Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belanja Kebaya Modern di BukaLapak


Assalamualaikum wr wb

Sore itu, saya menghampiri Ibu yang sedang leyeh-leyeh di kamar setelah seharian bekerja. Rupanya, Ibu sedang asyik dengan hapenya: nonton Youtube. Saking asyiknya, kedatangan saya yang langsung mensejajari Ibu untuk tiduran di sebelahnya, tak dihiraukan 😏

Saya sudah ndussel-ndussel ke Ibu, tapi tetap saja dicuekin. Biasanya kalau saya caper (cari perhatian) ke Ibu, Ibu langsung membagi tontonannya ke saya, supaya saya ikut menontonnya dan berhenti ndussel-ndussel. Namun kali ini beda. Ibu tak bergeming.

foto-bareng-ibu-saat-dewasa
Ibu sayang 💕
Memangnya Ibu nonton apa ya? Kok anaknya sampai dicuekin begini? gumam saya saat tiduran membelakangi Ibu 😑

Sedetik kemudian, saya berbalik badan dan langsung protes. “Ibu nonton opo seh? Kok cek seriuse?” (Ibu nonton apa sih? Kok serius banget?)

Ibu hanya menggeser hapenya untuk didekatkan ke arah saya supaya saya ikut menonton apa yang Ibu tonton. Ibu melakukannya tanpa mengeluarkan sepatah kata apapun. Iya, terkadang Ibu semenyebalkan ini namun saya tetap chynta 💕

Saya coba simak video di Youtube yang sedang ditonton Ibu. Saya memperhatikan dengan seksama. Saya kira Ibu nonton video dangdut atau drama reality show seperti biasanya. Ealah, ternyata Ibu nonton video model-model baju kebaya.

Eh, kok tumben? 😅

Menyiapkan Kebaya Wisuda

Mendadak dahi saya mengeryit. Penuh tanda tanya di atas kepala. Ada gerangan apa Ibu nonton video kebaya?

Langsung saja saya tanyakan, “Ibu ono opo kok nonton video-video kebaya?” (Ibu ada apa kok nonton video-video kebaya?)

Kate nggolek kebaya” (Mau cari kebaya). Plis lah Bu, bukan itu jawaban yang diharapkan anak cantiknya ini.

Maksute, Ibu nggolek model kebaya gae acara opo?”  (Maksudnya, Ibu cari model kebaya untuk acara apa?)

Gae wisudane Rosa” (Untuk wisudanya Rosa)

Hah? Untuk wisuda saya? Bukannya wisudanya masih lama ya? 😲

Tesis saja masih belum tersentuh. Rencana mau ngerjain tesis ya bulan Januari ini. Perkiraan wisudanya akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020. Hmm, masih lama bukan, sih? Ya terhitung cepat sih bagi saya sang pejuang tesis. Namun ya terbilang cukup lama bila hanya untuk mempersiapkan kebaya wisuda 💁

Wisuda, Momen Spesial Keluarga

Ya memang sih, kalau dipikir-pikir lebih dalam… bagi Ibu, momen wisuda adalah salah satu momen terpenting dalam hidup. Beliau yang tak pernah mampir ke kampus untuk sekadar tengok atau sambang anaknya di perantauan, menjadikan wisuda sebagai momen spesial yang harus dihadiri dan tak boleh terlewatkan 😇

Wisuda merupakan momen orang tua untuk menjemput pulang anaknya, kemudian dilepaskan kembali untuk mengabdi kepada masyarakat. Lalu, kapan orang tua merasa memiliki anaknya?
foto-wisuda-bareng-ortu
Bersama Ayah dan Ibu saat wisuda S1
Orang tua manapun… dan mahasiswa manapun, pasti sangat menanti-nantikan momen spesial ini. Bisa jadi, dengan wisudalah kita bisa berfoto bersama orang tua. Sengaja foto di studio yang digelar di sebelah gedung wisuda, lalu dicetak di tempat, kemudian dibingkai sekalian. Saat pulang ke rumah, foto tersebut sudah terpajang manis di dinding ruang tamu. Isn’t true? 💁

Berpenampilan Spesial Saat Wisuda

 Memang jauh berbeda ya, antara laki-laki dan perempuan dalam menyiapkan penampilan wisudanya. Kalau laki-laki, biasanya pakai celana kain, kemeja polos yang baru, lalu mengenakan setelan jas. Dandanannya biasanya hanya potong rambut untuk dirapikan sedikit, lalu diberi gel supaya terlihat segar 😎

