Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mural-Mural Kece di Tanoker - Festival Egrang

Assalammualaikum wr wb

Saya sering banget terkagum-kagum dengan karya seni yang dibuat oleh teman-teman, baik yang dikenal maupun yang nggak dikenal. Bagi saya, mereka keren banget, bisa membuat karya seni yang saya nggak akan bisa membuatnya. Hahaha...
mural-egrang-tanoker
Saya bersama Siska di depan mural yang keren baaangeeet

Pada serangkaian acara Festival Egrang di Tanoker beberapa hari yang lalu, ada salah satu kegiatan yang saaaangat saya nantikan. Kegiatan itu adalah lomba mural. Bukaaaaan, bukan berarti saya akan mengikuti lomba mural, hahaha, saya mah nggak punya modal apa-apa buat ngemural. Melainkan saya sangat menanti-nantikan kehadiran mural-mural kece di sudut-sudut kecamatan Ledokombo.

Mural Egrang di Tanoker

Proses pengerjaan muralnya dilakukan selama beberapa hari, menjelang acara puncak Festival Egrang. Mural yang dibuat oleh peserta lomba, bertemakan egrang dan Bhinneka Tunggal Ika. Nah, muralnya itu akan terpampang nyata di sudut-sudut kecamatan Ledokombo. Ada yang di dinding pertokoan kosong, ada yang di musholla, ada yang di sekolah, pokoknya banyak deh. Juga, hasil muralnya lucu-lucu. Keren-keren. Aiiih, saya mana bisa bikin kayak gitu.

Ohya, ini ada video, dari Mas Alfan, koordinator lomba mural. Video ini merupakan sekumpulan foto-foto mural yang meramaikan sudut-sudut Ledokombo.


Ohya, mural ini kan dilombakan, sehingga tentulah ada peserta terbaik. 3 Peserta terbaik itu adalah....
mural-egrang-tanokermural-egrangmural-egrang
Gimana gimana? Keren-keren kan muralnya....

Yuk ah, ke Tanoker, nanti kita foto bareng di depan mural-murah kece ini.

Wassalammualaikum wr wb

22 komentar untuk "Mural-Mural Kece di Tanoker - Festival Egrang"

  1. Waaah kreatif banget! Btw ini juga sdh mulai punah di daerahku, kak. Lomba macam begini oke juga yaaaa

    BalasHapus
  2. Semoga ngga ada yang jahil terus nambahin tulisan di muralnya. keren nih buat latar belakang foto foto kece

    BalasHapus
  3. Duh suka deh sama karya-karyanya. Ini menandakan masih banyak talenta keren di Indonesia ya. Semoga lebih banyak yang kayak begini dibandingkan generasi-generasi micin yang nggak berfaedah....

    BalasHapus
  4. Wah bagus banget itu.. ku yang ga bisa gambar ini selalu ngerasa bagus aja terus hahaha
    Selalu kagum sama hasil karya orang-orang yang jago gambar gini. Apalagi kalo mural setahuku kan ga bisa dihapus ya kalo udah salah ngegambarnya. Jadi pasti diperluin tingkat konsentrasi yang tinggi juga. Salut banget deh..

    BalasHapus
  5. Mural ini peralatan membuatnya pake apa siih...Roos?
    Ku kok jadi penasaran...karena perpaduan warnanya ituu looh...bisa nge blend banget. Sama efek-efek gradasi nya yang bikin aku terkagum-kagum.

    Kalau soal imajinasi gambar, sepertinya ini perlu diasah yaa...
    Kalau sering gambar dan jalan...pasti ide gambarnya adaaa aja...

    Lucu-lucu dan kiyuutt...

    BalasHapus
  6. Mural yg juara 2 itu keren deh.. Pengen foto disitu. Aku tiap ketemu mural dmn pun gatel aja mau foto

    BalasHapus
  7. Keren banget mural2nya.
    Padahal zaman dulu kyknya kesannya mural tu negatif ya, corat coret di tembok, eh tapi itu vandalisme ding haha ^_^V
    Tapi saya seneng dengan lomba2 yg asah kreativitas kyk gini, meramaikan festival dan mengundang masyarakatnya berkreasi.
    TFS

    BalasHapus
  8. Menurutku yang nomor dua yang keren.
    Kalo yang nomor satu itu cuma terkesan kayak gambar kartun anak2.
    Tapi semua keputusan juri tidak bisa digangu gugat
    Hehehe

    BalasHapus
  9. Komenku kayaknya belum masuk ya :(
    Intinya tadi komen saya mengapresiasi lomba mural kyk gini soalnya bisa mengasah kreativitas masyarakat.

    BalasHapus
  10. Mural itu apa ya mba? Tapi hasil karya yg di lombakan bagus bagus banget ya kreatif semuanya pasti para juri bingung deh memilih siapa juaranya

    BalasHapus
  11. muralnya keren-keren mba... nomor 1 emang layak juara karena komposisi warna hijaunya gradasinya itu agak susah buatnya.. apalagi itu gambar pulau se Indonesia ya mba..
    nomor dua juga cakep mba komposisi warnanya jooss.. pengen juga lihat mural di jakarta, tapi kok sepertinya susah nemuinnya hehe

    BalasHapus
  12. Iya bagiku orang yang pinter gambar sama kaya penari, luwes banget! Aku aja mah ya kaku banget kalah sama anak SD. Hihi, aku maaaaauuuu foto sama mural yang kedua. Mau mauuuu :D

    BalasHapus
  13. Muralnya Indonesia banget. Kalau boleh pilih sih yg nmr 2 aja. Tp yg lain jg bagus2

    Di Jepara pernah ada lomba mural tp tema bebas. Jd gambarnya ya wajah2 gitu. Kalau buat foto bagusan yg bercerita, bkn hanya 1 wajah

    BalasHapus
  14. Wah keren mural-muraonya..
    Salutttt sama pembuatnya..
    Ini nih yang bkn bangga jadi orang Indonesia.. Kaya akan hal2 indahh

    BalasHapus
  15. Wah iya keren! Coba dijadikan perhatian khusus Pemda di sana, pasti bisa dijadikan objek wisata terkenal.

    BalasHapus
  16. Bagus2 semua, terutam mural yang juara. Event kaya gini positif banget , meski kalau ikut lomba ga menang. Tapi seenggaknya bisa untuk mengembangkan kreativitas dab produktivitas penduduk setempat.

    BalasHapus
  17. Baru tau ada festival egrang... Keren ini emang keliatan asli Indonesianya...

    Muralnya cakep 2.. bisa jadi background foto deh..kesempatan...je2

    BalasHapus
  18. No 2 Bagus yg egrang, lebih clean dan jelas.
    Ini rutin ya mba lombanya, di daerah ku blm ada lomba mural kayak gini

    BalasHapus
  19. Keren-keren hasilnya. Gambar dan perpaduan warnanya serasi ya...
    Wajar kalau mereka yang jadi pemenang nya.
    Ikutan lomba mural seperti itu, biaya peralatannya ditanggung panitia, atau peserta yang bawa masing-masing?

    BalasHapus
  20. Kece! Kece! Mural itu selalu bikin aku terpana dan terpesona. Kemarin baru saja foto-foto dengan background mural bareng beberapa teman blogger di Galeri Nasional.
    Btw, Tanoker itu di mana ya? Duuhh googling deh

    BalasHapus
  21. kren nih yang buat, ada pesan moral di dalam muralnya .

    BalasHapus