Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merajut Kenangan di Buber Ujar 2018

Assalammualaikum wr wb

Saya tuh kangen sama teman-teman organisasi semasa kuliah: Unej Mengajar, atau yang sering disebut Ujar. Hari Minggu kemarin, teman-teman pengurus mengadakan Buber (buka puasa bareng) sekaligus Ketumbar (ketemu bareng). Yaaa teman-teman Ujar yang masih muda dan kinyis-kinyis, bisa ketemu para sesepuh yang masih tersisa di Jember, untuk sharing atau seru-seruan bareng.



Buber Ujar, dari Tahun ke Tahun

Buber Pertama Ujar

Ujar, baru mengadakan buber pada tahun 2016, setelah beralih kepemimpinan untuk yang keempat kalinya semenjak tahun 2013. Ya masa' sebuah organisasi atau komunitas yang mayoritasnya muslim enggak mengadakan buka puasa bersama? Maka saya mengajak teman-teman pengurus untuk mengadakan buka puasa bersama, yang di dalamnya ada acara sharing. Tujuannya, untuk mempertemukan dan memberi ruang mengobrol antara Sobat Pengajar baru dan Sobat Pengajar lama.

Nama bubernya: Ujar Ngarit. Itu singkatannya. Duh laaah 😅

Saat itu, teman-teman maunya buka puasa di Masjid Cheng Ho, sebuah masjid yang akhir-akhir itu sedang ngehits karena arsitekturnya ala-ala Chinese gitu. Juga, ada sisi Masjid Cheng Ho yang recommended untuk makan-makan, sambil ngobrol-ngobrol gitu.

Masjid Cheng Ho
Kebetulan ada kegiatan dari SCTV, terus kita mendadak disuruh jadi pesertanya
Maksa buat foto bareng presenter SCTV Mas David
Bersama peserta acara yang diadain SCtV: nama acaranya Program Bisa Ngaji Sebelum Lebaran
Saat buka puasa, dibentuk kelompok kecil, yang masing-masing ada sesepuhnya


Saya ini dimana? Kok nggak ikut foto?
Segenap teman-teman Ujar yang mengikuti buka puasa bersama tahun 2016

Buber Ujar 2017 di Toby's

Tahun 2017, pada masa kepemimpinannya Wildan, teman-teman pengurus Ujar mengadakan buber di sebuah resto fast food, lebih tepatnya di lantai 2 Toby's.

Saya mencari-cari Wildan, mana direkturnya kok nggak kelihatan? Lah ternyata, Wildan masih ada praktikum di kuliahnya. Yaelaaah, jam mepet-mepet buka puasa gini masih ada praktikum? Duh, kasihan banget 😅 Apalagi mukanya kucel mblegendes pula.

Bersama pasukan Ujar. Btw, Wildan yang pake jamper item dan berada di pusat foto
Ada satu hal lagi yang saya ingat, teman-teman waktu itu ngerasa aneh banget lihat saya yang pake baju gamis untuk pertama kali. Ngerasa pangliiiing banget. Mending kalau cuma ngerasa pangling, lahwong sampai dikejar-kejar buat difoto, lalu fotonya disandingkan sama Upin Ipin yang pake piyama bermotif sama dengan gamis saya. Duh laaaah.


Yang gemes dengan Kak Ros 😆

Buber Ujar 2017 di Jenggawah

Pada tahun yang sama, ada teman-teman komunitas yang pengen Buber juga bareng binaannya Ujar. Kala itu, teman-teman pengurus merekomendasikan di tempat belajar binaan Al-Amin Jenggawah, yang pernah kami bina sebelumnya selama 3 tahun.

Kalau tidak salah ingat, nama komunitas yang ingin buber bareng Ujar ini namanya Lentera, sebuah perkumpulan teman-teman kelas yang masih solid dan ingin berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yang membutuhkan. Komunitas Lentera inilah yang menyiapkan semua makanan buka puasa, beserta printilan hadiah-hadiahnya. Alhamdulillah.




 


Buber Ujar 2018 di RM Pangestu

Tahun 2018 ini, teman-teman pengurus mengadakan buka puasa di rumah makan lagi, yaitu lantai 2 RM Pangestu. Wihiiii, ruangannya didekor shay, mirip-mirip nuansa promnite gitu daaah. Alhamdulillah, semakin lama semakin prepare. Ya kalau enggak ada perubahan dari tahun ke tahun, lah buat apa ada kepengurusan baru?

