Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Zachflazz Hijrah

Assalammualaikum wr wb

Pagi ini saya sedih, teman saya yang baik hatinya mundur dari dunia perbloggeran. Namanya Zachroni Sampurno, nama bekennya Zachflazz. Memang sih, usia kita terpaut sangat jauh, tapi saya merasa kita sebaya kok, kan Kang Zach berjiwa muda, hehehe...

sumber: blognya Kang Rudy Arra (http://rudyarra.blogspot.com/2012/11/tadaaaa-1-mas-zachroni-sampurno.html)

Sudah lama saya hiatus dari dunia perbloggeran, tapi saya masih sering menyempatkan waktu untuk menengok blog teman-teman meski hanya menjadi silent reader. Pun begitu dengan blognya Kang Zach, dengan komenan yang cenderung melebihi kapasitas, saya lebih suka membaca postingannya. Sungguh mampu menarik mata saya untuk membaca tulisan kecenya Kang Zach.

Tadi malam, saya merasa rindu dengan Kang Zach selaku kawan blogger saya, akhirnya saya ketik alamat blognya Kang Zach, malah nggak ada, dihapus oleh pemiliknya. Saya nggak percaya hal itu terjadi.


Kemudian saya cari Kang Zach via google dengan keyword nama aslinya, yang muncul adalah postingan dari Kang Rudy Arra. Saya klik dan baca, waaah, pengen nangis rasanya, sediiiiih.



Terima kasih kepada Kang Rudy Arra yang telah menyampaikan pesan pamitnya Kang Zach. Kalau Kang Rudy nggak bercerita, saya nggak akan tahu perihal pamitnya Kang Zach.

Berikut adalah pesan pamitnya Kang Zach yang membuat saya tertegun, nggak percaya, tapi harus menerima apapun keputusan hijrahnya.

sumber: blognya Kang Rudy Arra (http://rudyarra.blogspot.com/2015/07/sebuah-pesan-pamit-dari-mas-zachroni.html)
Alhamdulillah, Kang Zach juga mencantumkan alamat domisilinya sekarang. Saya catat baik-baik Kang.


Sebelumnya, saya juga pernah merasakan kehilangan teman blogger, mereka udah nggak aktif lagi di dunia blog, namanya Kak Naya Belo, Kak Uzay, Kak EYsurbakti (lupa sih namanya). Pada masa-masa saya sedang menikmati jadi blogger ababil, mereka dan kawan-kawan blogger lainnya menyemangati saya untuk terus blogging. Sampai akhirnya mereka mundur dari dunia blogger, kemungkinan karena mereka ingin menikmati indahnya keluarga baru tanpa menyentuh dunia maya. Ah, sedih rasanya.

Sekarang nggak ada lagi tulisan-tulisannya Kang Zach yang menurutku selalu tersimpan rahasia sehingga membuatku penasaran dan membacanya sampai tuntas. Saya juga suka ketika Kang Zach bercerita tentang Arien dan Agree sampai-sampai saya ingin sekali bertemu mereka.

Kang Zach mundur dari dunia blogger bukan tanpa sebab. Apapun alasannya, kita harus menghormati keputusan Kang Zach. Yang saya pahami, Kang Zach berhijrah, rela meninggalkan dunia maya demi fokus pada keberkahan dunia akhirat.

Bercerita di blogger memang sebuah dilema. Ingin bercerita tentang kegiatan sehari-hari atau hal-hal yang dialami, tapi terkesan ujub atau riya', padahal tujuannya hanya ingin berbagi cerita. Mungkin itu kedilemaan yang saya tangkap dari Kang Zach. Saya juga bingung sih menanggapi hal tersebut.

Menulismu adalah dakwahmu.

Semboyan tersebut merupakan semboyan baru yang akan saya usung untuk memperbaiki tulisan-tulisan nyeleneh yang sering mencerminkan diri saya. Tapi ya, memulai itu memang bukan perkara mudah, tapi Inshaa Allah bila ada niat, saya ingin secara pribadi tulisan saya menjadi dakwah meskipun untuk diri sendiri.

