Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Jujur Webtoon Noblesse

Assalammualaikum wr wb

Fiuh, hampir dua bulan lamanya terpendam hasrat untuk nulis review webtoon. Tak kunjung tereksekusi karena banyak drama. Namun Alhamdulillah, sekarang sudah terkumpul banyak amunisi untuk menulis review webtoon 😆

Webtoon pertama yang ingin saya review adalah Noblesse. Webtoon fenomenal, yang sudah tayang  sejak 3 tahun lalu di webtoon Indonesia. Authornya adalah komikus Korea, yaitu Jeho Sun dan Kwangsu Lee.

Sumber gambar: techno.id
Sekarang ini, Noblesse sudah menginjak episode ke-500. Huaaaa, sangar kaaaan.  500 episode itu menarik semua loh. Menegangkan, bikin deg-degan, dan tentu ada adegan yang menggemaskan.

Saya pribadi heran, bagaimana bisa komikusnya meramu serangkaian permasalahan untuk dijadikan sebuah cerita yang semuanya berkesinambungan. Bener deh, alur cerita di Noblesse ini rumit banget. Enggak bisa dipikir sekali duduk.

Bagaimana Ceritanya Webtoon Noblesse?

Webtoon ini bergenre fantasi, jadi lupakan jauh-jauh soal kelogisannya. Yang perlu dilogika hanyalah jalan ceritanya, dengan panduan yang sudah disusun oleh author.

Sejujurnya, ceritanya cukup rumit. Latar belakangnya adalah perpaduan 3 dunia yang dulunya hidup saling berkesinambungan, yaitu dunia manusia, para bangsawan, dan werewolf. Sayangnya, ada kesalahpahaman antara mereka, yang diakibatkan oleh keserakahan.

Bangsawan, merupakan perwujudan dari kebaikan yang harus menjaga 3 dunia untuk hidup seimbang dan harmonis. Werewolf, hidup berada di tengah-tengah manusia untuk membantu kehidupan manusia. Sementara, manusia diam-diam ingin menguasai dunia dengan menundukkan para bangsawan dan werewolf.

Kaum werewolf (sumber gambar: noblesse.wikia.com)
Makin runyam lagi ketika Werewolf ingin menguasai dunia dengan memanfaatkan teknologi manusia yang canggih-canggih. Saat itulah, bangsawan hadir, meluruskan semuanya. Cara meluruskannya bukan dengan berunding, melainkan bertarung.

Meskipun bangsawan adalah salah satu kaum terkuat, namun ada kalanya ia mengalami kekalahan. Lalu, yang paling mampu mengalahkan musuh adalah Rai, sang Noblesse. Ia selalu ditemani oleh pelayannya, Frankeisten, seorang manusia yang punya kekuatan sekelas bangsawan.



Kaum bangsawan dengan soul weaponnya (sumber gambar: wattpad.com)

 Siapa Tokoh Utama?

Rai 

Nama lengkapnya Cadis Etrama de Raizel. Orang-orang bilang, namanya keren. Berkharisma dan punya pesona yang luar biasa. Ia adalah sang Noblesse, yang harus tertidur selama 820 tahun lamanya untuk memulihkan diri setelah bertarung habis-habisan.

Sumber gambar: superwall.us

Rai, punya kekuatan yang luar biasa. Yaitu blood fields alias pengendalian darah, yang mampu diciptakannya tanpa menggunakan soul weapon (seperti bangsawan lainnya). Saat ia menggunakan kekuatannya, maka saat itu pula usianya berkurang. Ia tidak tahu kapan matinya, tapi ia rela berkorban untuk melindungi siapapun yang tak bersalah 💪

Yang unik dari Rai, meski ia punya kharisma sangat tinggi, ia tetaplah seseorang yang jadul. Banyak yang ia tidak ketahui dengan berkembangnya peradaban. Seperti halnya, tidak tahu cara keluar dari pintu, tidak tahu cara telepon, merasa kalah bertarung padahal lagi di warnet, dll. Tetapi ya begitu, Rai tidak menunjukkan ketidaktahuannya ke muka umum. Hanya Frankeisten yang tahu 😂


Frankenstein

Pelayan setia sang Noblesse. Ilmuwan hebat, yang menjadikan dirinya sendiri sebagai bahan eksperimennya. Berbeda dengan manusia serakah, orang-orang Union, dan kaum werewolf serakah, yang menjadikan kawannya yang lemah sebagai bahan eksperimen.

Sumber gambar: noblesse.wikia.com

Para pembaca webtoon, pasti menunggu saat-saat Frankenstein menjatuhkan mental lawan dengan kata-katanya yang mampu memojokkan lawan dan membuat lawan naik pitam. Bahkan, terkadang lebih seru lihat Frank yang bertarung, daripada Rai. Soalnya kalau Rai bertarung, kami enggak tega usia Rai berkuraaang 😭

Oh ya, kalau Frankeisten ditanya oleh musuh-musuhnya yang belum tahu, "Siapa kau?" Jawabnya adalah: "Kepala Sekolah SMA Ye Ran" 😂 Ya memang benar sih, dia adalah kepala sekolah SMA Ye Ran, yang sengaja ia dirikan, sambil menghabiskan waktu untuk menemukan tuannya: Rai. Siapa sangka, bahwa di SMA Ye Ran itulah Frank bertemu dengan tuannya.

Sumber gambar: noblesse.wikia.com


Shinwoo Han

Seorang siswa SMA Ye Ran, yang energik, ramai, periang, dan bisa bertarung untuk melindungi kawan-kawannya yang lemah. Shinwoo senang sekali saat pertama kali bertemu dengan Rai, dikiranya Rai terlambat masuk sekolah, padahal Rai baru hari itu mendadak masuk sekolah.

