Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lancar Saat Presentasi

Assalamualaikum wr wb

Saya menyadari bahwa perkuliahan saat ini didominasi oleh presentasi. Tugas yang kita kerjakan, dipresentasikan. Hasil praktikum yang dikerjakan, dipresentasikan juga. Bahkan seringkali ujian berupa UTS ataupun UAS, juga dipresentasikan.

Hal ini menunjukkan bahwa presentasi memang metode yang kerapkali ampuh digunakan dosen/guru untuk mengetahui kemampuan siswanya, baik softskill maupun hardskill. Dengan presentasi, kita terlatih berbicara atau minimal memiliki skill public speaking yang baik.

Selain itu, sikap kita saat presentasi mampu menunjukkan peran kita saat di lapangan. Kalau enggak terlibat saat kegiatan, ya kita tidak akan menguasai materi presentasi. Apalagi kalau mendapat pertanyaan spontan dari audiens, yang harus kita jawab sebaik mungkin.

Sejauh ini, saya merasa lancer-lancar saja saat presentasi. Malah cenderung bagus dan sepertinya mampu memuaskan dosen. Juga, sepertinya tampilan presentasi saya lebih baik daripada 2 teman lainnya di kelas.

Lancar dan baiknya presentasi saya ini, tentu ada beberapa hal yang saya terapkan supaya bisa maksimal saat presentasi. Untuk itu, izinkan saya berbagi tips supaya lancar saat presentasi. Simak baik-baik ya.

Pelajari Materi yang Dipresentasikan
Tentu saja kita harus belajar dan menguasai materi yang akan dipresentasikan. Perbanyak referensi dari buku maupun di internet. Kalau perlu, dalam satu slide presentasi, kita perlu menambah referensi yang akan kita sampaikan, tapi tidak perlu tertulis dalam slide. Jadi, audiens mengetahui bahwa seakan-akan kita menguasi materi secara lebih.

Tulis Poin-Poin Penting di Slide
Hindari menulis satu atau dua paragraph panjang dalam slide. Cukup tulis poin penting-pentingnya saja. Biar kita yang mengembangkan kalimat-kalimatnya secara lisan saat presentasi. Kalau kita memberikan materi dalam bentuk paragraf di dalam slide, maka kita akan fokus membaca tulisan tersebut. Hal ini membuat audiens jenuh dan terlihat bahwa kita tidak menguasai materi karena hanya membaca saja.

Perbanyak Diagram, Grafik atau Gambar
Saat membuat slide presentasi, pastikan kita memberikan diagram, grafik maupun gambar di masing-masing slide. Hal ini bertujuan supaya audiens tidak bosan dengan slide presentasi kita. Juga, bentuk visual seperti diagram/grafik/gambar mampu membantu kita untuk menyampaikan materi secara luas, tanpa terpatok pada kalimat yang baku. Sehingga komponen visual tersebut dalam membantu kita dalam berimprovisasi saat presentasi.

Siapkan Catatan Kecil Untuk Booster

Materi sudah siap. Slide presentasi pun juga sudah siap. Namun bisa jadi memori kita belum siap sepenuhnya. Manusia itu sendiri, memiliki keterbatasan dalam mengingat. Kemungkinan besar kita akan melupakan hal-hal penting yang akan disampaikan saat presentasi. Jadi, coba siapkan catatan kecil di kertas, yang bisa kita jadikan booster untuk mengingat materi. Catatan ini tentu berbeda dengan yang ada di slide presentasi.
--

Nah, itulah tips-tips berdasarkan pengalaman pribadi saya supaya lancar saat presentasi. Kalau ingin mendapatkan tips lebih banyak lagi, boleh baca tips lancar saat presentasi yang ditulis oleh Kak Vera.

Lalu, kamu? Ada tips yang bisa kamu bagi? Boleh bagi dong di kolom komentar

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

8 komentar untuk "Tips Lancar Saat Presentasi"

  1. Kalau saya, minum yang banyak sebelum presentasi untuk mengurangi nervous. Wkwkwk. Karena kalau nervous, poin satu yang sudah matang bisa hilang seketika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah iya sih. Aku juga kadang minum air yg udah dibawa, buat ngilangin nerveous 😂

      Hapus
  2. Buat aku sih pertama kesiapan presenternya. Itu super duper penting yang pertama. Kalau pembawaan presenternya ceria, bersahabat, dan menguasai penggung pasti betah deh mantengin materi yang dijelaskan. Kalau presenternya cuma baca aja biasanya kutinggal internetan, nyari sendiri materi presentasinya, hahaha.

    Trus visual! Harus bagus! Bukan yang kudu profesional gimana, tapi cukuplah yang sesuai dengan kaidah dan benar-benar poin yang padat.

    Lah ngapain pake power point kalo isi makalah dikopas separagraf xD kan ga lucu huhu. Aku sih sukanya pake prezi biar keren hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Zaaaaaah
      Bosan nih mata kalau isinya paragraf doang terus dibaca persis

      Prezi agak ribet sih, aku pake ppt biasa 😂

      Hapus
  3. Tips berdoa sebelum mulai kok g onok..? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ya seh, aku yo berdoa. Doanya dikencengin 💕💕

      Hapus
  4. Bermanfaat nih untuk para mahasiswa dan bisa juga untuk umum, agar siap untuk presentasi.

    Kuasai materi nih, sama kesiapan diri, percaya pada diri sendiri dan juga berdoa, supaya dilancarkan saat presentasi nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes setuju.
      Satu-satunya cara menguasai materi ya belajar 👏👏

      Hapus