Merajut Memori: Musyawarah Kerja Setahun Lalu

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalammualaikum wr wb

musyawarah-kerja-ujar

Pagi ini facebook membuka memori lama, tentang musyawarah kerja yang berlangsung setahun lalu. Mendapatkan amanah ini bukanlah hal yang mudah. Saya harus mempersiapkan para pengurus untuk bekerja ekstra namun tetap bahagia. Salah satu caranya adalah mengajak mereka ke tempat baru yang keindahannya tak terkira. Berharap, memori ini akan membekas di ingatan mereka cukup lama.

afdeling-rayap-jember

Berkedok kegiatan pertama di setiap organisasi, yaitu musyawarah kerja atau rapat kerja yang diberi nama MASKER RUJAC (Musyawarah Kerja Pengurus Ujar Cihuy). Saya mengajak mereka datang dan bermalam di Wisma Afdelling Rayap Rembangan. Sewa 2 kamar, untuk putra dan putri.

Udaranya sangaaaat segar. Hawanya sejuk. Sangat mampu menjadi pelepas penat dari hiruk pikuk kota yang berudara kurang bersih dan berhawa tugas dosen 💁💁

Kami memulai agenda sejak pagi hari, yaitu perkenalan. Seperti biasaaa, kami wajib perkenalan ala Ujar, yaitu menambahkan kata sifat setelah nama kami. Dengan catatan, kata sifat tersebut diawali huruf yang sama dengan huruf awal namanya. Seperti saya, yang memperkenalkan diri dengan nama Rhosha Rindang.

wisma-rayap-jember


Teman-teman lain juga memperkenalkan dirinya dengan kata sifat. Rose Ramah, Ari Asyik, Brili Brilian, Arifah Ajaib, Intan Imut, dan lainnya... saya lupa, hehehe.Yang saya sangat ingat adalah Deka yang memperkenalkan dirinya sebagai Deka Dermawan. Tapi teman-teman nggak terima, akhirnya namanya diganti Deka Dungu 😜

wisma-rayap-jember
Yang pake baju ijo tuh, si Deka Dungu

Alhamdulillah, saya senang sekali karena dapat mengajak Pak Anwar selaku pembina baru Ujar untuk berdiskusi dengan para pengurus Ujar 2016. Sebelum mulai berdiskusi, beliau wajib memperkenalkan diri juga, perkenalannya juga ala Ujar. Jadilah, beliau memperkenalkan diri dengan nama Anwar Asooy 😂😂

Senang sekali kami bisa merasakan hangatnya diskusi dengan Pak Anwar. Berdiskusi tentang... hmm... apa ya... saya lupa 😅 Udah lama siiih, hahaha... Intinya berbicara tentang fakta sosial pendidikan yang ada di Jember.

Lalu, lanjut kami berdiskusi dengan mas Herman. Hmm... mas Herman nggak jelas ah ngomongnya, nggak punya materi nih. Masa' temen-temen disuruh nanya apa aja ke dia, tapi dianya nggak ngasih materi dulu. Deeuuuuuh

wisma-rayap-jember
Mas Herman datang dengan rambut gondrong di kepala, janggut, kumis dan di dalam hidungnya
ketua-ukm-unej
Penyerahan buletin Tanoker, bukan buku nikah

Kemudian, mas Yery juga ngasih materi, tentang apa yaa... hmm... kepemimpinan bukan sih? Lupa daaaah....
wisma-rayap-jember
Tuh tuuuh, lagaknya sok menggendut
Cuaca yang dingin, membuat otak rasanya beku juga, jadi kita butuh sesuatu yang disebut ice breaking. Sesi ini dipandu oleh Mas Zai yang punya ilmu banyak tentang per-icebreaking-an. Saya lupa nama gamenya apa. Intinya, nanti satu sama lain harus menebak benda apa yang berubah dari teman lain setelah diberi waktu untuk memperhatikan secara detail.
musyawarah-kerja-organisasi
Entahlah si Deka macak-macak seperti apa, kelihatan banget bahwa banyak yang dia ubah
musyawarah-kerja-organisasi

Saat itu, saya nggak bisa menebak apa yang beda dari Sarah setelah satu menit yang lalu tidak melihatnya. Ternyata yang ia lakukan adalah sederhana, yaitu melepas kaus kaki 😂