Ah, saya sedih, kehilangan orang baik di dunia maya. Tapi ya mau gimana lagi, saya rasa pilihannya adalah pilihan yang sangat baik, yang tentu saja cepat atau lambar saya pasti menyusul.

Berkat postingan Kang Rudy Arra, saya jadi tahu (karena baru tahu) bahwa Kang Zach bekerja di kementerian keuangan. Ealaaaaah, tak kira kerjanya apa, kok punya banyak waktu blogging.

Ohya, Kang Zach, ada pesan spesial dari saya, ayo ikut kelas inspirasi, berbagi inspirasi tentang profesinya Kang Zach kepada anak-anak SD. Mengajar sehari tentang profesinya Kang Zach dan berbagi pengalaman. Pokoknya bercerita deh di depan anak-anak SD. Boleh cek di kelasinspirasi.org


Pesan ini juga berlaku untuk teman-teman blogger yang lainnya. Yuk, turun tangan berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sehari mengajar, Selamanya menginspirasi~~~~~

Kang Zach, saya titip salam ya Kang, buat Arien, Agree dan Bu Zachflazz. Semoga sehat selalu dan diberi kelancaran rezeki kebahagiaan. Kalau ke Bougour, Inshaa Allah saya mampir (atas izin Allah tentunya). Kalau masih belum ketemu yaaa.... semoga kita bersama teman-teman blogger dapat berkumpul di Surga. Aamiin....

sumber: blognya Kang Santri Clumut (http://santriclumut.blogspot.com/2014/11/mas-zach-flazz-sang-ayah-yang-baik.html)

Wassalammualaikum wr wb

4 komentar untuk "Kang Zachflazz Hijrah"

  1. kagak ada kang Zach sepi, banyolan khasnya dikangenin. Aku dipamitin.

    BalasHapus
  2. Serius ini Pak Zach gak ngebLog lagi?
    Pantesan jarang terlihat...eh..jrg muncul. Saya akui, saya juga jarang BeWe. Tapi nama-nama yg disebutkan : Kak Naya Belo, Kak Uzay, Kak EYsurbakti ...sebenarnya lama juga tdk saya temui apdetannya. Mereka juga teman ngeblog saya ketika dari awal-awal saya ngeblog.

    Kdg kalau buka postingan lama dan membaca komentar-komentarnya, saya coba klik utk BeWe dan beberapa ternyata sedang hiatus, terlihat dari apdet postingannya.

    *Pertimbangan dan alasana Pak Zach demikian sangat amat makjleb, sekaligus menjadi bahan kontemplasi diri saya dan berharap semoga bisa memanfaatkan kesempatan menulis dgn niat dan tujuan yg lebih baik* (eh...ikut nyatet alamat Pak Zach ya)

    BalasHapus
  3. Baru kali ini, gue lihat ada blogger yang mau pamit secara tertulis dan formil gini. Hahaha. Biasanya kan mulai dari Gaphe, Raja, ampe Keven sekalipun, hiatus yah hiatus. Kadang nongol, kadang ngilang. Mas Zach beneran down to earth yah orangnya. Unik kepribadiannya.

    BalasHapus
  4. Yaaa Pak Zach uda ga ngeblog lagi? Huhuhu... Terus Ocha udah coba telpon belum? Aah jadi flashback niihh kangen sama temen2 blogger duluuu... saling balas komen saling kasih giveaway atau award.

    Aku juga uda ga seaktif dulu, memang semakin bertambah waktu (ga enak ah kalau bilang bertambah usia hehe) akan semakin sibuk kita dengan dunia nyata plus mungkin dunia soc med hehe, tapiii hatikuu masih terus terpaut ke blog kuu :)

    BalasHapus