Shinwoo dan kawan-kawannya, sangat senang berteman dengan Rai. Ia yang mengajak Rai main ke warnet, mengenalkan mie ramen, dll, yang membuat Rai merasa hidupnya semakin berharga.

Ia dan kawan-kawannya, selalu mengunjungi Rai yang tinggal bersama Frankeisten. Shinwoo dan kawan-kawan tuh, enggak sungkan bikin rusuh rumah kepala sekolahnya. Seringkali membuat Frank naik pitam, tapi harus ditahan-tahan karena mereka adalah kawan dari tuannya 😅

Sumber gambar: noblesse.wikia.com


RK-4


Geng dadakan yang dibikin oleh Tao, seorang manusia yang berkhianat dari Union, lalu berbalik arah untuk membantu Rai dan Frank memperbaiki dunia. Tahukah kalian RK-4 ini artinya apa? Raizel Knight-4, alias pasukan pembela Raizel.

Yang diajak adalah kawan-kawan seperjuangannya, seperti Takio, Regis dan M-21. Eh sering nih, Tao ngajakin bangsawan untuk jadi tim RK-4. Mending kalau yang diajak cuma bangsawan sekelas Regis, lah yang diajak malah Lord nya. Ngajaknya pakai selebaran pula 😅

dari kiri ke kanan: M21, Regis, Raizel, Tao, Takio (Sumber gambar: aminoapps.com)


Yang Bikin Menarik? 

Jelas dong, sosok Rai dan Frankeisten. Meskipun konfliknya banyak bertarungnya, tapi hal-hal yang dilakukan oleh Rai dan Frankeisten selalu menarik perhatian. Rai dengan ketidaktahuannya yang serba polos, sementara Frankeisten dengan kehebatannya meramu kata-kata untuk menjatuhkan mental musuh.
 
Alur ceritanya juga menarik. Memang rumit sih, tapi ya menarik. Sampai 500 episode ini, kira-kira ada 3 konflik besar yang ceritanya berkesinambungan. Sulit loh bikin cerita di komik yang harus nyambung antara ini itu sampai akhir.

Banyak kejutan di ceritanya. Ya siapa yang menyangka bahwa Regis dan Seira, bangsawan pewaris tunggal tahta kepala keluarga, akan menjadi anak sekolahan dan bergaul bersama Shinwoo. Rai, sempat dikabarkan akan mati setelah bertarung habis-habisan, tetapi dipulihkan oleh saudara tirinya, yang merupakan Lord kaum bangsawan. Ah, banyak deh kejutannya.

Juga, akan ada cerita tentang sebab tidur panjangnya sang Noblesse. Apakah mereka benar-benar bertarung? Kalaupun bertarung, dengan siapa? Apa sebabnya? Akan ada kisahnya. Kisahnya manis banget.

Sumber gambar: nonasuci.blogspot.com

Yang Kurang Greget?

Hmm... gaya menggambarnya sih... Kotak-kotak atau simetrisnya terasa banget. Tapi ya itu gaya menggambarnya Kwangsu Lee siiih... Khas komik-komik jaman dulu, hehe. Enggak terlalu masalah buat saya.


Moral yang Didapat?

Kita bisa belajar dari Rai, tentang rela berkorban. Rela mengorbankan usianya untuk melawan musuh yang serakah. Kita bisa belajar dari Frankenstein, tentang cara bicara yang mampu menjatuhkan mental lawan. Yang ini pernah saya terapin, ampuh 😂

Kita juga bisa belajar dari Shinwoo Han, yang setia kawan dan ramah dengan siapa saja. Tangan baja dan mental petarungnya, hanya digunakan untuk melindungi kawan-kawannya.  

Moral inti yang saya dapatkan dari webtoon Noblesse ini adalah jangan serakah. Digambarkan dengan musuh utamanya yang ingin menaklukkan dunia.

Sumber gambar: noblesse.wikia.com



Recommended kah?

Recommended banget dooong. Tapi ya gituuu, harus baca dari awal. Kalau baca dari awal, yang sabar ya, soalnya pada episode-episode awal belum ada banyak hal yang kita tahu. Jadi membacanya pelan saja, dinikmati satu persatu.

Toh, kalau episodenya habis, bisa langsung next ke episode selanjutnya. Tenang sajaaa, episodenya sampai 500. Rasa penasaran akan terbayarkan bila bisa memahami konflik yang terjadi, soalnya konfliknya ruuumit banget.

Sumber gambar: twitter.com

Yang bikin saya penasaran dari Noblesse adalah bagaimana akhir ceritanya? Akankah tamatnya webtoon Noblesse ditutup oleh kematian Rai, ataukah diceritakan bahwa dunia kembali damai dan Rai bisa bersekolah lagi bersama teman-temannya, atau bagaimana?

Saya juga penasaran, bagaimana cara musuh utamanya mati. Musuh utama ini adalah manusia serakah, yang ingin menguasai dunia dan segala isinya, lalu mengganti manusia-manusia biasa dengan manusia modifikasi. Sosok musuh utama ini sudah ada sejak episode awal-awal. Mampu bertahan sampai episode 500, yang sampai saat ini belum mati juga 😏

Uwaaa, ternyata review saya banyak spoilernya ya. Kayaknya ini bukan review deh, tapi spoiler. Reviewnya sedikit, spoilernya banyak. Yoweslah, biar dah. Hahaha.

Wassalammualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

3 komentar untuk "Review Jujur Webtoon Noblesse "

  1. Owalah, ngeneki to Webtoon i..
    Semacam manga ngunu..

    BalasHapus
  2. Heeemm...serial film kartun ya....Webtoon Noblesse, emang kaya apa sih adeganya penasaran juga sih...

    BalasHapus
  3. review yang enak dibaca.
    thank you for sharing

    BalasHapus