Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Wonderful Indonesia dalam 5 Pancaindra

wonderful-indonesia
Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi. Selamat menikmati indahnya mentari yang menyinari bumi pertiwi.

Saya bersyukur telah dilahirkan di Indonesia, sebuah negeri dengan beraneka rasa, aroma, dan karsa. Pada setiap jengkal tanahnya, saya berlari untuk menerbangkan mimpi bersama orang-orang tersayang. Pada setiap tetesan airnya pula, ada doa yang mengalir untuk keberkahan saudara sebangsa dan setanah air πŸ’•

Salah satu doa yang sering saya panjatkan adalah harapan supaya keindahan alam Indonesia beserta seluruh komponen di dalamnya tetap terjaga dan lestari. Indonesia itu indah apa adanya. Tidak perlulah berangkat ke luar negeri, kalau negeri sendiri belum terjelajah habis sampai tuntas. Tak akan sampai umur kita untuk mengeksplorasi seluruh sudut Indonesia yang memesona. Wonderful Indonesia ~
wonderful-indonesia

Setiap sudut Indonesia, dari Sabang sampai Merauku, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, semuanya sempurna. Dan semua itu bisa kita rasakan melalui pancaindra yang kita miliki.  Anugerah yang telah diberikan oleh-Nya, mari kita manfaatkan sebaik mungkin πŸ˜‡


Dengan sepasang mata ini, kita bisa menyaksikan keindahan alam raya Indonesia. Mulai dari gunung yang menjulang tinggi, sawah yang terhampar luas ijo royo-royo, hutan yang rimbun, padang savanna yang luas, terumbu karang yang cantik, hingga lautan biru dengan keanekaragaman flora faunanya πŸ˜ƒ
lembah-katresnan-karanganyar
Indonesia memiliki semuanya. Lengkap. Mulai dari Ngarai Sianok (Sumatera Barat), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kawah Putih (Jawa Barat), Gunung Semeru (Jawa Timur), Taman Nasional Tanjung Puting (Kalimantang Tengah), Gili Trawangan (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Raja Ampat (Papua Barat), dan masih banyak lainnya.
pura-ulun-danu


Saya suka bangun pagi-pagi, lalu jalan-jalan di sekitar rumah. Baik di kota maupun desa, bau paginya Indonesia itu khas. Lebih tepatnya khas embun dedaunan pagi hari.

Apalagi kalau bunga-bunga sedang bermekaran. Dekatkan hidung kita pada bunganya, lalu cium bau wanginya. Membuat pikiran jadi rileks. Maka tidak heran bahwa ada banyak parfum yang cairannya diekstrak dari bunga-bunga khas Indonesia, seperti mawar, melati, anggrek, dsb πŸ˜‡
bunga-melati-putih




Setelah dibau, pasti kita tidak sabar untuk langsung melahapnya. Nyam nyam. Masakan Indonesia memang enak. Masakan khas Indonesia yang go international saking enaknya adalah rendang. Ya jelas saja enak, untuk membuatnya saja dibutuhkan banyak rempah supaya rasanya benar-benar lezat πŸ˜‹
definisi-rendang

Indonesia memiliki beragam makanan khas. Ada ratusan jenis makanan dari seluruh sudut nusantara. Masing-masing daerah punya makanan khas tersendiri. Seperti Gudeg Jogja, Nasi Liwet Solo, Soto Lamongan, Pecel Madiun, Ayam Bakar Taliwang, dll. Semuanya khas dan nikmat. Apalagi kalau ada sambalnya ya makin mantap πŸ˜‹

definisi-pecel-madiun




Beragam jenis musik modern yang digandrungi saat ini, tetap tidak dapat menggantikan merdunya musik tradisional. Alunan nada dan suara yang mendayu, selalu membuat hati merasa tentram. Dari sekian banyak alat musik tradisional di Indonesia, beberapa di antaranya sudah mendunia. Sebut saja gamelan, angklung, tifa, dll.
definisi-angklung

Menikmati alunan musik daerah, tak lengkap bila tak ada penari atau lakonnya. Bisa setelahnya, ataupun saat itu juga. Seperti halnya ludruk (Jawa Timur), ketoprak (Jawa Tengah), tari kecak (Bali), Tanjidor (DKI Jakarta), dan masih banyak lainnya. Belum lagi, masing-masing kota pasti punya jenis tarian dan musik khas daerahnya. Betapa kayanya budaya Indonesia πŸ’ƒ
definisi-wayang-wong




Negara kita menyelenggarakan ribuan event setiap tahunnya, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat maupun pusat. Masing-masing daerah sudah punya calender of event. Jadi, kita bisa meluangkan waktu kapan saja dan memilih daerah mana saja untuk menghadiri festival yang disenangiπŸ˜‰

Saat datang ke festival, melebur dengan warga adalah hal yang paling menggembirakan. Bisa ikut menari bersama para penari, ikut bernyanyi bersama para penyanyi dan pendendang, juga bisa mengikuti beragam upacara adat yang diagungkan di daerah setempat.
definisi-jaran-kencak