Lukas, SP6, menyampaikan kesan pesannya selama di Ujar
Oce, yang kalo ngobrol itu lemot banget, tapi saat ngomong di depan bisa lancar banget
Sarah, yang merasa Ujar nggak cuma rapat dan kegiatan, melainkan ada nongki-nongkinya yang plus-plus
Mas Zai, Mas Farid, dan Mas Tegar, yang disegerakan untuk meminang para Nyonya-nya

Dibatalkan dulu puasanya, pake air mineral dan kurma
Sholat Magrib berjamaah, didahulukan sebelum makan berat

Makanannya siap
Dih laaah, candidnya kok gini banget 😂


Buber ini, juga menjadi ajang pertemuan saya dan teman-teman yang sudah lamaaa banget nggak ketemu. Saya kuuuangen banget sama mereka. Mau ketemu, lah kok susahnya minta ampun. Jadwalnya sama-sama padat.

Girl Squad Sesepuh Ujar

Adalah Oce, Dian, dan Sarah. Partner in crime semenjak menjadi bagian dari Unej Mengajar pada tahun 2014 silam. Kami adalah satu angkatan, yang berjuang bareng dan haha-hihi bareng semenjak kami sama-sama menjadi Sobat Pengajar angkatan 3 (2014), lalu tahun berikutnya sama-sama menjadi pengurus di bawah komandonya Mas Yery (2015), lalu tahun 2016 jadi pengurus lagi buat nemenin direkturnya yang kasihan kalau ditinggal sendirian 😂, kemudian pada tahun 2017 kami dilengserkan karena sudah purna tugaaaas. Yeeeeey 👏👏👏

Senang lah sudah jadi demisioner. Tinggal mantau-mantau aja dari jauh, sambil ngerjain skripsi (saat itu). Tapi ya gituuu, kami semua merasa... bahwa malam-malam kami menjadi hampa 😅. Iyaaa, biasanya kan kami dan teman-teman pengurus itu hampir tiap pekan pasti ada rapat, ya biasanya malam hari, sambil nongki tipis-tipis di kafe langganan yang murah meriah. Namun semenjak kami tak ada tanggungan untuk rapat, mendadak malam-malam kami menjadi hampa, hening, bingung mau ngapain, dan merasa nganggur berat 😅

Makanya, kalau lagi kangen dan sama-sama ada waktu luang, ya kami sempat-sempatin untuk ketemu. Ketemunya ya makan-makan, nongki-nongki, sambil foto-foto, sambil ngobrol-ngobrol Ujar masa lalu dan masa kini. Tentu saja, topik wajib yang harus diperbincangkan adalah update terbaru tentang love story kami masing-masing. Hahaha.


Btw, makasih ya teman-teman udah  nyempet-nyempetin datang saat Buber Ujar. Dian, yang datangnya mepet sekali dengan adzan magrib karena masih kerja kelompok. Oce, yang bela-belain datang padahal ada acara di dua tempat lainnya, lalu pulang duluan saat taraweh. Juga, Sarah yang mendadak ngacir untuk bolos dari koasnya demi ikutan Buber Ujar

Huhuuuu, kece dah kaliaaan 💕

Merajut Kenangan Melalui Mars Ujar

Saat makan-makan kemarin, beragam lagu diperdengarkan untuk menemani acara buka puasa. Lalu, tiba-tiba terdengar sebuah lagu yang khas Ujar banget, yaitu Mars Ujar.

🎵
Hai Sobat... marilah mengabdi... sepenuh jiwa... 
Berbagi ilmu... menebar kebermanfaatan...
Tunjukkan integritas... kobarkan semangatmu...

Jadi hebat... genggamlah asa...
Jadi hebat... genggamlah tekad...
Tunjukkan cita-cita yang telah kita bina....

Panjang dah lanjutannya. Silakan baca di sini: Mars Unej Mengajar

Saat buber kemarin, saya siiih merasa biasa saja dengan lagu tersebut, soalnya sering dengar ketika saya diundang untuk menghadiri acara-acara Ujar. Namun rupanya perasaan saya yang biasa saja, berbeda dengan yang dirasakan teman-teman, utamanya Oce, Dian dan Sarah.

