Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Properti

Assalamualaikum wr wb

Punya properti itu salah satu goal dream saya tahun depan. Sayangnya susah sekali mendapatkan yang cocok. Mulai dari keterbatasan hunian pada lokasi yang diinginkan, banderolan harga tinggi, hingga banyaknya persyaratan yang diperlukan dalam memiliki hunian, seringkali membuat kita menunda-nunda dalam mencari dan membeli properti pribadi.

Padahal, tidak hanya dapat menjadi tempat bermukim di masa depan yang mana merupakan tempat membentuk kehidupan keluarga, memiliki properti juga erat kaitannya dengan investasi dikarenakan pertumbuhan harga properti yang akan selalu naik. Kalian bisa saja menjual tempat bermukim yang kalian miliki di masa depan dengan harga lebih mahal dibanding pada saat membelinya.

tips-sebelum-membeli-properti

Perhatikan Tips Ini Sebelum Membeli Properti

Di zaman sekarang saja, anggapan banderolan tinggi hunian pun telah terbantahkan saat melihat rumah bersubsidi pemerintah yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Selain itu, untuk mencari lokasi atau pilihan rumah terbaik kita juga telah dimudahkan oleh platform-platform jual beli properti yang menawarkan beragam tipe properti, baik rumah ataupun apartemen dijual.

Meskipun terkesan mudah, ada beberapa hal yang sekiranya dapat diperhatikan dalam melakukan baik itu pencarian atau transaksi jual beli properti mengingat membeli properti merupakan salah satu transaksi terbesar yang kalian lakukan. Untuk itu, jangan sampai kalian menyesal setelah membelinya.

Mengenal Pasar Properti

Penting untuk mengenal ranah yang memasarkan properti yang kalian inginkan. Buat riset kecil-kecilan untuk mengetahui harga rata-rata pasaran properti pada suatu area dan kualitas properti yang ditawarkan. Siapa sangka, melalui riset tersebut kalian bisa menemukan properti terbaik dari sisi harga serta kualitas bangunannya.

Konsisten Menabung

Sebisa mungkin, kalian harus memiliki cadangan dana yang lebih untuk hunian yang diincar. Tidak hanya untuk memudahkan pada pembayaran downpayment-nya, dana tersebut dapat menjadi dana yang digunakan pada situasi mendadak.

Pinjam seperlunya

Jika kalian mengambil pinjaman untuk pembiayaan properti yang diincar, kalian harus menentukan besaran pengeluaran secara mutlak. Jangan sekali-kali mengeluarkan lebih dari 30 persen pendapatan untuk cicilan rumah.


Aplikasikan Program Cicilan


Properti pada dasarnya merupakan barang yang akan digunakan dalam jangka panjang, maka dari itu pembayaran cicilan merupakan salah satu opsi terbaik. Cicilan juga bermanfaat untuk menjaga batas-batas pengeluaran dari pendapatan kalian per bulannya.

Beli untuk Masa Depan

Bukan hanya kualitas dari hunian saja yang dapat dirasakan manfaatnya oleh kalian dan keluarga pada nantinya, faktor-faktor fasilitas menunjang kehidupan kalian juga seharusnya dipertimbangkan. Misalnya fasilitas pendidikan, kesehatan, tempat perbelanjaan, dan infrastruktur transportasi.

Semua Bisa Ditawar

Selain harga properti, sejumlah biaya-biaya tambahan juga diketahui dapat ditawar. Bisa saja kalian tidak harus membayar biaya-biaya tambahan tersebut setelah melakukan negosiasi dengan pihak penjual atau penyedia kredit cicilan.

Ketahui yang Kalian Cari

Beragamnya jenis properti mungkin membuat kalian bingung, tipe hunian apa yang dicari. Sebelum membandingkan calon hunian-hunian yang akan kalian beli, baiknya kalian untuk mencatat setiap elemen penting yang terkandung dalam masing-masing hunian, baik itu fasilitas yang ditawarkan hingga keuntungan dari memiliki hunian tersebut.


Pergunakan Jasa Pihak Ketiga


Jika kalian merupakan pribadi yang sangat sibuk, dan tidak cukup waktu dalam menentukan properti mana atau mengurus dokumen-dokumen persyaratan, kalian dapat menyewa jasa dari pengacara atau notaris yang berwenang mengurusi hal tersebut. Selain mendapatkan arahan baik terkait properti yang kalian inginkan, kalian juga dapat mempersingkat proses pencarian properti.