Sementara perempuan… yang disiapkan mulai dari hijab, pernak-perniknya hijab, make up, setelan kebaya, hingga pemilihan high heel atau wedges. Bisa jadi, persiapannya enggak cukup satu bulan.

foto-wisuda-bareng-teman-cewek
 Betapa beragamnya kebutuhan penampilan wanita untuk tampil spesial di momen wisuda
…dan Ibu memahami itu semua. Makanya Ibu sudah riweuh menyiapkan kebaya untuk saya, satu tahun sebelumnya. Okey fix. Ibu ncen jempolan (Ibu memang terbaik) 👍

Ibu nonton video model-model kebaya di Youtube itu, sebagai referensi model kebaya modern yang bisa saya dan Ibu kenakan. Iya, ternyata Ibu tidak mencari kebaya untuk saya seorang, melainkan untuk Ibu juga. Okey fix. Ibu memang ada kepentingan pribadi 😂

Cari Kebaya Modern di Bukalapak

 Jujur, hampir dua minggu lamanya Ibu menonton video di Youtube dengan niche yang sama: kebaya. Entah kebaya untuk wisuda, untuk kondangan, bahkan untuk lamaran, ya tetap Ibu tonton. Ada beberapa yang Ibu suka. Tapi ya begitu, sekadar suka. Enggak ada eksekusi. Kan eman-eman ya 😅

Eh gimana kalau cari kebayanya langsung di aplikasi BukaLapak saja? Kan enak tuh, bisa tahu model kebaya terbaru, dan juga bisa tahu harganya langsung. Kalau cocok, langsung beli.

Coba tawarin ah ke Ibu 💃

ngobrol-sama-ibu
Arti: Ibu kapan belinya kalau cuma lihat-lihat saja di Youtube? Setelah ini saya kenalin BukaLapak supaya langsung beli kebayanya
Saya langsung ngeluarin hape dari kantong, lalu mencari aplikasi berwarna merah yang ada simbol BL-nya. Kemudian searching kebaya modern di kategori fashion atau bisa langsung di kolom pencarian BukaLapak. Setelah tampil gambar-gambar kebaya cantiknya, langsung saya sodorkan ke Ibu 💁

Njajal ndelok ndek kene Bu. Ndek BukaLapak. Akeh kebaya sing didol ndek kene. Awakdewe kari milih. Onok regane pisan. Nek onok sing cocok, yo langsung dituku”. (Coba lihat di sini Bu. Di BukaLapak. Banyak kebaya yang dijual di sini. Kita tinggal pilih. Ada harganya juga. Kalau ada yang cocok, ya langsung dibeli).

Ibu tertarik dengan apa yang saya tawarkan. Sepertinya, teknik promosi yang saya jalankan cukup berhasil, hehe. Tapi memang, sesuatu yang saya promosikan sudah worthed. Jadi ya wajar saja bila Ibu langsung meletakkan hapenya kemudian mengambil alih hape saya 😆

BukaLapak mengalihkan dunianya 💃

ngobrol-sama-ibu
Arti: Nah kan Ibu ketagihan. Lihat BukaLapak enggak selesai-selesai. Lalu saya ikut-ikutan ketagihan

Belanja Kebaya Modern di Bukalapak

Memang pada dasarnya kami enggak terlalu terburu-buru untuk mencari kebaya, jadi ya santai-santai saja dalam mencari kebaya untuk wisuda. Jadi selama ini, saya dan Ibu milih-milih doang. Kalau ada yang dirasa cocok, ditandai dulu dengan cara ngasih love 💓. Dikumpulin dulu yang cocok, kemudian disortir, lalu dipilah hingga menemukan kata sepakat.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, bahwa Ibu cari kebaya bukan untuk saya saja, melainkan untuk dirinya juga, sekalian sama Ayah. Rencananya, saat saya wisuda, Ibu dan Ayah pakai baju couple. Seperti gambar berikut ini. Hohooo, gimana? Keren kan?

kebaya-di-bukalapak

Banyak kebaya yang kami masukkan ke daftar 'barang favorit'. Sengaja dimasukkan ke sana, supaya mudah untuk mencari kebaya yang ditaksir. Kira-kira ada sepuluh kebaya yang masuk daftar 'barang favorit'. Tapi ya begitu, entah kapan dibeli. Nunggu hati mantap 💪

Kira-kira seminggu kemudian, kami baru menjatuhkan pilihan. Saya dan Ibu sepakat untuk memilih kain songket khas Lombok untuk saya kenakan saat wisuda.

