Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unej Mengajar: Wajah, Semangat dan Harapan Baru (1 of 2)

Assalammualaikum wr wb.
Apa kabar kawan? Alhamdulillah, saya di sini baik sehat luar biasa.
Ohya, postingan kali ini agak resmi ya. Ini tulisan tentang Unej Mengajar yang saya kirimkan ke website kampus unej.ac.id
Simak ya kawan....

Unej Mengajar: Wajah, Semangat dan Harapan Baru





“Bersama Kita Bisa” adalah slogan yang selalu didengungkan oleh mahasiswa Universitas Jember yang tergabung dalam organisasi Unej Mengajar atau yang sering disebut Ujar. Organisasi yang berada di bawah naungan LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) Universitas Jember ini telah melaksanakan tugas pengabdiannya selama hampir 3 tahun sejak Juni 2012. Kini Ujar memasuki tahun kepengurusan ke-3. Wajah-wajah baru hadir untuk menjadi Pengurus Ujar Periode 3. Pengalaman yang mumpuni dan semangat pengabdian yang tinggi menjadi motivasi utama untuk terus menggerakkan organisasi sukarela ini.


Pada tanggal 1 Maret 2015, telah didapatkan 14 mahasiswa-mahasiswi yang berdedikasi tinggi untuk menjadi Pengurus Ujar Periode 3. Mereka telah melalui serangkaian acara penempaan diri dan pemantapan mental tangguh untuk menjadi pengurus Ujar melalui kegiatan Training Center yang dilaksanakan di Tanoker, Ledokombo.

Kepengurusan ini dinahkodai oleh Yery Bagus Iman (FISIP/2013) yang menduduki jabatan tertinggi sebagai Direktur Unej Mengajar. Keinginan yang besar untuk menyebarluaskan virus-virus pengabdian kepada civitas akademia Universitas Jember, didukung secara penuh oleh tigabelas mahasiswa yang siap menemaninya untuk melambungkan nama Ujar ke kancah yang lebih luas lagi. Masing-masing dari pengurus Ujar memiliki peran kepengurusan sesuai kemampuan masing-masing.

Amanah untuk menjadi sekretaris diemban dengan baik oleh Hidayatul Fitria (FKIP/2012). Kerapian dan kelihaian dalam urusan surat menyurat tidak diragukan lagi untuk mengurus segala arsip yang diperlukan oleh organisasi formal ini. Sedangkan peran bendahara diemban oleh Rhoshandhayani KT (FKIP/2013). Segala dana dan donasi untuk kepentingan Ujar akan dikelola dengan baik olehnya.

Kepengurusan Ujar periode 3 ini memiliki 4 divisi, yaitu internal, external, HRD dan CIT. Divisi internal bertugas untuk mengatur rangkaian acara dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh Ujar selama satu tahun kepengurusan. Divisi ini dikelola oleh Fuad Rizal (FISIP/2012), Pranata Dwi (FISIP/2012) serta Fitriani Wiwin Masruroh (FE/2012). Sedangkan divisi eksternal dipegang oleh Wildan Abdul Aziz (FISIP/2013) dan Deka Aulia Pratama (FKIP/2013). Mereka akan meneruskan hubungan kerjasama yang terjalin dengan baik antar kampus yang juga mengadakan kegiatan serupa. Selain itu, divisi external akan menambah jangkauan kerjasama dengan mitra yang ingin bergabung untuk menjadi bagian dari Ujar.

Semua hal yang berkaitan dengan kinerja dan performa Sobat Pengajar dan Sobat Volunteer akan ditangani secara langsung oleh divisi HRD (Human Resource and Development). Herman Nur Muliardi (F.Sastra/2012), Syamsul Maarif (FKIP/2012) serta Rose Lolita (FKIP/2013) adalah pengurus yang akan mengatur para relawan untuk berkecimpung di SD dan kelompok belajar binaan Ujar. Divisi CIT (Creative and Information Technology) dikendalikan oleh Sarah Marsa Tamimi (FK/2013), Dana Herdi (FISIP/2012) dan Fitriana Wardianur (FKG/2013). Dengan segala ide kreatif yang ada di benak mereka, diharapkan Ujar semakin berkembang dan memiliki kualitas yang luar biasa. Informasi terkini dan berita aktual akan dilaporkan secara berkala melalui fanpage facebook Unej Mengajar serta instagram @unej.mengajar 


----


Nah, lanjutannya adalah tentang perekrutan anggota baru Sobat Pengajar IV, yang akan saya lanjutkan di postingan esok hari. Yuuuuk pantau yaaa.
Kritik dan saran yang membangun tentang tulisan saya maupun Ujar, silahkan dikomen untuk perbaikan yang lebih superrrrrrrrr lagi.

Wassalammualaikum wr wb

Post a Comment for "Unej Mengajar: Wajah, Semangat dan Harapan Baru (1 of 2)"