Hindari Apapun yang Mempengaruhi Cicilan

Jika telah terikat dengan perjanjian cicilan pembayaran properti, kalian harus berkomitmen untuk mengurangi perilaku konsumtif seperti membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan atau barang mahal.

Baca dan Pahami Seluruh Ketentuan Sebelum Tanda Tangan Kontrak

Sebelum menandatangani perjanjian jual beli, kalian harus memastikan dan mengerti betul poin-poin yang telah disepakati berdua. Sekalipun nantinya kalian mungkin menggunakan notaris atau agen real estate yang membimbing anda. Jangan pernah ragu untuk mempertanyakan sesuatu yang tidak ada dalam rancangan kesepakatan jual beli rumah sebelumnya.

 Nah, itulah hal-hal yang harus kita perhatikan saat ingin membeli properti. Sangat menguntungkan bila kita memiliknya. Semoga kita disegerakan memilikinya yaa...

Lalu, kapan kamu akan membeli properti?

Wassalamualaikum wr wb 💕💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

22 komentar untuk "Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Properti"

  1. Pinjam seperlunya,setujuuuu banget.

    Poin terakhir, baca dan pahami isi dokumen sebelum tandatangani kontrak, poin ini yang tak jarang kurang diperhatikan karena merasa banyak jumlah halamannya atau karena merasa cukup jelas dengan penjelasan yang disampaikan oleh agen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya itu
      padahal duit-duit ribanya ada di situ
      💕💕

      Hapus
  2. Betul tuh mbak, harus baca dna pahami seluruh ketentuans ebelum ttd kontrak. kadang karena mau cepat langsung ttd aja, eh....................ujungnya nyesel deh

    BalasHapus
  3. Amin. Semoga disegerakan yaa kak beli properti sekaligus mendapat pasangan halal yang akan menemani kakak selama hidup di rumah tersebut. Apalagi sudah berjuang menjadi istriable dan ibuable kan..

    Insya allah, resolusi 2019 ala aku itu investasi properti. Untuk hal ini, biasanya aku perhatikan KPR kak biar bisa sesuaikan dengan anggaran keuangan yang ada*

    BalasHapus
  4. Baiklah... kebetulan 2019 ada rencana mau beli properti ini. terkadang langsung kepengen beli karena ngeliatin cicilan yang menggoda, padahal setelah dihitung hitung, lumayan juga harganya

    BalasHapus
  5. Properti memang investasi yang menjanjikan keuntungan, jadi inget cerita teman yang sukses bisnis properti, tapi kalau untuk pemula memang mesti memperhatikan hal-hal di atas ya, makasih sharingnya kak ros

    BalasHapus
  6. Namun kalau pakar properti bilang kalai rumah bersubsidi gk bagus buat inves, eh tapi bener jg kan tujuan a rmh bersubsidi buat hunian ya hehee.
    Betul banget mbak sebelum kontrak ditandatangani hendaknya baca semua dengan detail. TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, katanya rumah hunian bukan untuk investasi, karena sedang dipakai
      💕💕

      Hapus
  7. Aku beberapa bulan ke depan memang mau pindah, dan beli rumah sekitaran Bekasi. Tips di atas berguna banget, noted ku catet deh

    BalasHapus
  8. Aku juga bercita2 punya properti untuk dihuni dan juga untuk investasi, harus berusaha keras nih agar hunian incaran aku bisa didapat .
    Iya setuju rhos ,jgn ambil hutang yg cicilannya lbh Dr 30%penghasilan, bisa repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya teh
      harus pintar-pintar memilih
      💕💕

      Hapus
  9. Pinjam seperlunya. Nah, di point ini yang buanyak banget yang bablas, memang kalau dilihat dari bilangan angsuran per bulan paling selisih berapa ribu, cuma kalau dicermati komposisi dan jumlah bunga, gede juga euy. Jangan tertipu sama angsuran. Hahaha

    BalasHapus
  10. Tips2 nya sangat bermanfaat kak, benar2 ingin kupraktikkan dari sekarang. Harga properti di kotaku yang masih kecil ini sebenarnya cukup terjangkau jika dibandingkan dg di kota besar. Tetap saja aku ngos2an menabung, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah gitu ya
      apalagi aku
      semoga dipermudah yaa
      💕💕

      Hapus
  11. bwnwr banget ya mbak kita mesti baca dengan detail dan pahami segala.ketentuan sebelum tanda tangan kontrak soal beli properti seperti ini jangan sampai nyesel nantinya

    BalasHapus