Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Negara yang Ingin Dikunjungi

Assalammualaikum wr wb

Dulu saat SD, saya mengenal negara-negara hanya soal namanya, mata uangnya, bekas jajahannya negara mana, dsb. Hanya berupa kata-kata, tanpa visualisasinya. Lalu, saya benar-benar tahu visualisasi negara-negara tersebut melalui televisi.

Travelezza, merupakan tayangan televisi yang menyajikan serba-serbi luar negeri. Dipandu oleh Lisa Namuri dan didukung dengan sinematografis yang keren banget, saya jadi tahu bahwa negeri-negeri itu indah. Indah dengan kekhasannya masing-masing 💕

Berbekal tayangan Travelezza, saya jadi pengen jalan-jalan ke luar negeri. Sebenarnya ada banyak sih negara yang ingin saya kunjungi. Tapi kalau disuruh memilih 4 saja, ya kemunginkan besar inilah 4 negara yang ingin saya kunjungi:


Turki
Uwaaa, besar harapan saya untuk berkunjung ke Turki. Tujuannya, pengen mengenal lebih dekat sejarah peradaban Islam pada masa kejayaan Turki Utsmani. Selain itu, saya juga pengen main-main ke Blue Mosque, salah satu ikon kota Turki. Keren ya, megah.

sumber gambar: elhasantour.com

Saya juga pengen mampir ke Selat Bosporus, yang memisahkan Turki di Asia dan Afrika. Pengen lah gitu, sore-sore main ke pinggir Selat Bosporus, duduk-duduk di sana, sambil minum Turkish tea, juga sambil nyemil roti khas Turki yang bentuknya bulan. Hmm, gimana? Idaman banget kan?



Finlandia
Saya pengeeen banget ke Finlandia. Bukan karena wisata alamnya atau pemandangannya yang indah, melainkan saya ingin belajar tentang sistem pendidikan di sana. Saat kuliah S1 dulu, saya mencari tahu negara mana yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Jawabannya: Finlandia.

Saya ingin tahu, bagaimana sistem pembelajarannya di kelas, baik dari sisi guru, murid, maupun orang tua. Anak-anak belajar di sekolah loh cuma sampai jam 1 siang, dengan keadaan bahwa jam istirahat lebih banyak daripada jam belajarnya.

sumber gambar: kompasiana.com/kalimana


Secara tidak langsung, saya merasakan bahwa sedikit demi sedikit sistem pembelajaran yang baik di Finlandia mulai diterapkan di Indonesia. Contohnya: tidak ada lagi sistem ranking, pembelajaran yang tematik, dan penerapan sistem zonasi. Ah, sebenarnya mau saya ceritakan banyak hal soal ini, tapi kayaknya butuh berlembar-lembar untuk menuliskan opini saya.

Intinya, saya ingin ke Finlandia. Menetap di sana selama beberapa tahun, lalu pulang ke Indonesia sambil membawa ilmu. Ilmu yang saya bawa, enggak harus menghasilkan sistem pendidikan yang kontroversial karena terdengar asing. Minimal, saya sudah bisa merasa bahagia dalam menyambut dan menyapa anak didik. Ah kira-kira seperti itulah.

Sumber gambar: travel.tribunnews.com


Selandia Baru
Saya suka dengan Selandia Baru atau New Zealand, setelah mengikuti snapgramnya Aulion. Waktu itu, dia dapat undangan itu jelajah salah satu universitas keren di Selandia Baru. Tentu saja, bonusnya adalah menjelajahi Selandia Baru dari ujung sampai ke ujung lainnya.

Sumber gambar: youtube.com

Saya terpukau dengan semua yang ada di sana. Pemandangannya, kebersihan kotanya, keteraturan warganya, dan lain sebagainya, membuat Selandia Baru menjadi jujukan yang aman untuk berwisata dan bertempat tinggal.

Sumber gambar: homeaway.com

Juga, saya pernah nonton tentang kisah umat muslim di Selandia Baru, yang hidup toleran berdampingan dengan umat non muslim lainnya. Waktu itu saya nonton dari tayangan Muslimtravelers. Wuah, tontonan saya ternyata kayak begini ya, pantas saja kepengen melulu berangkat ke luar negeri, hehe.

Jepang
Negara-negara yang penduduknya bermata sipit, sebenarnya tidak terlalu menarik minat saya. Bagi saya, mereka biasa-biasa saja, haha. Apalagi Oppa-Oppa Korea. Bagi saya mah: lewaaat.

Namun hal itu berubah, ketika Adek bilang bahwa dia pengen banget ke Jepang. Lebih tepatnya: kuliah di Jepang.

Adek, yang coba ikut tes EJU. Cuma coba-coba kok, hehe

Waw, memang ada apa di Jepang?

Saya tidak tahu banyak hal soal Jepang. Namun, yang terlintas dalam bayangan saya adalah menikmati musim semi sambil minum-minum teh di bawah pohon Sakura. Sepertinya lebih seru lagi kalau bisa ramah tamah dengan Shizuka, Nobita, dan Doraemon 😆

Sumber gambar: livejapan.com

Selain itu, saya juga pengen main ke salah satu sudut Jepang yang kental sekali dengan nuansa Islamnya. Yang ingin saya tahu, bukan tentang makanan halalnya, maupun tempat ibadahnya. Melainkan tentang kehidupan umat muslim di sana.

Saya pernah nonton di Muslimtravelers, bahwa ada seorang mualaf yang sudah paruh baya, rela menjemput saudara sesama muslim pada pagi buta. Alasannya: ingin sholat subuh berjamaah.

