. Cek Kesehatan Hormon

Perempuan juga harus cek kesehatan hormon. Hormon itu sangat berpengaruh pada kondisi fisik, mental, dll. Dengan melakukan pemeriksaan ginekologi, maka kita  dapat mengetahui informasi tentang keseimbangan hormonal perempuan yang kita miliki.

Nggak hanya itu, pemeriksaan ginekologi dapat membantu dalam diagnosis dan pengelolaan kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau gangguan hormonal lainnya. Karena kalau masih terkena PCOS, maka akan susah untuk hamil. Jadi butuh treatment khusus.

5. Konseling Kesehatan Reproduksi

Pemeriksaan ini memberikan kesempatan bagi perempuan untuk mendapatkan konseling tentang kesehatan reproduksi dari dokter spesialis kandungan. Mulai dari cara merawat diri selama siklus menstruasi, menopause, dan perawatan kesehatan reproduksi yang sesuai dengan usia.

Kesimpulan

Nggak hanya itu, pemeriksaan ginekologi juga memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berbicara tentang kesehatan mental dan emosional mereka. Ini mencakup diskusi tentang stres, kecemasan, dan isu-isu lain yang mungkin mempengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan.

Maka dari itu, penting untuk dicatat bahwa pemeriksaan ginekologi harus dilakukan secara berkala sesuai dengan panduan medis, dan setiap perempuan perlu mendiskusikan kebutuhan kesehatannya dengan dokter spesialis kandungan yang terpercaya seperti di RS EMC.

Jenis pemeriksaan ginekologi yang ditawarkan di RS EMC beberapa di antaranya adalah pemeriksaan area panggul, pemeriksaan pap smear, pemeriksaan ultrasound dengan USG-TV, pemeriksaan histeroskopi, tes Infeksi Menular Seksual (IMS), serta konsultasi kesehatan reproduksi.

Menghadirkan dokter spesialis yang ahli di bidangnya sekaligus melayani sepenuh hati. Alat-alat medis yang canggih juga diturunkan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pasien yang ingin melakukan pemeriksaan ginekologi.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar