Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Resolusi 2018

Assalamualaikum wr wb

Akhir tahun lalu, saya menulis tentang resolusi saya untuk tahun 2018. Ada harapan, cita-cita dan angan yang ingin sekali diwujudkan. Tanpa mimpi-mimpi yang di-aamiin-kan itu, mungkin hidup saya terasa hampa karena tidak ada yang dikejar.

Saya merasa, 2018 adalah tahun yang lebih baik dari sebelumnya. Yaa meski terkadang ada beberapa duka yang mampu menjatuhkan saya sampai lubang sumur terdalam. Namun Inshaa Allah saya bisa bangkit meski terseok-seok, lalu memetik hikmahnya 😇



Ah ya, sekarang saya mau review dan kilas balik mengenai perjalanan saya selama 2018, dibantu dengan membaca ulang resolusi yang pernah saya tulis kala itu: Resolusi 2018.
Saya menulis ada 5 resolusi besar, yang sebenarnya di dalamnya terdapat banyak harapan-harapan kecil yang mendukung resolusi tersebut. Tersemat juga alasan-alasan, yang menjadi sandaran kuat bagi saya untuk mewujudkan resolusi tersebut😘

Nah, berikut ini adalah kilas balik tentang resolusi saya kala itu.

Menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Seutuhnya

Heran deh. Kok ya saya bikin resolusi susah amat. Sok-sokan menerapkan tri dharma perguruan tinggi padahal belum ada kabar tentang kuliah. Eh tapi di dalam resolusi ini, sebenarnya tersirat dan tersurat pula bahwa saya berharap akan mendapatkan beasiswa kuliah. Eh, Alhamdulillah terwujud beneran. Perkuliahannya dimulai Maret 2018, lebih awal dari yang saya perkirakan😉

Tercetus juga harapan bahwa ‘kalau bisa, untuk semester pertama IP wajib 4’, Alhamdulillah tercapai juga. Wuaaaaah senangnyaaaa. Ya semoga nanti bisa dapat summa cum laude lagi dan menjadi yudisi terbaik. Aamiin😇
Praktikum untuk mata kuliah Analisis Kualitas Air
Sementara itu, yang tak tercapai adalah 2 di antara 3 penerapan tri dharma. Iya, sepertinya saya hanya fokus kepada pendidikan. Sementara, penelitian dan pengabdiannya hmm enggak ada. Sepertinya saya enggak melakukan apa-apa untuk kedua bidang tersebut. Sepertinya niat saya untuk dua hal tersebut belum tertata.

Turun Lapangan Untuk Jadi Tim Trauma Healing

Ini tidak terjadi sama sekali. Bahkan sama sekali enggak ingat kalau saya punya mimpi ini untuk direalisasikan tahun 2018. Mungkin, karena faktor keadaan. Memang bencana alam kerapkali terjadi akhir-akhir ini. Tapi lokasinya jauh-jauh. Saya ingin turun tangan, namun apa daya orangtua jelas tidak mengijinkan😅

Hmm, mungkin lain waktu akan terealisasi, bila waktunya tepat. Semoga.

Menulis Lebih Rutin dan Bermanfaat
Ah, saya enggak mencapai target. Target postingan saya adalah 150 artikel dalam tahun 2018. Nyatanya, saya hanya mampu posting 90 tulisan. Juga lebih sedikit daripada tahun sebelumnya yang mencapai 138 artikel😞

Pengennya menulis artikel yang bermanfaat, namun nyatanya lebih banyak artikel sponsor post. Ya memang sih, tulisan bersponsor itu banyak manfaatnya, tapi sepertinya kebermanfaatan dan keterjangkauannya kurang. Hal ini saya lihat dari minimnya tanggapan pembaca (dalam berkomentar), juga jumlah pageview.

Okelah, perbaiki tahun 2019.

Berqurban
Ini sih teralisasi. Sebenarnya mudah untuk merealisasikan, namun apadaya uangnya seringkali habis duluan. Ya Alhamdulillah dapat rejeki, meski mendapatkannya penuh intrik dan drama 😁

Ceritanya boleh baca di sini: Rasanya Berqurban Sendiri

Suasana berqurban di rumah Mbah Uti

Nggak Sekadar Plesiran, Melainkan Lebih Dekat dengan Masyarakat dan Alam
Hmm sepertinya ini juga enggak terealisasi deh. Bahkan saya enggak ingat kalau punya resolusi ini, hehe😅

Kalau dipikir-pikir, sepertinya saya melakukan hal ini Cuma sekali, saat travelling ke Sumbermaron di Malang. Saya ngobrol sama warga sekitar yang juga dagang di sekitar Sumbermaron. Tanya bagaimana awal mula perkembangan Sumbermaron hingga sebagus saat ini. Tanya juga tentang pengelolaan airnya, sekaligus menerapkan keilmuan dari perkuliahan saya saat ini😊



Jadi, dari 5 resolusi yang saya rancang untuk tahun 2018, sepertinya hanya 1 yang benar-benar terwujud nyata. Sementara lainnya: tersirat, dan terwujud sebagian.

Sebenarnya, 2018 adalah tahun yang istimewa juga saya. Banyak hal yang tidak saya resolusikan, malah berkembang menjadi nyata. Justru hadiahnya tak terkira😘

Itulah review resolusi saya untuk tahun 2018. Inshaa Allah banyak hal yang saya pelajari dari ragam kegiatan di 2018. Banyak suka dukanya. Sekalinya berduka, sakitnya minta ampun. Sekalinya senang, ya Alhamdulillah banget.

Lalu, kamu? Bagaimana dengan review resolusimu tahun 2018 kemarin? Apakah terwujud semua, atau bagaimana?

Btw, selamat menikmati tahun 2019😍

Wassalamualaikum wr wb💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Review Resolusi 2018"