Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati, Ini Tanda Kurang Piknik yang Bisa Bikin Stres

Assalammualaikum wr wb

Akhir-akhir ini banyak banget berseliweran promo tiket-tiket murah, baik tiket kereta api maupun tiket pesawat dari maskapai penerbangan. Hal ini menunjukkan bahwa liburan bukan lagi masalah budget, ya kan? Namun sepertinya banyak orang yang nggak bisa pergi piknik untuk sekadar refreshing karena berbagai hal. Salah satu sebabnya adalah waktu yang terbatas. Sehingga banyak orang yang membatalkan niat liburan meski tiket murah sudah ada di depan mata.

Tak jarang, banyak orang yang stres karena piknik. Pun banyak celetukan-celetukan receh seperti "Kok kamu kalo ngomong jadi ngelantur sih? Kurang piknik?" atau "Sepertinya kamu butuh vitamin sea".

tanda-kurang-piknik-bikin-stres
Vitamin sea~~~ (Foto oleh Nana Warsita)

Hati-Hati, Ini Tanda Kurang Piknik yang Bisa Bikin Stres

Hati-hati, ternyata kurang piknik bisa membuat kita stres dan berakibat buruk pada kesehatan tubuh dan mental. Ada baiknya kita mengenal alarm tubuh kita bahwa kita sedang 'kurang piknik' sebelum semuanya terlambat seperti bom waktu yang bisa meledak sewaktu-waktu. Maka perlu banget kita memahami tanda-tanda kurang piknik supaya kita segera terbebas dari rasa stres yang membelenggu.

Berikut ini ada beberapa tanda-tanda kurang piknik, seperti yang dilansir oleh Psychology Today.

Bosan dan Kurang Motivasi

Hari-hari biasanya selalu semangat, namun belakangan ini mendadak gampang bosan dan kurang termotivasi untuk beraktivitas. Ini adalah salah satu tanda yang paling mudah dikenali jika kita memang butuh banget piknik. Piknik itu nggak harus jauh-jauh banget kok. Bisa ke taman kota, wisata di dalam kota maupun tempat-tempat yang bisa memanjakan mata walau sejenak.

Gampang Sakit

Efek dari tekanan pekerjaan dan stres yang bertumpuk, bisa membuat tubuh semakin menjadi ringkih. Penyakit pun mudah berdatangan. Apalagi cenderung cukup sulit mengembalikan kebugaran kalau rentan stres seperti ini. Maka kita sudah harus waspada jika merasa tubuh mulai gampang sakit, lalu segeralah minum multivitamin atau mengonsumsi buah-buahan. Atau cara paling mudah adalah segera piknik

Sulit Tidur

Beratnya beban pikiran yang terbawa kemana-mana, kerap kali membuat mata sulit terpejam dan otak sulit berhenti untuk berpikir. Jika ritme tidur berantakan dan mulai mengganggu aktivitas, maka segeralah pergi piknik. Bahkan mungkin kita perlu banget staycation di homestay yang nyaman dan asri, sehingga terbebas dari segala bentuk beban pikiran walau sejenak.

tanda-kurang-piknik-bikin-stres
Foto oleh Nana Warsita

Nggak Fokus

Gampang lupa, sering melakukan kesalahan saat bekerja, kurang fokus saat diajak berbicara atau mengerjakan suatu aktivitas, merupakan tanda-tanda bahwa alam bawah sadar kita sudah sangat lelah. Ibarat kata, mereka sudah melambaikan bendera putih, sebagai tanda menyerah untuk melakukan rutinitas sehari-hari. Istirahat dan piknik merupakan obat terbaik untuk mengembalikan stamina dan pikiran yang fokus, serta kekuatan berpikir seperti sedia kala.

Pelarian dari Stres yang Tidak Sehat

Jangan sampai kita melampiaskan rasa lelah dan penat kepada hal-hal negatif seperti minum minuman beralkohol sampai kelewat batas, atau bahkan sampai tidak sadarkan diri. Jangan sampai juga pelariannya dengan cara mengonsumsi narkoba. Waduh, tubuh sudah lelah, penat, nggak sehat, eee malah dirusak. Jangan sampailah terjadi seperti itu. Maka sebelum semuanya terlmbat, segera ambil cuti, beli tiket murah pesawat dan liburan sekarang juga. Lekas-lekas deh.

Sering Membesarkan Masalah

Ketika stres melanda, biasanya masalah yang kecil akan menjadi besar karena cenderung dibesar-besarkan. Bahkan secara nggak sadar, kita akan membahasnya selama berhari-hari. Hal ini jelas karena faktor tekanan batin dan pikiran yang tak kunjung dicarikan obatnya. Maka mulailah mengatur emosi, untuk tidak membesar-besarkan masalah. Lalu siapkan koper dan pergilah untuk piknik. Wuhuuuu

Urusan Pekerjaan Terbawa ke Rumah

Efek buruk dari tidak fokus selama bekerja adalah banyak melakukan kesalahan, lalu pekerjaan dari kantor dibawa ke rumah. Maunya sih untuk diselesaikan, tapi apa daya malah menjadi uring-uringan dan orang serumah malah kena imbasnya. Kalau begini bisa jadi rumah tangga yang semula adem ayem, malah jadi rame karena emosi yang tidak terkendali. Akan lebih baik apabila semua pekerjaan diselesaikan di kantor, lalu pulang ke rumah dengan perasaan lega sambil menyunggingkan senyum untuk menyapa keluarga di rumah.
---

tanda-kurang-piknik-bikin-stres
Foto oleh Rizky Vadilla

Liburan itu penting, bagian dari kebutuhan primer supaya badan tetap fit dan enerjik. Sebelum badan menjadi korban, maka lebih baik bersiap meluangkan waktu untuk liburan sehari maupun dua hari, tanpa dibebani dengan pekerjaan.

Ayok ayok piknik. Btw, besok kamu mau piknik ke mana?

Wassalammualaikum wr wb

8 komentar untuk "Hati-Hati, Ini Tanda Kurang Piknik yang Bisa Bikin Stres"

  1. Tanda Kurang Piknik yang saya rasakan adalah saya sering gagal fokus, tapi..... baca artikel dan liatin foto model yang diatas saya masih tetap bisa fokus 100 % loh.... :) sebab foto modelnya itu loh.... cuantikkk, :)

    BalasHapus
  2. Tanda kurang piknik yg aku rasakan...pelupa banget n gampang esmosi hihi
    Suka bengong juga, duh gawat, emang kayanya lgi butuh piknik sangat aku cha

    BalasHapus
  3. aku butuh piknik mba huhuhu bosan setelah melahirkan dirumah terus :p

    BalasHapus
  4. Kuyy lah Piknik biar Fresh

    BalasHapus
  5. Kalo aku,kak ... ngga pergi travelling saat di hari off kerja .. badanku bawaannya malah lemes.
    Penginnya travelling terus kemana2.
    Kecanduan travelling kali yaa .. hahaha

    BalasHapus
  6. Wogh.. Aku sering piknik tapi gampang sakit e... haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. May 3, 2018 at 12:40 PM

      Paling iku butuh belaian 😂😂

      Hapus
  7. Kalau saya sih nggak harus traveling, yang penting naik motor, entah kemana muter-muter nggak jelas gitu udah seneng, Hehehe..
    kalau abis gajian ya pengenya luar kota tapi kalau tanggal tua mah terserah..

    BalasHapus