Kita juga bisa membeli produk kerajinan khas setempat. Produk kerajinan yang terkenal seperti sepatu kulit khas Magelang, kain tenun khas Lombok, gerabah khas Minahasa, ukiran kayu khas Papua, dan masih banyak lainnya. Ketika kita membeli produk kerajinan warga setempat, maka secara tidak langsung kita telah menaikkan derajat perekonomian mereka dan bangsa kita πŸ‘
definisi-seni-pahat-papua

Saya amat bersyukur dilahirkan dan berkembang di Indonesia. Saya bisa mengeksplore anugerah terindah dari Tuhan YME bersama teman-teman dan kerabat, kapanpun kami mau. Tak perlu mengeluarkan ongkos yang mahal untuk melihat pemandangan alam yang indah maupun festival yang unik. Hanya berbeda kota saja, keragaman budayanya saja sudah beda dan khas πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Inilah enaknya tinggal dan berjelajah di Indonesia. Semuanya serba murah, mudah, dan terjangkau. Tentu saja semuanya mempesona~

keraton-mangkunegaran-solo


Dalam waktu dekat ini, saya akan main ke Bondowoso, lalu menghabiskan akhir tahun di Malang. Menikmati sudut cantik Indonesia bersama teman-temanπŸ’ƒ

Lalu, kamu? Dalam waktu dekat ini kamu mau berjelajah kemana dan ada apa di sana?

Oh ya, ayok rame-rame ikutan lomba blog yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia. Total hadiah 5 juta. Sangat cukup untuk modal menjelajahi Indonesia. Berikut info lengkapnya



Wassalamualaikum wr wb πŸ’•

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

22 komentar untuk "Menikmati Wonderful Indonesia dalam 5 Pancaindra"

  1. Memang ga ada abisnya Indonesia kalau di kunjungin satu-satu dan di Indonesia serba ada, mau ke tempat yang kayak gimana, ada. Itu yang ku suka. Tapi setidaknya sebagai blogger atau travel blogger kita udah mbantu buat promosi keindahan Indonesia baik ke wisatawan lokal ataupun mancanegara. Semoga alam, budaya dan apapun yang ada di Indonesia akan tetap Indah dan beragam. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Memang bloger dan vloger itu sarana yg baik untuk menyebarkan keindahan wisata alam Indonesia karena mereka mengulas scara jujur
      Semoga sama2 makin berjaya πŸ’•πŸ’•

      Hapus
  2. Wah akhir tahun mau ke Malang rhos, pasti momen pergantian tahunnya jdi lebih seru .Indonesia memang istimewa, semua yg ada didalamnya Indah ,tugas kita untuk menjaga keindahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ke Malang pas natal Kak
      Tahun barunya di rumah aja bareng keluarga πŸ˜‚

      Hapus
  3. Ouuw~
    Ini beneran Rhoos yaa...Indonesia se-kaya ini...
    Ini baru yang di tanah Jawa aja niih..belum ke Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

    MashaAllah~

    **lalu siap-siap travelling kitaaa~

    BalasHapus
  4. Selamat pagi. Kamu sukses membuat aku merasa lapar seketika pagi. Rasanya aku ingin terbang ke Sumatra Barat dan melahap soto padang.

    Indonesia memang penuh pesona luar biasa ya. Selamat menikmati Bondowoso dan Malang, aku masih nelum tahu akan kemana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kemanapun dah teh
      seluruh sudut Indonesia itu indah loh
      πŸ’•πŸ’•

      Hapus
  5. Salah satu kelebihan dari keberagaman Indonesia ialah objek wisata atau budaya yang khas masing-masing daerah. Yuk keliling Indonesia. Anyway, lombanya menggiurkan juga mbak (^_^)

    BalasHapus
  6. Di Indonesia serba adaaaa. Bener2 semua Indra kita dimanjakan semua keunikan budayanya

    BalasHapus
  7. Dalam waktu dekat ini mbak?

    Saya mau closing karena mau tutup tahun

    T__T

    BalasHapus
  8. Nggak cukup lima, kak ros. Butuh hati untuk bisa memahami. Butuh otak utk rasakan damai. Intinya seluruh tubuh berpadu utk nikmati indonesia

    BalasHapus
  9. Indonesia selalu kaya akan budayanya. karena banyaknya suku yang tersebar diseluruh Indonesia membuat banyak sekali keindahan, baik dari segi alam maupun busana serta tarian. sukaaaa dan beruntung banget tinggal di Indonesia

    BalasHapus
  10. Makanya akh bangga jadi orang Indonesiaa 😍

    BalasHapus
  11. Woaaaahhh keren-keren!
    Kalau saya belakangan ini sedang ingin ke Kalimantan, tepatnya Samarinda. Kenapa? Entahlah. Ingin saja. Di sana ada teman yang (sepengakuannya) akan mengajak jalan-jalan. Ke pantai, hutan, dan perkotaan 😁

    BalasHapus