Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Penginapan Ketika Berlibur di Surabaya


Assalammualaikum wr wb

Bagi seorang wisatawan, soal penginapan adalah hal yang cukup penting. Bagaimana tidak, setelah lelah dalam perjalanan sepanjang hari menjelajahi tempat wisata, penginapan yang nyaman akan sangat membantu kamu untuk memulihkan tenaga. Oleh karena itu, memperoleh penginapan yang murah dan berkualitas saat hendak berlibur bisa menimbulkan kebahagiaan tersendiri

jenis-penginapan-di-surabaya

Berdasarkan konsep dan jenisnya, ada beberapa jenis penginapan yang lazim digunakan oleh para wisatawan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar liburan mu berjalan dengan lancar dan menyenangkan, maka pastikan penginapan yang kamu pesan sesuai dengan konsep liburan yang kamu inginkan.

Nah, ini saya punya rekomendasi 7 jenis penginapan yang bisa kamu gunakan ketika berlibur di Surabaya. Silahkan disimak ya.... 

1. Hotel

hotel-di-surabaya
Sumber gambar: Pixabay
 Kamu pasti sering mendengar istilah hotel untuk menyebut akomodasi tertentu. Jika kamu berlibur ke Surabaya, misalnya, maka kamu akan menemukan berbagai hotel dengan kualitas yang berbeda-beda. Nah, pastikan kamu mendapatkan hotel dengan kualitas yang sangat baik. Salah satu hotel terbaik di Surabaya adalah Hotel Ciputra World Surabaya. Hotel mewah ini bisa dipesan via situs booking hotel online seperti Traveloka.com

Dari segi konsepnya, hotel menawarkan pelayanan yang eksklusif, profesional, dan ditandai dengan klasifikasi khusus dalam bentuk bintang dan bunga. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di hotel pun sudah sangat lengkap. Maka, tak heran jika harganya pun cukup menguras kantong.

Dari segi lokasi, hotel terbilang cukup strategis dengan akses transportasi yang mudah. Letaknya yang berada di pusat kota memudahkan para wisatawan atau tamu yang menginap untuk lebih mudah bergerak secara fleksibel.

Hotel biasanya disewakan per kamar. Sementara itu, satu kamar maksimal diisi oleh dua orang. Jika ingin menginap di hotel, pastikan kamu memilih tipe kamar yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan konsep liburan yang sedang dijalani.

 2. Vila

penginapan-vila-di-surabaya
Sumber gambar: Wikimedia commons
Jenis penginapan yang lain adalah vila. Biasanya vila berada di luar kota, seperti pegunungan atau daerah pantai. Vila berbentuk rumah biasa karena memang dimiliki oleh perorangan. Vila disewakan kepada tamu pada musim liburan dan biasanya akan disewakan selama beberapa hari sesuai kebutuhan tamu.

Kamu bisa menggunakan vila untuk acara yang ramai karena jumlah tamu yang menginap tidak dibatasi. Keuntungan memilih vila sebagai akomodasi saat liburan adalah letaknya yang biasanya berada di tempat yang memiliki pemandangan indah dan udara yang segar.

 3. Resor

penginapan-resor-di-surabaya
Sumber gambar: Pixabay
Resor adalah kawasan wisata yang berada di area yang cukup luas. Resor menonjolkan unsur rekreatif yang terlihat dari adanya fasilitas olahraga, hiburan, dan tempat belanja. Kawasan resor biasanya dibangun di tempat yang memiliki panorama indah. Selain berbagai fasilitas di dalam resor yang bertujuan memanjakan para tamu, udara segar dan pemandangan menawan akan melengkapi nilai tambah jenis penginapan yang satu ini.

4. Hostel

penginapan-hostel-di-surabaya
Sumber gambar: Flickr
 Tipe penginapan yang satu ini berbeda jauh dari hotel. Meskipun fungsinya sama, namun fasilitas yang tersedia tentu tidak sama. Ciri khusus yang bisa dilihat dari hostel adalah adanya tempat tidur bertingkat. Di dalam satu kamar bisa menampung hingga 6-8 orang sesuai dengan luas kamar. Konsep ini tentu tidak akan bisa Anda temukan di Hotel Ciputra World Surabaya.

Hostel sangat cocok bagi Anda yang ingin menghemat biaya akomodasi. Selain itu, Anda juga bisa berkenalan dengan banyak orang baru di sini. Kekurangannya adalah pada ketiadaan privasi. Hampir semua hostel menyediakan kamar mandi bersama untuk menampung beberapa orang tamu. Selain itu, ruang yang tersedia untuk menampung barang pun terbatas.

 5. Guest House

penginapan-guest-house-di-surabaya
Sumber gambar: Wikimedia Commons
 Guest House adalah tipe penginapan yang berbentuk seperti rumah pribadi. Hanya saja, kamar-kamar di dalam rumah ini disewakan kepada para tamu yang memerlukan tempat menginap. Jika datang bersama rombongan, Anda bisa menyewa satu guest house dan memanfaatkan seluruh ruangan yang tersedia tersebut bersama-sama.

Keuntungan menggunakan guest house adalah perasaan nyaman yang muncul karena bentuk bangunannya yang tidak ubahnya seperti rumah tinggal. Selain itu, jumlah tamu yang menginap pun biasanya fleksibel sehingga Anda tidak perlu membayar lagi jika ada tamu tambahan yang ikut menginap.

 6. Boutique Hotel

penginapan-boutique-hotel
Sumber gambar: Wikimedia Commons
Kamu mungkin sering mendengar istilah boutique hotel saat hendak memilih penginapan. Apa sih bedanya dengan hotel biasa? Boutique hotel biasanya dibangun dengan desain yang modern dan artistik. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, tipe penginapan yang satu ini  sangat menonjolkan sisi estetika.

Bangunan hotel ini biasanya tidak terlalu besar, hanya sekitar 10-100 kamar. Karena konsepnya yang berbeda, menginap di boutique hotel cukup mahal. Namun, kelebihannya adalah letaknya yang strategis karena berada di pusat kota.

 7. Cottage

penginapan-cottage-surabaya
Sumber gambar: Wikimedia Commons
Jenis penginapan yang satu ini hampir sama dengan vila, tetapi cottage tidak terlalu luas. Secara visual, cottage terlihat seperti rumah-rumah pondok kecil yang tersebar di lingkungan yang memiliki pemandangan yang cukup menawan. Dibandingkan vila, biaya menginap di cottage juga jauh lebih murah.

Jika  kamu senang dengan suasana alam yang hijau dan tenang serta menginginkan privasi, tipe penginapan cottage ini sangat cocok.

Dari beberapa jenis penginapan tersebut, kamu bisa memilih dengan bijak akan menginap di mana. Namun, bila lokasi dan kegiatan yang kamu lakukan berpusat di kota, menginap di hotel adalah pilihan terbaik, salah satunya adalah di Hotel Ciputra World Surabaya.


Nah, itulah tadi 7 jenis penginapan yang bisa kamu gunakan ketika berlibur di Surabaya. Pastikan liburanmu aman nyaman dan tentram dengan memilih tempat menginap yang berkualitas. Sudah pada tahu kan tempat penginapan yang recomended di mana? Ntar jangan lupa ajak-ajak saya yaaa... hehehe...

Wassalammualaikum wr wb


2 komentar untuk "7 Jenis Penginapan Ketika Berlibur di Surabaya"

  1. Pada posting dan bahas hotel dah. Yah Aul, yah Kamu, yah Aku. Hahahaha

    BalasHapus
  2. Aku biasanya kalo ke Surabaya nggembel. Gimana dong?

    BalasHapus