Eh eh jangan kaget 😆

Iya… Memang beginilah perempuan. Berhari-hari cari kebaya, eh yang dibeli malah kain songket. Tapi tetap dong, tujuannya kan saya beli untuk dikenakan saat wisuda. Jadi, jatohnya ya saya beli kebaya, meski beli bawahannya dulu. Ya gimana ya, lahwong saya sudah sreg banget sama kain songket ini. 

kebaya-di-bukalapak

Sudah sejak lama saya ngidam kain songket khas Lombok. Sebenarnya ada banyak pilihan corak dan warna. Namun saya pilih corak ini karena unik. Tampak ada benang emasnya juga. Saya pilih yang ada banyak corak warna di dalamnya. Supaya aman warnanya dan cocok-cocok saja bila dipadupadankan dengan atasan warna apapun (tentunya yang senada) 💃

Kain songket ini bisa dibeli dengan harga 175ribu rupiah saja. Ongkirnya cuma 27ribu. Terus, cari voucher biar dapat promo ongkir dong. Akhirnya dapat voucher dan ongkirnya terpotong 15ribu. Wuaw, lumayan banget. Jadi totalnya enggak sampai 200ribu loh. Waktu tunggu untuk kain songket tersebut tiba di rumah hanyalah seminggu.

…dan… taraaa… inilah kain songket yang saya pilih untuk dikenakan saat wisuda nanti 💃

kebaya-di-bukalapak

Gimana? Kain songketnya cantik kan?

Iyalah, orangnya aja cantik, apalagi kain songketnya 💃

Cari Inspirasi di Bukalapak

 Memang dasarnya perempuan itu suka yang indah-indah ya. Kalau ada barang cantik sedikit, langsung diembat (selama punya duit). Seperti halnya saat saya dan Ibu yang pergi ke toko kain untuk beli sarungnya Adek, eh njilalah malah dapat kain untuk kebaya wisuda saya 😆

Ya kebetulan ada warna yang cocok, yaitu kain emas. Cocok kan sama kain songketnya? Makanya, kami langsung beli saat itu juga 😆

kebaya-di-bukalapak

Terus… pas pulang, saya dan Ibu galau kain tersebut mau dibentuk model seperti apa. Pengennya yang pas dan cocok di badan saya. Maunya model kebaya yang modern. Tapi ya susah sih kalau cari inspirasinya dipikir sendiri 😅

Eh gimana kalau cari inspirasinya di BukaLapak saja? Mengingat bahwa sebelumnya kami memang sudah pilih-pilih model kebaya.

Setelah melalui proses penyortiran yang menguras tenaga dan pikiran, kini tinggal 4 model kebaya modern yang siap diperjuangkan. Kemudian, Ibu menggugurkan 2 model kebaya di antara 4 itu karena katanya model tersebut akan membuat saya tampak lebih berisi. Wuah serba salah ya jadi orang semok 😆

Nah, tinggal dua model berikut ini yang lolos seleksi untuk dijadikan inspirator calon kebaya saya nanti. Coba simak baik-baik. Lebih bagus yang mana buat saya?

kebaya-di-bukalapak

Pilihan A, model floy. Boleh dibilang, model ini adalah bentuk kekiniannya dari model kebaya kutu baru (jenis kebaya yang dipakai mbah-mbah itu loh). Yang model floy ini kekinian kok, apalagi kalau ditambahkan bros di pangkalnya. Makin keren deh. Model ini kekinian banget 😎

Pilihan B, enggak tahu nama modelnya. Yang jelas, kebaya yang ada talinya sedang hits akhir-akhir ini. Biasanya kan talinya di bagian depan atau bagian belakang. Sementara yang ini talinya di bagian samping. Sehingga ada bentuk segitiga di bagian depan yang membuat bajunya terkesan ada motifnya. Model ini juga kekinian banget 😎

Terus saya bingung mau pilih yang mana. Kamu, bisa bantu saya untuk memilih model kebaya modern? Satu pilihanmu sangat berarti bagi keberlangsungan hidup saya saat wisuda nanti 😃


kebaya-di-bukalapak

Sejauh ini, saya puas berbelanja di BukaLapak. Kepuasan yang saya rasakan, enggak bisa saya simpan sendiri. Harus saya bagi kepada teman-teman semua. Supaya tahu rasanya enaknya belanja di BukaLapak. Untuk itu, saya akan berbagi tips spesial untuk memilih kebaya modern di BukaLapak dengan harga yang miring dan tentunya berkualitas. Simak baik-baik ya 😃

cara-belanja-di-bukalapak



Tetapkan Tujuan Pembelian


Orang membeli kebaya, umumnya untuk 3 tujuan: kondangan, wisuda dan lamaran. Biasanya model dan jenis kebaya untuk acara wisuda dan lamaran lebih spesial. Biasanya pake brokat atau kain yang tebal dan mengkilap. Sementara kalau kondangan, bajunya lebih enteng dan lebih sederhana. Sesuaikan saja dengan tujuan kita saat membeli kebaya 👀

