Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pilih Kontraktor Untuk Wujudkan Rumah Idaman

Assalammualaikum wr wb

Membangun atau membeli rumah idaman yang akan ditempati oleh keluarga merupakan hal yang perlu direncanakan dengan sangat baik. Membangun rumah idaman sama halnya dengan membangun impian, kita akan memerlukan bantuan orang yang tepat untuk bisa mewujudkan impian memiliki rumah idaman. Ketika membangun rumah, kita perlu menerjemahkan impian kita kepada seorang profesional agar rumah idaman sesuai dengan apa yang kita harapkan.

cara-pilih-kontraktor

Hingga saat ini telah banyak kontraktor yang tersebar di ibu kota untuk membangun rumah. Namun dari sekian banyaknya kontraktor, kamu harus memilih satu kontraktor yang tepat. Jangan sampai rumah idaman yang kamu inginkan tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Saya punya trik dan cara khusus untuk memilih dan menentukan kontraktor untuk membangun rumah idaman. Coba perhatikan beberapa trik cerdas berikut ini.

Cara Pilih Kontraktor


Dapatkan Informasi Kontraktor

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mencari sebanyak mungkin informasi mengenai kontraktor yang akan kamu pakai jasanya. Misalnya proyek yang pernah ditangani oleh mereka, review dari pelanggan – pelanggan yang pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut, semakin banyak tstimoni atau review dan ulasan dari pelanggan semakin besar peluangmu untuk menentukan pilihan. Kamu bisa mencari informasi melalui situs web yang dimiliki oleh kontraktor rumah atau langsung mendatangi proyek yang ditangani oleh kontraktor agar kamu bisa mendapatkan keterangan yang lebih jelas dan detail.

Pelajari Layanan Yang Ditawarkan

Peljari pelayanan yang diberikan oleh pihak kontraktor seperti misalnya apakah mereka mudah untuk dihubungi. Atau kamu bisa mempelajari pekerja lapangan yang dipekerjakan oleh kontraktor tersebut termasuk cara kontraktor saat memantau dan melakukan supervisi pekerja lapangan, sebaiknya jangan mempercayakan pembangunan rumah idaman pada pekerja yang bekerja dengan asal – asalan.

Cari Informasi Usulan RAB Atau Rencana Anggaran Dan Biaya

Hal yang paling sensitif yang bisa mempengaruhi kesepakatan yang akan kamu buat dengan kontraktor yang akan mewujudkan rumah idaman mu. Kamu berhak mendiskusikan biaya – biaya yang diperlukan pada saat membangun rumah. Kamu bisa melakukan perubahan anggaran bila anggaran tersebut tidak sesuai atau berlebihan.

Tentukan Deadline Pengerjaan

Perkirakan waktu terselesainya pekerjaan membangun rumah idaman. Pastikan juga bila sang kontraktor mampu memenuhinya, jangan sampai kamu memilik kontraktor yang bekerja lambat atau sibuk mengerjakan proyek pembangunan lain sehingga tidak fokus pada pengerjaan rumah yang kamu inginkan.

Minta Garansi

Garansi merupakan hal yang cukup penting ntuk kamu dapatkan. Tanyakan apakah kontraktor mampu memberikan garansi bila terjadi masalah ketika rumah idaman telah selesai dibangun. Masalah – masalah ini meliputi kebocoran atap, talang air yang tidak befungsi dengan baik, aliran listrik yang tidak bekerja dan lain sebagainya. Masalah – masalah ini sering ditemukan pada kontraktor professional sekalipun. Berdasarkan contoh kasus, bagian atap merupakan bagian yang paling sulit dijangkau pada saat pemeriksaan akhir. Mengapa demikian ? karena pemeriksaan kebocoran tidak mungkin dilakukan pada saat musim kemarau. Kerusakan atau kebocoran pada bagian atap rumah akan tampak dengan jelas ketika air hujan merembes di celah dinding yang retak atau bahkan plester semen yang tidak baik pada saat penyelesaian tahap akhir.

Jadi Pelanggan Yang Aktif

Menjadi seorang pelanggan atau konsumen tidak lantas membuat kamu malas dan hanya menerima hasil pada saat rumah idaman selesai dibangun.  Luangkan waktumu untuk mengawasi dan melihat kinerja kontraktor. Kamu bisa memeriksa perlengkapan dan bahan – bahan yang digunakan untuk membangun rumah idaman, khususnya ketika kamu menggunakan asa kontraktor yang memiliki sistem rombongan. Meskipun ada orang kepercayaan yang ditugaskan untuk mengawasi pekerjaan di lapangan, ada baiknya bila kamu juga turut ikut andil memperhatikan proses kerja yang dilakukan.

Buat SPK Atau Surat Perjanjian Kerja

Agar kamu tidak dicurangi, ada baiknya kamu melakukan pencegahan dengan membuat SKP. Jelaskan dengan rinci mulai dari jumlah jam kerja hingga harga yang disepakati dengan kontraktor dengan materai Rp. 6.000. Buat Surat ini menjadi dua rangkap yang dimiliki oleh masing – masing pihak yang terkait.

Perbanyak Informasi Dunia Kontruksi

 Tidak ada salahnya untuk menambah dan mempelajari informasi baru. Sebagai orang yang awam dalam dunia kontruksi banyak hal tidak kamu ketahui. Coba cari informasi melalui internet atau buku mengenai dunia pembangunan rumah dan artsitek. Penting bagi kamu untuk melakukan riset sendiri, sehingga saran yang diberikan oleh kontraktor rumah idaman tidak kamu terima begitu saja.

Bantu Kontraktor Dengan Sewa Jasa Arsitek

Bila kebetulan kamu memiliki budget yang memadai, tak ada salahnya untuk menyewa jasa arsitek professional. Hal ini akan membantu kamu mewujudkan rumah idaman yang tepat dan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Itulah beberapa informasi yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kontraktor yang tepat guna mewujudkan rumah idaman yang kamu inginkan. Semoga rumah idaman yang kamu inginkan segera terwujud dan terlaksana dengan cepat. Tapi kalau menginginkan rumah dengan cepat lebih baik lansung saja membeli rumah dijual Depok. Dengan begitu anda tidak dipusingkan lagi dengan proses pembangunan rumah rumah idaman anda.

Gimana? Sudah paham kan? Nah, sekarang kamu tinggal mempraktekkannya supaya kamu benar-benar dapat membangun rumah idamanmu...

Wassalammualaikum wr wb
 

Posting Komentar untuk "Cara Pilih Kontraktor Untuk Wujudkan Rumah Idaman"