Setelah ice breaking, Mas Zai memberikan sedikit kisah dan cerita beserta motivasi ala-ala sesepuh. Kemudian beliau mengingatkan kita pada sebuah kegiatan yang bernama "Keaksaraan Fungsional". Intinya beliau menaruh harap kepada kami agar kegiatan itu diadakan lagi karena manfaat yang didapat cukup banyak.

musyawarah-kerja-ukm

musyawarah-kerja-ukm
Mas zai (berbaju bendera) sedang menunjukkan video kegiatan Keaksaraan Fungsional
Memori ini sudah berjalan setahun lamanya. Sebenarnya, ketika selesai acara musyawarah kerja, ingin rasanya saya menuliskan tentang kegiatan tersebut dan tetek bengeknya. Namun entah mungkin karena terlalu lelah dan khawatir terbawa baper, maka mimpi itu tak pernah terwujud. Dan baru terwujud saat ini, dengan sisa-sisa kenangan seadanya. Semoga dengan foto-foto beserta sedikit kepsyen, dapat menunjukkan bagaimana serunya kegiatan MASKER RUJAC setahun lalu.
musyawarah-kerja-ukm
Hawanya adem banget. Si Sarah dan si Dian berbagi selimut. Sedangkan si Brili dan si Rico sibuk mbaca daftar hutang 😂
musyawarah-kerja-ukm
Mas Yova, datang telat dan bangga, lalu langsung makan banyak
musyawarah-kerja-ukm
Saya selalu gagal fokus ketika lihat bajunya Wildan, yang bertuliskan "Aku nggak item kok, cuma kurang brightness aja"
Pada malam harinya, barulah ada penyampaian usulan program kerja yang disampaikan oleh masing-masing divisi. Namun yang sempat terdokumentasikan hanyalah divisi PR (Public Relation).

musyawarah-kerja-ukm
Yuni, Nanda, Deka, Brili.
Setelah selesai berkegiatan, saatnya kami tidur malam. Kami tidur seadanya. Dengan kasur yang cuma dua biji, maka kasur itu rela kami bagi-bagi sekitar belasan cewek-cewek dengan menganggap kasur itu adalah bantal sekaligus kasur dengan kaki mengatung (tidak beralaskan kasur). Kami nikmati sajaaa...

Pagi harinya, kami terbangun dengan badan yang segar bugar, mencium aroma kesejukan afdeling Rayap yang sungguh membuat kami tak ingin pulang segera. Tatanan bunga dan tanaman yang berwarna-warni, sungguh mampu memanjakan mata kami. Di kota jarang ada pepohonan dan tanaman yang seindah ini dan sesejuk ini.

musyawarah-kerja-organisasi
Lokasi yang sungguh hitsable dan ekspresi muka kami sedang tidak singkron
Telinga juga dimanjakan dengan suara air sungai yang mengalir tenang. Tanpa berpikir panjang, kami langsung segera turun ke sungai untuk menikmati dinginnya air sungai dan segarnya ia ketika kaki-kaki kecil kami tercelup di badan sungai.

air-terjun-rayap-jember
Masih dalam tahap icip-icip aliran sungai
air-terjun-rayap-jember
Sar, di madura nggak ada yang kayak gini? 😆
sungai-bedadung-jember
Cuma mereka yang berani nyuruh direkturnya untuk motoin mereka sambil gonta-ganti gaya tak berdosa
Ketika si cewek-cewek asyik foto-foto, maka yang cowok-cowok sedang berebut susu segar yang tak jauh dari tempat tinggal kami. Susunya enak loooh, diperas langsung dari sapinya. Susu sapi rembangan 👍

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa merangkum memori ini dalam sebuah tulisan, yang nulisnya sejak pagi tadi, tapi tersendat-sendat karena berbagai kegiatan, hingga akhirnya rampung di tengah malam begini.

Teman-teman pengurus Ujar 2016, yang telah bersedia berjuang bersama saya, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran kalian di rapat perdana ini. Saya tidak tahu lagi bagaimana caranya berterima kasih kepada kalian. Kalian sungguh luar biasa. Terima kasih telah menjadi bagian dari memori yang indah di kehidupan saya.

Terima kasih 🙏🙏
I love you all 😘😘

Wassalammualaikum wr wb

Related Posts

Posting Komentar