Mata mereka langsung berbinar-binar tatkala Mars Ujar diperdengarkan. Refleks, mereka langsung ikutan nyanyi. Bersenandung sambil goyang-goyangkan badan ke kiri dan ke kanan. Sementara saya, asyik makaaan 💁

Mars Ujar ini... berkesan banget sih. Terutama buat para pihak yang berperan di baliknya. Nanda, yang kerepotan membuat lirik lagunya, beserta nada-nadanya. Untuk revisi liriknya... Nanda merevisi sendiri, dibantu oleh Arifah. Saya nggak bisa bantu, nggak ahli 😅

Prasasti, yang merupakan catatan ide penulisan Mars Ujar
Btw, kata Oce, pemilihan nada-nadanya dibantu oleh Mas Alfan, orang dari luar Ujar yang siap membantu Ujar dalam bentuk lain.

Untuk penentuan not-not nadanya, untung ada Brili yang langsung gercep menemukan not-not nadanya, meski katanya masih belum pas. Nggak papa laaah, yang penting ada nada yang pas dibuat genjrengan.

Setelah dapat lirik, nada, dan notnya, langsunglah mereka rekaman. Saya lupa siapa aja yang rekaman. Sepertinya dibantu Yahya untuk suara laki-lakinya, lalu untuk perempuannya adalah Nanda, yang dibantu dengan siapa ya... Saya lupa. Pokoknya bukan saya. Kalau saya yang ikut rekaman, palingan membantu di bagian  pam pam cuap... parapam cuap... 😆

Rencananya mau rekaman di studio, tapi muuuahal banget. Jadilah rekaman pakai hape saja, di ruang yang sepi nan mencekam. Hasil rekamannya masih kasar gitu, kan. Jadilah kami butuh jasa editing rekaman.

Di antara kami, enggak ada yang bisa sih. Namun, Sarah si anak kedokteran, mengajukan diri untuk mengedit rekaman tersebut pake software seadanya di internet. Duhai, sempet-sempetnya Sarah ngedit rekaman, padahal waktu itu dia mau ujian 😅

Seusai pelantikan SP5, langsung rilis Mars UJAR
Agenda selanjutnya adalah merilis Mars Ujar. Rencananya dirilis secara intern dulu. Perdana diperdengarkan saat acara Pelantikan Sobat Pengajar Angkatan ke-5. Rencananya sih, pemutaran perdananya itu cukup dinyanyikan oleh Nanda dan Oce secara syahdu, tanpa diikuti oleh peserta acara.


 Ealaaaah, si Oce di tengah-tengah pemutaran Mars Ujar, malah ngajak nyanyi para peserta. Duh Ceeee, kan masih dirilis duluuu. Lalu pemutaran mars yang kedua, barulah diajak nyanyi itu semua peserta 😂

Yaweslah, biarlah jadi kenangan yang seru. Hahahaha.

Para pengurus, bersama demisioner, dan stakeholder yang kece. Btw, saya kok keliatan kurus ya. Hahaha
Lain kali deh, saya ceritain tentang Pelatihan dan Pelantikan SP5 Ujar dari tahun ke tahun. Hohohooo
---

Saya nulis beginian, seru banget ya. Bisa ketawa-ketiwi mengingat masa lalu. Bisa merajut kenangan masa silam, yang belum sempat tercatat. Sengaja dicatat, biar nggak lupa. Sengaja dicatat juga, biar bisa dibaca anak cucu Ujar kelak. Wihiii.

Pasukan Buber Ujar garis keras dari tahun ke tahun
Ah, ditunggu lagi lah, buber Ujar 2019. Sepertinya tahun depan saya masih di sini, hohohooo

Btw, terima kasih sudah membaca yaaa...

Wassalammualaikum wr wb



6 komentar untuk "Merajut Kenangan di Buber Ujar 2018"

  1. Hmm.. Iku mah dikejar-kejar foto soalnya motif gamisnya.. Kayak seprai dijadiin gamis.. hehe

    Tapi emang berorganisasi selama kuliah itu menyenangkan ya..
    Seenggaknya ada kenangan yang harganya nggak ternilai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah, bahaya nih kalo Mas jalan sama aku yang lagi pake gamis. Dikiranya jalan sama seprai. hahaa

      Hapus
  2. Wah sugoi xD
    Buber itu selain ajang buka puasa bersama pasti juga akan terlontar cerita-cerita lama sambil kekenyangan nyemilin jajanan huehhehehe.

    Kagum sama kakak yang aktif organisasi xD

    BalasHapus
  3. Keren lah, bisa konsisten tiap tahun bukber bersama dengan agenda yang seru-seru gitu.

    Mudahan UJARnya tetep solid iya.

    BalasHapus