Eits, jangan kira menjemput saudara sesama muslim hanya di satu kampung saja. Melainkan lintas kampung atau daerah yang mengharuskannya mengendarai mobil.

Waw, sekeren itu mereka. Saya ingin belajar banyak hal dari mereka.

sumber gambar: bayubuana.travel.com
Maka, boleh kan bila saya ingin main-main ke luar negeri atas dasar mendalami Islam lebih jauh? Ya memang sih, belajar tentang Islam bisa di dekat-dekat rumah saja. Akan tetapi, bukankah belajar itu tak pandang tempat ya? Bahkan, kalau perlu: tuntulah ilmu sampai ke negeri Cina.

Jadi, saya berharap banyak, memiliki kesempatan untuk singgah sebentar ke luar negeri. 1-2 bulan pun cukup. Asalkan bisa eksplore sudut-sudut kotanya, juga menambah erat persaudaraan sesama muslim di sana.

Btw, baca juga tulisan sahabat saya, Damar Gumilar. Masih dengan tema dan judul yang sama: 4 Negara yang Ingin Dikunjungi

Kalaupun sampai akhir hayat tidak pernah kesampaian ke luar negeri, hmm enggak masalah kok.

Bertempat tinggal di tanah yang ijo royo-royo, sudah cukup membahagiakan kok. Bersyukur banget, dilahirkan dan dibesarkan di bumi pertiwi.

Kalau kamu, pengen ke negara apa?

Wassalammualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

26 komentar untuk "4 Negara yang Ingin Dikunjungi"

  1. Aku kepengen ke luar negeri, sama dengan komen di atas, ke mana aja mau deh pokoknya ke luar negeri. Hahaha.
    Tapi yang pertama tentu saja kepengen ke Makkah dan Madinah. Semoga bisa terwujud. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin
      Semoga disegerakan Mbak Deka...
      💕

      Hapus
  2. Pengennya yang dekat2 dulu..penasaran sama Brunei Darussalam...

    Kalo ke Malaysia n Singapura banyak temen yang sudah ulas...

    Tapi kok jarang ya baca soal Brunei.., atau aku yg gak update kali..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah, iya nih, aku juga pengen ke Brunei
      Brunei lebih eksklusif daripada Singapura Malaysia
      💕

      Hapus
  3. semua negera itu kepingin juga aku kunjungi, tapi sekarang pingin banget ke Jerman soalnya suami bertahun2 disana dan doakan suatu hari nanti bisa mengikuti jejaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooo
      Aamiin aamiin...
      Semoga jarak semakin didekatkan..
      💕

      Hapus
  4. Pengen banget bisa ke Jepang danTurki ajak anak-anak, ke urki bisa mengajarkan sejarah ISlam dan ke Jepang bsa mengajarkan nilai-nilai bagus di sana

    BalasHapus
  5. Sama aku juga pengen banget ke Turki, saking obsessednya aku sampe sempet punya pacar orang turki muehhe! dan smepet juga belajar bahsa Turki di Paramadina yang bekerjasama langsung dengan Kedutaan Turki jadi sertifikatnya langsung dicap dan tandatangani oleh kedubes Turki ehehe.

    Finlandia, waa aku takjub banget sama sistem pendidikan di sana, jadi pengen ngerasain belajar di sana.

    Jepang? hemeh alhamdulilah sepupuku tinggalnya di sana, aku selalu rusuhin buat beliin masker-masker sama printilan dari Jepang hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaaa sampe pernah punya pacar Turki segala, haha. Sangar nih Mbak Vira

      Iya tuh, kalau ada saudara di Jepang, boleh minta jastipnya, hehe
      💕

      Hapus
  6. 2 negara yang sama, Turki dan juga Jepang. Tergoda sama bangunan2 ikonic di sana. Ya kali aja ada rejeki yaa

    BalasHapus
  7. Saya jadi ingin berkunjung ke 4 negara itu,juga. Terutama Finlandia dan Turki.Banyak hal postif yang bisa kita tiru dan adaptasikan ya...

    BalasHapus
  8. Wah, ora enek Enggres.. haha
    Btw, yen nulis "China" nganggo "h" yo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggres mah senengane sameaaan

      Iyes, tengkyu editannya bos
      💕

      Hapus
  9. Semoga bener2 jd kenyataan bisa ke sana ya mbak. Kita usaha dan doa. InsyaAllah enggak ada yang enggak mungkin ya?
    Kalau saya sih malah kepengennya enggak sekadar berkunjung tapi stay agak lama di salah satu negara itu hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaa, aku sih juga pengen kalo stay lama di negara luar, hehe
      💕

      Hapus
  10. Aku tetep senang di Indonesia sih hehehe soalnya ada mataharinya sepanjang tahun hihihihihi. Kalau ditanya pengen kemana, akutu pengen keFinlandia soalnya terkenal aman dan bebas orupsi. pasti pada makmur semua. tapi negara makmur biasanya mahal untuk dikunjungi hehehe

    BalasHapus
  11. Wah. Dari ke-empat negara impian yang disebutkan, berkunjung ke Jepang dan Finlandia juga termasuk impianku,selain itu aku juga pengen ke Jerman sama Prancis. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohooo, semoga bisa lekas-lekas berkunjung ya Mbaak...
      💕

      Hapus
  12. Kalo saya australia, pengen ke sydney sama melbourne

    BalasHapus
  13. Wah jadi pengen juga ke negera2 yang ada di tulsian ini.
    Semoga kewujud ya, Teh. Aamiin.

    BalasHapus