Rencanakan pembelian sesuai budget

Saat kita mulai mencari kebaya yang diinginkan, maka akan tampil beragam macam kebaya dengan harga yang bervariasi. Supaya tidak kalap saat berbelanja, coba atur filternya. Mungkin bisa atur filter dari harga terendah ke tertinggi, atau dengan mengatur rentang harganya. Hal ini sangat ampuh untuk menekan keuangan, hehe. Btw, bisa juga loh mengatur filter untuk gratis ongkir 💸

Cek Deskripsi Barang

Saat memilih kebaya yang dirasa cocok, coba cek dulu deskripsi barangnya. Bahannya apa. Ukurannya apa. Panjang dan lebarnya berapa. Biasanya pelapak memberikan info deskripsi barang secara detail. Soalnya mereka juga harus taat aturan kepada BukaLapak dan harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada kita 📓

Cek testimoni pelanggan

Kalau deskripsi barang sudah dirasa cocok, kini saatnya beralih ke testimoni pelanggan. Cek dulu testimoninya. Kalau testimoninya kurang bagus, coba baca lagi lebih detail. Apakah ni adalah kesalahan pelapak, ekspedisinya atau pembelinya sendiri? Kalau memang kurang oke, mending skip saja, coba cari di pelapak lain. Testimoni yang baik menandakan bahwa pelapak akan melayani kita dengan baik pula 👪

Masukkan ke “barang favorit”

Biasanya akan ada banyak item fashion yang ingin kita beli. Pilih aja dulu. Klik love 💓, otomatis barang akan masuk ke list ‘barang favorit’. Setelah pencarian selesai, mari kita cek ke daftar barang favorit untuk dilakukan penyortiran. Pilih kebaya yang terbaik dan cocok untuk kita. Kalau perlu, tanya ke pasangan atau sahabat untuk voting mengenai kebaya pilihan kita. Pokoknya kita harus dapat kebaya yang terbaik 🛒

Cari dan masukkan kode voucher

Kalau sudah oke, langsung saja masukkan ke keranjang belanja. Eits, alangkah baiknya kalau kita mencari voucher promo dulu. Coba cari voucher promo di list ‘gratis ongkir’ dan ‘special promo’. Yang jelas, ada voucher cashback sampai 30% untuk pembelanjaan pertama. Ketika belanja di BukaLapak, saya harus memanfaatkan voucher promo sebaik-baiknya. Ayok blonjo yoook 💃


Memilih Kebaya Lagi di Bukalapak

 Seminggu yang lalu, saya mendapati Ibu sedang asyik dengan hapenya. Saya mendatangi Ibu, penasaran dengan apa yang membuat Ibu keasyikan dengan hapenya. Saya kira Ibu nonton Youtube, eh ternyata lagi mantengin BukaLapak. Sepertinya Ibu sedang cuci mata. Lagi pengen lihat-lihat model kebaya 👀

Tiba-tiba Ibu berseru, “Iki koyoke gae Rosa cocok deh” (Ini sepertinya buat Rosa cocok deh)

Loh, bukanne aku wes mari ditukokno yo?” (Loh, bukannya saya sudah dibelikan ya?)

Iyooo, kan iku gae wisudae Rosa” (Iyaaaa, kan itu buat wisudanya Rosa)

Terus, kate tuku gae opo maneh” (Lalu, mau beli buat apa lagi?) 😲

Gae wisudae Ayah” (Buat wisudanya Ayah)

Lah kan wes tuku gamis couple ngunu, sing ambek Ibu” (Lah, kan sudah beli gamis couple gitu, yang sama Ibu) 😶

Hmm… endak. Ibu pengen gae kebaya ae” (Hmm… enggak. Ibu pengen pake kebaya saja”

Lailah…. Itu gamis couple masih tersimpan rapi di lemari. Belom dibuka plastiknya. Njilalah, malah enggak jadi dipakai saat wisudanya Ayah gara-gara Ibu pengen kami pake couple kebaya. Saya cuma bisa tepok jidat 😅

Terserah Ibu suri dah. Hahaha 😂

wisuda-bareng-teman
Momen wisuda yang dinanti
Itulah persiapan saya dalam menyambut momen wisuda yang teramat spesial. Saya sudah menyiapkan kebaya jauh-jauh hari. Dan saya juga sudah menyiapkan gandengan alias cem-ceman untuk wisuda nanti 💃

Lalu, kamu? Sudah menyiapkan gandengan kah untuk wisuda nanti? Hehehe.

Wassalamualaikum wr wb 💕

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

27 komentar untuk "Belanja Kebaya Modern di BukaLapak"

  1. Saya wisuda juga pakai kain songket. Cantik kainnya dipakai.

    BalasHapus
  2. Wah Kak Ross mirip sekali dengan Mamanya :)

    BalasHapus
  3. beli online sekarang jadi praktis.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, Kak Ros sudah wisuda. Fotonya juga cantik2 banget. Berkat kebaya modern kayaknya ya. Hehe.

    BalasHapus
  5. Iya ya, moment wisuda memang spesial, jadi harus sedia kostum yang kece, kalo ada cara yang lebih mudah dapetin kostum yang kita mau ya kenapa enggak. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes
      bisa pilih-pilih kebaa sambil tiduran, hahaha
      💕💕

      Hapus
  6. Kebaya sekarang modelnya bagus-bagus dan kebanyakan berwarna cerah. Aku udah lama gak pakai kebaya jadi ingin beli juga. Mau deh ceki-ceki di Bukalapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobak deh beli
      bisa buat kondangan juga
      💕💕

      Hapus
  7. Baru kemarin ku intip di IG foto wisuda Rhos dan ngebatin: duhhhh Rhos anggun banget sih, syantikkkkk. You look gorgeous!
    Terus aku jadi ingin nginget-nginget waktu wisuda aku pakai kebaya apa ya? Kayanya aku pakai salah satu kebaya rangkaian nikahan aku deh. Kayanya sih, ga inget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah tengkyu-tengkyu teh

      Ah, kapan-kapan diceritain dooong
      💕💕

      Hapus
  8. Enak banget kalo uda ada yang jual kebaya wisuda online. Soalnya bisa langsung tau harganya. Biasanya kalo jahit sendiri alamak, udah suka ngaret penjahitnya, mahal Pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harganya juga lebih murah kalo beli langsung
      💕💕

      Hapus
  9. Wah pas banget Eny sebentar lagi mau wisuda, coba cari ah siapa tau ada model yang cocok dan cantik 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, cobak cari Enyy
      nanti kabarin yaak
      💕💕

      Hapus
  10. Bingung akutu...
    Jaman sekrang nyebutnya cem-ceman yaak..?

    Jamanku, cem-ceman mah...minyak rambut.
    huauahaha~

    Dan Ibuuu...kompak banget sama kamu Rhoos.
    Saluutt...

    Hayuuk, beli kebaya couple lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa
      aku sukak kalo bisa kompakan sama Ibuuuuuu
      Lucu aja gitu

      eh tapi kadang Ibu yang gak mau couplean sama aku
      huuuhuuuu
      💕💕

      Hapus
  11. Wow lengkap ya di Bukalapak mulai kebaya smapai kain tenun tradisional gtu. Jd kepikiran buat beli kebaya juga buat dresscode kalau pas ke kondangan :D
    Mirip banget Kak Ros sama ibunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, aku mau beli lagi. kebaya buat kondangan

      ya kan, aku anaknya Ibu
      💕💕

      Hapus
  12. Kangen pakai kebaya jadinya ,udh lama gak ke acara pakai kebaya ,terakhir pas jdi bridesmaid pakai kutubaru .

    BalasHapus
  13. Aduh ini gimana ga bikin ngiler, model-model kebayanya lucu-lucu pisan. Apalagi widya cuma punya 1 kebaya aja wkwkwkw jadi pengen beli kebaya juga soalnya udah mulai banyak temen yang nikahan. Ke kondangan juga harus stylish dan totalitas, iya kan mbak? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin bikin ngiler kalo tiap malam ngeliatin bukalapak --> Ibu nih
      hahah

      iya, kudu cantik pas ke kondangan
      💕💕

      Hapus
  14. Aduh ini gimana ga bikin ngiler, model-model kebayanya lucu-lucu pisan. Apalagi widya cuma punya 1 kebaya aja wkwkwkw jadi pengen beli kebaya juga soalnya udah mulai banyak temen yang nikahan. Ke kondangan juga harus stylish dan totalitas, iya kan mbak? hehehehe

    BalasHapus